Home Pengetahuan Dasar Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai?

Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai?

141688
452

Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai? – Sebenernya sih mimin pribadi belum pernah mengalami kejadian seperti ini, tapi melihat dari cukup banyaknya pertanyaan yang masuk baik dari komentar di blog ini maupun melalui kontak email, mimin rasa perlu untuk membuat bahasan soal ini.

Pertanyaan yang mimin maksud adalah soal kenapa sih hape tidak bisa menyala setelah sebelumnya mati karena baterai lemah (lobat)? Sebagian dari mereka yang bertanya mengaku bahwa ketika coba untuk di cas (charge) alias di isi ulang, smartphone nya nampak tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan dan hanya memberi respon getaran saja. Dan bahkan, ada juga sebagian yang mengaku bahwa mereka sudah menunggu lama, tetapi baterai tidak mau mengisi, sehingga perangkat tidak bisa dinyalakan.

Jadi sebenarnya itu kenapa? Oke, disini mimin bakal coba jelaskan penyebabnya berdasarkan apa yang mimin ketahui, agar nantinya kamu dapat menghindari masalah serupa pada smartphone milikmu.

Apa yang salah?

Jika kamu pernah atau sedang mengalami masalah yang sama seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, kamu tak perlu panik karena belum tentu perangkatmu itu rusak. Dan sebenarnya, besar kemungkinan bahwa masalah hanya terjadi pada bagian baterai saja.

Iya, sebelumnya kamu perlu tau bahwa saat ini ada 2 jenis baterai yang digunakan oleh smartphone pada umumnya, yakni Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Ion Polymer) yang mana keduanya punya keunggulan masing-masing seperti yang sudah pernah mimin tuliskan pada artikel ini. Nah biasanya, masalah smartphone yang tidak bisa di isi ulang setelah mati kehabisan baterai biasanya terjadi pada perangkat yang menggunkanan baterai berjenis Li-Po (kadang disebut juga sebagai Li Ion Polymer).

Sebenarnya, baterai Li-Po ini merupakan teknologi baterai yang lebih mutakhir dibandingkan Li-Ion biasa. Dari sisi masa pakai, ia bisa jauh lebih awet dan tidak akan mengalami masalah yang berarti jika di charge secara tidak beraturan, meskipun tetap saja hal itu tidaklah disarankan karena dapat mempercepat kerusakan pada baterai.

BACA JUGA : Kenapa baterai menjadi kembung?

Mimin pribadi sudah lama menggunakan smartphone yang dibekali baterai jenis ini di perangkat Sony Ericsson Live With Walkman (wt19i) yang sampai sekarang masih mimin gunakan (sejak Juni 2012) dan belum pernah sekalipun melakukan penggantian pada baterai. Yup, baterai jenis ini memang sangat awet jika dibandingkan dengan baterai berjenis Li-Ion biasa yang rata-rata sudah mengalami penurunan performa sebelum 2 tahun pemakaian.

BACA JUGA : Tips merawat baterai Li-Po pada smartphone

Namun dibalik keunggulannya itu, baterai Li-Po punya satu kelemahan yang bisa dibilang cukup mengganggu dan bahkan bisa membuat sebagian orang merasa panik. Jadi, ketika ia dibiarkan lobat hingga mati (kosong total), perangkat yang menggunakan baterai ini akan sulit untuk dinyalakan kembali sebelum baterai pulih total. Dan terkadang, baterai juga akan sulit untuk di isi kembali seperti yang sudah disebutkan diatas.

Maka, sangat disarankan untuk menghindari perangkat mati karena kehabisan baterai. Kalau misalnya sudah terlanjur lobat dan kamu tidak punya powerbank atau kamu tidak bisa melakukan charging, lebih baik matikan dulu perangkatmu sebelum baterai benar-benar lemah.

BACA JUGA : Review ZenPower, Powerbank dari ASUS

Tapi kalau ternyata sudah terlanjur mati dan gak bisa di cas……… Yaa kamu perlu bersabar, karena menurut beberapa laporan, kita harus melakukan charging selama berjam-jam atau bahkan hingga hampir 2 hari agar baterai bisa atau mau mengisi kembali. Tapi, bagi kamu yang menggunakan perangkat yang baterainya bisa dilepas, mungkin kamu bisa menggunakan desktop charger (sebagian menyebutnya sebagai charger kodok) untuk membantu pengisian baterai.

Sumber gambar : Blibli.com

Tapi inget, jangan sering-sering loh, karena charger yang paling baik adalah charger bawaan perangkat yang ada dalam paket penjualan.

Bagaimana Kalau Baterainya Tak Bisa Dilepas?

Nah masalahnya, sekarang ini sudah banyak sekali perangkat yang tak bisa dilepas baterainya, sehingga akan menimbulkan kepanikan tersendiri bagi pemiliknya. Mimin punya beberapa solusi yang sudah pernah mimin coba sendiri, ataupun juga dicoba oleh pembaca dari blog Techijau.com ini. Berikut adalah tips yang bisa kamu coba:

1. Jika hape tak mau menyala setelah di charge beberapa jam, coba cabut dulu kabel charger dari hapemu. Lalu, tekan dan tahan tombol power selama 1 menit. Iya, harus ditahan yaa. Setelah itu, coba hapenya di charge kembali.

2. Masih belum ada tanda kehidupan? Biarkan dalam keadaan charging selama 30 menit, lalu coba tekan dan tahan lagi tombol power nya (dalam keadaan masih charging), lalu biarkan charging selama 15 menit.

3. Masih belum mau nyala juga? Cabut kembali chargernya, dan coba lagi seperti langkah pertama.

4. Kalau masih belum mau menyala, mimin sarankan untuk coba membuka atau mengeluarkan microSD yang digunakan pada hape tersebut, lalu coba nyalakan kembali. Karena bisa jadi microSD nya yang ternyata bermasalah. Beneran, ini pernah dialami sama pembaca Techijau.com loh.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan hapemu. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

SHARE

Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P

452 COMMENTS

  1. admin butuh bantuan hp saya samsung j5 prime, batrai hp saya habis smpai 0 persen karna main aov pas mau cas hp, hp saya gk respon

  2. Kalok posisi baru di flas waktu proses wiping data .. Tiba2 batrai ngedrop .. Cara di atas bisa enggak admin
    Samsung j7 prim

  3. Gan mau tanya..
    Kan hpku matot dicas cuma getar, terus saya bawa ke service hp, coba beli baterai baru tpi katanya kgk ada yg cocok, terus saya jelasin problem hpku, kemudian di cek menggunakan Power supply, terus katanya “ini softwarenya mas, harus di flash ulang”, la terus gw mikir hp di hubungkan ke kabel data(kan hp yg di flash itu harus kondisi matot/diam)tpi cuma getar apa bisa diflash,
    .jadi bingung sendiri
    Menurut agan gimana solusinya?
    Matur suwon
    #sorry kyk cerita kwkwkw

  4. bang Hp aq sony experia T2 ultra dua nah batrex tuh kosong di carger tapi tidak muncul gambar tabung itu bang..tapi lampu pemberitahuannya itu cuman berkedip setiap 15 detik bang nah ada apa dengan hp aku ini bang

  5. Min hp saya lenovo p70a. Saya ga sengaja kehabisan baterai sampe 0% karena lagi di perjalanan. Kendala nyah sama percis kaya blog yang mimin tulis , terus saya udh coba semua intruksi yang mimin buat tp tidak ada hasil. Apakah ada solusi lain min ? Ohiya saat di charger setiap kurang lebih satu menit sekali pasti ada getar min . mohon bantuannya yah min .trima kasih

    • Kalo gejala seperti itu, biasanya baterainya perlu waktu charging lebih lama untuk “pemulihan” tuh. Coba di charge seharian. Tapi kalo tetep gabisa, terpaksa coba ganti baterai atau sekalian cek ke service center biar tau pasti masalah dimana. Disana kan nanti juga bisa sekalian beli baterai ori nya (kalo misal bener masalahnya di baterai)

  6. Comment:misi min,tadi hp saya mainkan sampai habis total,lalu pas saya charger itu masih normal hidup batang tanda nge cas,truss saya charger hp sony saya itu sampai satu malam,besoknyaa gakk bisa dihidupin.cuma lampu merah aja yg hidup dalam keadaan charger tapi gak bisa di aktifin lagi hp nya.batre saaya batre tanam,
    gimana solusinyaa tolong dong min

  7. Saya udah ngikutin cara di atas dan nyala tapi kondisi nya stuck di logo dan balik lagi Mulu. Itu kenapa yah min? Hp xiaomi note 4 min

  8. Min hp saya asus. Saya ga sengaja kehabisan baterai sampe 0% karena lagi di perjalanan. Kendala nyah samapercis kaya blog yang mimin tulis , terus saya udh coba semua intruksi yang mimin buat tp tidak ada hasil. Apakah ada solusi lain min ? Ohiya saatdi charger setiap kurang lebih satu menit sekali pasti ada getar min . mohon bantuannya yah min .trima kasih

  9. bang, aku mau tanya sedikit tapi agak banyak, nah aku kan habis root hp ku, hp ku samsung j2 prime, nah root nya itu sudah selesai, tapi muncul tulisan masukan sandi verifikasi, kebetulan aku lupa sandi nya, jadi terpaksa di instal ulang, karena batery hanya tersisa 18% jadi di tengah proses instal ulang hp ku mati, ini apakah betul cuma karena batery ? atau MMC nya yg kena ? tolong bang penjelasannya

    • Nahhh itu bahaya. Harusnya waktu install ulang atau factory reset, pastikan baterai masih sisa diatas 50%. Soalnya kalo mati pas proses (apalagi saat proses install ulang. Akibatnya bisa fatal banget.

      Lebih baik cek dulu deh ke service center, semoga aja bukan masalah serius

  10. HP saya oppo mirror gara*nya hpnya gk dipakek slama beberapa hari true keadaan btrynya hbs saat dicas gak bsa nyala jadi bingung soalnya btrynya jg btry tanam

  11. Dear Mimin, Hi… saya punya Tablet Lenovo tab2 A7, saya emang nggak pernah cek Tab ku selama seminggu dan saya pikir juga baterai tak akan habis selama itu karena emang nggak dipakai. Mungkin karena saya nggak mematikan dulu dan saya simpan dilemari, malahan saya tinggal di lemari tanpa mematikan dulu alhasil dia kehabisan baterai sampai 0%. Pertama saya kira dengan charge 15 menit sudah mengisi setidaknya 1%, tapi malah nggak mengisi 1% pun, singkatnya seharian lebih saya charge tetap dalam posisi baterai 0%.

    Kondisi Tab masih nyala (baca: tidak benar-benar nyala seperti “booting”) jika saat ditancapkan charger (nyala dengan icon charger baterai mengisi tetapi 0% setelah seharian ngecharge), tetapi tidak nyala ketika tidak ditancapkan.

    Bisa minta tolong sarannya min 🙂

    • Seharusnya di cukup di cas seharian, baterai sudah mulai mengisi. Di kasus hape jadulku, butuh waktu 8 jam sebelum dia mau respon dan ngisi baterai. Tapi mungkin bisa coba di cas lebih lama ya Kak. Dan coba juga saran-saran soal tekan tombol power yang sudah dijelaskan diatas. Kalau masih gak bisa juga, kemungkinan baterainya bermasalah

  12. Min hp ku xiao mi 3, ud ganti frlxible charge, baterai baru. Di charge keadaan mati indikator charge nyala tapi baterai ga nyimpan malah berkurang. Itu gimana ya ?

  13. mas hp saya htc desires 700 pernah saya flash tapi gagal hbis itu saya biarin berhari-hari tapi pas saya mau hidupin gak mau hidup dan pas di cas led indikatornya berkedip- kedip, tolong bantuanya..

    • Wahhhhh… Kalo gagal flash, beda kasus Kak. Itu sih sepertinya memang mesti dibawa ke service. Cek dulu ke service center, kalo misal disuruh ganti komponen, tunda dulu. Soalnya selama LED masih nyala, berati masih ada harapan hidup. Bawa ke tukang service yang bisa atasi “hardbrick” atau yang punya alat “JTag” kalo gasalah

  14. bang hp saya tiba tiba mati total ketika habis baterai terus pas dicas bukan nya hidup malah jadi panas kali apa solusinya bang

  15. ehhh beneran loh min… hp gue awalnya susah ngcash tapi stelah dilepas micro sd jadi murah hidup….. kok bsa gitu y???
    btw tq infony minnn…

  16. Hp saya samsung j7 prime, terakhir dibuka batre 3% eh mati sendiri, otamatis reflek ngecas dong, pas di cas muncul logo samsung, gue gk pikir aneh2 min terus tinggal tidur sampai pagi, pas paginya bangun mau cabut casan, gue liat lampu tanda charge penuh gak nyala.. gue npencet tombol power gak nyala dan gue cabut ajah min casannya terus coba nyalain lagi tombol power masih tetep gk bisa nyala. padahal ngecas udh lama loh 10 jam lebih sampai sekarang. mimin tau gak kenapa dan apa solusinya ?

    • Wow.. Udah coba tekan tombol power yang lama seperti yang udah dijelasin diatas?

      Kalo udah dan gak bisa, terpaksa cek di service center. Kemungkinan ada masalah hardware (perkiraan sih baterai)

  17. Min,jadi hp saya samsung C5 PRO.Hp saya dalam keadaan baterainya 0%,dan tidak saya charge beberapa hari.Waktu saya charge menggunakan semua chare-an ternyata tidak bisa nyala.Saya sudah coba cara diatas juga tidak bisa.Lalu saya harus bagaimana ya min?Masalahnya hp saya baterai tanam.Terimakasih

    • Sudah coba charge pakai charger lain? Kalo tetep gak bisa, terpksa coba bawa ke service center Kak. Kemungkinan bermasalah di baterai, atau bisa juga yang lain. Klaim garansi kalo masih ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here