Beranda Pengetahuan Dasar Istilah MiFi Itu Apa Sih?

MiFi Itu Apa Sih?

131

MiFi Itu Apa Sih? – Seiring perkembangannya, sekarang ini banyak sekali aksesoris-aksesoris pelengkap yang ditujukan untuk mendampingi gadget utama yang biasa kita gunakan. Salah satunya adalah MiFi yang kini semakin populer di tanah air. Khususnya setelah salah satu provider internet di Indonesia yakni Smartfren, meluncurkan beberapa produk MiFi sekaligus. Bahkan di tahun 2022 ini, rasanya perangkat ini sudah sangat populer dan digunakan oleh banyak orang.

Namun karena masih terbilang baru, beberapa masyarakat mungkin masih belum paham soal apa fungsi MiFi tersebut. Sehingga mereka cenderung sama sekali tidak melirik perangkat ini karena belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkannya.

Apa Itu MiFi dan FungsinyaNah disini, saya bermaksud untuk membuatkan bahasan singkat mengenai perangkat MiFi, supaya kamu yang tadinya masih merasa asing menjadi lebih kenal dengan aksesoris yang satu ini. Bukan hanya untuk MiFi Smartfren saja ya, tapi juga untuk semua model MiFi yang ada dari berbagai brand.

Apa Itu MiFi?

Sebenarnya, MiFi itu apa sih? Menurut Wikipedia, kata MiFi sendiri diduga (masih diduga loh) adalah merupakan kependekan dari My WiFi, dimana nama MiFi sendiri sebenarnya adalah sebuah brand yang diklaim atau didaftarkan oleh Novatel Wireless (sebuah perusahaan operator selular) di beberapa negara sebagai merk dari produknya.

Kalau menurut beberapa pengamat lainnya, dikatakan bahwa MiFi adalah singkatan dari Mini WiFi Router, atau ada juga yang menyebutnya sebagai Mobile WiFi Router. Lalu, apa kegunaan MiFi dan bagaimana kita bisa memanfaatkannya? Sebelum melanjutkan soal ini, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu cara kerja MiFi dan bagaimana prinsip dasarnya.

Fungsi MiFi & Bagaimana Memanfaatkannya

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa dikatakan bahwa perangkat MiFi adalah sebuah router Wi-Fi dengan ukuran mini dan bisa dibawa-bawa. Nah dari sini, kita bisa tau bahwa fungsi MiFi adalah sebuah perangkat yang akan bisa memberikan akses internet pada berbagai perangkat lain melalui jaringan Wi-Fi. Entah itu untuk perangkat laptop, smartphone, atau perangkat lainnya yang mendukung konektivitas Wi-Fi. Jadi perannya itu kurang lebih sama seperti sebuah router Wi-Fi yang biasa kita temukan di kantoran atau rumahan.

Namun, tidak seperti router Wi-Fi rumahan yang harus menggunakan kabel agar bisa terhubung ke internet, cara kerja MiFi sendiri lebih mirip seperti sebuah smartphone yang sedang mengaktifkan fitur tethering. Sehingga bisa berperan sebagai modem Wi-Fi.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Android Sebagai Modem WiFi

Iya, sangat mirip. Hanya saja, MiFi tidak memiliki fugsi telepon dan juga sebagian besar MiFi juga tidak memiliki layar seperti layaknya sebuah smartphone. Kurang jelas? Oke, saya jelaskan lebih detail deh. Perhatikan gambar dibawah ini :

Mifi adalahJadi, untuk bisa mendapatkan koneksi internet, perangkat MiFi harus terhubung dengan jaringan selular seperti 3G, 4G LTE, ataupun 5G.ย  Lalu, koneksi internet yang sudah didapatnya tersebut, kemudian dibagikan lagi kepada berbagai perangkat lain melalui jaringan Wi-Fi. Sehingga, mereka yang punya perangkat MiFi akan mempunyai jaringan Wi-Fi pribadi yang bisa dibawa kemana-mana.

Ini jelas akan sangat membantu untuk menghemat pengeluaran untuk biaya internet bagi orang yang punya banyak gadget sekaligus. Dimana mereka hanya perlu membeli satu paket internet untuk kemudian digunakan oleh beberapa perangkat secara bersamaan. Perangkat MiFi yang paling populer di Indonesia saat ini adalah MiFi Andromax dari operator Smartfren, dimana mereka memiliki cukup banyak tipe MiFi yang beredar di pasaran.

BACA JUGA : Review MiFi Smartfren Andromax M2s

Namun bukan berarti cuma mereka saja yang memasarkan perangkat MiFi di Indonesia, karena beberapa operator lain termasuk Telkomsel dan XL juga sudah menghadirkan perangkat serupa meskipun tak sepopuler MiFi Andromax.

Lalu, bagaimana cara menggunakan MiFi? Yaa gampang saja! Kita tinggal membelikan paket internet, menyalakan MiFi, dan kemudian menghubungkan perangkat smartphone atau laptop kita ke MiFi melalui jaringan WiFi, lalu kita bisa mulai internetan deh! Simpel, kan?! Beberapa tipe MiFi juga punya yang namanya fitur WPS push button yang menawarkan beberapa kemudahan seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada tulisan tentang apa fungsi tombol WPS Wi-Fi.

Kelemahan MiFi

Di balik sifatnya yang praktis, perangkat MiFi tentu juga memiliki berbagai kekurangan. Yang pertama adalah dari soal baterai. Dari beberapa perangkat MiFi yang pernah saya coba, rata-rata mereka hanya memiliki daya tahan baterai mulai dari 4 sampai 5 jam. Bahkan dulu juga ada yang cuma bisa bertahan 3 jam, sebelum baterainya habis. Hanya beberapa MiFi saja yang mampu bertahan mulai dari pagi sampai matahari terbenam.

Sebenarnya sih ini merupakan hal yang wajar. Karena untuk bisa melalukan tethering, biasanya memang akan memakan cukup banyak daya baterai. Sebuah smartphone dengan baterai badak saja pasti akan jauh lebih cepat habis baterainya jika digunakan untuk tethering. Nah, oleh karena kelemahannya ini, saya sangat menyarankan untuk selalu membawa sebuah powerbank untuk menemani MiFi, jika kita berencana untuk bepergian dalam waktu yang lama. Terlebih, jika kita sedang melakukan perjalanan jauh.

Kedua, biasanya perangkat MiFi tidak akan dilengkapi dengan fitur fast charging. Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya baterainya bisa dikatakan cukup lama. Saya harap, kedepannya para perusahaan pembuat MiFi bisa menyematkan fitur fast charging agar kelemahan ini bisa tertutupi. Walaupun mungkin jika bisa direalisasikan, harganya juga bakal lebih mahal.

Yang ketiga adalah soal harga. Sejauh yang saya ketahui, perangkat MiFi yang “bebas” untuk bisa menggunakan semua operator akan punya harga yang cukup mahal. Yaa walaupun nggak sampai sejuta sih. Dan untuk bisa mendapatkan perangkat MiFi dengan harga yang jauh lebih terjangkau, kita harus memilih untuk membeli MiFi yang sudah dibundling dan dikunci dengan operator tertentu. MiFi Andromax (Smartfren) adalah salah satu contohnya. Diikuti dengan MiFi Telkomsel, dan juga XL.

Nah, jika kita memilih untuk membeli MiFi yang sudah dibundling, maka sudah pasti kita tidak bisa bebas untuk mengganti-ganti operator jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Ini akan cukup menyulitkan jika sewaktu-waktu operator yang dipakai pada MiFi ternyata sedang gangguan. Sebagai solusi, biasanya sih saya akan menggunakan kartu SIM dari operator yang berbeda di smartphone yang saya gunakan. Supaya jika seandainya operator yang digunakan oleh MiFi sedang gangguan, maka saya bisa beralih sejenak untuk menggunakan operator lain yang terpasang di smartphone.

Oke, saya rasa sekian dulu untuk pembahasan tentang MiFi kali ini. Semoga bisa menambah wawasan bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk membeli MiFi. Kamu mungkin juga akan menyukai tulisan tentang pencarian operator seluler terbaik untuk game onliine. Atau, kamu juga bisa menjelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! ๐Ÿ™‚

Artikel sebelumnyaWPS (WiFi Protected Setup)? Gunanya Buat Apa Sih?
Artikel selanjutnyaArti BNIB Dalam Forum Jual Beli Online
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

131 KOMENTAR

  1. Masih awam jad bingug. Trus apa bedanya dengan hotspot kak ? Kan bisa aja hotspot d hp.
    Trus untuk datanya kan misal sya pake tsel yg 19gb d hp. Kali untuk mifi gmana apa sama aja pake yg itu kalo sama . Kan yaa sama aja d hp

    • Di tulisan di atas, udah disebutkan kalau MiFi ini emang sangat mirip (bahkan bisa dibilang sama) dengan hape yang mengaktifkan tethering (hotspot). Sama-sama pakai paket data juga. Bedanya, MiFi ini nggak bisa dipake buat telpon, lebih kecil, dan lebih murah daripada hape ๐Ÿ™‚

      Orang milih buat pake MiFi biasanya supaya baterai hapenya nggak cepet habis kalau dipake jadi hotspot terus. Karena nyalain fitur hotspot (tethering) di hape ini bakal nguras baterai lebih cepet.

  2. Bang kalau misalkan saya nggak pakai paketยฒ dari mifi tapi pakai kartu yang ada data nya 100 GB di mifi nanti penggunaan data nya bisa di pakai bang kartu nya?

  3. kak saya mau tanya kalau kartu yang dipakai itu kartu yang ada data nya misalnya 100 GB di masukin ke mifi nya bakal kasih Kouta yang ada kartu 100 GB nya atau dari mifi nya sana? Masalahnya di mifi kan ada berbagai macam paket buat mifi nya seperti 10 GB/bulan dan lainยฒ tapi saya nggak mau pakai paketยฒ tersebut karena Kouta nya terlalu sedikit kalau saya beli paket yang lebih gede harganya pasti juga mahal makanya saya cuma pengen tahu pemakaian nya yang di pakai mifi itu kartu 100 GB nya atau dari mifi nya sana yang ada 10 GB nya. Kalau kakak nggak ngerti apa yang saya maksud saya punya satu pertanyaan lagi misalnya saya nggak pakai paketยฒ dari mifi nya terus langsung pakai kartu 100 GB nya apakah bisa digunakan mifi nya? Atau emang harus pakai paketยฒ dari mifi nya sana? Tolong dijawab ya kak

    • Jawabannya : tergantung mifi yang dipakai
      Kalo misal mifi yang dipakai itu adalah mifi yang bisa dipakai untuk semua operator, maka bisa aja kita pakai kartu yang ada paketan 100GB nya tadi.

      Tapi kalo misal mifi nya itu adalah mifi dari operator tertentu (misalnya operator A), maka kartu yang dipakai itu juga harus dari operator A. Karena kalau misal kartunya dari operator B atau C, maka kartu beserta paketannya nggak bisa dipakai di mifi.

      Selain itu, kalaupun seandainya mifi dan kartunya itu sama-sama dari operator A, terkadang bakal ada kebijakan yang mengharuskan kita menggunakan paketan khusus mifi. Ini tergantung kebijakan masing-masing operator sih.

      Tapi kalau misal mifi yang kita pakai itu adalah mifi yang bebas dipakai untuk semua operator (bukan mifi bunding dari operator tertentu), seharusnya dia juga bebas mau pakai paketan mana aja. Tapi untuk urusan ini, aku belum coba langsung sih

  4. Min mau nnya ,saya dpt sms dari operator bgni “Pelanggan yang terhormat akses data tidak dapat dipergunakan karena perangkat atau mifi yang Anda gunakan tidak sesuai dengan kartu SIM dan paket layanan yang terdaftar mohon gunakan kartu SIM Anda di Smartphone yang sesuai” trs min data ny gk bisa dipake pdahal saya baru ngisi min itu gmna yah min ,

    • Jadi gini.. Kalo di smartfren itu ada beberapa paket internet yang nggak bisa dipake buat MiFi. Misalnya paket unlimited, itu cuma bisa dipake buat hape.

      Nah kalo kasusnya seperti yang disebutin itu, kemungkinan paket yang dibeli itu adalah paket yang nggak bisa buat MiFi, makanya nggak bisa dipake

  5. Tanya dong untuk paketan mifi yg lite yg 10gb/bulan itu kalo misal kartunya di pindah ke hp apakah paketannya juga bisa di gunakan di hp tanpa mifinya???

  6. Kalo mifi di pakai diruangan tertutup bsaa gak bg…. Soal ny drmh aku tu susaah skli jarngan nyaa…. Lemot laah….. Trus klo pakai mifi bsa gak jrngan ny stabil gtu…

  7. Kalo wifi yg biasa dipake rumahan ,bayar duit langganan perbulan misal. Contonya kaya indihome, /speedy tapi bentuk portable, bisa dibawa kemana mana gitu. Ada gak bang???

    • Kalo dari provider seperti indihome sih belum ada. Tapi kalo dari provider selular, bisa aja. Ganti pake sistem pembayaran pascabayar. Cuman yaa tagihannya bisa jauh lebih mahal dibanding speedy / indihome. Dan internetnya nggak “unlimited”.

  8. Kalo misalkan aku di sini pake kartu tre sinyal nya di hp jelek banget terus aku kan beli mifi nah apakah saat pakai mifi sinyal ku akan enak?

  9. 1.Tuku paket internet di lebokna ning modem wifi Rp…..

    2.tuku paket internet di lebokna ning hp Rp….
    Padahal tah ya pada bae mbok
    Sing sekie tk golet paket murah wiss….
    Siki paket koh jen larang” men kaya kunyuk

  10. Min kalo mifinya Smartfren tapi kartu yang kita masukkan ke mifi itu Telkomsel apakah bisa connect atau harus pakai kartu Smartfren untuk dimasukkan ke dalam nya??

  11. Bro, kalo saya main game pakai kartu smarfren tanpa mifi dapat sinyal 50 ms.
    Kalo misalnya saya menggunakan mifi ada pengaruh gak bro ke sinyal?
    Apakah ms akan naik atau akan tetap seperti itu saja?
    terima kasih bro

  12. Maaf min tanya..klo didaerah kita jaringan 4G tpi terkadang jaringanya itu kurang stabil..dan seumpamanya kita pake mifi jadi stabil gk min?

  13. Om mau nanyak in.
    Klu blik paketan axis,trus di letak d dlm smarfreen wifi.
    Apakah sinyal nya lancar.
    Wlau d pedesaan jringn nya agak lelet.
    Krna kalau pakai hp jringn nya agak lelet,jdi klu pakai smarfreen wifi lancar gk om.

  14. Om mau nanyak in.
    Klu blik paketan axis,trus di letak d dlm smarfreen wifi.
    Apakah sinyal nya lancar.
    Wlau d pedesaan jringn nya agak lelet.
    Krna kalau pakai hp jringn nya agak lelet,jdi klu pakai smarfreen wifi lancar gk om.

  15. Nanya dong kak,kalok misalnya kita beli mifi Smartfren,tapi di rumah gk ad jaringan atau sinyal Smartfren,itu bisa gk kak??

  16. Mau tnya mas. Jika mifi menyalur jaringan dari wifi.apa harus ada sinyal wifi didaerah kita.klau tidak ada wifi apakah bisa bagus atau nyambung sinyal mifinya..

  17. tanya juga bro, jika kita membeli MiFi dengan jaringan 4G LTE, sedangkan perangkat seluler yg kita miliki tidak support jaringan 4G LTE (misalkan hanya di jaringan 3G) apakah perangkat seluler yg dimiliki tersebut tetap bisa akses MiFi dengan jaringan 4G LTE tersebut? Atau perangkat seluler yg dimiliki harus yg bisa beroperasi di jaringan 4G LTE juga?

  18. Tanya donk, kalo biasa tethering pake HP (jaringan 4G LTE dari 3) buat streaming Vimeo gak sanggup (cuma bisa buat youtube) apakah dengan mifi ini bisa terbantu? (misal sinyal bisa lebih kuat atau stabil sehingga lebih lancar streaming apa aja, gt) ? terimakasih.

    • Nahhh.. KALAU misalnya mifi yang kita pake itu BUKAN BARANG BUNDLING (macem smartfren andromax atau XL GO) dan SUDAH MENDUKUNG frekuensi yang ada di negara tujuan, seharusnya bisa. Tapi kalo ternyata mifi nya itu bundling, mending coba ditanya dulu ke customer service provider yang bersangkutan, apakah di negara tujuan sudah didukung atau nggak

  19. Mau tanya, Min, baiknya mifi saat tidak sedang di pake di matikan atau di biarkan menyala? Kalo seandainya dibiarkan menyala tanpa digunakan, ada yang terpengaruh gak selain baterainya cepat habis?

  20. Permisi mimin saya mau bertanya. Apa ini bisa dii pasang di warung kopi saya. Untuk menyediakan wifi gratis untuk pelangan saya. Sebelum nya terimakasih min.

    • Bisa banget.. Tapi, mungkin kalo emang pasang wifi gratis, mending sekalian WiFi yang “beneran” (maaf gabisa sebut merk). Karena kalau MiFi ini biasanya kan kuota yang didapet itu sangat terbatas, jadi rasanya kurang ideal untuk dibagi-bagikan secara gratis. Yang ada, nanti malah tekor untuk beli kuota doang ๐Ÿ™‚

  21. Min, maaf saya mau tanya…katanya mifi ga usah dbawa2 kluar rumah,itu teh bs aktif mskipun jaraknya jauh….apa ada kode khusus buat akTifknnya. Trims

    • Loh? Tetep aktif meskipun jaraknya jauh?

      Aku kurang paham maksudnya gimana, tapi yang pasti, MiFi itu justru dirancang supaya bisa dibawa kemana mana. Kalo ditinggal dirumah yaa hape kita nggak dapet koneksi internet dari MiFi nya

  22. min sinyal d desa saya tu 4g sinyal jaringan saya tu d rumah kadang 1 atau 2 kadang gk stabil. apa kalo pakai mifi bisa jaringan jadi full gitu min

  23. Bos, maaf mau tanya sy gak paham soal ini hehehehe, jgn ngetawain yah.
    1. Jika saya memindahkan kartu provider ke mifi unlock nanti jika ada telpon masuk gimana ya bos ?
    2. Di media penjualan online banyak menawarkan mifi unlock, itu klo pindah ke luar kota tetap bisa bos ?

    • 1. Jelas nggak bisa Kak. Kalo emang masih mau nerima telpon di nomer tsb, lebih baik pasangkan di smartphone aja.
      2. Seharusnya sih aman ya. Tapi aku nggak menyarankan untuk beli mifi yang di unlock (dari yang sebelumnya dikunci untuk operator tertentu) karena itu bisa merugikan pihak tertentu (si operator yang bersangkutan)

      ๐Ÿ™‚

  24. Comment:min mau tanya donk. aku belum ngerti masalah penggunaan mifi. itu ada ngisi paketan juga kayak biasa di pake di android gtu ya ?
    kasi recommended donk buat mifi yang bagus dan lumayan murah. hehe.. thanks

    • Tergantung operator yang dipake Kak.

      Kadang ada yang cukup isi pulsa, langsung jadi kuota. Tapi ada juga yang mesti registrasi / isi paketan seperti hape biasa
      Untuk mifi yang bisa untuk semua operator, nggak ada yang murah :))

  25. Maaf min mau tanya…

    Apakah mifi kaga ada cas nya ?? Kok mimin ganti MIFI ?? Kalo batrenya rusak itu bisa diperbaiki atau udah ga layak pakai min ?? Mohon penjelasannya min, terimakasih

  26. min mau tanya,, menggunakan mifi harus ngisi paket internet nya jga ya..?? atau langsung pke gratis kaya pake wifi gratisan di cafe cafe…

  27. Min.kalo saya kan dapet kuota 4g dari pembelian paket.tapi ga bisa dipake karena hp saya masih 3g.terus saya search di internet cara menggunakan kuota 4g di hp 3g ,salah satunya menggunakan MIFI ini.sebenarnya bisa gk sih min.kalau bisa terus gimana caranya

  28. Min hp saya jaringan nya 4g,,tapi pas pulang kampung jaringan 3g juga gak ada ,,kcuali klo keluar dri kampung ,,itu bisa di pake gak mifi nya ??
    Thanks

  29. Min, mau tanya,

    Hape Android saya kan cuma support 3G, saya tinggal di rumah yang area 4G

    Kalau misalkan pakai M3Y ini apakah Hape Android kita juga harus mendukung 4G baru bisa dapat kecepatan 4G ?

    Mohon penjelasanya min

    Thanks

  30. Min, mau tanya, mifi ini bisa dijadiin adapter wifi gak? maksudnya, misal kita punya pc yang ga ada adapter wifinya, terus pengen connect ke wifi, pake mifi ini bisa kah? trims sebelumnya..

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini