Beranda News Pembuatan Konten DIY: Mengenal Fitur AI Image Resizer di CapCut

Pembuatan Konten DIY: Mengenal Fitur AI Image Resizer di CapCut

0

Pembuatan Konten DIY: Mengenal Fitur AI Image Resizer di CapCut – Dalam urusan pembuatan konten digital yang terus berkembang, memanfaatkan kekuatan alat-alat canggih sangatlah penting untuk tetap menjadi yang terdepan.

CapCut yang merupakan sebuah aplikasi editor online dengan fitur yang kaya, telah menarik perhatian banyak orang karena memiliki ekosistem yang kaya fitur. Salah satu fitur yang menjadi pusat perhatian adalah AI Image Resizer.

AI Image Resizer dari CapCut hadir sebagai alat yang ampuh, yang menawarkan proses yang mudah dan efisien untuk mengubah ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas. Dalam kesempatan ini, saya akan membahas soal tutorial singkat untuk memanfaatkan kemampuan CapCut dalam urusan pembuatan konten DIY Anda.

Jangan lupa, kamu juga bisa merasakan kecanggihan lain dari CapCut melalui fitur bebas teks ke ucapan, untuk mengubah kata-kata yang kamu tuliskan menjadi suara lisan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Mengenal Editor Gambar AI Dari CapCut

Sebelum mendalami panduan langkah demi langkahnya, perlu rasanya untuk memahami beberapa hal mendasar dari AI Image Resizer CapCut. CapCut memposisikan dirinya sebagai editor online lengkap, dengan memanfaatkan kekuatan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Yang mana kecerdasan buatan tersebut berguna untuk mengubah ukuran gambar, namun tetap mempertahankan kualitas visualnya agar bisa dibagikan di berbagai platform.

Alat ini menawarkan antarmuka yang ramah pengguna, beberapa template, dan fitur tata letak otomatis yang inovatif. Menjadikannya sebagai pilihan tepat bagi para content creator.

Cara Menggunakan AI Image Resizer CapCut

1. Masuk ke Workspace CapCut

Agar bisa mulai untuk mengubah ukuran gambar, bukalah situs web CapCut, lalu sign in atau sign up (daftar) jika belum, agar kamu bisa mengakses workspace alias menu ruang kerja yang nanti akan disediakan. Tenang saja, kita tidak perlu memberikan informasi tentang kartu kredit kok jika memilih versi gratis saat mendaftar.

2. Memulai Gambar Baru

Setelah login dan menampilkan workspace, arahkan kursor mouse ke tombol “Create New” pada bagian kiri atas. Lalu cari opsi “Image” dan klik “Custom Image”.

Tentukan berapa resolusi alias ukuran gambar (dalam satuan pixel) yang sesuai dengan kebutuhanmu. Atau, kamu bisa klik “Cancel” saja, lalu cari kembali opsi “Image” seperti langkah di atas, dan pilih ukuran gambar yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya jika kamu memilih “Instagram”, maka ia akan menampilkan beberapa pilihan ukuran gambar yang bisa kamu pilih.

3. Upload Gambar

Sekarang, kamu bisa mulai untuk mengedit gambar yang kamu inginkan dengan cara melakukan upload foto atau gambar dari laptop atau komputer PC desktop milikmu.

Pada deretan icon di sebelah kiri, klik icon “upload”, lalu arahkan kursor ke tombol upload yang ada di sebelah kiri atas, dan pilih “From Computer”. Atau, kamu juga bisa melakukan drag and drop gambar dari komputer milikmu. Yang menarik, kita juga bisa memilih gambar dari akun Google Drive atau Dropbox yang kita punya.

4. Mulai Ubah Ukuran Gambar

Agar bisa melakukan resize alias mengubah ukuran gambar, pastikan gambar yang sudah diupload dan dimasukkan ke workspace tadi tidak dalam keadaan sudah diklik. Untuk memastikan, klik saja bagian background luar dari gambar yang berwarna abu-abu (jangan klik gambarnya).

Jika sudah, akan muncul icon menu “Resize” yang terdapat pada bagian kanan atas layar. Klik menu tersebut untuk mulai melakukan resize.

CapCut menawarkan banyak opsi untuk mengubah ukuran gambar. Kita dapat memilih untuk menentukan sendiri berapa ukuran panjang dan lebar gambar tersebut dengan mengubah angka yang ada di bawah pilihan “Custom”.

CapCut Editor Foto

Jangan lupa untuk mengaktifkan link ukuran dengan mengklik icon kecil diantara angka panjang dan lebar. Tujuannya agar saat panjang gambar kita ubah, maka lebarnya akan menyesuaikan. Sehingga rasio gambar bakal tetap terjaga. Atau, kamu bisa mengabaikan langkah ini jika memang ingin mengubah rasio gambar sekalian.

Selain itu, terdapat pula opsi lain yang bisa kita pilih agar disesuaikan dengan platform social media. Misalnya jika kita berencana untuk meng-upload gambar itu di Instagram, maka kita bisa mengkil opsi “Instagram post”. Atau pilih saja opsi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Yang menarik, terdapat opsi “Auto layout” pada bagian bawah kiri yang bisa kita aktifkan. Tujuannya adalah agar peletakan gambar bisa disesuaikan secara otomatis dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dari CapCut. Fitur cerdas ini sangat membantu dalam menghemat waktu, karena kita tidak perlu lagi melakukan pengaturan-pengaturan posisi ketika mengubah ukuran gambar.

5. Jelajahi Opsi Pengeditan Lainnya

Selain mengubah ukuran, CapCut menyediakan berbagai opsi pengeditan untuk menyempurnakan konten gambar. Kita dapat bereksperimen dengan berbagai menu, termasuk diantaranya ada filter, overlay, dan berbagai elemen kreatif lainnya untuk memberikan sentuhan unik pada gambar.

6. Mengekspor Gambar

Setelah dirasa gambar sudah disesuaikan dengan kebutuhan, silakan lanjut untuk mengekspor gambar yang sudah diedit. Agar gambar tersebut bisa kita download ke komputer.

Caranya adalah dengan mengklik tombol “Export” yang ada pada bagian kanan atas layar. Lalu kita bisa memilih format gambar (PNG, JPEG atau PDF), memilih ukuran gambar (Size), serta memilih kualitas gambar. Jika sudah, klik “Download”.

7. Bagikan di Social Media

Perlu kamu tau bahwa CapCut bukanlah sekadar alat untuk mengubah ukuran gambar saja. Melainkan, ia merupakan sebuah alat yang punya segudang fitur untuk membantu dalam urusan membuat konten.

Dalam urusan berbagi di social media misalnya. Kita dapat memanfaatkan fitur cerdas yang terintegrasi dengan berbagai platform social media, untuk memudahkan dalam urusan memposting gambar ke platform yang kita inginkan.

Bagaimana AI Image Resizer CapCut Meningkatkan Alur Kerja

Mempermudah Pengelolaan Sosial Media

Fitur untuk mengubah ukuran gambar dari CapCut terbukti membantu mempermudah dalam urusan pengelolaan social media, sehingga kita bisa konsisten untuk menghadirkan konten yang menarik secara visual.

Gunakan saja template ukuran yang sudah disediakan untuk masing-masing platform social media. Kita pun dapat dengan cepat menyesuaikan tampilan dari gambar yang kita inginkan, agar bisa segera diposting pada masing-masing platform. Termasuk juga dalam urusan membuat thumbnail story, dan lain-lain.

Kita bahkan bakal mendapatkan kenyamanan ekstra melalui fitur penyimpanan cloud gratis. Dengan demikian, kita dapat mengakses file kerja yang sudah disimpan di CapCut, menggunakan perangkat lain yang sudah sign in dengan akun yang sama. Tentu fitur ini akan semakin mempermudah dalam mempercepat alur kerja ketika bekerja dengan beberapa perangkat yang berbeda.

Pengoptimalan Situs Web

AI Image Resizer dari CapCut juga bisa menjadi solusi bagi para pemilik situs web ataupun blog. Urusan mengubah ukuran gambar bisa dilakukan secara simple tanpa harus membuka aplikasi edit foto.

Yang mana bagi pemilik blog seperti saya, mengubah ukuran gambar sangatlah penting agar gambar yang disertakan dalam posting blog bisa terlihat konsisten dari segi ukuran. Yang tentu sangat mempengaruhi nilai estetika. Selain itu, mengubah ukuran gambar agar tidak terlalu besar juga berguna agar loading blog tidak terasa terlalu lambat.

Pembuatan Kolase Kreatif

Kita dapat memanfaatkan fitur pengubah ukuran gambar online gratis dari CapCut untuk membuat foto kolase yang menarik. Buat agar kenangan bersama teman dan keluarga menjadi terlihat lebih estetik dan memiliki nilai cerita yang unik dengan menggabungkan beberapa gambar dalam satu frame foto.

Tips dan Trik Memaksimalkan AI Image Resizer CapCut

Bereksperimenlah dengan Template

CapCut menawarkan banyak sekali template yang bisa kita manfaatkan. Bereksperimenlah dengan berbagai template yang sudah disediakan untuk menghasilkan konten yang dirasa paling menarik.

Manfaatkan Fitur Auto Layout yang Cerdas

Fitur “Auto Layout” bisa diibaratkan sebagai jalan pintas untuk mempercepat alur kerja, agar kita tidak lagi direpotkan untuk mengatur ulang tata letak dari gambar yang kita ubah ukurannya. Dukungan AI dari fitur ini saya rasa sudah cukup cerdas dalam menyempurnakan peletakan gambar dengan mudah.

Gabungkan Fitur Pengeditan

Manfaatkanlah berbagai fitur pengeditan gambar tambahan di CapCut untuk menghasilkan konten yang lebih kreatif. Misalnya seperti fitur filter, overlay, atau yang lainnya.

Tetap Terorganisir dengan Fitur “Spaces”

Manfaatkan fitur “Spaces” yang bisa kita lihat dan akses pada halaman awal situs CapCut. Fitur ini sangat membantu agar project yang sedang kita garap bisa tertata rapi berdasarkan kategori-kategori yang bisa kita buat sendiri.

Cek Kembali Sebelum Mengekspor

Selalu cek kembali gambar yang sudah diubah ukurannya sebelum mengekspor. Demi memastikan agar hasil akhirnya bisa sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan inginkan.

CapCut Adalah Masa Depan Untuk Aktivitas Pembuatan Konten!

Peningkatan Berbasis AI

Berbagai penyempurnaan canggih berbasis AI, rasanya telah sukses membuat Image Resizer CapCut menjadi sangat unggul dibanding aplikasi pengeditan gambar biasa. Ini terbukti dari bagaimana tools tersebut mampu menyesuaikan preferensi tampilan dengan berbagai jenis gambar. Yang akan secara otomatis menentukan di mana peletakan gambar yang pas ketika ia harus memotong atau menghilangkan bagian-bagian pada gambar.

Perkembangan Masa Depan

AI Image Resizer dari CapCut terlihat memiliki potensi yang sangat menjanjikan di masa mendatang sekalipun. Karena ia akan terus dikembangkan, karena developer akan terus memberikan update demi memahami trend dan inovasi baru yang mungkin akan muncul di kemudian hari.

Upaya dari developer tersebut memastikan agar tools ini bisa terus relevan di masa mendatang. Sehingga kita pun selalu bisa menikmati tools terbaru yang membantu dalam melahirkan konten-konten kreatif.

Kesimpulan

Hadirnya AI Image Resizer dari CapCut rasanya bisa menjadi sebuah solusi baru yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembuatan konten. Baik untuk tujuan social media, untuk situs web, atau untuk tujuan kreatif lainnya termasuk foto kolase.

Apalagi dengan ketersediaan fitur kreatif dari CapCut. Yang tentu saja sangat mendukung dalam menghasilkan karya yang unik dan kreatif. Yuk cobain tools inovatif ini sekarang!

Artikel sebelumnyaMembandingkan PC AiO vs PC Desktop Dari Segi Fitur & Performa
Artikel selanjutnyaResmi Hadir di Indonesia, Inilah Fitur Laptop ASUS Vivobook Pro 16X OLED (K6604)
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini