Home Pengetahuan Dasar Kenapa Hape Cepat Panas?

Kenapa Hape Cepat Panas?

168581
159
SHARE

Kenapa Hape Cepat Panas? – Beberapa dari kamu mungkin pernah merasakan panas yang berlebihan (overheat) pada smartphone atau tablet yang kamu gunakan. Bukan cuma kamu kok, karena beberapa orang lain pun juga pernah mengalami hal yang sama.

Penyebab dari perangkat yang cepat panas sangatlah beragam, bisa terjadi karena terdapat masalah pada hardware, atau tak jarang pula yang disebabkan karena kesalahan dari kita sendiri. Biasanya, perangkat yang mengalami panas berlebih ini juga akan mengalami gejala baterai menjadi lebih boros karena memang suhu yang tinggi akan menurunkan kinerja baterai.

Apapun yang menjadi penyebabnya, masalah seperti ini tidak boleh dianggap remeh karena jika terlalu lama dibiarkan, panas yang berlebih akan menimbulkan efek samping pada perangkat seperti misalnya mempercepat kerusakan baterai atau bahkan mempercepat kerusakan perangkat itu sendiri.

Untuk itu kamu sangat perlu untuk menghindari panas berlebih pada perangkat yang kamu miliki jika ingin perangkatmu bisa berumur panjang. Nah untuk itu di posting ini mimin akan membahas tentang hal apa saja yang bisa menyebabkan suhu perangkat menjadi naik serta beberapa tips dan trik mengatasinya, khususnya untuk perangkat yang menggunakan sisitem operasi Android. Daripada penasaran, mendingan kita langsung ke KUA TKP yuk! 😀

Ketahui Penyebabnya

Tentunya kita tidak akan bisa mengatasi masalah tanpa mengetahui penyebabnya. Cari tau penyebab yang mungkin bisa menjadi biang dari terjadinya overheat pada gadget tersebut. Perhatikan hal-hal berikut :

1. Kesalahan penggunaan

Hape cepat panasTerlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Atau bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat, karena prosesor, GPU, dan komponen lainnya harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, sehingga suhu baterai ikut meningkat karena aktivitas tersebut. Meski demikian, perlu dicatat bahwa sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai, tetapi yang paling sering menyebabkan panas adalah prosesor dari perangkat.

Solusi : Gunakanlah perangkatmu sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai lebih cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget milikmu. Untuk tips lain tentang penghematan baterai bisa kamu baca di halaman tips menghemat baterai smartphone Android.

2. Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri

Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.

Solusi : Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), cobalah untuk memberikan ruang khususnya pada bagian belakang perangkat agar ia mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Terlalu erat menggenggam bagian belakang perangkatmu, terutama saat menggunakan telapak tanganmu, akan menyebabkan panas dari dalam gadget tidak dapat terlepas sempurna karena tertahan oleh telapak tangan. Ingat, ini hanyalah sebuah gadget, bukan tangannya mantan! Jadi kamu tak perlu menggenggamnya terlalu erat.

3. Kekuatan sinyal atau jaringan yang kamu gunakan

Kekuatan sinyal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal yang lemah dan tidak stabil akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadgetmu akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika sinyal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.

Solusi : Jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga sinyal yang diterima oleh gadget menjadi lemah. Terlalu memaksakan memilih jaringan (dengan mengunci jaringan di 4G atau 3G Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas.

BACA JUGA : Cara Mengunci Jaringan 4G Only Pada Android

Jika ternyata di tempatmu tak memiliki cover jaringan yang cukup kuat, maka sebaiknya kamu tak memaksakan untuk melakukan penguncian jaringan.

4. WiFi dibiarkan menyala saat berada diluar jangkauan

Membiarkan konektivitas WiFi tetap menyala saat berada diluar jangkauan WiFi yang kamu gunakan juga merupakan salah satu penyebab mengapa suhu perangkat menjadi lebih tinggi, meski pengaruhnya tidaklah terlalu besar. Hal itu karena perangkat akan terus melakukan scan untuk menemukan konektivitas WiFi di sekitarnya jika ternyata jaringan yang digunakannya (sebelumnya) telah berada diluar jangkauan.

Solusi : Jika kamu menggunakan jaringan WiFi di rumah atau kantor untuk dapat terkoneksi dengan internet, maka jangan lupa untuk mematikan konektivitas WiFi pada perangkat kesayanganmu ketika kamu ingin bepergian. Hal ini akan sedikit menghemat baterai dan juga membantu mencegah naiknya suhu perangkat meski memang konektivitas selular (3G/EDGE dll) juga akan menaikkan suhu perangkat dengan cepat. Setidaknya hal ini dilakukan untuk meminimalisir.

5. Terlalu banyak aplikasi melakukan proses di background

Sering kali aplikasi yang kita jalankan sebelumnya masih tetap melakukan proses “dibalik layar” atau di background. Memang hal ini bukanlah sebuah masalah jika kapasitas RAM masih mencukupi untuk menampung mereka semua, namun akan menjadi masalah ketika data dari aplikasi yang berjalan melebihi kapasitas RAM yang ada sehingga akan lebih membebani kinerja prosesor.

Melakukan proses disini maksudnya adalah aplikasi masih benar-benar aktif karena sebelumnya kita tidak menutup aplikasi melainkan hanya me-minimize nya saja sehingga aplikasi akan terus memaksa prosesor untuk bekerja. Contoh yang biasa mimin alami adalah ketika membuka browser dengan beberapa tab sekaligus, namun mimin lupa menutupnya karena mimin kemudian membuka aplikasi lain sehingga ketika mimin membuka kembali aplikasi browser, ia akan menampilkan konten yang sama seperti terakhir kali mimin membukanya lengkap dengan beberapa tab yang mimin buka sebelumnya.

Solusi : Gunakanlah tombol “back” atau menu “exit” setelah menggunakan aplikasi. Jangan gunakan tombol “Home” (biasa terletak di bagian tengah antara “menu” dan “back” pada gadget Android) untuk menutup aplikasi. Karena jika kamu menggunakan tombol Home, aplikasi tetap akan berjalan dibalik layar sehingga akan membebani kinerja prosesor dan RAM yang (sekali lagi) mengharuskannya bekerja ekstra.

BACA JUGA : Manfaat RAM besar pada smartphone

Selain bisa mempercepat naiknya suhu gadget, hal tersebut juga bisa membuat gadget yang kamu gunakan menjadi lemot khususnya untuk perangkat yang memiliki kapasitas RAM kecil. Untuk memastikan bahwa kamu telah menutup aplikasi dengan benar, maka cobalah untuk menghapus semua daftar aplikasi yang berada di recent apps, seperti yang sudah mimin jelaskan pada tulisan berjudul Cara mudah menutup aplikasi Android.

6. Kerusakan baterai

Baterai yang sudah terlalu lama digunakan umumnya akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan kembungnya baterai, keluarnya cairan dari baterai dll, terutama untuk baterai berjenis Li-Ion yang “masa hidupnya” ditentukan oleh seberapa sering ia di isi ulang.

BACA JUGA : Apa penyebab baterai kembung?

Solusi : Gantilah baterai tersebut karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada gadget itu sendiri. Gunakanlah baterai original untuk menjamin kualitas.

7. Utamakan menggunakan WiFi

Memilih menggunakan konektivitas via Wi-Fi dapat membantu mengurangi resiko perangkat mengalami kepanasan atau overheat sehingga mimin lebih menyarankan untuk kamu agar lebih mem-prioritaskan untuk menggunakan Wi-Fi ketimbang koneksi via seluler langsung.

Jika hal diatas tidak membantu dan kamu masih merasa ada gangguan pada suhu gadget, ada baiknya kamu bawa ke service center terdekat karena bisa jadi ada kesalahan pada gadget itu sendiri entah dari segi hardware maupun software.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa perangkat yang kita gunakan cepat panas serta beberapa tips untuk mengatasinya. Jika kamu sudah mengetahui beberapa penyebabnya, mimin harap nantinya kalian bisa mengatasi masalah ini dengan sendirinya.

Silahkan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

159 COMMENTS

  1. Bg, kenapa Sony Xperia x saya demam saat menggunakan kamera terutama

    saat perekaman video, aplikasi lega kerana belum ada musik atau game yg saya instal, tolong dibantu bg

  2. Hp saya kalu dimasukkan memory card atau kartu paketan jadi panas bgt, trus baterainya jadi boros. Klu nggk dimasukkan keduanya jdi sperti biasa (nggk panas/dingin)
    Jdi nya harus gmna?
    Klu sya instal ulang jdi nya gmna?
    Hp saya tipe xiaomi redmi 4 x

  3. Kak mau nanya hp sy samsung j3 baru beli tapi sy pernah main game fifa mobile sering selama beberapa hari setelah sy berhenti main suhu nya meningkat pada saat chating atau pun main game lainpadahal bebberapa menit

  4. Hp ak samsung grand dua . Layar retak 3 helai .
    Trus bagian bawah deretan menu sama sekali mati total ga bisa d sentuh .
    Selai daerah situ bisa . Lancar .
    Tp semakin ak sentuh semakin bergerak sendiri layarnya pada bagian home exit and pilihan .
    Bagian itu yg selalu bergerak sendiri .
    Aku matikan layar ak idupkan normal ak sentuh ga sampe 1 menit kumat lagi tu penyakit .
    Solusi nya apa bg .
    Yg rusak Lcd atau touchscreen .
    Apa emang harus di gnti dua dua nya .
    Plis jawab

    • Sepertinya jelas, masalah hardware (sensor di layarnya). Kalo untuk solusi, yaa jelas harus diganti (kemungkinan harus ganti sekalian LCD nya). Untuk lebih detail sebaiknya di konsultasikan ke service center, Kak

  5. Kak hp saya Xiaomi redmi 4 x baru beli, kenapa ya kok baru main games 1 menit langsung hangat dan klo diteruskan jadi panas sehingga pengaruhnya ke batrei cepat berkurang kira kira apa masalahnya dan solusinya?

    • Ya wajar lah Kak. Buka game itu termasuk proses berat. Apalagi case belakangnya terbuat dari metal, itu kan penghantar panas juga, jadi berasa lebih cepet panas (bukan berarti lebih panas yaa)

  6. Bang kenapa samsung tab s2 ane kalo nyalain data ko malah panas banget dan jaringan nya ga bisa ke 4g, padahal kartu sama tab nya mendukung 4g dan di area 4g juga, mohon solusinya bang, thanks

  7. Hp saya samsung note 5. Batrenya mendadak boros baru saya cas full dipake chating sama brosing doang setelah 2 jam tinggal 50 % lagi saja. Saya fikir setelah saya upgrate ke os nuget jadi begini. Apa ngaruh ya? Padahal saya jaga banget penggunaan batrenya. Bisa bantu saran gan

    • Update OS / firmware emang bisa ngaruh banget ke performa dan baterai. Beberapa hapeku juga pernah begitu. Solusi, mungkin bisa coba factory reset, siapa tau itu cuma bug kecil yang bisa diatasi pake factory reset (semua data bakal hilang / dihapus). Caranya, cek disini https://techijau.com/cara-hapus-data-android/

      Kalo misal habis di reset masih begitu juga, kita cuma bisa nunggu update selanjutnya buat perbaikan

  8. Bang, hp saya samsung galaxy s5, cepet banget panasnya kalo pas lagi pake wifi apa lagi kalo data selulernya aktif, tapi panasnya waktu di baterai gitu aja si, apa pengaruh dari baterainya juga ya? Soalnya baterainya udah agak hamil gitu, apa harus ganti baterainya ya?
    Tolong jawabannya cepat ya… Terimakasih…

  9. Kak,hp saya advan i 45 panasnya cepet banget baru dihidupin 30 menit udah panas padahal jaringan seluler dan wifi mati apa ya penyebabnya,apa mungkin mau diinjak sampai pecah tu hp

  10. saya punya hape..lenovo vibe c…
    gini kang klo saya mau aktifkan data seluler 4g..atau 3..tiba tiba panas klo mu buka game sebentar..
    terus klo saya di aktifkan lgi data selular sambil cas..ko tiba pannas lgi…

    gmana yeah ada yg tau solusinya ..makasih

  11. Ka kan hp redmi 4 prime saya layar nya retak
    Saya coba main mobile legend langsung panas kaa
    Tapi sebelum retak saya suka main mobile legend jarang panas ko kaa
    (Apa akibat hp saya retak jadi hp saya gampang panas ?

    • Sepertinya bukan karena retaknya, tapi aku curiga karena benturan sebelumnya (yang bikin hapenya retak). Mungkin kena komponen tertentu yang bikin begitu. Tapi entah ya Kak, itu cuma kira-kira aja. Kalo mau tau pasti yaa mesti di cek di service center

  12. Kakk,hp aku sony experia z3 kok jadi panas klo dipake yaa,panasnya pas dibagian kamera,padal aku gak buka kamera,kasih solusi dong

    • Panas di deket kamera, karena disana (deket kamera) adalah letaknya CPU, yang mana CPU itulah yang menyebabkan panas, Kak. Untuk solusi, sepertinya agak sulit yaa. Karena hape itu pake chipset powerful banget (di masanya) yang ternyata memang chipset tersebut banyak dikeluhkan karena terlalu panas. Semua hape yang pake chipset itu juga mengalami masalah yang sama

  13. xperia e3 panas trus, uda coba semua cara diatas gk bisa, malah uda sampe difactory reset jg begitu, coba masuk recovery gk bisa jg, gimana yah solusinya

  14. Kenapa ya oppo f1s saya belakangan.. Beberapa kali. Tiba tiba panas kyk gosokan. Padahal posisi. Saya tinggal tidur. Pas bangun hp sudah panas luar biasa. Posisi tidak lagi di cas. Sampai takut beledak saya. Tolong pejelasan nyaa…
    Baru kali ini ngalamin kyk gini

    • Waduh.. Itu posisi hapenya lagi aktif paket data, atau nggak? Coba lain kali, pas ditinggal tidur, diaktifkan airplane mode Kak. Kalo misal masih seperti itu, berarti bener ada masalah hardware. Segera bawa ke service center dan jelaskan (hape panas padahal sudah dimatikan paket data & diaktifkan airplane mode)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here