Data Usage Warning di Android, Maksudnya Apa? Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Data Usage Warning di Android, Maksudnya Apa? Bagaimana Cara Menghilangkannya? – Pernahkah kamu mendapati notifikasi tentang peringatan penggunaan data seluler atau data usage warning pada smartphone maupun tablet Android milikmu? Jika pernah, mungkin kamu akan bertanya-tanya mengenai apa maksud dari notifikasi tersebut. Serta bagaimana cara menghilangkan peringatan penggunaan data seluler di hp milik kita.

Tenang, walaupun agak sedikit mengganggu karena ia selalu muncul di panel notifikasi, ternyata peringatan ini sebenarnya tidak berbahaya kok. Dan peringatan ini tidak akan berefek apapun pada smartphone kita. Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan notifikasi tersebut agar tidak muncul lagi, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu maksud dari notifikasi yang muncul tersebut.

Apa Itu Data Usage Warning (Peringatan Penggunaan Data) di Android?

Mari kita bahas secara sederhana. Data usage artinya adalah penggunaan data. Dan penggunaan data yang dimaksud di sini adalah berapa banyak kuota data seluler yang sudah dihabiskan oleh hp ataupun tablet Android yang kita gunakan.

Biasanya, jika ternyata hp atau tablet kita masih baru, maka sistem di hp tersebut akan secara otomatis punya settingan untuk memperingatkan seberapa banyak kuota data seluler yang sudah digunakan. Umumnya, notifikasi data usage warning alias peringatan penggunaan data itu baru muncul setelah kita menggunakan kuota sebanyak 2GB dalam rentang waktu satu bulan.

Tujuannya adalah, untuk memberitahu atau memperingatkan kita, saat kita DIANGGAP sudah menggunakan kuota terlalu banyak. Dengan harapan, agar kita bisa lebih menghemat penggunaan internet. Sehingga kuota yang kita miliki tidak habis sebelum waktunya. Peringatan ini tuh semacam memberitahu kita bahwa:

Hey, kamu sudah pakai kuota sebanyak 2GB loh. Coba cek dulu sisa kuota masih aman gak?

Nah, dengan adanya peringatan ini, harapannya adalah agar kita terhindar dari resiko “pulsa tersedot”, akibat daripada terlalu cepat menghabiskan kuota karena terlalu asik memakai internet. Yang mana jika kita sudah terlalu asik internetan, terkadang kita bisa sampai lupa untuk memperhatikan berapa banyak kuota data internet yang kita gunakan. Dan kalau ternyata sudah kebablasan, pulsa yang kita miliki pun bisa-bisa ikut tersedot untuk internet.

Kalaupun mungkin kita menggunakan kuota unlimited, fitur ini juga bisa memperingatkan kita saat penggunaan kuota sudah mendekati batas FUP.

Data Usage Warning Menggunakan Siklus Bulanan

Secara default, data usage warning ini memiliki siklus bulanan. Misalnya, jika kamu membeli hp pada tanggal 10 Juni, maka hape akan mulai menghitung penggunaan data internet di hapemu pada tanggal 10 Juni, hingga 10 Juli (satu bulan).

Nah, jika dalam rentang waktu tersebut ternyata kamu sudah menggunakan internet sebanyak 2GB, maka notifikasi “Peringatan Penggunaan Data” akan muncul di notifikasi. Tujuannya adalah untuk mengingatkan bahwa kamu sudah menghabiskan kuota sebanyak 2GB selama periode waktu mulai 10 Juni.

Cara Setting Notifikasi Peringatan Penggunaan Data

Setelah mengetahui apa maksud notifikasi data usage warning, sekarang kamu akan punya dua pilihan. Yang pertama adalah mengatur dan menyesuaikan dengan besaran kuota yang kamu miliki, dan mengatur siklus beli kuota jika kamu berencana untuk tetap menggunakannya. Atau yang kedua, kamu bisa menghilangkan peringatan penggunaan data seluler tersebut jika ternyata kamu merasa tidak membutuhkannya.

Kita mulai dari cara mengaturnya terlebih dahulu yaa ..

Contoh kasus. Anggaplah kamu sudah membeli kuota data internet bulanan sebesar 6GB pada tanggal 15 Juni. Maka, kamu bisa mengubah settingan data usage alert alias batas peringatan penggunaan data tersebut di angka 5GB, dengan settingan billing cycle (siklus pembelian kuota) adalah mulai tanggal 15.

Billing cycle itu adalah tanggal dimana hape akan mulai menghitung penggunaan data internetmu. Dengan contoh settingan ini, maka hape akan mulai memberikan notifikasi peringatan JIKA kamu sudah menggunakan kuota sebanyak 5 GB, dalam rentang waktu antara tanggal 15 Juni, sampai 15 Juli. Namun jika ternyata dalam rentang waktu tersebut, kamu hanya memakai internet misalnya sebanyak 4.6GB, maka peringatan penggunaan tersebut tidak akan muncul. Karena penggunaanmu belum sampai 5GB. Dari sini paham ya? Kalau belum, coba dibaca lagi 🙂

Sekarang beginilah langkah untuk melakukan settingannya.

1. Buka menu setting di hape kamu, lalu pilih “Jaringan & Internet” atau “Connection” (tergantung tipe hapemu), seperti gambar dibawah ini.

Cara mengatasi data usage alert android2. Lalu, pilih bagian “penggunaan data” alias “data usage” seperti ini.

Menghilangkan peringatan penggunaan data3. Di bagian ini, akan muncul sebuah bar besar berwarna biru, beserta angka yang menunjukkan penggunaan internet yang sudah kita pakai. Dalam contoh ini, saya sudah memakai kuota internet sebanyak 4.6GB.

Notifikasi data usage warning4. Untuk mengubah settingannya, langsung saja klik bar besar tersebut. Nanti ia akan langsung menampilkan menu untuk mengubah batas peringatan penggunaan internet. Dalam contoh ini, saya akan mengganti angkanya menjadi 5 GB. Tapi ingat, kamu bisa sesuaikan angka ini dengan jumlah kuota bulanan yang kamu miliki ya ..

Mengubah batas peringatan data android5. Setelah kamu klik Set alias Atur, hape akan kembali menampilkan jumlah penggunaan data yang sudah kita pakai. Pehatikan juga tanggalnya ya. Kalau ternyata tanggalnya tidak sesuai dengan tanggal pembelian kuota yang sudah kamu lakukan, maka kamu harus mengikuti langkah selanjutnya.

6. Perhatikan! Untuk hape dengan versi Android 8 atau dibawahnya, silakan klik menu mobile data usage alias penggunaan data mobile, persis seperti gambar dibawah. ATAU, jika ternyata hapemu menggunakan Android versi 9 atau diatasnya, maka kamu bisa langsung klik pilihan “Peringatan & Batas Kuota”, dan bisa langsung loncat ke langkah nomor 8.

Ubah billing cycle7. Pilih icon gear seperti yang ditunjuk oleh gambar dibawah ini.

8. Dari sini, klik menu siklus penggunaan data alias billing cycle, dan gantilah sesuai dengan tanggal pembelian kuota yang kamu lakukan. Selesai!

set billing cycle androidCara Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data

Tutorial diatas adalah langkah untuk mengubah settingan peringatan penggunaan data, JIKA kamu ingin benar-benar memanfaatkannya. Tapi jika ternyata kamu ingin menghilangkannya saja, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas, dengan MELEWATI langkah nomor 4 dan 5.

Nah, setelah sampai di langkah nomor 8, maka kamu bisa langsung mematikan pilihan “terapkan peringatan data” alias “set data warning” yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Mengatasi notifikasi peringatan penggunaan data androidBeres!!! Masalah data usage alert pun sudah teratasi. Cara ini bisa diterapkan di semua hp Android dari berbagai merk. Entah itu Samsung, ASUS, Vivo, Oppo, Xiaomi, POCO, Realme, Infinix, dan lain sebagainya. Hanya saja mungkin tampilan dan tulisannya agak sedikit berbeda. Jadi tinggal kamu sesuaikan saja ya. Kamu juga bisa melihat tutorial dalam bentuk video yang sudah saya upload di channel YouTube Techijau. Kamu mungkin juga akan menyukai tulisan lain yang membahas tentang pencarian operator seluler terbaik untuk game online. Semoga bermanfaat!

Pandu Dryad
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)