ASUS Zenfone Zoom Batal Masuk Indonesia

ASUS Zenfone Zoom Batal Masuk Indonesia

568
2
SHARE

ASUS Zenfone Zoom Batal Masuk Indonesia – Bagi kamu yang sudah menantikan kehadiran dari ASUS Zenfone Zoom di Indonesia, nampaknya kamu harus kecewa setelah membaca postingan ini. Kemarin, mimin mendengar kabar bahwa smartphone andalan ASUS yang menonjolkan kemampuan optical zoom pada kameranya ini tidak jadi masuk ke Indonesia.

BACA JUGA : Apa itu optical zoom?

Zenfone Zoom Batal Masuk IndonesiaMimin sempat meragukan kabar tersebut karena datang dari sumber yang kurang jelas (status di facebook), meskipun disana sempat beberapa kali menyebut nama Muhammad Firman, Technical Public Relations ASUS Indonesia. Namun setelah mimin coba konfirmasi ke pihak ASUS mengenai kabar ini, ternyata memang kabar ini valid. Itu artinya, memang benar bahwa ASUS Zenfone Zoom ternyata tak jadi dipasarkan di Indonesia.

Kenapa sampai dibatalkan? Menurut informasi yang mimin dapatkan, pembatalan ini terkait soal aturan TKDN yang wajib dipenuhi oleh semua vendor smartphone dengan kemampuan konektivitas 4G LTE, yang mana Zenfone Zoom dianggap tak bisa memenuhi aturan tersebut, sehingga dengan sangat terpaksa mereka membatalkan pemasarannya di tanah air.

Aturan ini sendiri mengharuskan perangkat untuk memiliki setidaknya 30% “Tingkat Kandungan Dalam Negeri”, dan bagi perangkat 4G yang tidak memenuhi syarat ini, maka ia dilarang untuk dipasarkan di Indonesia (lalu, apa kabar perangkat 4G yang masuk lewat “distributor” non resmi?).

Well, sebenarnya mimin tidak kaget mendengar kabar ini karena jauh sebelum hari ini, mimin sempat berdiskusi dengan seorang wartawan dari salah satu media di Jogja mengenai perangkat ini. Ia mengaku bahwa ia sempat menanyakan soal kemungkinan hadirnya Zenfone Zoom di Indonesia pada salah satu PR ASUS Indonesia, dan disebutkan bahwa sepertinya akan sulit untuk bisa direalisasikan (memasarkan Zenfone Zoom di Indonesia) karena aturan TKDN.

Tentu ini bukanlah kabar baik bagi mereka yang sudah menunggu lama. Seperti yang kita tau, ASUS Zenfone Zoom sangat dinantikan kehadirannya karena smartphone ini mampu menawarkan sesuatu yang lebih di sisi kamera, yang jelas akan membuat mereka para pecinta fotografi sangat tertarik untuk memilikinya.

Apalagi, ASUS mampu mempertahankan ketebalan seminimal mungkin meski ia dibekali dengan kemampuan optical zoom. Belum lagi kemampuan dari dapur pacu nya juga menawarkan performa yang tinggi. Tentu sangat disayangkan jika ternyata ia tak bisa dipasarkan di Indonesia.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY