Beranda Tutorial Cara Partisi SD Card Menggunakan Minitool Partition Wizard

Cara Partisi SD Card Menggunakan Minitool Partition Wizard

95

Cara Partisi SD Card Menggunakan Minitool Partition Wizard – Sebelum menggunakan perangkat smartphone dengan OS Android, mimin tidak pernah mendengar istilah partisi. Hingga suatu ketika mimin memutuskan untuk menggunakan sebuah aplikasi bernama Link2SD, dan aplikasi tersebut meminta mimin untuk melakukan partisi pada microSD Card yang mimin gunakan untuk dapat memanfaatkan fitur pada aplikasi tersebut secara maksimal.

Karena penasaran, mimin pun memutuskan untuk mencari tau di blog-blog sebelah, dan akhirnya mimin baru paham arti dari partisi tersebut dan apa fungsi atau kegunaannya. Secara default, sebuah SD Card hanya memiliki satu buah partisi dengan system file fat32.

BACA JUGA : Apa itu partisi

Tujuan melakukan partisi SD card adalah untuk membagi memori atau ruang yang tersedia (secara virtual) menjadi beberapa bagian (dalam kasus ini menjadi 2 atau 3 bagian). Manfaat dari partisi SD Card adalah untuk memisahkan kumpulan data agar kita dapat menyimpan data tertentu pada partisi yang berbeda. Nah bingung kan? Makanya coba baca dulu deh artikel yang mimin kasih di link diatas itu.

Dalam kasus ini, kita akan dapat memanfaatkan partisi pada microSD card untuk membantu meringankan beban memory internal pada perangkat Android dengan memanfaatkan aplikasi seperti misalnya Link2SD. Oke mimin tidak akan berpanjang lebar lagi, berikut adalah langkah-langkah, alat serta bahan yang harus kamu punya untuk melakukan partisi pada memory:

BAHAN :

1. Install aplikasi Minitool Partition Wizard pada PC / Laptop. Silahkan sedot disini.

2. Card reader untuk menghubungkan microSD dengan PC/laptop. Kamu juga bisa menggunakan Adapter microSD jika laptop mu sudah mendukung fitur card reader.

Langkah-langkah :

1. Sambungkan SD card ke PC dengan menggunakan card reader. Pastikan memory tersebut dapat terbaca dengan baik dan terdapat slot kosong setidaknya sekitar 500 MB hingga 1 GB.

2. Jangan lupa untuk backup semua file pada microSD ke PC/laptop milikmu (caranya tinggal mengcpoy / paste file nya ke PC). Jalankan aplikasi Minitool Partition Wizard pada PC. Pada apps tersebut, SD card milikmu akan terdeteksi di bawah disk 2 (F: ) seperti gambar di bawah

Mendeteksi SD card di minitool3. Pilih disk 2 (F: ), klik kanan lalu pilih menu Move/Resize.

Cara menggunakan minitool partition wizard4. Akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Perhatikan kotak atau bar yang berada dibawah section Size and location. Disana akan tertulis besaran ruang yang dimiliki oleh partisi utama (partisi 1) yang ada pada SD card yang kamu gunakan. Silahkan geser atau perkecil bar tersebut ke arah yang ditunjuk oleh gambar dibawah. Mohon baca keterangan dibawah gambar ini sebelum melanjutkan.

Mengatur besar ruangan memory sd cardKETERANGAN : Bagian ini merupakan partisi pertama (partisi 1) yang berguna untuk menyimpan data seperti musik, gambar dll sehingga membutuhkan memory yang besar. Untuk SD Card berkapasitas kecil (seperti pada contoh, 2 GB) mimin sarankan untuk menggunakan partisi ini sebesar 1.5 GB atau sesuai kebutuhan mu. Untuk memori yang lebih besar, silahkan atur sendiri sesuai kebutuhan mu, yang pasti partisi ini disarankan menggunakan memory sekitar 75-90% atau lebih (yang paling besar) dari kapasitas memory yang tersedia. Perlu dicatat pula bahwa kamu tidak perlu menyediakan ruang yang terlalu besar untuk partisi kedua nanti.

Perhatikan gambar diatas. Pada bagian yang diberi nomor 1 (partition size) merupakan besaran kapasitas untuk partisi ini (partisi 1). Sedangkan bagian yang diberi nomor 2 (unallocated space after) adalah besaran kapasitas yang tidak terpakai dan nanti akan kita manfaatkan sebagai partisi kedua. Jika sudah menentukan besarannya, silahkan klik OK untuk melanjutkan.

5. Sekarang akan muncul sebuah partisi baru yang terdapat dibawah disk 2 (F:) seperti pada gambar dibawah ini.

Mempartisi sd cardPilih partisi tersebut, klik kanan lalu pilih Create seperti pada gambar dibawah ini. Jika muncul tanda peringatan, silahkan klik OK saja.

Cara partisi sd card dengan minitool6. Akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Mohon diperhatikan pengaturan yang ada di dalam kotak berwarna merah. Lakukan pengaturan berikut :

  • Create as : Primary
  • File System : Ext 2

Pengaturan untuk mempartisi SD cardPengaturan diatas sangatlah penting karena jika terlupa maka partisi kedua ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Perlu diperhatikan pula bahwa File system Ext2 tersebut adalah jenis file system yang disarankan untuk penggunaan aplikasi Link2SD. Jika kamu berniat untuk menggunakan partisi kedua untuk hal lain (aplikasi lain) silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika kamu hanya berniat untuk membuat 2 partisi saja (untuk menggunakan Link2SD), maka kamu bisa langsung mengklik OK tanpa mengubah besaran kapasitas penyimpanan pada bar Size and location dan kamu bisa langsung loncat ke langkah nomor 9.

Namun jika kamu ingin membuat partisi tambahan untuk hal lain, silahkan sesuaikan besarannya seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Untuk microSD dengan kapasitas kecil (4GB kebawah) tidak disarankan untuk membuat partisi lebih dari 2.

7. Sama seperti sebelumnya, jika kamu menyisakan kapasitas penyimpanan pada partisi sebelumnya, maka di menu awal aplikasi Minitool Partition Wizard akan menampilkan sebuah partisi baru. Silahkan pilih dan klik kanan partisi baru (partisi ke-3) tersebut dan pilih Create.

Membuat partisi baru di sd card8. Biasanya partisi ketiga ini digunakan untuk membantu kinerja RAM pada perangkat dengan menggunakan aplikasi tambahan lain pada perangkat smartphone/tablet sehingga tidak diperlukan kapasitas yang terlalu besar (dibawah 500 MB). Dan biasanya file system yang digunakan untuk itu adalah Linux Swap, sehingga pengaturannya seperti pada gambar dibawah ini :

  • Create as : Primary
  • File system : Linux Swap

BACA JUGA : Manfaat RAM besar pada sebuah smartphone

9. Sekarang perhatikan gambar dibawah ini khususnya yang berada di dalam kotak. Pastikan kamu telah melakukan setting Primary pada Type di semua partisi, dan untuk partisi pertama kamu Wajib menggunakan File system FAT32. Jika kamu hanya membuat 2 partisi maka tentunya partisi yang paling bawah itu tidak akan muncul.

SD card yang akan di partisi10. Mimin sarankan untuk melakukan cek kembali apakah settingan yang kamu lakukan sudah sesuai dengan keinginanmu, dan kembali mimin ingatkan untuk memperhatikan hal yang mimin tulis di langkah nomor 9. Jika ternyata kamu melakukan kesalahan atau ingin mengubah settingan, kamu bisa mengklik tombol Discard yang berada di bagian atas aplikasi dan kamu bisa mengulangi semuanya dari awal lagi. Atau jika kamu sudah yakin dengan settinganmu, silahkan klik tombol Apply yang berada di bagian kiri atas aplikasi.

Membuat partisi baru di sd card11. Kamu disarankan untuk menutup aplikasi selain Minitool (kamu tetap boleh membuka browser untuk membaca artikel ini) dan bagi kamu yang menggunakan laptop, disarankan untuk tidak menggunakan power saving mode untuk mempercepat proses. Tunggu hingga proses selesai.

12. Dan sekarang microSD milikmu telah di partisi. Sekarang kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi Link2SD pada perangkat Android milikmu. Jika kamu masih bingung untuk menggunakannya, kamu bisa membaca panduannya pada artikel cara menggunakan Link2SD.

Jika suatu saat kamu ingin menghapus partisi yang sudah kamu buat pada SD card, silahkan ikuti tutorialnya pada posting cara menghapus partisi SD card. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya Semoga bermanfaat

Artikel sebelumnyaZenfone Selfie Akan Memiliki LED Flash Di Bagian Depan?
Artikel selanjutnyaAndroid M Resmi Diperkenalkan, Apa Saja Yang Baru?
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

95 KOMENTAR

  1. HALO gan
    ane sudah jalanin step seperti diatas, dan sudah berhasil
    tetapi egitu dipasang di hp j5 ane memory yg ext32 dan swap nya tertera error !!
    itu kesalahan dimana ya

  2. yg gak berhasil makanya pakai microSD y kelas wahid jgn abal-abal minim UHS1 Class10, Recomendasi dr sy pakai Transcend-Premium400x atau Sandisk(tapi jgn yg KW)…kl merk lain bisa jg tapi jgn harap lbih untuk daya tahan-nya….wkwkwkwkwk

  3. Partisi pertama kan buat penyimpanan data seperti musik, gambar, dll. Nah partisi kedua tuh buat apa yak? Terus data game yg mw dipindah pakai aplikasi link2sd di taruh di partisi pertama atau kedua?

    • Partisi kedua itu buat nyimpen data apps, yang bakal dipindahkan menggunakan Link2SD, Kak. Kalau data game, sayangnya dulu belum pernah ngecek soal ini, apakah ditaruh partisi dua, atau tetep di internal (bukan partisi satu yaa). Udah lama banget aku nggak pake Link2SD, Kak

  4. Gan ane pke ext2 dan ext3 pas masuk ke link2sdnya kok masih “Mount script cannot be created.” mount, Operation not permitted?
    itu masalahnya dimana ya gan?
    hape ane sony c3 gan?

  5. gan, uda berhasil di partisi, tapi pas masuk Link2SD disuruh milih partisiannya tadi, ane milih Ext2 sesuai partisian tadi, sudah OK, truskan disuruh nge-reboot HP, uda di reboot malah gak bisa nyala, Ala” bootlop gitu gan, pas nyoba Memorinya ane lepas, Bisa nyala lagi normal. tapi partisi di link2SDnya gagal dibuat.. itu apanya gan? HP ane xperia M, Hpnya apa gimana?

    • Resiko saat pake Link2SD emang begitu. Kemungkinan, proses perpindahannya nggak sempurna (entah karena microSD nya yang error, atau script dari Link2SD nya yang kurang sempurna).

  6. uda iktin smw cara di atas,udah yakin bner n sesuai ttor di atas…
    ketika klik apply di minitool malah kluar notif “invalid configure file”
    knp ya min?

  7. gan, saya udah ngikutin tutor diatas tapi pas pake link2sd terus kan disuruh milih ext2, ext3, ext4, dst. saya milih ext2 kok malah munucl tulisan “MOUNT SCRIPT ERROR mount Script cannot be created. mount: No such file or directory” itu kenapa? udah saya set ke primary semua.. partisi 1 50gb, partisi 2 8gb, partisi 3 600mb. terus saya nyoba lagi set partisi 2 dari ext2 ke ext3 tetep aja gagal gan.. saya set ke fat32 partisi 2 nya eh juga gagal padahal udah diset ke primary. kok gagal yah gan? please dibantu lah gan..

    • Hapenya apa Kak? Maksudku, OS di hapenya versi berapa? Untuk partisi 2, mungkin bisa coba dikecilin dikit Kak. Soalnya aku nggak pernah coba lebih dari 2GB. Meskipun yaa aku juga nggak yakin itu ngaruh apa nggak. Tapi nggak ada salahnya buat dicoba 🙂

      Atau ada kemungkinan lain yaitu apps nya sendiri yang error.

    • Saya punya pertanyaan! Untuk SD card class 1 apakah aman melakukan partisi soalnya saya baca di banyak artikel,syarat melakukan partisi SD card harus class 4 ke atas ?

    • Nggak masalah kalo untuk F atau E itu, soalnya itu tergantung partisi di harddisk PC / Laptop kita. Misal di PC ada partisi C dan D doang, maka disk 2 pasti jadinya E. Tapi kalo misal partisi di PC ada C, D, E dan F, maka disk 2 pasti bakal jadi G.

      Sebelum klik kanan, di klik kiri dulu, Kak

    • Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
      cobain open source project rancangan ane gan >

      IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

      (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

      #SalamSatuTeknologi

    • Bisa aja sih, Kak.. Tapi kalo kegunaannya buat pasang Link2SD di hape Android, mendingan yang partisi kedua jangan terlalu gede juga. Tapi kalo ternyata digunakan untuk keperluan lain, silakan aja Kak 😀

  8. Maaf gan, kalo saya hanya membagi menjadi 2 partisi saja apa bisa ?
    Misalkan : memory 8gb (7,4gb), part1 fat32 – 7gb, dan part2 linux swap – 400mb … Mohon pencerahannya .

  9. Ane ada kartu SD 16gb gan
    Partisi pertama 10gb fat32
    Kedua 3gb ext4
    Ketiga 1gb Linux swap

    Terus saya restart hp koq kartu SD saya ga kebaca ya gan, apa ga supporter 3 partisi.

    Mohon pencerahannya gan??

  10. Gan pandu Dryad Terima Kasih sy berhasil jg,tapi apa petisi sy udah bagus gan..?
    SD Card 30 GB-10 GB sy jadiin petisi ke 2.

    yang ke 2!sy tertarik dng point nomor 8 gan,
    8. Biasanya partisi ketiga ini digunakan untuk membantu kinerja RAM pada perangkat dengan menggunakan aplikasi tambahan lain pada perangkat smartphone/tablet sehingga tidak diperlukan kapasitas yang terlalu besar (dibawah 500 MB). Dan biasanya file system yang digunakan untuk itu adalah Linux Swap, sehingga pengaturannya seperti pada gambar dibawah ini :

    Create as : Primary
    File system : Linux Swap

    Mungkin di lain ke sempatan agan Pandu bisa menerangkan point no.8 ini,#cara menjadikan petisi ke 3 sebagai exRAM.
    Sekali lg Makasih Banyak ^_^

    • Wow, partisi kedua gak kegedean tuh? 😮

      Kalo soal ngebantu RAM pake partisi ketiga itu bisa pake aplikasi semacem ram expander. Tapi yaa gitu, resikonya bisa mempercepat kerusakan sd card.

  11. Gan. Ini td ane baru aja coba nge partisi. Dan filesystem yg pertama ane lupa tetep NTFS ga ane ganti Fat32 efeknya apa ya kira”? Partisi kedua ane buat linux swap buat nambah kinerja ram. Trus yg partisi ke 3. Ext.3 ? Thx sebelumnya

  12. ketika aplikasi sudah ter link, lalu saya pilih bersihkan partisi ke2 yg mana didalamnya ada beberapa aplikasi bawaan google, dan akhirnya terhapus semua dah.. dan ketika dicoba lagi gg bisa untuk memindahkan aplikasi.
    mohon yang tau jawabannya.. di share, hp xperia j

    • Jadi sebelumnya bisa? Kurang paham sih masalahnya dimana..

      Tapi kyanya yang paling efektif bisa coba factory reset deh Kak. (Semua data bakal ilang, hape seperti baru + aplikasi bawaan google balik lagi)

  13. gan..kok pas di apply malah error, kira kira penyebabnya apa yah?memory 32gb kebaca 30gb+..part 1 : 25gb FAT32, part 2 : 4gb ext2, part 3 : 1gb linux swap.
    saya juga sudah coba hanya 2 partisi saja..part 1 : 27gb FAT32, part 2 : 3gb ext2 dan masih error ketika di apply.
    mohon bantuannya gan

  14. Iya memang.. partisi 2 bisa pake ext2 ato yang lainnya.. Tapi waktu saia coba pake ext2,3,4 gagal semua waktu jalanin Link2SD, waktu coba FAT32 ternyata berhasil.. Tapi kalo mau coba pake ext2 ato yg lain silahkan 🙂

  15. Kalo untuk partisi ini di backup biasa aja, mksudnya di copy-paste di PC. Jadi kalo misalnya data ilang karena partisi (atau terpaksa di format) bisa dikembaliin lagi dengan cara copy-paste ulang data yang tadi.. 😀

  16. sip…. btw tadi udah aku partisi 1 : fat32, part 2 : ext3, part 3 : linux swap pake card reader, puji tuhan sukses
    stlah aku buka di link2SD bisa dibaca ext3 nya
    thanks yah

    btw, maaf oot, kalo mau pasang screenschot kayak di GB di ICS gmana yah?

  17. Boleh dicoba,, tapi cara diatas menurut saya paling baik (untuk LWW dan XPERIA lain).. Kalo partisi kedua (ext3) kemaren saya uda nyoba juga pake card reader ternyata ga bisa ke pake ama Link2SD (muncul tulisan mount script error) tapi kalo tetep mau coba silahkan.. Yang jelas tutor diatas udah saya coba dan berjalan dg lancar jaya di LWW saya.. 😀

    Kebetulan saya juga masih nubie gan.. 😀

  18. oh gitu yah, trus kan saya pake LWW ICS ROOTED, mau partisi pake cardreader saja gimana? ga pake kabel usb? soalnya mau aku buat partisi fat32, ext3, linux swap ?
    thsnks yah. maaf saya sangat awam, masih baru kmaren root+upgrade hehehe

  19. Ane ga pernah reset factory setting, tapi kemungkinan besar bakal ilang cz factory setting tuh mengembalikan semua data seperti baru pertama beli..
    Klo mau format SD card hapenya ga perlu di format..

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini