Sebenarnya, Apa Sih Bedanya Laptop ASUS Zenbook dengan ASUS Vivobook?

Sebenarnya, Apa Sih Bedanya Laptop ASUS Zenbook dengan ASUS Vivobook? – Biasanya, para pembuat produk apapun itu, akan memberikan nama pada tiap lini produknya. Selain karena agar lebih mudah dikenali, penamaan produk biasanya juga akan berkaitan dengan branding. Tapi terkadang, penamaan yang berbeda dari beberapa produk yang nampak serupa akan membuat para calon konsumen bingung. Apalagi bagi mereka yang memang awam.

Dan ya, kebingungan macam ini sudah sering terjadi di hampir semua jenis produk. Salah satunya adalah lini produk laptop yang akan kita bahas di sini, yaitu seri produk laptop ASUS Zenbook, dengan ASUS Vivobook.

Bagi orang awam, keduanya tentu tak memiliki perbedaan yang signifikan. Terlebih jika melihat dari spesifikasi utamanya yang juga terkadang serupa. Dan memang perlu ditilik lebih mendalam untuk dapat melihat poin pembeda diantara kedua lini produk laptop andalan brand ASUS tersebut. Buat kamu yang penasaran, inilah beberapa poin perbedaan ASUS Zenbook dan Vivobook yang akan kurangkum berdasarkan pengamatan, serta pengalaman menggunakan kedua lini produk tersebut.

Zenbook vs Vivobook

Bedanya ASUS Zenbook dan VivobookKedua lini produk ini sebenarnya bermain di segmen pasar yang berbeda. Walaupun terkadang, kita akan menemukan beberapa poin kesamaan dari sisi spesifikasi utama (prosesor, RAM, GPU, dan lainnya) diantara keduanya.

Pada dasarnya, lini produk ASUS Vivobook itu merupakan jajaran laptop yang ditujukan untuk pasar mulai kelas low end, mainstream, sampai ke high end. Sedangkan ASUS Zenbook akan lebih ditujukan untuk segmen pasar high end hingga premium. Seri laptop flagship dari ASUS pun biasanya juga berada di lini produk Zenbook.

Dan yak, dari sekian banyak produk yang berada dibawah bendera Vivobook ataupun Zenbook, memang ada beberapa produk yang seakan melebur dan bermain di segmen pasar yang sama dan bahkan berada di kisaran harga yang serupa. Yaitu di kelas high end. Ini yang menarik!

Vivobook yang bermain di kelas high end adalah Vivobook seri “S”, yang sekaligus merupakan kelas tertinggi dari lini produk Vivobook. Vivobook seri S memang dipatok dengan banderol harga yang serupa dengan seri Zenbook kelas paling murah. Walaupun sebenarnya, keduanya itu ditargetkan untuk pasar yang berbeda.

Dari segi spesifikasi utama pendukung performa, yaitu dari sisi prosesor, RAM, dan GPU, bisa dibilang seri Vivobook akan lebih baik ketimbang seri Zenbook di rentang harga yang sama. Vivobook akan lebih berfokus untuk mengejar performa komputasi. Khususnya dari segi pengolahan grafis. Sehingga targetnya adalah mereka yang ingin memiliki laptop performa tinggi, dengan harga yang lebih mudah dijangkau.

Sementara untuk seri Zenbook yang bermain di rentang harga yang sama, biasanya memang punya performa yang tidak sebaik Vivobook, terutama dari sisi performa grafis. Karena memang ia BUKAN ditujukan untuk itu. Melainkan lebih menarget pada mereka yang menginginkan sebuah laptop yang lebih praktis dan nyaman. Ini sekaligus akan mengupas lebih lanjut poin perbedaan yang lebih mendalam.

Bagusan Zenbook atau VivobookLini produk ASUS Zenbook sangat mementingkan sisi estetika. Syarat utama dari lini produk Zenbook adalah body yang kokoh, ringkas, dalam arti dimensi fisik yang sekecil mungkin (untuk ukuran layarnya), tipis dan sangat ringan. Maka jangan heran kalau seri Zenbook selalu menggunakan material metal pada body nya. Setidaknya, dari semua produk Zenbook yang pernah aku coba dan ketahui, semuanya menggunakan bahan metal. Dan iya, kesan premium dan mudah dibawa memang sangat terasa.

Detail-detail kecil yang menambah kenyamanan selama penggunaan pun akan lebih terasa jika kita memakai produk Zenbook. Sehingga bisa dikatakan bahwa sisi kenyamanan dan portabilitas merupakan fokus utama dari seri Zenbook. Kalau diterjemahkan, Zenbook ingin menunjukkan bahwa dirinya akan lebih nyaman saat dibawa-bawa. Body nya yang kokoh, ringan, ringkas, plus, daya tahan baterai yang biasanya diatas rata-rata, akan menegaskan kesan tersebut.

Kalau kita mengabaikan soal harga dan membandingkan antara seri Zenbook dan Vivobook yang memiliki dapur pacu (CPU, GPU, dll) yang serupa, maka jelas Zenbook akan terasa lebih baik dalam hal kenyamanan, dan portabilitas. Ini juga menjadi alasan mengapa ASUS Zenbook lebih mahal dibandingkan dengan ASUS Vivobook, walau memiliki spesifikasi serupa. Jangan salah! Walau mungkin selisih bobotnya hanya sekitar 200 sampai 400 gram lebih ringan, tapi itu akan sangat terasa saat kita membawanya dalam ransel untuk bepergian.

Selain itu, lini produk Zenbook biasanya akan menjadi yang pertama dalam merasakan teknologi-teknologi terbaru dari ASUS. Contoh paling terlihat jelas adalah penerapan teknologi seperti NumberPad, ScreenPad, hingga ScreenPad Plus. NumberPad adalah tombol angka virtual yang bisa dimunculkan pada panel touchpad. Lalu ScreenPad adalah sebuah layar tambahan yang diletakkan dan menggantikan bagian touchpad. Sedangkan ScreenPad Plus adalah sebuah layar sekunder yang berukuran setengah layar utama, yang ditempatkan bersanding dengan keyboard. ScreenPad Plus bisa kita temukan pada seri Zenbook Duo dan Zenbook Pro Duo.

Jadi, Bagusan Zenbook atau Vivobook?

Setelah menilik soal bedanya ASUS Zenbook dan Vivobook diatas, kira-kira kamu akan memilih yang mana? Aku yakin sebagian dari kamu akan lebih memilih ASUS Zenbook. Karena yang bikin nyaman akan membuat kita betah. Dan sebenarnya nggak perlu bingung untuk memilih diantara keduanya.

ASUS Zenbook Duo UX481FL

Kalau kamu lebih mengutamakan soal performa, dengan budget yang lebih terbatas, maka ASUS Vivobook adalah pilihan yang patut kamu pertimbangkan. Namun jika budget bukan menjadi masalah, dan kamu lebih mengutamakan soal kenyamanan, maka Zenbook adalah pilihan yang lebih baik. Inilah poin perbedaan dari lini produk laptop ASUS Zenbook vs ASUS Vivobook secara garis besar yang bisa kujelaskan. Semoga setelah membaca ini, kalian bisa tidur nyenyak ya. 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P