Home Pengetahuan Dasar Layar Hape Kamu Bergaris? Mungkin Ini Penyebabnya!

Layar Hape Kamu Bergaris? Mungkin Ini Penyebabnya!

251

Layar Hape Kamu Bergaris? Mungkin Ini Penyebabnya! – Beberapa waktu lalu, ada seorang teman yang bertanya soal masalah layar yang terjadi di hape yang digunakannya. Ia mengaku bahwa layar di hapenya tersebut nampak tidak normal dan muncul garis-garis berwarna yang tak beraturan.

Penyebab layar hape bergarisIlustrasi, gambar diambil dari forum jual beli

Mimin langsung teringat pada kejadian yang dulu sempat dialami oleh teman mimin pada hape yang digunakannya, dimana tampilan layar di hapenya nampak seperti pada ilustrasi diatas. Dan sudah pasti mereka yang mengalami masalah ini akan panik karena hape kesayangan mereka jadi tak bisa digunakan dengan normal. Dan sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab dari masalah ini?

Berdasarkan info yang mimin dapatkan dari berbagai sumber, penyebab dari masalah tersebut bisa bermacam-macam. Ada yang kelas ringan dan mudah diperbaiki, hingga kelas berat yang mengharuskan kita untuk mengganti komponen yang ada. Dan berikut adalah beberapa penyebab layar hape bergaris yang mimin ketahui :

1. Jatuh

Resiko layar bergaris akan semakin besar jika ternyata hape yang kita gunakan pernah atau sering terjatuh. Seperti yang kita tau, benturan yang dialami oleh perangkat, jelas akan beresiko merusak komponen dalam perangkat itu sendiri. Dan dalam kasus smartphone, komponen layar adalah yang paling rentan terkena dampaknya.

Pecahnya LCD adalah resiko paling besar yang bisa dialami. Cirinya adalah munculnya garis hitam membentang ketika layar sedang diaktifkan (tidak berkedip-kedip). Atau, bisa juga menyebabkan layar memiliki garis berwarna seperti pada gambar ilustrasi di awal tadi.

2. Tekanan Berlebih Pada Layar

Tekanan terlalu tinggi pada bagian layar juga dapat berdampak pada rusaknya LCD. Biasanya, hal ini terjadi akibat kebiasaan pengguna yang suka memegang hapenya sampai ke alam mimpi, hingga kemudian hapenya pun tertindih.

Hayoo, siapa nih yang suka main hape sampe ketiduran? Biasanya sih yang sampai ketiduran begitu tuh mereka yang lagi nungguin balesan chat dari gebetan. Hihihi 😂😂

3. Masalah Konektor

Konektor yang longgar atau terlepas, bisa menjadi salah satu penyebab munculnya garis-garis pada layar. Biasanya sih kalau yang seperti ini tuh karena terkena benturan (jatuh) atau karena memang tak dipasang dengan baik ketika dalam proses perakitan.

4. Masalah Software (?)

Mimin baru ingat, ternyata dulu si bokap juga pernah mengalami masalah ini di hapenya. Dan saat itu, mimin hanya mengambil tindakan dengan melakukan restart. Walhasil tampilan layar hapenya pun jadi normal kembali. Tapi, mimin nggak terlalu yakin sih kalau masalah pada software juga bisa berdampak seperti itu.

5. Kerusakan Lainnya

Nahh, kalau yang ini amat sangat banyak kemunginannya, dan hanya bisa dipastikan melalui pemeriksaan oleh teknisi hape!

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membongkar perangkat dan mencari tau alias memeriksa kerusakan yang menyebabkan terjadinya gejala muncul garis-garis pada layar.

Cara mengatasi layar bergarisDan iya, ini mesti ditangani oleh teknisi dan tak boleh dilakukan sembarangan! Tapi tenang, bukan berarti kamu harus mengganti LCD nya, karena bisa saja masalah yang kamu alami itu cuma soal konektornya. Bisa jadi, kita hanya perlu membersihkan konektor fleksibel LCD. Tapi pada beberapa kasus lain, terkadang mungkin butuh penanganan khusus untuk memperbaiki jalur fleksibel yang putus.

Dan yang paling parah adalah ketika kerusakan ternyata terletak pada LCD itu sendiri, dimana penggantian komponen LCD adalah pilihan mutlak. Soal biaya perbaikan, jelas bakal bervariasi yaa, tergantung masalah di hapemu (apakah cuma soal konektor atau harus ganti LCD). Dan harga LCD dari masing-masing tipe perangkat pun berbeda-beda, dimana mimin sama sekali tak paham soal itu.

Tapi sebelum itu, alangkah baiknya jika kamu terlebih dulu melakukan restart pada perangkatmu karena mungkin saja hapemu hanya sedang lelah 😆😆

Nah, itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab munculnya garis-garis pada layar. Kalau ada yang perlu di koreksi, mohon jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yaa. Silakan jeajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

251 COMMENTS

  1. Min gw kan abis buka youtube, nah abis itu hp gw matiin.
    Nah tiba tiba layar hp gw ada bekas buka yutup gitu warnanya ijo agak transparan, nah itu rusak lcd nya atau masalah software ya?

  2. Anjirrr gimana nih koq hp gw ada garis lurus putih di bagian bawah layar. Klo di restart hilang tpi muncul lagi. Ada solusi gak

    • Wah kalo itu sih kemungkinan besar ada (sedikit) masalah hardware gara-gara kemasukan air. Solusinya nggak ada lagi, selain diperiksakan ke service center. Dan kemungkinan nggak tercover garansi

    • Wadoooo :))

      Iya, kemungkinan besar itu kena lcd. Kalo ganti, tergantung hapenya sih. Sederhananya, makin gede layarnya dan makin tajem resolusi layarnya, biayanya bakal makin mahal.

  3. Hp gue Xiaomi Redmi 3pro layar bergaris pas di lock aja terus sembuh sendiri kalo di lock mau dinyalain lagi bergaris lagi. 🙁

  4. Bang hp gw oppo f1s padahal waktu gw masih mainin hp nya masih normal normal aja terus pas gue tinggalin buang sampah sebentar hp gue langsung garis garis bang tolong kasi tau cara ilangin nyaa sedihh bangett hp garis garis ginii

  5. huaaaa ini skrng hp gue bnyj garis garis nya trs ada ilustasi yang abis gua buka sblm nya. tp masih bisa dipencet dan ga ngelag juga cmn gariz dilayar itu kenapa ya min?

  6. Hp Nokia X6 saya saat saya pakai WA , lalu tiba tiba muncul garis garis putih semu gitu , dan keesokan nya di bagian kanan LCD ada garis lurus dr atas ke bawah disertai garis hitam , padahal blm pernah terjatuh sama sekali , gimana solusinya dan kenapa ?
    Tolong beri penjelasan nya

  7. Hp saya sonyz3+ ada garis hitam kecil jadi gde tadinya sya lagi negame trus hp blank putih habis itu mati nyala lagi muncul deh garis itu kenapa yah? Apa dri batre yg kembung soalnya layar hp ny juga sedikit terbuka sebelah

  8. Min, hp samsung A+ ane lcd bergaris warna hijau di pinggir kanan pdahal gk pernah kebentur apalagi jatuh.
    Itu kenapa ya.. dan solusinya gmn?
    Terima kasih

  9. Hp saya ada garis garis hitam tp tidak terlalu jelas, itu keluar garis hitamya klo ada sesuatu dilayar yg warna hitam seperti tulisan hitam dan gambar hitam itu maslahnya gmna bang?klo ganti lcd brp? Hp saya samsung S7 Edge.

  10. hp ank saya jg ada garis”nya,trus tk ganti lcd ma Ts nya,tp setelah ganti lcd kok masih kluar garis”x tp tdk terlalu jelas…
    kira” komponen apa ya yg rusak…
    tanks…

  11. Min ne hp samsung sya ada garis war ijo vertical cerah. . .tu software ato lcd? Kalo software gmana cra pnangananya. . Mksih min sehat slalu. . Amin

  12. Mas mau nanya soal samaung j7 plus.
    Kok setiap di matiin dan dihidupin dari tombol on/off layar kok putih dan hitungan 1-2 detik layar Normal…permasalahan nya apa mas.
    Tolong Info nya…!!! Terima kasih

  13. Bang ini hp saya ada garis putihnya gtu stlah saya coba gosok pakai sikat gigi hilang lalu stlah beberapa menit dia datang lagi
    Itu apanya bang

  14. Nanya bang, hp sya samsung a6 ,layar depan( lyr kunci) atas nya warna biru tua ( walpapernya warna biru) kaya pas ditarik atas bawah gitu biru tua nya itu juga ikutan kaya mrlebar gtu kek ngikutin arah gerak tarik annya, solusinya dongg

  15. Min ane mao nanya nihh kan hp ane abis ke tumpahan aer trus pas ke adaan itu hp ane juga lagi lowbet batrenya setelah kesiram aer ane keringin dlu mah kaga napa napa tapi pas abis ane keringin trus ane cas setelah 100℅ batrenya kok layar ane ade garis warna merah ya klo layarnya lagi gelap ataupun cahayanya ane terangin banget

    Itu kira” lcd atau software ya????

  16. bang, gua kan lg belajar tuh pake hp, nah trus gua ketiduran, pas pagi hp gua gapapa, eh pas gua selesai charger hp gua malah ada garisnya panjang. nah itu kenapa tuh?
    katanya sih garagara ketiduran
    hp gua xiami redmi 6A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here