ASUS Zenbo, Robot Pintar Yang Lucu dan Bisa Belajar

ASUS Zenbo, Robot Pintar Yang Lucu dan Bisa Belajar

787
2
SHARE

ASUS Zenbo, Robot Pintar Yang Lucu dan Bisa Belajar – Pada event Zenvolution yang berlangsung pada tanggal 30 Mei 2016 kemarin, ASUS memang lebih berfokus untuk memperkenalkan lini produk Zenfone, Zenbook dan Transformer series. Tapi menurut mimin, yang paling menarik perhatian adalah justru ketika mereka memperkenalkan Zenbo, sebuah robot unik yang menurut mimin…. Cukup menggemaskan #halah.

ASUS Zenbo RobotMemang, pada event ZenFestival yang berlangsung di Jakarta pada tahun 2015 lalu, mereka sempat menyebutkan bahwa di masa mendatang, ASUS kemungkinan akan “bermain” di dunia robot, meski tak dijelaskan secara detail soal robot yang dimaksud. Nah mungkin Zenbo inilah yang mereka sebut-sebut sebagai robot itu, dan mungkin hampir semua orang tak menduganya.

Robot dari ASUS ini akan mengingatkan kita pada tokoh animasi Disney yaitu Wall-E yang bergerak dengan roda, hanya saja Zenbo tak memiliki lengan. Hemm, mungkin memang ASUS terinspirasi dari tokoh Wall-E kali ya? Iya, bisa jadi.

Tak hanya dapat berjalan dan bergerak, ASUS Zenbo juga mempunyai layar interaktif dengan mode input touch screen (layar sentuh) di bagian kepalanya, yang juga sekaligus akan menampilkan ekspresi-ekspresi tertentu dari robot ini.

Ekspresi robot ASUS ZenboNjir, sumpah, itu ekspresinya nge-gemesin banget deh :3 Yap, nampaknya ASUS merangcangnya cukup pintar untuk bisa menampilkan ekspresi pada keadaan tertentu. Zenbo dapat melihat dengan kamera yang dimilikinya, dan dengan pengelihatannya itu, Zenbo juga dapat mengenali sesuatu, termasuk wajah.

Apa Fungsi Dari ASUS Zenbo?

Fungsi dari robot ini adalah sebagai asisten pribadi di rumah. Ia tak hanya mampu bergerak, tetapi juga bisa berbicara dan mendengar, dimana kata kunci “Hi Zenbo” bisa digunakan untuk memulai perintah tertentu. Misalnya jika kita ingin mencari resep masakan tertentu, Zenbo akan mencarikannya, menampilkan di layar, dan bahkan membacakan langkah-langkahnya.

Robot dari ASUS sendang menampilkan resepUniknya, ia juga bisa diperintahkan untuk menyalakan atau mematikan televisi AC, atau yang lainnya hanya dengan memberikan perintah suara.

Zenbo juga dapat mengingatkan kita akan tugas-tugas tertentu, misalnya jadwal minum obat, pertemuan, atau yang lainnya, dan sekali lagi, ia juga akan membacakan pengingat itu untuk kita.

ASUS Zenbo sedang membacakan pengingatIa bahkan bisa menjadi teman bagi anak-anak yang bisa memberikan beberapa pengetahuan, games, membacakan cerita dan bahkan bisa menjadi teman duet untuk bernyanyi. Waahh, emang keren kalo gini mah. Lebih keren lagi kalau ternyata dia bisa jadi teman curhat, hihihih 😀

Robot ASUS Zenbo sedang menampilkan quizInteraksi yang nampak tidak (terlalu) kaku ini membuat Zenbo terlihat sangat menarik, setidaknya bagi mimin pribadi. ASUS juga merancangnya agar bisa belajar hal-hal baru yang sebelumnya tak diketahuinya, yang akan membuatnya semakin pintar dan semakin pintar.

Jadi, apakah ini adalah awal dari era robot yang sebelumnya hanya sebatas imajinasi? Hemm, bisa jadi. Kalau kamu penasaran untuk melihat aksi dari ASUS Zenbo, kamu bisa intip video nya dibawah ini.

Pada saat diperkenalkan kemarin, harga resmi dari ASUS Zenbo adalah $599 dan mungkin akan berbeda-beda di tiap negara. Belum ada kejelasan apakah Zenbo juga akan dijual di Indonesia atau tidak. Hemm, gimana nih menurut kalian gaes?

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY