Tips Mengoptimalkan Manfaat Tablet Dan Smartphone

Tips Mengoptimalkan Manfaat Tablet Dan Smartphone

805
0
SHARE

Tips Mengoptimalkan Manfaat Tablet Dan Smartphone – Sebelumnya mimin tidak pernah membayangkan bahwa perkembangan gadget-gadget seperti smartphone dan PC tablet akan berkembang secepat ini. Coba kamu lihat di pasaran, ada banyak sekali perangkat-perangkat yang menawarkan berbagai fitur yang makin hari makin canggih saja. Spesifikasi yang diusung pun tidak main-main, bahkan sudah menyaingi notebook atau laptop.

Ditambah lagi dukungan aplikasi serta sistem operasi semakin mempercepat perkembangan perangkat mobile yang kini makin banyak dimiliki oleh masyarakat. Pagi ini mimin tiba-tiba teringat dengan pertanyaan yang diajukan beberapa tahun yang lalu oleh salah satu kenalan mimin, kurang lebih ia bertanya seperti ini :

Gimana sih cara manfaatin tablet yang bener (untuk produktivitas) itu? Aku beberapa hari lalu beli tablet tapi belum tau gunanya buat apa. Apa emang akunya aja ya yang gak bisa make ini barang? Kok rasanya mubazir banget ya?

Tips memanfaatkan gadgetDari pertanyaannya sudah bisa ditebak bahwa ia bingung untuk memanfaatkan perangkat yang saat itu dibelinya dengan harga kurang lebih 7 juta rupiah dan ia merasa bahwa perangkat itu tidak ada gunanya. Memang, kenalan mimin yang ini bukanlah tipe orang yang mau membeli barang hanya untuk dipamerkan alias gaya-gayaan saja. Tapi entah setan apa yang merasukinya waktu itu sehingga dia tiba-tiba membeli perangkat tablet tanpa tau harus digunakan untuk apa. Dan beberapa hari kemudian ia langsung menjual perangkat tersebut karena mimin pun belum bisa memberikan saran yang baik untuknya karena memang saat itu fitur dari tablet tersebut sangatlah terbatas.

Namun keadaan sudah jauh berbeda saat ini. Dengan harga yang relatif murah saja kita bisa mendapatkan gadget yang hampir serba bisa yang dibekali dengan spesifikasi yang cukup untuk melakukan banyak hal, seperti contohnya ASUS Zenfone 2 yang mimin gunakan saat ini. Smartphone dengan prosesor Intel Atom Quad-core 2.3 GHz 64-bit, RAM 4 GB LPDDR3 serta kamera 13 megapixel ini mimin rasa akan terasa sangat tidak berguna jika mimin hanya memanfaatkannya untuk kepentingan berfoto narsis dan penggunaan social media saja.

Dan memang seharusnya mimin bisa memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh smartphone ini dengan lebih baik lagi. Nah jika kamu juga merasakan kebingungan yang sama dengan kenalan mimin itu untuk memanfaatkan tablet atau smartphone milikmu, maka kamu wajib untuk lanjut membaca postingan ini hingga akhir karena mimin akan memberikan beberapa tips untuk mengomptimalkan penggunaan gadget canggihmu agar tidak mubazir. Berikut diantaranya :

1. Manfaatkan spesifikasi dan fitur yang ada

Apalah artinya prosesor cepat, RAM besar, fitur lengkap tapi cuma dipake buat narsis, chatting dan main socmed saja? Hey, harusnya kamu tau kalau kamu bisa memanfaatkan itu semua untuk hal yang lebih bermanfaat! Beberapa profesi mungkin tidak terlalu membutuhkan smartphone atau tablet, tapi di beberapa profesi lain perangkat ini bisa sangat besar manfaatnya! Sebut saja mbak-mbak online shop, jurnalis/wartawan, blogger atau mungkin wirausahawan di bidang lainnya.

BACA JUGA : Manfaat RAM besar pada smartphone

Kamu bisa memanfaatkan spesifikasi yang ada untuk mempercepat pekerjaanmu khususnya ketika kamu sedang tidak membawa laptop. Untuk wartawan atau blogger misalnya, kamu bisa memanfaatkan fitur multitasking untuk mengambil foto, edit gambar (crop, perbaikan warna, memberi watermark) dan kemudian membuka browser untuk memposting dan upload gambar yang kamu ambil tadi. Tentu saja kamu juga bisa memanfaatkan smartphone mu untuk mencatat atau merekam baik secara audio (sebagai catatan cepat) ataupun visual agar kamu ingat soal apa yang kamu saksikan dan ingin kamu sampaikan kepada para pembaca mu.

Hal ini pastinya akan bisa mempercepat proses memposting laporan mu itu, khususnya ketika kamu menghadiri event-event tertentu agar kamu bisa memberikan informasi ter-update dan tercepat bagi para pemirsa mu. Fitur multitasking ini juga bisa dimanfaatkan oleh kamu para sista-sista online shop. Kebetulan mimin juga pernah menjalankan beberapa bisnis online dan mimin bisa merasakan betapa pentingnya fitur multitasking khususnya untuk meladeni calon pembeli yang agak rewel.

Kamu bisa mengambil foto produkmu, melakukan editing (perbaikan warna & memperkecil ukuran gambar untuk menghemat kuota saat meng-upload), membuka aplikasi chat dan mengirimkan foto tersebut kepada konsumen. Jika diperlukan, kamu juga bisa memanfaatkan kecepatan multitasking untuk membuka aplikasi tempat kamu menyimpan data produk mu, meng-copy dan mengirimkan data tersebut pada konsumen.

Masih kurang greget? Oke, kamu juga bisa memanfaatkan fitur lain seperti NFC, GPS, WiFi ataupun Bluetooth. Untuk para blogger atau jurnalis yang harus mendapatkan hasil foto yang mumpuni (misalnya meliput tempat wisata), kamu bisa menggunakan kamera mirrorless untuk mengambil foto, kemudian kamu transfer foto tersebut menggunakan NFC atau WiFi ke smartphone mu, lalu kamu bisa melanjutkannya dengan proses edit dan posting seperti yang mimin sebutkan diatas. Atau jika memungkinkan dan diperlukan untuk mengambil gambar di sudut yang sulit, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone mu untuk mengendalikan kamera DSLR, Mirrorless atau Lens Camera (Sony QX Lens) melalui konektivitas WiFi.

Kamera MirrorlessSedangkan fitur GPS akan sangat berguna sebagai penunjuk arah bagi para blogger yang suka ngebolang seperti mimin untuk menemukan tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Intinya dengan banyaknya fitur yang ada, akan ada banyak sekali potensi yang bisa kamu manfaatkan pada gadget mu. Silahkan kamu kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Gunakan aksesoris tambahan

Aksesori tambahan juga penting peranannya untuk dapat memanfaatkan gadget kita dengan lebih baik lagi. Kalau dianalogikan sebagai sebuah grup band, aksesori ini akan berperan sebagai anggota personil yang akan saling mengisi satu sama lainnya. Aksesori yang bisa kamu gunakan misalnya adalah stylus, powerbank, wireless keyboard, monopod/tripod, dan bahkan mungkin kamera baik DSLR, Mirrorless ataupun Lens Camera.

Stylus akan membantu kita melakukan input pada layar sentuh yang dimiliki oleh gadget kita khususnya ketika kita ingin membuat sebuah catatan dalam bentuk gambar. Lalu wireless keyboard tentu saja akan beguna untuk membantu kita melakukan input dalam bentuk teks. Membawa wireless keyboard plus tablet atau smartphone tentu akan terasa lebih ringan dan praktis dibandingkan jika kita harus membawa laptop kemana-mana. Dengan wireless keyboard kita akan bisa menyulap smartphone atau tablet kita menjadi komputer darurat dengan fungsi-fungsi shortcut pada keyboard yang tentu akan mempermudah kita untuk melakukan input data.

Ngeblog dengan hapeMisalnya ctrl+c untuk copy, ctrl+v untuk paste, alt+tab+tombol atas/bawah untuk berpindah dari satu apps ke apps lain dengan cepat (multitasking) dan shortcut lainnya. Peran wireless keyboard ini bisa menjadi sangat penting misalnya jika kita harus melaporkan satu event terntentu dan mempostingnya dengan cepat, atau bisa juga digunakan untuk mengerjakan tugas kampus/kantor diluar ruangan.

Powerbank dari ASUSLalu ada powerbank yang perannya tak kalah penting sebagai pemasok tenaga tambahan ketika baterai perangkat sedang sekarat. Pernah suatu ketika mimin melihat salah satu rekan blogger yang kebingungan untuk mencari colokan listrik karena smartphone yang dimilikinya mengalami lowbat, sedangkan ia harus membuat laporan berupa live tweet soal event yang bersangkutan. Untunglah saat itu mimin membawa powerbank dan mimin pun meminjamkannya pada blogger tersebut. Mimin menyarankan untuk tidak sembarangan dalam memilih powerbank karena bisa jadi akan dapat mempercepat kerusakan baterai jika digunakan dalam jangka panjang. Gunakanlah powerbank dari merek-merek ternama seperti misalnya mi (xiaomi), Sony ataupun ASUS ZenPower.

BACA JUGA : Review powerbank ASUS ZenPower

Sony QX LensKemudian jika kamu butuh mengambil foto dengan kualitas bagus, kamu juga bisa menggunakan kamera dan menghubungkannya dengan smartphone atau tablet milikmu. Saat ini ada banyak jenis kamera yang memiliki fitur konektivitas WiFi atau NFC baik itu kamera DSLR, mirrorless, Lens Camera (Sony QX Lens) atau bahkan kamera pocket. Fitur konektivitas ini tidak hanya penting untuk mentransfer gambar ke perangkat smartphone atau tablet, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengontrol kamera tersebut melalui gadget kita khususnya ketika kita harus mengambil gambar dari sudut yang sulit.

3. Install aplikasi yang mendukung produktivitas

Nah yang satu ini tak kalah pentingnya dibandingkan semua hal yang sudah mimin sebutkan diatas. Hadirnya aplikasi-aplikasi pendukung akan semakin memungkinkan kita untuk memaksimalkan penggunaan gadget kita.

Aplikasi cloud storage

Sebut saja Google Drive yang biasa mimin gunakan untuk melakukan sinkronisasi data pada beberapa perangkat sekaligus via online. Jadi ketika kita menyimpan suatu file pada Google Drive, file tersebut nantinya akan bisa diakses pada berbagai perangkat lain dengan catatan semua perangkat yang ingin mengakses file yang disimpan tersebut juga harus melakukan sign in akun yang sama, atau kita juga bisa mengijinkan akun milik orang lain untuk mengaksesnya dengan beberapa pengaturan singkat. Mimin biasa memanfaatkan Google Drive untuk update stok barang (jualan online) melalui smartphone atau tablet sehingga admin lain dari toko online yang sama bisa mengetahui update stok barang yang ada. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi alternatif lainnya jika dibutuhkan.

BACA JUGA : Tips Memilih Gadget Untuk Toko Online

Aplikasi kamera

Lalu ada juga aplikasi Google Goggles yang biasa mimin gunakan untuk melakukan searching melalui kamera. Aplikasi ini akan mengaktifkan kamera, kemudian akan mengenali hampir apa saja yang kita foto. Biasanya mimin menggunakannya untuk urusan translate khususnya untuk bahasa yang memiliki tulisan yang agak aneh seperti misalnya tulisan dari bahasa Rusia.

Aplikasi Mencatat

Aplikasi mencatat seperti Note Everything adalah yang paling sering mimin gunakan untuk mencatat dan membuat postingan di blog-blog yang mimin kelola. Setelah mencatatnya mimin akan langsung meng-copy tulisan yang sudah mimin buat tersebut lalu di paste di blog. Tidak jarang mimin juga menggunakan aplikasi SuperNote untuk membuat checklist atau QuickMemo untuk menampilkan catatan singkat dalam bentuk memo. Kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan ZenUI dari ASUS. Aplikasi serupa QuickMemo juga bisa kamu temukan pada perangkat Sony dengan SmallApps nya. Atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi One Note pada perangkat Windows Phone untuk membuat catatan kecil.

Aplikasi menggambar

Terkadang kita perlu mencatat dalam bentuk gambar untuk mencatat konsep-konsep yang sifatnya agak rumit. Dan aplikasi yang biasa mimin gunakan adalah SketchBookX. Tentu saja kamu juga bisa memilih aplikasi lain sesuai dengan kehendakmu.

Aplikasi edit foto

Aplikasi ini penting untuk melakukan beberapa koreksi warna agar foto tampak lebih menarik sebelum dipublikasikan, resize serta menambahkan watermark. Aplikasi yang biasa mimin gunakan untuk hal ini adalah Snapseed, Pixlr dan PicsArt.

Aplikasi lainnya

Beberapa apps lain yang wajib ada pada perangkat mimin adalah ShareIt (dari Lenovo) / Share Link (dari ASUS) untuk mentransfer data antar perangkat dengan sangat cepat, Buffer untuk menjadwalkan posting pada akun social media, Google Docs untuk mengedit file .doc pada Google Drive, Google Maps untuk navigasi saat ngebolang, beberapa browser untuk mengakses internet dan tentu saja aplikasi chatting + socmed.

Nah jika hal-hal diatas sudah kamu terapkan maka kamu akan bisa memanfaatkan smartphone atau tablet milikmu pada tingkatan yang lebih tinggi. Sebenarnya ada banyak hal lain yang bisa kamu terapkan pada gadget canggih milikmu, namun mimin rasa hal-hal diatas sudah cukup untuk dapat memaksimalkan penggunaan gadget kita. Jika kamu punya pendapat lain, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah artikel ini. Dan kamu juga bisa menjelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lain seputar gadget. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY