Inilah Penyebab Hp Ataupun Laptop Menjadi Panas Saat Main Game!

Inilah Penyebab Hp Ataupun Laptop Menjadi Panas Saat Main Game! – Saya yakin bahwa kamu pasti akan merasakan kenaikan temperatur pada perangkat laptop ataupun smartphone yang kamu gunakan, ketika sedang bermain game. Mulai yang dari sekadar hangat saja, sampai ada juga yang panasnya terasa menyengat di kulit.

Tenang, itu bukan berarti hape atau laptop yang kamu gunakan itu rusak. Karena gejala tersebut memang wajar adanya. Dan di tulisan ini, saya akan coba jelaskan secara sederhana mengenai kenapa laptop dan atau hape kita menjadi panas saat bermain games.

Dipaksa Bekerja Keras

Seperti yang kita ketahui bersama, saat menjalankan sebuah game, perangkat yang kita gunakan haruslah menampilkan konten visual berupa video. Yang mana video inilah yang kemudian ditampilkan pada layar, hingga kita dapat melihat gerakan-gerakan animasi pada game.

Nah, video alias gambar bergerak yang ditampilkan tersebut, sejatinya merupakan gambar-gambar (grafik) yang ditampilkan secara bergantian. Semakin banyak gambar yang ditampilkan, maka video gerakan pada game juga akan terlihat lebih lancar. Maka dari itu, biasanya perangkat akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memproduksi lebih banyak gambar dalam waktu secepat mungkin.

Masalahnya adalah, oleh karena mereka harus terus menerus memproduksi gambar dengan cepat, komponen utama mereka yaitu CPU dan GPU, harus bekerja keras untuk dapat melakukannya. Plus, mereka juga membutuhkan daya listrik yang lebih banyak untuk dapat bekerja keras.

Akibat kerja yang terus menerus secara berkelanjutan itu, akan membuat temperatur menjadi naik. Ibaratnya tuh sama seperti saat kita dipaksa untuk lari terus menerus. Pasti badan akan terasa panas. Itulah mengapa perangkat smartphone ataupun laptop yang kita gunakan untuk nge-game, bakal terasa lebih panas dari biasanya.

Apalagi jika ternyata game yang kita mainkan itu punya grafik yang kompleks. Pasti bakal lebih cepat panas. Contoh game yang saya maksud itu adalah PUBG. Baik itu PUBG versi PC, maupun versi Mobile.

Aman Selagi Masih Dalam Batas Wajar

Pada perangkat laptop, biasanya kipas akan berputar sangat keras ketika sedang menjalankan game yang berat. Dan itu merupakan sebuah hal yang wajar. Kipas tersebut bertugas untuk dapat membuang panas yang dihasilkan oleh CPU dan GPU yang juga sedang bekerja keras. Walau demikian, temperatur permukaan laptop biasanya tetap akan terasa panas. Dan itu memang wajar.

Bahkan laptop gaming yang notabene memiliki sistem pendinginan khusus sekalipun, pasti juga akan terasa panas. Walaupun yaa pasti temperaturnya bakal terasa lebih stabil jika dibandingkan dengan laptop biasa.

Begitupun dengan perangkat smartphone. Kalau masih terasa seperti orang demam, itu malah tergolong adem. Tapi kalau permukaannya sudah sangat menyengat, hingga lebih dari 50 derajat celcius, barulah kita patut waspada.

Faktor Lainnya

Kalau ternyata kamu merasa panas di hape ataupun laptop yang kamu gunakan itu tidak wajar, mungkin ada faktor lain yang menyebabkannya terlalu cepat panas. Contoh tidak wajar di sini misalnya, kita sudah pakai laptop gaming, tapi temperaturnya terasa terlalu panas saat kita memainkan game yang ringan. Walaupun hal itu patut dicurigai, tapi ada baiknya kita mengenal perangkat yang kita gunakan terlebih dahulu.

Kenapa demikian? Kalau pada smartphone Android, memang ada beberapa hape yang menggunakan chipset yang terkenal cepat panas. Nah, jika ternyata hape milikmu juga menggunakan chipset tersebut, maka itu artinya bukan hapemu yang bermasalah. Tapi yaa memang begitu.

Kalau pada laptop, hal ini juga bisa ditemukan pada laptop lama yang menggunakan chip AMD seri lama. Sedangkan untuk AMD seri baru, khususnya AMD Ryzen 4000 keatas, kita sudah tidak akan menemukan masalah ini lagi. Lihatlah tulisan tentang cara membaca generasi prosesor Intel dan AMD yang sudah pernah saya posting sebelumnya.

Lalu, faktor temperatur pada ruangan juga bisa berpengaruh loh terhadap panas dari perangkat laptop ataupun hape yang kita gunakan. Jadi jangan anggap remeh juga ya! Dan yang terakhir, khusus untuk laptop. Kamu juga sebaiknya menghindari berbagai hal yang menyebabkan laptop menjadi cepat panas. Yang akan saya tuliskan pada posting berikutnya.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P