Cara Screenshot Android Tanpa Root & Aplikasi

Cara Screenshot Android Tanpa Root & Aplikasi – Jadi tulisan kali ini bakal singkat saja, yaitu tentang bagaimana kita bisa mengambil dan menyimpan screenshot (foto layar) pada smartphone dengan sistem operasi Android. Yang mana metode yang bakal saya sebutkan di sini, seharusnya bisa dilakukan pada hampir semua tipe dan merk hp Android. Mulai dari hp Samsung, Oppo, Vivo, ASUS, Xiaomi, hingga merk merk lokal seperti Advan, ataupun yang lainnya.

Caranya adalah:

  1. Pastikan kamu sudah membuka halaman yang ingin kamu simpan tampilannya. Misalnya kalau kamu ingin mengambil screenshot (atau biasanya disingkat sebagai SS) dari sebuah chat dengan teman sekelas di WhatsApp, maka bukalah chat dari temanmu itu.
  2. Kalau sudah, tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan, sampai layar berkedip. Biasanya sih, bakal ada suara seperti sedang mengambil foto gitu.
  3. Hasil screenshot tersebut akan otomatis tersimpan di gallery hapemu.

Kalau kamu tidak tau mana yang dimaksud dengan tombol power dan volume bawah, contohnya adalah seperti pada gambar di bawah. Tombol power adalah tombol untuk menyalakan dan mematikan layar. Sedangkan tombol volume bawah adalah tombol untuk mengecilkan suara pada hape.

Cara foto layar hp android

Cara Alternatif

Terkadang, akan ada hape yang punya metode berbeda untuk dapat melakukan screenshot. Seperti misalnya pada hp Samsung tipe lama yang masih memiliki tombol home. Nah, jika ternyata cara diatas tidak berhasil, maka kamu bisa coba mengubah langkah nomor 2, dengan menekan tombol power dan tombol home secara bersamaan. Tombol home adalah tombol yang berada di bawah bagian tengah. Yang biasanya fungsinya adalah untuk me-minimize aplikasi agar kita bisa melakukan multitasking.

Sedangkan untuk hp Samsung yang lebih baru, misalnya Samsung Galaxy A11, A71 dan lain sebagainya, seharusnya sudah bisa menggunakan cara yang disebut di awal tadi. Beberapa merk smartphone terkadang memiliki fitur khusus yang memungkinkan kita untuk melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol. Seperti misalnya pada hp ASUS, yang caranya sudah pernah saya bahas di tulisan yang ini.

By the way, screenshot (SS) itu sama dengan screen capture (SC) ya. Jadi kamu jangan bingung. Tergantung masing-masing orang lebih suka menyebut pakai istilah apa. Kalau kamu ingin tau berbagai istilah lain yang berkaitan dengan teknologi, silakan jelajahi kategori belajar istilah dalam teknologi pada blog techijau.com ini. Semoga bermanfaat 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P