Pilih Ultrabook Atau PC Tablet? Mana Lebih Baik?

Pilih Ultrabook Atau PC Tablet? Mana Lebih Baik?

272
0
SHARE
Ultrabook vs PC Tablet

Pilih Ultrabook (notebook) Atau PC Tablet? Mana Lebih Baik? – Ya, kedua gadget keren ini memang sangat populer belakangan ini. Sejak Apple merilis PC tablet pertamanya yang diberi nama iPad, perangkat tersebut menjadi sangat populer hingga memicu produsen elektronik lain membuat perangkat serupa dan perkembangannya sangat pesat hingga menguasai sebagian besar peredaran gadget saat ini. Namun hal tersebut berdampak buruk bagi pasar notebook. Kemudian para produsen notebook berusaha membuat inovasi untuk bersaing dengan PC tablet, maka lahirlah ultrabook yang dicetus oleh produsen chip prosesor PC terkenal, yakni Intel. Desain ultrabook yang tipis dirancang khusus agar lebih mudah dibawa oleh pengguna, yang juga merupakan salah satu keunggulan dari sebuah PC tablet. Jika anda masih bingung untuk menentukan pilihan antara ultrabook atau PC tablet, di posting kali ini saya akan membahas dan memberikan tips memilih gadget yang tepat untuk anda.

Ultrabook atau PC tablet? Mana lebih baik? Pertanyaan serupa seperti posting saya sebelumnya (BACA : Pilih mana, iPhone atau Android?) yang merupakan pertanyaan yang sebenarnya anda sendiri bisa menjawabnya. Disadari atau tidak, kepopuleran dari salah satu gadget tersebut juga cukup mempengaruhi anda hingga muncul keraguan itu. Benar begitu kan? Nah disini saya akan coba memberikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan serta fungsi baik dari ultrabook maupun PC tablet untuk membuka kembali pikiran anda agar anda dapat memantapkan pilihan untuk meminimalisir terjadinya “salah pilih gadget”. Oke, langsung saja kita ke TKP 😀

PC Tablet
PC tablet 10 inchi

Perangkat yang sedang naik daun ini menawarkan sebuah pengalaman komputasi dalam genggaman yang sangat mudah untuk dibawa. Namun faktor lain yang sangat mempengaruhi penjualan nya adalah faktor “mind set” dari konsumen. Seperti apa maksudnya? Konsumen beranggapan bahwa ini adalah sebuah gadget “segar”, dan ditambah lagi memiliki navigasi layar sentuh sehingga terkesan canggih dan secara otomatis memiliki nilai “gengsi” yang lebih tinggi. Bukan begitu pemirsa? Padahal menurut fungsinya, ternyata banyak pemilik dari PC tablet yang sebenarnya tidak membutuhkan perangkat ini sehingga tidak mampu memaksimalkan penggunaannya. Lalu apa fungsi dari sebuah PC tablet?

Awalnya perangkat ini digunakan hanya di desain untuk memudahkan penggunanya dalam membaca e-book dan untuk kebutuhan presentasi, dan itu masih menjadi salah satu fungsi utama dari perangkat canggih ini. Kebutuhan lain yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan gadget ini adalah untuk browsing dan membaca e-mail serta menjalankan aplikasi ringan dan hiburan (game). Jadi jika anda membutuhkan gadget untuk kebutuhan tersebut, anda bisa memilih PC tablet  meskipun sangat jarang yang menggunakan sebuah PC tablet sebagai media presentasi.

Namun belakangan para vendor mulai gencar untuk membuat tablet dengan ukuran yang lebih compact (7-8 inch) agar lebih mudah dibawa serta penambahan fitur-fitur yang juga dimiliki oleh sebuah smartphone sehingga sudah banyak konsumen yang memilih untuk menggunakan tablet berukuran 7-8 inch tersebut sebagai pilihan alternatif dari smartphone dimana pengalaman ber-multitasking akan terasa lebih baik jika menggunakan tablet daripada smartphone. Tentu ini akan sangat baik untuk mengelola pekerjaan kita khususnya jika kita sangat mengandalkan internet untuk bekerja. Saya pun biasa menggunakan perangkat ini untuk menulis artikel di beberapa blog saya (ketika sedang berada diluar rumah) sekaligus mengelola toko online termasuk untuk menyimpan berbagai data, file serta pelayanan konsumen melalui chatting. Untuk memilih secara akurat, mungkin posting saya yang berjudul Tips memilih PC tablet bisa bermanfaat.

Ultrabook
Ultrabook Terbaru

Komputer jinjing “modern” ini adalah sebuah evolusi dari sebuah notebook yang menawarkan perangkat komputer canggih ultra portable. Istilah ultra portable sendiri berarti perangkat ini sangat mudah untuk dibawa-bawa, atau setidaknya lebih mudah dibawa dibandingkan notebook biasa karena memiliki desain yang lebih tipis serta bobot yang lebih ringan dari notebook pada umumnya. Ultrabook bisa menjalankan hampir semua fungsi atau manfaat pada PC tablet, bahkan dengan performa yang jauh lebih baik serta beberapa keunggulan lain karena memang pada dasarnya ini adalah sebuah komputer. Beberapa kekurangan dari ultrabook dibandingkan dengan PC tablet adalah ukurannya yang terlalu besar untuk digenggam sehingga menyulitkan penggunaannya terutama saat bersantai serta untuk mengoperasikannya kita sedikit direpotkan karena harus membuka layarnya dan membutuhkan ruang lebih. Namun dalam hal pengolahan data dan kemudahan misalnya dalam mengetik, tentu saja menggunakan ultrabook terasa jauh lebih baik, untuk media presentasi pun tidak masalah. Kemudahan-kemudahan lain layaknya komputer juga bisa dimanfaatkan dengan perangkat cantik dengan body tipis ini. Namun tidak semua notebook tipis adalah sebuah ultrabook, karena terdapat perangkat yang memiliki desain dan kemampuan serupa yang diberi nama ultrathin. Baca perbedaannya di halaman Perbedaan Ultrabook dengan Ultrathin.

Kedua perangkat ini menawarkan portabilitas yang baik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. PC tablet lebih mudah dibawa dan bisa dioperasikan hampir dimana saja namun tidak memiliki performa komputasi sebaik ultrabook. Sedangkan ultrabook memiliki kemampuan komputasi yang jauh mengungguli PC tablet namun agak merepotkan dalam pengoperasiannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memantapkan pilihan anda sebelum memutuskan untuk memiliki perangkat tersebut. Ada pendapat lain? Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY