Home News Memilih AC Low Watt Sebagai Solusi Hemat Listrik

Memilih AC Low Watt Sebagai Solusi Hemat Listrik

4

Memilih AC Low Watt Sebagai Solusi Hemat Listrik – Saya yakin, ada banyak sekali orang yang akan merasa tidak nyaman ketika sedang kegerahan. Tak hanya akan merusak penampilan karena berkeringat, tetapi juga dapat membuat tidur tidak nyenyak atau bahkan membuat konsentrasi saat bekerja menjadi terganggu.

Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang memilih untuk menggunakan pendingin ruangan alias AC, khususnya bagi mereka yang berada di kota besar. Namun terkadang, pengguna AC akan berpikir dua kali sebelum menyalakan AC nya karena ia seringkali menjadi biang kerok soal membengkaknya tagihan listrik bulanan.

Agak dilema memang, meski akhirnya kita terpaksa harus tetap menyalakan AC demi kenyamanan. Karena jika terus memaksakan dalam ketidaknyamanan, yang dikhawatirkan adalah hal itu akan mengganggu istirahat, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan dan juga produktivitas dalam bekerja karena kurang mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Memilih AC Low Watt Adalah Solusi

Mungkin itulah alasan mengapa saat ini masyarakat mulai berpikir untuk mencari AC low watt sebagai solusi untuk menekan biaya tagihan listrik bulanan. Apalagi dengan semakin tingginya biaya hidup untuk kebutuhan lain, tentu hal itu akan dapat menjadi solusi berhemat untuk jangka panjang.

Dari hasil penelusuran saya, saat ini AC berlabel “low watt” yang beredar di pasaran rata-rata masih harus memakan daya sebesar 320 hingga 350 Watt untuk AC 1/2 PK.

Sangat jarang sekali ditemukan AC yang mengkonsumsi daya lebih rendah dari itu, hingga kemudian saya menemukan AC Gree C3 yang saya rasa adalah jawaban dari pencarian saya untuk AC hemat daya.

AC low watt hemat listrikDari yang saya ketahui, Gree C3 untuk ukuran 1/2 PK hanya akan mengkonsumsi daya sebesar 290 W. Dan jika dibandingkan dengan tipe AC Gree Standard MOO ukuran 1/2 PK (500 W), maka perbedaan penghematannya adalah sekitar 42%!

Konsumsi daya yang sangat rendah untuk AC ukuran 1/2 PK ini membuat Gree C3 sangat layak untuk dipertimbangkan demi penghematan jangka panjang.

Listrik Lebih Hemat, Pendinginan Lebih Optimal

Berdasarkan sumber yang saya baca, AC Gree C3 yang diluncurkan pada November 2017 ini merupakan versi pembaruan dari tipe sebelumnya yaitu Gree COO yang juga merupakan AC tipe low watt.

Tentu saja, Gree C3 merupakan versi yang lebih mutakhir dibandingkan tipe sebelumnya itu (Gree COO). Dengan konsumsi listrik 290 Watt, Gree C3 1/2 PK mampu menghasilkan kapasitas pendinginan sebesar 5000 Btu/h, lebih baik dibandingkan pendahulunya yang “hanya” menghasilkan kapasitas pendinginan sebesar 4850 Btu/h dengan konsumsi daya 310 Watt.

Gree C3 menggunakan parts AC paling baru dan paling canggih yang dimiliki oleh Gree untuk saat ini. Salah satunya adalah penggunaan kompresor teknologi terbaru yang dapat bekerja lebih efisien dalam pengompresan refrigerant R32, sehingga itulah mengapa AC Gree C3 menjadi lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC lainnya.

Konsumsi daya yang hanya 290 Watt tersebut jelas sangat efektif untuk menekan pengeluaran bulanan untuk tagihan listrik. Jika dihitung-hitung, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan AC Gree C3 adalah sekitar 4 ribuan permalam, dengan asumsi penggunaan permalam adalah selama 8 jam.

Proteksi Ganda & Ramah Lingkungan

Perlindungan AC GreeSaya tertarik untuk menelusuri lebih jauh mengenai AC ini. Ternyata tak hanya soal konsumsi daya nya yang rendah, akan tetapi Gree juga memperhatikan beberapa hal lain termasuk soal keamanan.

Gree C3 memiliki fitur Triple Protection berupa Fireproof, Leakproof, serta High Temperature Proof, yang akan melindungi komponen AC dari segala bentuk potensi yang akan menimbulkan kerusakan dari luar seperti air hujan, cuaca panas, dan bahkan hantaman.

Fitur proteksi ini diterapkan pada bagian indoor maupun outdoor AC Gree C3, dan kabarnya ini adalah pertama kalinya fitur tersebut diaplikasikan dalam industri AC.

Selain itu, freon R32 yang merupakan freon baru yang digunakan oleh Gree C3 adalah freon yang lebih ramah lingkungan alias Eco Friendly dibandingkan dengan Freon R22, R410A, atau freon yang lainnya.

Ia secara efektif akan menurunkan tingkat pembuangan karbondioksida, sehingga sangat jelas dapat mengurangi tingkat pemanasan global sebesar 70% karena freon R32 hanya memiliki kontribusi Global Warming Potential di angka 675, jauh dibawah freon lain yang bisa mencapai angka diatas 1800.

Akhir Kata

Bayangkan, berapa banyak biaya yang bisa kita hemat selama setahun jika kita beralih menggunakan AC low watt Gree C3? Penggunaan daya yang bahkan lebih rendah dari AC low watt pada umumnya, pastinya bakal sangat terasa bedanya jika dibandingkan dengan menggunakan AC standart.

AC Hemat ListrikTeknologi terbaru serta fitur proteksi yang dimilikinya, membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan, karena dapat meminimalisir dampak kerusakan yang disebabkan dari luar AC itu sendiri.

Dan yang paling penting adalah, kita tak perlu terlalu memusingkan soal biaya lagi untuk mendapatkan kenyamanan dalam beristirahat, ataupun bekerja.

4 COMMENTS

  1. meski kita menginginkan pengatur ruangan yang bisa bikin dingin dan sejuk dalam waktu singkat, tetapi konsumsi daya listrik tetep pertimbangan penting. apalagi tarif listrik rumah tangga makin lama makin mahaal. jadi ya harus bijak pula 🙂

  2. Permisi .kapasitas listrik sy msh rendah 450watt apakah mampu dgn watt450 bisa mengunakan greeC3,kulkas2pintu, 3lampu ruangan & magicom…. Mohon pencerahan ny pak..,. Makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here