Cara Mengatasi Unknown Issue With GooglePlay Services

Cara Mengatasi Unknown Issue With GooglePlay Services

4365
0
SHARE
Cara Mengatasi Unknown Issue With GooglePlay Services Pada Android – Beberapa waktu lalu mimin berinisiatif untuk melakukan update pada aplikasi Gmail untuk Android dengan tujuan untuk membuat sebuah tutorial tentang cara membuat akun google baru melalui perangkat Android. Proses download dan install aplikasi berjalan dengan normal, hingga mimin menemukan ada sesuatu yang salah ketika mimin coba membuka aplikasi Gmail yang baru saja di update tersebut. Tak seperti biasanya, aplikasi tersebut mengalami “stuck” hingga muncul sebuah pesan popup yang bertuliskan “Unknown issue with Google Play services”.
Unknown issue with googleplay services
Jika dalam Bahasa Indonesia mungkin artinya adalah “Masalah tak terduga pada Google Play services”. Karena penasaran, mimin pun coba untuk membukan aplikasi Google Settings karena aplikasi ini berhubungan erat dengan Google Play services meskipun mereka berdua bukanlah sepasang kekasih #eh. Namun tampaknya masalah juga menghampiri aplikasi ini. Pesan error yang tidak jauh beda pun muncul ketika mimin coba membukanya.

Unfortunately, Google Play Services has stopped (sayangnya google play services telah terhenti)

Kedua pesan error tersebut tidak sekali dua kali saja muncul sehingga mimin memutuskan untuk mencari jalan keluar dari masalah ini karena tentu saja ini akan sangat mengganggu. Nah bagi kamu yang juga mengalami masalah yang sama, disini mimin akan membagikan sebuah solusi sederhana untuk mengatasi masalah yang sudah mimin sebutkan diatas. Yuk ikuti langkah mudahnya!

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu setting pada perangkat Android milikmu, lalu pilih menu apps atau aplikasi. Perhatikan gambar dibawah ini. Pada tab Downloaded (gambar kiri), silahkan cari dan pilih aplikasi Google Play Services. Lalu klik tombol Force stop (berhenti paksa) dan Clear data (hapus data).
Solusi untuk mengatasi unknown issue googleplay service
2. Setelahnya, silahkan kamu buka kembali aplikasi Gmail dan Google settings secara bergantian. Aplikasi akan tetap menunjukkan pesan error seperti di awal, bahkan lebih parah. Pesan error akan terus muncul bahkan ketika kamu tidak sedang membuka kedua aplikasi tersebut. Jika ini terjadi, silahkan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah melakukan restart (mematikan dan menyalakan kembali) perangkat perangkat atau gadget mu. Setelah menyala, diamkan beberapa saat sebelum kamu coba kembali untuk membuka aplikasi Gmail dan Google Settings.

Seharusnya setelah langkah tersebut, masalah atau pesan error seperti yang ditunjukkan diawal tadi tidak lagi muncul. Namun jika cara ini tidak berhasil, mimin sarankan untuk mengulangi langkah no 1, bedanya kali ini kamu coba untuk cari aplikasi Gmail dan pilih Clear data (hapus data) plus Uninstall Update (Hapus pembaruan). (PENTING!) JIKA ternyata tidak ada pilihan Uninstall update pada menu tersebut (hanya ada pilihan Uninstall saja) maka kamu hanya perlu memilih tombol Clear data saja.

WARNING! Jika kamu melakukan cara ini, nantinya semua akun Gmail yang tersimpan pada perangkatmu akan terhapus sehingga kamu harus kembali melakukan sign-in dengan akun-akun tersebut.

Setelahnya silahkan restart kembali perangkatmu, lalu buka akun Gmail dan silahkan masukkan akun google yang kamu punya. Setelah itu bukalah Google PlayStore untuk kembali melakukan update pada aplikasi Gmail.

Nah itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai solusi untuk mengatasi masalah Unknown Issue with Google Play services. Jika kamu punya saran lain untuk mengatasinya, silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY