Beranda Pengetahuan Dasar Istilah Penjelasan Sederhana Tentang Istilah Shortcut Pada Komputer / Laptop

Penjelasan Sederhana Tentang Istilah Shortcut Pada Komputer / Laptop

0

Penjelasan Sederhana Tentang Istilah Shortcut Pada Komputer / Laptop – Dalam berbagai pembahasan tentang dunia teknologi, salah satu istilah yang cukup sering disebut adalah “shortcut”. Khususnya dalam bahasan tentang tutorial yang berkaitan dengan laptop atau komputer.

Dan dalam postingan singkat kali ini, saya akan memberikan penjelasan sederhana tentang apa itu shortcut dalam dunia teknologi, lengkap dengan contohnya. Tulisan ini saya buat untuk melengkapi kumpulan artikel tentang cara menggunakan laptop untuk pemula. Sehingga bagi kamu yang masih belajar menggunakan komputer atau laptop, bisa lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan laptop dan atau komputer yang kamu gunakan.

Apa Itu Shortcut?

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, shortcut artinya adalah “pintasan”. Bisa disebut juga sebagai jalan (cara) pintas, alias sebuah jalan (cara) yang memungkinkan kita untuk menyelesaikan sesuatu dengan lebih singkat dan cepat. Contoh “shortcut” (dibaca: “syort-kat”) sendiri sebenarnya sangat sering kita lihat atau bahkan kita lakukan dalam keseharian.

Misalnya, ketika kita memutuskan untuk “memotong jalan” alias “mengambil jalan pintas” atau “mengambil rute yang lebih pendek” agar tidak harus melewati jalan memutar yang terlalu jauh saat ingin mencapai tujuan tertentu, maka itu bisa disebut sebagai shortcut.

Atau, contoh lain yang menggambarkan shortcut adalah pada saat kita ingin membuat SIM. Seperti yang kita tau, untuk bisa membuat SIM, seharusnya kita menjalankan berbagai prosedur, kan?! Mulai dari urusan administrasi, tes begini, tes begitu, hingga barulah SIM bisa kita dapatkan. Namun kenyataannya, banyak orang yang memilih “jalan pintas” agar bisa langsung mendapatkan SIM, tanpa harus ribet menjalankan prosedur tersebut. Nah, “jalan pintas” (yang sebenarnya melanggar aturan) itulah yang merupakan contoh nyata yang menggambarkan maksud dari shortcut.

Intinya, shortcut adalah sebuah cara, atau jalan, atau metode, yang memungkinkan kita untuk menyelesaikan sesuatu dengan lebih singkat dan cepat.

Contoh Shortcut Dalam Dunia Teknologi / Komputer

Shortcut dalam dunia teknologi memiliki konsep yang serupa dengan shortcut di dunia nyata. Tapi bukan dalam hal “melanggar aturan” seperti dalam contoh di atas ya! Melainkan dalam hal mempersingkat waktu saat ingin menjalankan sesuatu. Sehingga, alur kerja pun bisa menjadi lebih cepat. Contohnya adalah saat kita ingin membuka dan menjalankan sebuah aplikasi yang terinstal pada laptop / komputer.

Seperti yang kita tau, saat sebuah aplikasi di-instal (dipasangkan) pada sebuah laptop atau komputer, maka data-data dari aplikasi tersebut akan disimpan di dalam storage (penyimpanan) komputer. Biasanya, aplikasi utama beserta data-datanya tersebut akan tersimpan pada direktori khusus.

Sebagai contoh, anggaplah kita sedang menginstal aplikasi Google Chrome. Maka biasanya, ia akan tersimpan di drive C, dalam folder “Program Files” > “Google” > “Chrome” > “Application”. Sehingga, untuk bisa menemukan aplikasi Google Chrome, mestinya kita harus membuka semua folder-folder yang disebutkan tadi secara berurutan. Barulah kemudian kita bisa menjalankan aplikasi Google Chrome dengan cara men-double-click aplikasi utamanya.

Akan tetapi, proses membuka folder-folder tersebut tentu akan jauh dari kata praktis, bukan? Nah, untuk menghindarkan kita dari proses pencarian yang merepotkan itu, kita bisa membuatkan shortcut untuk aplikasi Google Chrome. Yang mana shortcut tersebut akan dimunculkan di halaman awal komputer, berupa icon dari aplikasi Google Chrome.

Dengan demikian, untuk bisa menjalankan aplikasi Google Chrome, kita hanya perlu men-double-click icon yang terdapat di halaman muka tersebut, tanpa harus repot mencarinya pada direktori penyimpanan komputer. Hal serupa juga berlaku pada berbagai aplikasi lain yang tersimpan dalam komputer.

Umumnya, setiap kali kita menginstal sebuah aplikasi di laptop atau komputer, shortcut dari aplikasi tersebut akan dibuatkan dan muncul secara otomatis pada halaman awal komputer. Dengan catatan, kita harus memastikan bahwa pilihan berupa “create shortcut” sudah dicentang pada saat proses penginstalan.

Nah, itulah penjelasan sederhana mengenai apa itu shortcut pada komputer atau laptop. Bagi kamu yang masih dalam tahap belajar menggunakan laptop, saya sarankan untuk membaca tulisan tentang pengenalan istilah dan komponen pada laptop. Agar kamu bisa mengerti maksud dari istilah-istilah yang disebutkan di sini.

Atau, kamu juga bisa membuka halaman yang membahas tentang cara menggunakan laptop untuk pemula. Di mana kamu bisa menemukan berbagai artikel yang membahas pengetahuan dasar tentang laptop. Untuk membantu agar kamu lebih memahami tentang tata cara pengoperasian laptop yang benar. Semoga bermanfaat! 🙂

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini