Kamera Makro di Hape Itu Buat Apa Sih?

Kamera Makro di Hape Itu Buat Apa Sih? – Beberapa tahun belakangan ini, para perusahaan pembuat smartphone sedang rajin menambahkan kamera-kamera tambahan pada produk terbaru mereka. Jadi sekarang ini, bisa dibilang fitur dual camera itu sudah menjadi standar baru. Bahkan tak sedikit yang menjejali smartphone-nya dengan kamera hingga 4 buah. Mungkin di kemudian hari kameranya bakal ada 12. Iya, mungkin.

Trend tersebut membuat hampir tidak ada smartphone yang menggunakan satu buah kamera belakang di tahun 2021 ini. Para produsen akan menawarkan konfigurasi multi kamera dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu mode kamera yang cukup populer pada konfigurasi multi kamera di smartphone adalah kamera makro. Yang mana menurut saya, kamera makro pada hape jaman now rasanya masih sangat kurang efektif. Sebelum membahas soal alasannya, saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang fungsi kamera makro.

Apa Itu Kamera Makro?

Foto kamera hape menggunakan lensbongKamera makro adalah kamera yang punya fungsi khusus untuk mengambil foto dari jarak yang sangat dekat. Tujuannya adalah agar kita dapat menangkap detail yang lebih baik dari objek kecil. Misalnya pada objek mainan, tumbuhan kecil, hingga serangga. Iya, seharusnya sih begitu ya.

Seperti yang kita ketahui bersama, kamera utama pada smartphone itu biasanya punya batasan jarak fokus terdekat sekitar 10 sampai 15cm. Nah, hadirnya kamera makro ini akan memungkinkan kita untuk mengambil foto dari jarak sekitar 5cm atau bahkan kurang dari itu. Sekali lagi, tujuannya agar kita dapat memotret detail yang lebih baik dan lebih jelas dari objek kecil yang kita bidik.

Fungsi kamera makro pada hpTapi nyatanya, saya menilai bahwa kamera makro di hp rasanya masih sangat kurang efektif bahkan cenderung mubazir. Kenapa demikian?

Alasan pertama adalah karena lensa dan sensor yang digunakan pada kamera makro di hp biasanya apa adanya. Hal ini membuat kualitas gambar serta detail gambar dari objek yang kita potret menjadi kurang bagus. Padahal, tujuan utama dari ditambahkannya kamera makro di hp itu kan supaya bisa mengangkap detail yang baik?!

Hal ini membuat hasil foto jadi seperti ditangkap dengan menggunakan kamera hape murahan. Bahkan seringkali saya temukan bahwa hasil foto dari kamera utama yang sudah di crop masih lebih bagus dibandingkan dengan hasil foto kamera makro yang masih utuh. Memang sih, ada beberapa hape yang punya kamera makro yang saya rasa sudah bagus hasilnya. Namun tetap saja, rasanya masih kurang maksimal.

Alasan kedua adalah karena resolusi kameranya yang terlalu kecil. Sekali lagi, kamera makro itu seharusnya dapat menangkap objek dari jarak yang sangat dekat dengan harapan untuk mendapatkan detail yang sangat bagus. Tapi kalau resolusi kameranya terlalu kecil ya nggak maksimal juga. Padahal kan saat mengambil foto, terkadang kita juga harus melakukan cropping agar hasil fotonya terlihat lebih bagus. Lah ini kok resolusi kameranya malah dikasih yang kecil? Ada yang cuma 5 megapixel, bahkan banyak juga yang cuma memakai kamera 2 megapixel.

Foto makro menggunakan kamera hapeKalau sudah demikian, apa bedanya dengan melakukan digital zoom? Malah mendingan pakai digital zoom di kamera utama. Jelas-jelas lebih baik detailnya, kontras dan warna lebih oke, setelah dizoom secara digital pun resolusinya masih lebih besar. Setidaknya, itulah yang saya temukan sendiri ketika coba membandingkan kamera utama dengan kamera makro di hape.

Alasan yang ketiga adalah, umumnya kamera makro di hp tidak memiliki fitur autofocus dan atau tidak bisa diatur fokusnya. Jadi untuk memfokuskan objek, kita harus menggerakkan hape untuk menjauh atau mendekat. Yang mana hal ini membuat kita menjadi sangat sulit untuk mengambil foto dengan fokus yang benar. Kalau belum terbiasa, seringnya foto menjadi nge-blur karena kita tidak memotret dalam jarak yang tepat.

Jadi, fungsi kamera makro pada hp rasaya belum bisa menggantikan kamera utama. Sehingga saya rasa, kamera tersebut sebaiknya ditiadakan saja daripada nambah-nambahin ongkos produksi. Kalau dibuang kan mungkin biaya produksinya bisa dialihkan untuk membuat bagian hape yang lain menjadi sedikit lebih bagus. Atau ya kalau nggak gitu, hapenya kan jadi bisa dijual lebih murah. Konsumen pasti suka!

Dan saya yakin, kamera makro ini pasti sangat jarang digunakan oleh para pemilik ponsel. Bahkan oleh mereka yang hobi berburu foto makro sekalipun. Karena ya itu tadi alasannya. Kurang optimal. Kalau kamu tertarik untuk mengambil foto makro dengan smartphone, saya sarankan untuk beli lensbong saja. Karena hasilnya bakal jauh lebih baik, seperti contoh foto-foto diatas itu. Itu saya foto sendiri loh, pakai hape juga. Hape jaman dulu pulak, yang kameranya cuma satu. Sekian curcol saya kali ini, semoga ada produsen hape yang membacanya.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P