Penjelasan Singkat Tentang FPS di Game & Video

Penjelasan Singkat Tentang FPS di Game & Video – Istilah FPS sebenarnya sudah sangat lama digunakan. Bahkan jauh sebelum kemunculan smartphone. Namun istilah ini mulai semakin populer digunakan, seiring dengan bertambah pesatnya para pemain game yang menggunakan smartphone. Iya, hal ini tidak luput dari perkembangan smartphone yang membuat popularitas akan game menjadi semakin meningkat.

Balik lagi ke soal apa itu FPS. Sebenarnya, fps itu adalah satuan untuk menunjukkan kecepatan sebuah video. Namun, oleh karena game yang biasa kita mainkan juga bakal menampilkan konten berupa video (video games), maka satuan fps ini juga turut digunakan di dalam dunia game. Supaya lebih jelas, mari kita bahas lebih dalam tentang fps!

Arti FPS Dalam Game dan Video

FPS adalah singkatan dari Frame Per Second. Atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “frame per detik”. Frame yang dimaksud di sini bisa diartikan sebagai gambar. Nah, kalau disederhanakan, fps itu adalah berapa banyak gambar yang ditampilkan secara beruntun, dalam setiap detiknya. Masih bingung? Tenang, masih ada lanjutannya kok!

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, fps ini sebenarnya adalah sebuah satuan untuk menunjukkan kecepatan sebuah video. Kita semua tau kan, kalau video itu sebenarnya merupakan kumpulan gambar-gambar yang ditampilkan secara bergantian?

Dan oleh karena gambar-gambar tersebut ditampilkan secara bergantian dan cepat, maka kita akan melihatnya seolah gambar tersebut akan bergerak. Nah, gambar yang bergerak itulah yang kita lihat sebagai video!

Sekarang kembali ke soal fps. FPS itu kan artinya frame per detik. Jadi, kalau misal sebuah video memiliki kecepatan 25fps, maka itu artinya, dalam setiap SATU DETIK, ia akan menampilkan 25 gambar secara bergantian. Kalau kecepatannya 60fps, berarti ya video tersebut akan menampilkan 60 gambar per detiknya. Semakin tinggi angka pada fps, maka video yang akan ditampilkan bakal semakin terlihat lancar.

Nah, hal ini juga akan berlaku pada dunia games. Karena dalam games itu kan layar bakal memberikan tampilan visual berupa video. Jadi, semakin tinggi fps dalam game, maka itu artinya tampilan gerakan yang terlihat saat bermain game akan terlihat semakin lancar. Mau lihat contohnya? Langsung aja cek pada video di bawah ini!

Kenapa FPS Penting Dalam Dunia Games?

Kelancaran dalam bermain game akan sangat mempengaruhi kesenangan dalam bermain. Kalau tampilan video dalam game terlihat lancar, maka kita akan bisa lebih berfokus dalam permainan. Selain itu, fps yang tinggi terkadang bisa menjadi penentu kemenangan loh!

Karena otak kita bisa lebih mudah dalam memperkirakan gerakan dan melakukan refleks jika melihat jalannya permainan dengan lancar.

Di sisi lain, kalau ternyata fps dalam game tidak begitu lancar alias ngelag, biasanya juga akan bisa memicu emosi bagi para pemain. Karena kalau game berjalan dengan fps (frame rate) yang rendah, maka terkadang kita tidak akan bisa melihat momen apa yang terjadi saat permainan berlangsung. Hal ini akan membuat kita menjadi terlambat untuk memberikan respon, hingga dapat menimbulkan kekalahan.

Selain itu, fps yang rendah juga bisa memicu sakit kepala, atau efek lain yang membuat kepala terasa kurang nyaman. Maka dari itu, fps yang tinggi sangatlah penting dalam sebuah game! Namun yang menjadi masalah adalah, tidak semua perangkat akan mampu mendapatkan fps yang tinggi pada saat menjalankan game. Karena untuk bisa menghasilkan fps yang tinggi, kita akan membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi juga.

Kenapa FPS Tinggi Membutuhkan Spek Tinggi Juga?

Supaya bisa lanjut, saya akan kembali menegaskan bahwa sebuah video itu akan terdiri dari gambar-gambar yang ditampilkan secara bergantian. Dalam menjalankan sebuah game, masing-masing gambar tersebut akan diproduksi oleh CPU dan GPU dari perangkat yang kita gunakan. Yang mana agar bisa ditampilkan sebagai sebuah video, mereka harus bekerja keras untuk dapat menghasilkan banyak sekali gambar pada tiap detiknya.

Dan untuk dapat menghasilkan banyak gambar sekaligus, jelas akan butuh performa yang tinggi juga dong?! Maka dari itulah, fps yang tinggi hanya bisa diperoleh jika CPU dan GPU punya performa yang tinggi. Sederhananya sih gitu. Maka dari itu, jangan pernah berharap bahwa smartphone ataupun laptop kelas entry level akan bisa menjalankan game dengan fps tinggi. Dalam dunia laptop, kita bahkan bisa menemukan seri laptop gaming yang dirancang khusus untuk urusan game.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P