Beranda News Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51): Laptop Gesit & Ramah Lingkungan Buat Pecinta...

Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51): Laptop Gesit & Ramah Lingkungan Buat Pecinta Alam

0

Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51): Laptop Gesit & Ramah Lingkungan Buat Pecinta Alam – Menjadi pecinta alam itu bukan tentang berapa banyak gunung yang kamu taklukkan. Bukan tentang gombalnya caption yang kamu sertakan dalam foto dengan background pemandangan puncak gunung. Atau bukan juga tentang kertas yang kamu bawa untuk berfoto di gunung, yang ujung-ujungnya menjadi sampah karena kamu buang secara sembarangan.

Menjadi pecinta alam adalah tentang bagaimana kamu bisa menjelajah untuk menikmati alam, tanpa merusak keindahannya. Benar! Menjadi pecinta alam bukan berarti kamu harus menjadi “anak gunung”. Tapi lebih kepada bagaimana upayamu dalam menjaga kelestarian alam. Seperti yang dilakukan oleh Acer dalam membangun Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51).

Tidak seperti laptop pada umumnya, Acer Aspire Vero 14″ hadir dengan membawa konsep ramah lingkungan. Yang seharusnya bakal cocok bagi mereka yang mengaku-ngaku sebagai pecinta alam. Karena di era modern ini, pecinta alam pasti juga butuh laptop dong ya?!

Fisik & Desain

Acer Aspire Vero 14 2022Dari segi fisiknya saja, kita pasti tau bahwa laptop ini menggunakan material body yang berbeda dari laptop pada umumnya. Karena memang, Acer Aspire Vero 14″ dibangun menggunakan material daur ulang PCR (post-consumer recycled).

Acer menggunakan 50% material plastik PCR ada bagian keycaps dan keyboard. Dan 30% plastik PCR pada keseluruhan sasis hingga bezel layar.

Tombol R dan E pada keyboard pun sengaja didesain terbalik. Hal ini untuk mengingatkan kita akan pesan R-E yang diusung oleh Acer. Pesan yang dimaksud adalah REduce, REuse, dan REcycle.

  • Reduce = Kurangi (sampah yang merusak lingkungan)
  • Reuse = Gunakan kembali (kemasan atau benda tak terpakai yang masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain)
  • Recycle = Daur ulang (plastik & bahan lain yang sulit terurai oleh lingkungan, agar tidak menumpuk dan mencemari lingkungan)

Sementara pada bagian touchpad, Acer Aspire Vero 14″ menggunakan teknologi OceanGlass, yang materialnya terbuat dari plastik daur ulang dari sisa sampah plastik di lautan.

BACA JUGA : Pengenalan Istilah & Komponen Pada Laptop

Penggunaan material tersebut menghadirkan tampilan dengan tekstur yang unik. Sehingga desainnya sendiri terkesan autentik. Acer Aspire Vero 14″ hadir dalam warna biru yang disebut “Marianna Blue”. Yang terinspirasi dari nama palung terdalam di bumi yaitu Marianna Trench.

Berdasarkan keterangan dari Acer, ada beberapa alasan dibalik pemilihan nama tersebut. Yang pertama adalah karena material yang digunakan dalam membangun laptop ini merupakan ocean-bound plastic. Yang tujuannya adalah untuk mengurangi pencemaran plastik di pantai dan lautan, dengan menjadikannya sebagai material body laptop.

Lalu yang kedua adalah untuk meningkatkan kesadaran kita bahwa salah satu bagian bumi yang sangat tercemar polusi adalah lautan. Sampah-sampah yang kamu buang sembarangan, atau yang dengan sengaja kamu lemparkan ke sungai, akan berakhir menumpuk di lautan.

Padahal, lautan sendiri merupakan area penting di bumi yang merupakan tempat hidup bagi ratusan ribu spesies makhluk hidup. Dengan tercemarnya lautan, bukan saja ekosistem kelautan yang bakal terganggu. Tapi juga bakal mengancam keselamatan milyaran makhluk yang tinggal di dalamnya.

Dan jangan dikira ini tidak akan berdampak apa-apa terhadap kita, manusia yang hidup di darat. Karena dengan terganggunya ekosistem laut, keseimbangan alam menjadi berantakan. Dan kamu tau? Hilangnya keseimbangan di alam bakal membawa “bencana”, yang sebenarnya ya karena ulah kita sendiri.

Maaf, saya sengaja mengoceh agak panjang di segmen ini. Karena sejak kecil, saya pribadi sudah menaruh rasa prihatin dengan fakta bahwa lautan kita terancam bahaya. Oke, kita lanjut membahas soal laptopnya.

Selain body laptop, lembaran antara keyboard dan layar juga dibuat dari 100% material daur ulang industri. Dus kemasan dari Acer Aspire Vero 14″ ini pun terbuat dari 90% bubur kertas daur ulang. Termasuk juga beberapa pelindung aksesoris lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Acer, proses produksinya yang menerapkan konsep ramah lingkungan tersebut telah berhasil menekan emisi karbon dioksida sebesar 21%. Dikatakan pula bahwa laptop ini tidak menggunakan cat atau pewarna apapun.

Sebuah upaya yang nyata, yang menggambarkan bagaimana seharusnya menjadi seorang “pecinta alam” sejati.

Performa

Tidak hanya bermodalkan material yang ramah lingkungan saja, tapi Acer Aspire Vero juga membawa performa yang lebih dari cukup untuk membantu berbagai kegiatan para pecinta alam.

Meneruskan seri Aspire Vero, sudah pasti Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) ini membawa peningkatan performa dari seri sebelumnya. Generasi terbaru dari Aspire Vero series ini sudah menggunakan prosesor generasi ke-12 Intel® Core™ i5-1235U.

Prosesor yang dibuat dengan menerapkan arsitektur hybrid tersebut, hadir dengan total 10 core. Yang masing-masing terdiri dari 2P Core dan 8E Core. Serta memiliki total 12 threads dengan clockspeed maksimal hingga 4.4GHz.

Penggunaan prosesor tersebut memastikan bahwa ia bakal mampu menjalankan berbagai kegiatan dengan baik dan gesit. Di sisi pengolahan grafis, ia memanfaatkan GPU terintegrasi Intel® Iris® Xe yang sudah terbukti optimal.

Untuk dapat mengeluarkan potensi yang dimiliki oleh prosesornya tersebut, Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) juga sudah dilengkapi dengan RAM dual-channel LPDDR4X dengan kapasitas 8GB. Plus, penyimpanannya pun sudah menggunakan SSD NVMe Gen4 berkapasitas 512GB. Hal ini bakal memastikan bahwa performa dari laptop ramah lingkungan ini tidak akan mengalami bottleneck.

Menariknya, kapasitas penyimpanannya tersebut masih bisa kita upgrade untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai penggunanya.

Pengoptimalan dari dapur pacunya tersebut juga sudah terbukti. Karena ia juga sudah mengantongi sertifikasi Intel EVO platform. Yang bakal menjamin bahwa laptop ini mampu bekerja dengan gesit, memiliki baterai yang awet, dan juga ringan untuk mendukung mobilitas yang tinggi.

Bicara soal baterai, Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) didukung dengan software eksklusif yang diberi nama VeroSense™. Gunanya adalah untuk mengatur mode penggunaan daya dari laptop ramah lingkungan ini.

Kita dapat memilih preferensi daya tahan baterai dan juga performa, sesuai dengan kebutuhan. Apakah ingin memaksimalkan agar baterainya bisa lebih tahan lama, atau ingin memaksimalkan potensi performanya. Kita bisa memilih empat mode yang ditawarkan oleh VeroSense™, yaitu:

  • Eco+ Mode: Penghematan daya tahan baterai paling lama, dengan membatasi performa
  • Eco Mode: Penghematan daya tahan baterai, namun performa lebih baik dari Eco+ Mode
  • Balanced Mode: Mode optimal untuk keseimbangan antara performa dan daya tahan baterai
  • Performance Mode: Mode maksimal untuk performa tertinggi, dengan konsumsi daya baterai yang tinggi

Optimalisasi yang diberikan oleh VeroSense™, memungkinkan laptop Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) untuk dapat digunakan hingga 16.5 jam lamanya. Dan kalaupun baterainya sudah habis, ia juga dapat diisi ulang dengan cepat karena sudah mendukung fitur fast charging.

Berdasarkan tingkat performa yang dimiliki oleh Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51), ia akan sangat cocok untuk berbagai kegiatan kantoran, sekolah, dan perkuliahan, yang berkecimpung dengan aplikasi office. Ia juga bakal sanggup untuk menjalankan berbagai aplikasi multimedia. Termasuk juga untuk pengeditan video ringan.

Layar

Dari sisi layar, Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) menggunakan panel IPS dengan bentang 14 inci, beresolusi Full HD (1920 x 1080 pixel). Ukuran layarnya yang lebih kecil dari seri sebelumnya, dimaksudkan agar body dari laptop ini bisa dibuat lebih ringan dan ringkas, sehingga lebih mudah saat harus dibawa ke mana saja.

Panel layarnya tersebut juga sudah mampu menampilkan hingga 100% sRGB. Sehingga tidak hanya tajam, tapi ia juga mampu menampilkan banyak warna dengan cemerlang. Dukungan tampilan visualnya tersebut memastikan bahwa ia akan mampu menampilkan konten multimedia dengan baik.

Kesimpulan

“Jangan malu karena tidak pernah naik gunung. Malulah ketika kamu melakukan tindakan yang merusak, tapi ngaku-ngaku sebagai pecinta alam.” – Quotes by Admin Techijau

Yang ngaku pecinta alam, mana suaranya? Sudahkah kamu melakukan tindakan nyata untuk menjaga kelestarian alam? Kalau belum, yuk kita mulai dari sekarang! Dari hal yang kecil dulu aja, yaitu di lingkunganmu sendiri. Malu dong sama Acer yang sudah niat membangun Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) sebagai wujud tindakan nyata dari Acer.

Atau, kamu juga bisa memiliki Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) yang dibanderol dengan harga Rp 10.699.000 sebagai salah satu tindakan nyata dalam mendukung gerakan untuk melestarikan alam.

Tentu saja dengan segala fitur yang dimilikinya, laptop ini bukan semata-mata hanya sekadar simbol untuk menunjukkan kecintaan terhadap alam. Tapi kita tetap bisa memanfaatkannya untuk menjalankan berbagai tugas dengan gesit. Sertifikasi Intel EVO yang dikantonginya adalah bukti bahwa ia sangat berkompeten untuk mendukung aktivitas dalam mobilitas.

Setiap pembelian laptop ini, kita juga bakal mendapatkan perlindungan ekstra 1 (satu) tahun berupa Accidental Damage Protection (ADP). Serta untuk memastikan bahwa ia bisa langsung digunakan, Acer sudah melengkapi laptop ini dengan sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021.

Artikel sebelumnyaPenjelasan Tentang Smartphone Refurbished: Keaslian, Garansi, dan Kualitasnya
Artikel selanjutnyaProyektor Acer BS-320P: Alat Pendukung Presentasi Yang Wajib Dimiliki Setiap Kantor!
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini