Beranda Pengetahuan Dasar Mengenal Istilah Bootloop Pada Smartphone & Tablet

Mengenal Istilah Bootloop Pada Smartphone & Tablet

0

Mengenal Istilah Bootloop Pada Smartphone & Tablet – Pada tulisan kali ini, kita akan membahas tentang apa itu bootloop, serta apa saja yang menjadi penyebab utama terjadinya bootloop pada smartphone dan juga tablet Android. Istilah bootloop sendiri sudah lama dikenal. Dan terkadang istilah ini akan disebut jika hp ataupun tablet mengalami kerusakan tertentu.

Kata “bootloop” sendiri sebenarnya terdiri dari dua suku kata. Yaitu “boot”, yang dalam dunia teknologi adalah merujuk pada suatu proses “memulai” atau “start” (booting) pada saat hape baru dinyalakan. Sedangkan kata “loop” merujuk pada suatu proses yang berulang-ulang.

Apa itu bootloop

Maka, jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, arti dari kata bootloop adalah proses memulai yang berulang. Hal ini juga bisa diartikan sebagai keadaan dimana hp mengalami restart terus menerus, dan hanya stuck di tampilan logo. Karena kalau kita perhatikan, setiap kali proses booting alias saat mulai menyalakan hape itu kan biasanya akan muncul animasi logo terlebih dahulu. Dan jika tampilan animasi logo ini tak kunjung berhenti dan terus berulang berkali-kali, maka keadaan itulah yang disebut sebagai bootloop.

Penyebab Terjadinya Bootloop

Sebenarnya bootloop ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun yang paling sering adalah karena adanya kesalahan yang terjadi pada firmware (software utama) dari smartphone. Bisa karena memang ada bug di firmware, atau bisa juga karena faktor lain yang menyebabkan firmware menjadi error. Berdasarkan pengalaman pribadi dan juga pengakuan dari beberapa orang, berikut adalah kronologi umum yang biasa terjadi sebelum hp mengalami bootloop:

  • Setelah menghapus aplikasi system
  • Saat asik bermain game
  • Setelah melakukan update system / update software
  • Setelah gagal update system
  • Setelah kehabisan baterai saat update system

Nah dari kronologi tersebut, kecurigaan pasti akan langsung mengerucut pada kesalahan atau kegagalan system (software). Dan biasanya, masalah ini masih bisa diselesaikan dengan mudah. Yaitu dengan memaksa untuk melakukan hard reset seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan yang membahas tentang cara mengatasi bootloop di hp Android.

Walau demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa bootloop juga bisa dialami karena ada masalah yang lebih serius di tingkat hardware. Dan kalau sudah begini, langkah untuk melakukan hard reset pun sudah pasti tidak akan bisa menolong. Maka dengan sangat terpaksa, kita harus memeriksakannya ke tempat service untuk memastikan kerusakan apa yang terjadi pada hape tersebut. Atau kalau misal masih dalam masa garansi, ada baiknya untuk langsung melakukan klaim garansi saja.

Artikel sebelumnyaMau Menghidupkan Bluetooth di Laptop & Berkirim File? Begini Langkah Mudahnya!
Artikel selanjutnyaSmartphone Kamu Bootloop? Begini Cara Mengatasinya!
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini