Home Pengetahuan Dasar Layar Smartphone Mati Ketika Menelpon? Mungkin Ini Penyebabnya

Layar Smartphone Mati Ketika Menelpon? Mungkin Ini Penyebabnya

148274
212
SHARE

Layar Smartphone Mati Ketika Menelpon? Mungkin Ini Penyebabnya – Beberapa waktu lalu mimin menerima pertanyaan dari pembaca soal perangkat smartphone yang digunakannya. Ia mengeluhkan bahwa ketika ia sedang menerima atau melakukan panggilan telepon, layar dari perangkatnya tersebut kemudian menghitam alias mati. Ini tentu saja bukanlah hal yang baik karena ia tidak bisa menutup atau memutus hubungan telepon tersebut.

Ia mengaku bahwa sebelumnya masalah tersebut tidak terjadi, dan setelah penggunaan yang cukup lama barulah masalah ini muncul. Kebetulan perangkat yang digunakan adalah perangkat yang sama dengan yang mimin miliki yakni ASUS Zenfone 2.

BACA JUGA : Review Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Ketika mimin menanyakan hal ini kepada teman-teman lain yang juga menggunakannya ternyata memang tidak sedikit dari mereka yang mengalami hal yang sama. Usut punya usut, ternyata hal itu bukanlah merupakan kesalahan atau kerusakan pada perangkat melainkan ada satu hal kecil yang menjadi penyebab masalah itu yang tidak lain adalah tempered glass atau pelindung kaca yang digunakan pada layar.

Ya, setelah diingat-ingat, sebagian dari mereka memang mengakui masalah tersebut mulai muncul setelah mereka memasang pelindung layar tersebut. Sekarang tentu saja akan muncul pertanyaan baru. Kok bisa pelindung layar dijadikan kambing hitam atas masalah itu? Memang apa salahnya? Oke, disini mimin akan menjelaskan lebih lanjut tentang hubungan antara layar yang mati dengan tempered glass.

Kenapa bisa demikian?

Jadi gini, hampir setiap smartphone (atau mungkin memang semuanya kali yaa) memiliki yang namanya proximity sensor yang biasanya terletak di bagian atas layar. Sensor ini biasanya tidak terlihat jika dilihat sepintas, namun jika kita melihatnya dengan lebih dekat maka akan terlihat dan bentuknya seperti dua buah kamera yang berdampingan di bagian depan.

Letak proximity sensorSensor ini merupakan sensor jarak yang dimiliki oleh smartphone yang biasanya paling sering dimanfaatkan ketika sedang menelpon. Ya, ketika kita menelpon biasanya kita akan mendekatkan perangkat ke telinga bukan? Dan ketika sensor ini mendeteksi bahwa ada objek yang mendekat (dalam hal ini telinga kita) maka layar akan secara otomatis dimatikan untuk menghindari kesalahan input pada layar sentuh atau gampangnya, “biar gak salah pencet”. Dan saat kita akan mengakhiri telepon, biasanya kita akan menjauhkan perangkat dari telinga untuk dapat melihat layar.

Nah ketika itu terjadi, maka sensor akan mendeteksi bahwa objek telah menjauh dan kemudian layar akan kembali dinyalakan agar kita dapat memilih menu yang muncul di layar. Masalahnya adalah ketika kita menggunakan tempered glass atau pelindung layar yang menutupi sensor ini, sensor menganggap bahwa ada sebuah objek yang berada dekat dengan perangkat. Sehingga ketika kita menerima atau melakukan panggilan telepon maka layar akan dimatikan.

Lalu bagaimana solusinya? Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan 2 cara yakni membuka pelindung layar tersebut atau menggantinya dengan pelindung layar yang memiliki lubang di bagian sensor. Sesimpel itu kok 😀

BACA JUGA : Apakah Gorilla Glass bisa pecah?

Gak percaya? Kamu boleh coba kok. Namun jika ternyata masalah ini masih terjadi setelah kamu melepas pelindung layar dari perangkatmu, maka kemungkinan memang perangkatmu sedang bermasalah. Kamu bisa konsultasikan masalah tersebut di service center terdekat untuk mengatasinya. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, dan jangan lupa untuk Like dan Follow kita yaa. Semoga bermanfaat 😀

212 COMMENTS

  1. Saya baru membeli Samsung J1 Mini, belum ada anti gores / tempered glass nya.
    Setiap kali bicara di telp, layar mati dan harus di tap 2x br unlock.

    Posisi hp dan telinga 20cm krn sy menggunakan loud speaker nya.

    Bagaimana menon-aktifkan nya?

    • Hemm mungkin proximity sensornya error itu Kak. Terpaksa coba dimatiin aja proximity nya, itupun kalo settingannya disediakan. Biasanya, settingannya itu terletak di aplikasi telepon nya langsung, dan letaknya bisa beda tergantung merk dan tipe hape masing-masing.

  2. maksh infonya gan baru saja saya lepas tempered glasnya hendpon saya jadi normal pas tlpon layar tidk langsung mati…maksh gan

  3. Hp asus zen2 laser ku sprti itu,,pnggln WA atw massenger layarnya tdk klhtn,,g bs di matikan sendri,,klw lg ngecas atw ada pnggln masuk atw pesan masuk dr mnpn,,lampu nya tdk menyala atw berkedip2,,apkh solusinya sm sprt yg di atas,mhon solusinya,,trm ksh sblmnya

  4. kalo di pengaturan sensornya sudah dimatikan, tetapi saat tlpn menggunakan media sosial layar langsung mati dengan sendirinya kenapa?.

  5. Kalo asus zenfone 2 laser itu gimna cara pengaturan proximitynya ya aku udh cari 2 ga ketemu..
    Padahal temperglass udah yg ada lobangnya ko… Ada yg bisa kasih tau ga dimna a pengaturaanya ?

  6. Kenapa ya hp saya vivo v5 akhir2 ini kalo ada panggilan masuk itu mati tidak keliatan yang menelpon? Jadi yg menelpon tdk pernah keangkat dikarnakan lampu hpnya mati jika ada panggilan . memang akhir2 ini saya pake garskin(tempelan hp) apa memang menyebab itu?

    • Masuk ke app telpon, terus klik tiga titik di bagian kanan atas, pilih setting. Di bagian call screen setting (pengaturan layar telepon), hapus tanda centang dari proximity sensornya

  7. Gan hp oppo a39 saya nlp biasa lancar, layarnya keliatan. Tapi waktu nlp lewat wa dan bm layarnya mati, hidup hidup lagi ketika tlp wa dn bm trsebut tidak diangkat atw ditolak, tapi vidiokolmah bisa, mohon solusinya trimakasih…

  8. Kak hp saya lagi nelpon eh .layarnya terkunci tapi masih bisa nelpon. Tiba2 selesai nelpon saya mau nyalain mencet tombol kunci eh muncul tpi tetep item .pertama saya kira lcd atau ngehang. Pas saya pencet tombol suara masih bisa naik turun tapi hpnya masih hitam tampilanya. Itu kenapa. Dan gimana ngatasinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here