Home Pengetahuan Dasar Cara Mengatur Ulang Android Agar Seperti Baru

Cara Mengatur Ulang Android Agar Seperti Baru

44320
48
SHARE

Cara Mengatur Ulang Android Agar Seperti Baru – Tren mengganti handphone secara berkala memang sudah menjadi hal yang biasa bagi kita, meski tidak semua orang melakukan penggantian pada gadget mereka secara rutin.

Bagi sebagian orang, mengganti perangkat hanya perlu dilakukan jika perangkat tersebut sudah mulai rusak, atau mulai lemot. Sebagian lain melakukan pergantian jika ia sudah merasa bosan ataupun ingin menggantinya dengan model yang lebih baru untuk mengikuti trend, apalagi sekarang ini perangkat baru yang menggunakan OS Android semakin banyak dan cepat peredarannya.

Apapun alasannya, sebagian besar dari kita pasti pernah atau akan mengganti perangkat kita dengan yang baru.

BACA JUGA : Kenapa Android mulai lemot?

Biasanya sebelum atau sesudah membeli perangkat yang baru, kita akan menjual perangkat milik kita sebelumnya meski tidak jarang pula yang lebih memilih untuk memberikannya kepada orang lain (misalnya adik atau saudara yang lain).

Nah sebelum perangkat tersebut berpidah tangan, akan sangat disarankan bagi kita untuk menghapus semua data yang ada pada perangkat termasuk data pribadi seperti akun, detail kontak atau segala sesuatu yang tersimpan di perangkat tersebut untuk menghindari penyalahgunaan oleh pengguna setelah kita.

Cara mengatur ulang androidNah, cara yang paling mudah dan cepat untuk menghapus semua data pada perangkat adalah dengan memanfaatkan fitur Factory reset.

Fungsi dari fitur ini adalah untuk melakukan penghapusan secara menyeluruh (reset data) agar semua data termasuk kontak, foto, aplikasi dan bahkan akun yang tersimpan disana dapat dibersihkan sehingga perangkat akan kembali ke settingan awal, seperti saat kita baru membelinya.

Nah bagi kamu yang berencana untuk melakukan penghapusan data seperti ini pada perangkat dengan OS Android, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut :

PENTING! UNTUK DIPERHATIKAN!

Sebelum memulai untuk factory reset, ada beberapa hal yang perlu kamu tau:

  • Pastikan kamu tau atau ingat password gmail yang tersimpan di hape tersebut. Karena, nantinya setelah selesai melakukan proses factory reset, password tersebut akan diminta kembali agar hape dapat dioperasikan (untuk Android versi 6.0 keatas)
  • Jika kamu berminat melakukan factory reset untuk menjual hapemu, sebaiknya kamu sign out semua akun gmail yang tersimpan SEBELUM proses factory reset dilakukan.
  • Jika kamu tidak ingin data yang tersimpan di memory eksternal (microSD) terhapus, maka sebaiknya kamu cabut terlebih dahulu microSD di perangkat tersebut. Atau kamu juga bisa menghapus tanda centang yang bertuliskan erase external memory (hapus data memory eksternal) yang biasanya muncul disana. MOHON DITELITI sebelum melakukan konfirmasi.

1. Masuklah ke menu setting, temukan dan pilih menu backup & reset seperti pada gambar dibawah ini.

Cara menghapus seluruh data di Android2. Setelah masuk ke menu tersebut, akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan pilih menu Factory data reset (Kembali ke pengaturan awal / pabrik). Setelah itu kamu akan diperingatkan kembali bahwa semua data termasuk akun, setting dan juga aplikasi yang terinstall akan dihapus secara menyeluruh. Jika sudah yakin, klik Reset phone untuk melanjutkan.

Membersihkan data dan akun di AndroidSetelah itu biasanya akan muncul beberapa halaman konfirmasi. Halaman yang muncul pertama kali akan memintamu untuk memasukkan kunci layar entah itu dalam bentuk PIN ataupun kunci pola (pattern) tergantung pada settingan yang kamu lakukan sebelumnya.

Selanjutnya, kamu akan diminta memasukkan kode konfirmasi yang akan ditampilkan perangkat untuk memastikan bahwa kamu benar-benar ingin melakukan penghapusan data untuk menghindari penghapusan data secara tidak sengaja.

Setelah mengkonfirmasi, perangkat akan melakukan rebooting untuk menghapus data. Proses ini biasanya memakan waktu yang agak lama jadi kamu harus sedikit bersabar untuk menunggu. Dan setelah selesai, perangkatmu akan kembali ke setelan awal seperti ketika baru pertama kali membelinya.

Manfaat Melakukan Factory Reset

Selain untuk melakukan penghapusan data, biasanya pilihan untuk melakukan Factory Reset akan dilakukan untuk memperbaiki (mengembalikan) software perangkat saat terjadi error yang terkadang bisa saja terjadi karena kesalahan tertentu.

Nah itulah langkah mudah untuk menghapus seluruh data pada perangkat Android. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

48 COMMENTS

  1. Dear, Admin..
    Sebelum melakukan Factory Reset, aku mau memindahkan/backup semua kontak yang tersimpan di memori tlpn biar gak hilang. Itu cara paling mudahnya gimana, ya? FYI: HP-ku Oppo Neo 3

    Thx

    • Coba masuk ke app kontak, terus cari menu “manage contact”, dan centang pilihan “auto link contact”. Cara ini bakal nge-backup kontak (sinkron) ke akun google. Untuk memastikan udah berhasil atau belum, coba cek beberapa kontak penting, biasanya kalo udah tersinkron nanti bakal ada logo google.

      Tapi entah, di hape itu bakalan sama atau nggak 😛

  2. Kalau kita tidak ingin membuat back up data dari HP yang akan di reset apakah dengan cara factory reset data seperti sms, whatsap chatt, phone log akan terhapus juga atau masih bisa di retrieve (dikembalikan) lagi dengan menggunakan software atau aplikasi? thanks

  3. Mas, mau tanya… android saya LCD nya rusak. Sebelum saya servisin, gimana cara melakukan factory data reset dari PC? SUpaya data saya semua benar2 terhapus. Karena layar hp sudah tidak bisa tampil lagi alias blank. Mksih.

  4. Saya mau tanya ni kepada admin techijau
    Begini ni min saya kan udah 2kali melakukan ini tapi data nya ngga kehapus min nama virus nya ceroa1 dan ceroa2 cara menghilangkannya bagaimana ya min?
    Efeck dari virus ini adalah meng install auto matis app dan automatis masuk ke web tertentu gitu min, ane angkat tangan dengan virus ini ,bisakah admin kasih saya jalan keluarnya? Mohon bantuan nya min

    • Wah, kalo itu sih sepertinya wajib di flashing alias install ulang OS nya, Kak.

      Terus supaya nggak terjadi lagi, hindari hal-hal ini:
      1. Install aplikasi ilegal / non resmi / bajakan (yang harusnya berbayar jadi gratis)
      2. Hindari root hape dan memberikan akses aplikasi secara sembarangan

  5. kak admin mau tanya, jadi hp android saya stelah pembaruan sistem os ny upgrade yang semula lollipop jadi marshmallow. terus ini rencana hp mau tak jual, sbelum tak jual rencana ny mau saya factory reset, lha itu kira kira kalo stelah factory reset OS nya tetep marshmallow atau kembali ke lollipop seperti awal beli?

  6. Gan kalo factory reset menghapus sitem yg udah diperbarui?
    Contohnya saya barusan melalukan pembaruan sistem dan kalo saya factory reset, sistemnya balik semula atau tetap sepertii habis diperbarui sistemnya?

  7. Bang kalo pakek ni cara sistem android nya ilang gak?
    Misal: tab saya kan versi 5.1(lolipop kyknya) entar selesai di reset… versi nya tetep lolipop/ mlh turun jadi kit kat,jelly ben/apalah?

  8. kak bantuan dong, jadi hp kakek saya kan rusak touchwiznya akhirnya karena sudah semuanya saya coba dari reset dll, saya coba ikutin prosedur untuk wipe factory data gitu, nah ternyata kakek saya gak tau sama sekali tentang google akun yg beliau pakai untuk sinkron, akhirnya skg gak bisa masuk deh ini krn kita gak tau gmn cara masuknya. gmn ya solusinya. biar kita bisa masuk pake email baru aja

  9. hp vivo saya ada tulisannya ” sayangnya google aps berhenti” itu bagaimana ya ? sering keluar soalnya.. dan kalo uda keluar ga bisa dibuat internetan ataupun smsan..pada ada jaringannya

  10. Bang saya punya hp asus yg lama banget gak kepakek
    Iseng2 hp ini saya reset factorynya
    Pas mau saya hidupin lg ni hp
    Mintak alamat atau akun google biasakan
    Terus saya isilah, tp gak masuk terus ada tulisan
    “Masukan salah satu akun yang ada di perangakat ini”
    Saya lupa akun mau pun passwordnya
    Jadi gimn ni gan
    Mohon pencerahan

  11. Kaka mau tanya hp sya itu lupa pw nya nah saya bnrin kecounter biar bsa kebuka yg saya tnya itu stlh itu data2 dihp saya itu hilang atau tdk ya kak

  12. Boleh tnya sy mw jual hp, apa petunjuk di atas benar2 permanen menghapus semua data2 di hp, klw mislanya di pulihkan di kompeter gimna itu apa masi kelihatan data2 hpku yach,?

  13. Met pagi, aku mau nanya nih, hp android aku mi mau aku jual, aku ingi menghapus semua data,sms,foto,vidio atau rekaman suaranya tanpa bisa di back up ulang, aku takute nanti di konter penjualan bisa di back up ulang melalui pc atau computer, jadi untuk menghindari hal tsb, apa yang harus aku lakukan untuk menghapus permanent dan total tanpa bisa di restore ulang atau back up ulang walaupun dengan pc atau computer, makasih

    • Cara diatas sepertinya bisa tuh hapus permanen. Atau kalo masih kurang yakin, coba aja di install ulang (flashing firmware). Caranya? Tiap hape beda beda, dan yang jelas harus pake PC / laptop

  14. Kak, mau tanya kalo semisalnya udah ngelakuin recovery reset ampe reboot (masalahnya loadingnya cuma ampe logo doang) trus udah masuk ke menu milih bahasa nah tiba2 ada tulisan ‘unfortunately process android.process media has stop’ trus pas mau diklik ok ga bisa2 kak. Ya trus saya coba matiin pas diidupin lg kaya pertama lagi dia bootloop lagi jadi cuma ampe logo. Itu gimana ya kak apa perlu ke service hp? Makasih kak

    • Wah kalo itu sih sepertinya ada masalah software ya. Kalo perkiraanku, itu cuma perlu di flashing (instal ulang OS). Dan iya, mesti dibawa ke service center kalo nggak mau ribet. Paling cuma kena 50 sampai 150ribu, tergantung tipe hape dan tukang service nya sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here