Tips Mencegah Smartphone Agar Tidak Hang

Tips Mencegah Smartphone Agar Tidak Hang

2903
2
SHARE

Tips Mencegah Smartphone Agar Tidak Hang – Sebagian pengguna smartphone sering kali mengeluhkan tentang leletnya perangkat yang mereka gunakan. Tak jarang pula yang mengeluh bahwa gadget andalannya itu sering kali hang, khususnya bagi smartphone dengan spesifikasi yang kurang mumpuni.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi masalah hang pada smartphone ataupun tablet, dimana sering kali hal itu membuat kita jengkel. Namun sebenarnya, sebagian besar masalah yang terjadi pada perangkat justru disebabkan oleh kesalahan pada penggunanya sendiri. Nah untuk itu kita harus mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan masalah tersebut agar kita bisa mencegahnya.

Mengerti dan pahami keadaan smartphone kita

Smartphone sering hangArti dari smartphone adalah ponsel pintar, namun ponsel pintar tidak akan ada artinya jika sang pengguna sendiri juga tidak pandai dalam memanfaatkan atau merawat smartphone nya. Itu artinya, pengguna smartphone juga harus smart agar dapat mengimbangi smartphone yang digunakannya, karena smartphone cenderung lebih “rewel” dibandingkan dengan ponsel biasa yang hanya bisa digunakan untuk bertelpon dan sms, sehingga kita wajib untuk mengerti bagaimana cara perawatan yang tepat agar performa smartphone tetap prima.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan smartphone menjadi lemot atau bahkan hang. Dan disini, mimin akan sedikit berbagi ilmu soal apa saja sih penyebab smartphone jadi rewel? Berikut adalah diantaranya :

Kesalahan Pengguna

Kenali spesifikasi smartphone yang kamu miliki. Yang mimin lihat, banyak sekali pengguna yang tidak sabaran saat menggunakan smartphone miliknya. Pengguna sering kali ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat tanpa memperhatikan seberapa batas kemampuan smartphone yang mereka gunakan, sehingga perangkat mengalami lag (gerakan tidak mulus / patah-patah) lelet atau bahkan hang ketika melakukan proses yang terlalu berat.

Tips : Perhatikan dan kenali batas kemampuan smartphone yang kamu gunakan dengan melihat spesifikasinya, karena tidak semua smartphone memiliki spesifikasi yang mumpuni. Kemampuan prosesor yang minim, serta kapasitas RAM yang terbatas akan membatasi performa smartphone mu dalam menjalankan aplikasi tertentu yang tergolong berat, sehingga kita harus mengira-ngira aplikasi apa yang sekiranya tidak membuat smartphone kita kewalahan.

Hal ini juga penting untuk disadari ketika kita ingin berpindah aplikasi, lakukan dengan perlahan (khususnya bagi perangkat yang memiliki RAM kecil), berikan waktu untuk loading pada smartphone agar smartphone tidak bekerja terlalu berat yang akan memicu terjadinya hang pada smartphone. Begitupun seusai booting atau menyalakan kembali smartphone mu. Hindari untuk menggunakannya sesaat setelah booting, dan berikan waktu bagi perangkat untuk mempersiapkan diri.

BACA JUGA : Keuntungan RAM Besar Pada Smartphone

Kehabisan Ruang Penyimpanan (Memory)

Perhatikan ruang pada memory internal. Memory, terutama memory Internal yang penuh juga mempengaruhi kinerja dari sebuah perangkat. Banyak hal yang bisa menyebabkan memory menjadi penuh, salah satunya karena banyaknya file sampah atau cache yang tersimpan. File sampah tersebut biasanya “ditulis” oleh aplikasi saat kita menggunakannya. Selain itu, banyaknya aplikasi yang terinstall juga dapat membuat memory internal menjadi penuh sesak.

BACA JUGA : Cara Menghapus Cache Tanpa Aplikasi di Android

Tips : Pasanglah aplikasi cache cleaner jika perangkatmu belum mendukung fitur cache cleaner bawaan. Apps ini penting untuk menghapus cache pada smartphone yang kita gunakan. Jika penyimpanan internal mulai penuh, kamu perlu membersihkan sebagian data yang tersimpan disana.

Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background

Pastikan untuk mematikan apilkasi sebelum menjalankan aplikasi lain. Sering kali aplikasi yang sudah tidak kita gunakan masih berjalan di balik layar (background). Hal ini tentunya akan membuat kinerja smartphone akan terasa berat, khususnya bagi smartphone yang memiliki dukungan hardware yang minim.

Tips : Hindari tombol “Home” (yang biasanya terdapat di tengah) saat ingin menutup aplikasi, karena tombol “Home” hanya akan menyembunyikan aplikasi tersebut dari layar, namun aplikasi tetap berjalan (berguna untuk multitasking).

BACA JUGA : Apa Itu Multitasking?

Gunakanlah tombol / softkey “Back” atau menu “Exit” jika ingin menutup aplikasi. Aplikasi yang tetap berjalan di background akan sangat mempengaruhi kinerja perangkat, karena RAM akan terisi oleh aplikasi tersebut yang membuat smartphone terasa lelet saat membuka aplikasi lainnya, serta prosesor akan terus bekerja sehingga membuat baterai terasa cepat habis dan membuat smartphone cepat panas.

BACA JUGA : Apa Penyebab Smartphone Cepat Panas?

Minta Diganti Dengan Yang Baru

Faktor umur pada perangkat juga sangat menentukan performa yang dimilikinya. Nah untuk solusi yang terakhir ini adalah solusi pamungkas yang dijamin efektif untuk mengatasi masalah hang pada smartphone yang kamu gunakan. Tapi sekali lagi, cara ini adalah pilihan terakhir jika dirasa sudah tidak ada harapan yang bisa membantu smartphone yang kamu gunakan agar dapat bekerja dengan lancar.

Dan perlu diingat bahwa kamu juga harus tetap jeli dalam memilih smartphone agar tidak salah pilih. Pastikan bahwa calon perangkat yang kamu incar mengusung fitur serta spesifikasi yang sesuai dengan harganya. Bila perlu, kamu juga bisa mencari referensi tulisan review di blog yang terpercaya, termasuk di blog Techijau.com ini untuk mengetahui poin kelebihan dan kekurangannya.

Nah mungkin itu saja tips yang bisa mimin berikan untuk pemirsa sekalian pada posting kali ini. Ada pendapat lain? Silahkan tinggalkan komentar. Jangan lupa, kamu bisa menjelajahi blog Techijau.com untuk menemukan berbagai konten menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

2 COMMENTS

  1. thanks mas. a bis ini langsung cek cek hape ku yang melambat dan sering heng . mudah-mudahan semua masalah teratasi

LEAVE A REPLY