Beranda Pengetahuan Dasar Perlukah Hape Dicas 8 Jam Pada Saat Pertama Kali Dipakai?

Perlukah Hape Dicas 8 Jam Pada Saat Pertama Kali Dipakai?

180

Perlukah Hape Dicas 8 Jam Pada Saat Pertama Kali Dipakai? – Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan dari para konsumen dan calon konsumen yang ingin membeli sebuah hp android baru. Pertanyaan yang biasa diajukan adalah soal baterai pada hp. Khususnya soal berapa lama harus ngecas (charging) hp android baru pada saat pertama kali menggunakannya.

Dan pada kesempatan ini, saya akan memberikan jawaban sekaligus penjelasan tentang pertanyaan-pertanyaan  yang sangat sering ditanyakan tersebut. Beberapa pertanyaan yang dimaksud itu diantaranya adalah:

  • Apakah hp baru harus dicas dulu?
  • Jika iya, harus dicas berapa jam?
  • Bagaimana ngecas hp baru yang benar?
  • Apakah harus dicas 3 jam? 8 jam? Atau langsung pakai saja?

Yups, pertanyaan macam ini sudah sering muncul bahkan sebelum lahirnya era smartphone seperti sekarang ini. Kalau dulu, sebelum era smartphone, kita memang diwajibkan untuk ngecas (charging) baterai hp baru selama minimal 8 jam. Alasan kenapa kita harus melakukan charging selama 8 jam pada saat pertama kali digunakan adalah agar baterai dari hape bisa lebih awet alias tidak cepat habis dayanya.

Tapi ingat, itu untuk hape di jaman dulu loh yaa..

Bagaimana dengan hape di era modern seperti sekarang? Teknologi baterai telah berkembang, dan kini semua hape (smartphone) yang beredar di pasaran sudah tidak perlu lagi dicas hingga 3 atau 8 jam pada saat pertama kali akan digunakan. Mengapa demikian? Berikut adalah rangkuman penjelasan dari saya :

Penggunaan Jenis Baterai Sudah Berbeda

Perangkat smartphone ataupun tablet yang kita gunakan saat ini, menggunakan jenis baterai yang berbeda dengan ponsel di jaman dulu. Ponsel alias hape jadul, biasanya menggunakan baterai berjenis NICD ataupun NiMH. Yang mana baterai jenis ini memang sangat perlu untuk diisi ulang (dicharge) dalam waktu yang cukup lama agar daya tahan baterainya lebih awet.

Mengapa Harus Di-charge Selama 8 Jam?

Kalau saya nggak salah ingat, memang baterai jadul berjenis NICD dan NiMH itu mampu menyimpan daya yang cukup besar dan memang baterai ini sedikit unik. Jadi kalau diperumpamakan tuh begini :

“Seperti balon baru, kalau ditiup (diisi udara) yang banyak, maka balon itu akan melar sehingga nantinya bisa menampung lebih banyak udara dan lebih mudah ditiup.”

Jadi baterai jenis ini perlu dicas dalam waktu lama pada saat pengisian pertama agat nantinya ia dapat menampung lebih banyak daya (karena sudah di “melar” kan). Sehingga jika pada saat charging pertama baterai tidak di cas dalam waktu lama, maka ia akan terasa cepat habis dayanya. Keunikan lainnya adalah jika kita melakukan charging dalam waktu lama dan tetap terus melakukan charging setelah baterai penuh, maka baterai tersebut akan dapat bertahan lebih lama lagi. Maka jangan heran kalau baterai dari perangkat jaman dulu akan terasa sangat awet ketika indikator baterai masih menujukkan 4 atau 5 bar (penuh).

Lalu Untuk Jaman Sekarang, HP Baru Harus Dicas Berapa Jam?

Hp baru harus dicas berapa jamTeknologi baterai yang digunakan pada semua hp di jaman sekarang, khususnya smartphone Android, sudah tidak lagi mengharuskan kita untuk melakukan charging terlalu lama pada saat baru pertama kali akan dipakai. Cukup dicas hingga baterai mencapai 100%, maka kita sudah bisa menggunakan hape dengan normal.

Saya pribadi sudah berkali-kali mencoba hape yang baru, dan saya hanya melakukan charging hingga baterai menunjukkan angka 100%. Bahkan tak jarang, saya malah langsung mengutak-atiknya tanpa melakukan charging terlebih dahulu. Sebelum akhirnya saya harus mengecas hape tersebut ketika baterai sudah menunjukkan indikator baterai lemah.

Jadi dari sini, bisa disimpulkan bahwa kita bebas untuk memilih apakah hp baru kita akan dicas dulu, atau langsung pakai sampai baterainya lobat (baterai lemah). Saya sudah mempraktekkan hal ini pada beberapa hape baru. Dan beberapa diantaranya bahkan sudah saya gunakan untuk jangka panjang. Ada yang lebih dari 4 tahun, bahkan ada juga yang sudah saya gunakan lebih dari 6 tahun. Sekali lagi, intinya adalah kita tidak perlu melakukan charging hingga 8 jam pada saat pertama kali menggunakan hape baru seperti halnya pada hape jadul.

Perlu diketahui pula bahwa saat ini semua hape Android yang beredar di pasaran sudah menggunakan baterai berjenis Lithium, baik Lithium Ion (Li-Ion) maupun Lithium Ion Polymer (Li-Po). Jadi memang kedua jenis baterai ini tidak perlu dicas dalam waktu lama pada saat pertama kali akan digunakan. Dan jika memang kamu ingin agar baterai hapemu bisa punya umur panjang, silakan baca tulisan tentang tips merawat baterai hape berjenis Li-Po.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya bagikan pada posting kali ini. Semoga dapat memberikan pencerahan atas pertanyaan yang kalian ajukan. Dan jika dirasa ada yang perlu dikoreksi atau diperbaiki dari artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yang ada di bawah yaa. Kamu bisa menemukan berbagai tips lain yang ada di blog Techijau.com ini. Semoga bermanfaat 🙂

Artikel sebelumnyaKeuntungan RAM Besar Serta Fungsinya Pada Smartphone & Laptop
Artikel selanjutnyaMengenal Istilah Multitasking di Smartphone & Laptop Beserta Contohnya
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

180 KOMENTAR

  1. Ka mau tanya dong,aku baru ajj beli hp baru,daya awalnya sekitar 50%lbih true skrg sisa 35%,baiknya di charger langsung apa nunggu sampe abis ,pls jjawab ka,,

    #emg sebenernya hp baru bagusnya langsung di charger apa digimanain sihlali banyak coment

  2. Sy bru beli hp samsung m31. Pas awal sy lgsg charge. Tp kok pas d lg pertrngahan di charge hp nya hangat ya..pdhl hp yg lama klo d cas ga smpe hangat. Gmn ya kak. Apa ada masalah ya..
    Trs sy trbiasa ngecas hp klo sdh sisa sktr 30%. Bs lebih atau krg sdkit dr itu. Apakah lbh bagus atau lbh bagus smpe dbwh itu sisanya. Makasih

  3. Ka maaf mau tanya, sy baru aja beli hp, nah trs kata counternya di cas sampai 3 jam, nah stlh 3 jam saya cabut dan blm 100%, baru 97% trs saya utak atik sampe 89%, padahal saya utak atiknya sbntar, dampaknya apa ya kak, kalo ga dicas sampe 100% dulu waktu pertama kali dicas?

      • Saya jg gtu kayak yg cpt abis. Tp hp bru prtma kali pake klo samsung kn otomatis bnyk aplikasi yg d instal. Mgkn krn itu ya..sy liat nnt aja. Klo skrg utk batre kapasitas 6000mah trmasuk agak boros. Sy positive thingking aja. Mudah2an krn bnyk app bawaan yg otomatis update barengan

        • Kalo agak boros gitu, bisa jadi ada bug di system nya. Beberapa hape ada yang seperti itu. Solusinya cuma dua. Pertama factory reset (hapus semua data), kedua, kalo misal factory reset gak bisa ngatasin masalahnya, terpaksa nunggu update system

  4. Mas,,Baru 3 hari yang lalu saya beli hp baru yaitu realme 5 pro
    Pertama kali pemakaian batre 52% trus saya main kan Sampai tersisa 30 an trus saya chas sampai 98%
    Itu berpengaruh tidak??

  5. Mf saya nanya gan..saya baru beli hp baru trus batre tanam..dan ada daya batarenya yg sudah terisi duluan 60%..apakak kita abiskan dulu itu yg 60% atau langsung dicas? Mohon bantuan jwban gan

  6. selamat siang saya mau nanya… saya baru beli baterai baru.. tetapi ngak ada indicator kalau hp itu sedang di cas… apakah itu biasa?

  7. Mau numpang tanya gan. Kalau baru saja ganti baterai tanam Xiaomi pengecasanya wajar atau sangat lama? Saya baru saja diganti kok casnya lama dan cepat dropnya

  8. Mas saya mau tanya saya punya hp baru vivo Y93 udah cass hp selama 5 jam terus baterai full saya gunakan selama 2 jam main IG soalnya ada perlu,,,Tapi katanya orang orang kalau hp baru diisi baterai harus selama 8 jam yaudah saya cass 8 jam dan saat ini saya pakai,,,itu bagaimanakah ya mas awet enggak buat nge game
    Mohon dijawab mas makasih

  9. Kak saya baru beli. Awalnya ga aku lamgsung chas dipake ga spe 30 menit cuma buat WA genting banget urusan kerjaan. Terus selanjutnya saya cas 100% gapapa kan kak?

  10. Kalau kita pakai batre tipe NICH atau NIMH dan kita lupa tidak cas dulu waktu pertama pembelian melainkan langsung dipakai, apakah akan ada dampaknya?

  11. Saya mau tanya
    Bagaimana nasib batrai jika pertama beli hp dan di isi daya hingga 95% tidak sampai 100%
    Apakah akan berdampak pada pemakaian selanjutnya?

  12. Gini min hp saya Samsung j2prime
    Saya baru ganti baterai karena baterai yg lama gembung
    Saya pertama lupa ngecas sampai lama karena waktu saya beli baterai nya ada 13% jadi saya pakai aja dan waktu itu mati tibA tiba min baru saya charger lagi min ga sampai 100% dan saat itu tiba tiba hp saya mati min baru saya charger lagi dan setiap 50% pasti mati min mohon bantuannya min
    Apakah saya harus mengecas sampai 8 jam lebih atau gimana ya min
    Dan gimana supaya baterai awet kembali
    Mohon pencerahan dan bantuannya min
    Thanks

    • Wait, itu baterainya yakin ori? Belinya service centernya langsung atau gimana?

      Kalo gejalanya seperti itu, salah satu solusi yang bisa dicoba : coba habiskan baterai sampe se-sedikit mungkin (gak perlu sampe mati hapenya). Terus matiin hapenya dan biarkan kira-kira 5 menit supaya cool down. Terus cas hapenya dalam keadaan mati sampai penuh. Jangan dinyakalan atau dicabut sebelum penuh. Kadang perlu beberapa kali diperlakukan seperti itu supaya baterainya normal

      • Ka mau tanya dong,aku baru ajj beli hp baru,daya awalnya sekitar 50%lbih true skrg sisa 35%,baiknya di charger langsung apa nunggu sampe abis ,pls jjawab ka,,

        #emg sebenernya hp baru bagusnya langsung di charger apa digimanain sihlali banyak coment

  13. Mas, saya kan beli hp oppo f5 trus pas ngecas pertama kan saya cas, pada saat ngecasnya itu ternyata pas pertengahan ga tersambun, trus saya lagi sambungin abis tu lagi ga ke sambung garaw silikonnya. Tpi saya jadi panik takutnya batrenya cpt low. Gimana caranya mas?

  14. Mas sy mau tanya baru kemarin saya beli hp.. sy ces niat 4 jam.. tp bru sejam udah berhenti pengisianya krn sy kurang pas masang cargernya sejam kemudian aku baru tau .. teus aku benerin ces nya.. aku ces lagi smpe 4 jam.. dampaknya gmn mas.. sy ngces nya hp dlm keadaan mati.. mohon jawban nya.. soalnya kepikiran .. trimakasih sebelumnya

  15. Kemaren belik hp j one baru d belik terus ngam di cas duluan langsung aku pake terus udah low aku charger sampe penuh .itu gmana ya kak ?

  16. Hp saya iphone7 plus tapi setiap mau tidur saya selalu cas dan baru di cabut besok pagi nya di karna kan kalo siang kan saya bawa Kerja , apa itu gapapa yaa mas , Terimakasih =)

    • Kalo untuk hape yang baru, seharusnya sih sudah punya proteksi supaya nggak overcharge ya Kak (kecuali hape baru yang kelas entry level). Tapi walaupun demikian, akan lebih baik kalau nggak terlalu sering / dibiasakan seperti itu, untuk mencegah hal yang nggak diinginkan 🙂

  17. sempet agak panik sih sebenernya, saya baru beberapa minggu lalu beli laptop lenovo ideapad 310. laptop itu masih jarang dipake sih karena libur sekolah jadi agak sedikit terbengkalai dirumah, nah dari pertama beli sempet abis trus saya cas smpe 75%an, beberapa hari setelah itu saya baru inget kalau laptop saya belum di cas 8 jam dan akhirnya hari itu saya cas baterainya sampai benar benar penuh 100%, saya bener bener lupa saat itu.. apa benar ya itu tidak berpengaruh pada baterai lapton yang katanya akan boros? semoga tidak apa apa

    • Nggak ngaruh kok Kak. Kalo baterai laptop mah rata-rata emang boros yaa. Jangan berharap bisa bertahan lama seperti smartphone, kecuali laptopnya itu memang tipe hemat daya (biasanya tanpa kipas)

  18. Saya setuju & sependapat, karena untuk baterai dengan type Li-po & Li-ion jika terlalu lama di charger sel-sel nya akan menjadi overcharger dan mudah drop (untuk yg belum auto discharger) yang mengakibatkan baterai gendut/baterai hamil yang kalau di teruskan baterai bisa meledak. Sebaiknya kalau sudah 100% langsung dicabut.

    Tapi saya juga pernah baca tentang baterai dengan type IMR/NCR 18650 High Drain untuk Vape. Setelah 300x charger, baterai akan melemah. Apakah hal ini berlaku untuk Li-po & Li-ion di samrtphone?

  19. Ka, bagusnya itu Kalo ngecas hp gimana? Tunggu sampai 5% di case Di diemin sampai 100%? Atau misalnya dikit2 ngecas, padahal masih 50% tapi sering?

  20. Mengenai baterai tidak perlu di carge 8 jam saat pertama kali digunakan, bisa sertakan sumber terpercaya ?soale di manual book Asus zenfone 3, malah disarankan di carge selama 8 jam sebelum digunakan pertama kali

    • Aku udah gonta ganti hape sekian kali, tanpa di cas 8 jam, beberapa diantaranya aku pake lebih dari dua tahun (biasanya aku pake lebih dari satu hape memang) dan masih aman aja kok 🙂

      Dan diatas juga sudah disertakan alasannya, kan?

      Tapi kalo memang nggak percaya, yasudah, silakan ikuti yang dianggap benar 🙂

    • Nggak perlu sampe low banget (5%) gitu sih Kak, sesuaikan dengan kebutuhan aja. Pengaruhnya nggak terlalu berasa kok dengan dua skenario itu.

      Jadi kalo misal mau dipake dulu buat setting-setting, boleh. Atau mau langsung di cas juga nggak masalah

  21. tapi kalo saya pilih aman mas pandu..
    tetep di charge sampe 8 jam.
    dan baru beberpa mingu yg lalu saya juga baca manual acus, meski perangkat sudah modern, fast charging dan litium tetap menyarankan pengecasan pertama 8 jam

  22. Makasihh kak, kalo saya habis beli hp saya cas dalam kondisi off sampe sekitar 93%, terus saya hidupin sama saya pake sebentar terus saya diemin lagi sampe full gapapa kan kak?

  23. sya baru beli batrai isinya 70 sya mainin sampai 45 .sya masukan kartu sya cabut batrai dan pasang lgi ga mau nyalah hpnya .sya coba pake batrai yg lama nyalah tu hp .kenapa ya

  24. Kalau oppo a37 itu boros ga mas? Soalnya saya kan baru beli hp merk oppo a37 tapi batrenya sering ngurangin sendiri padahal di mode pesawat(ngurangin nya 1% setiap beberapa menit) rus kalau on data cepet bangret abis nya mas apakah emang begitu atau ada kesalahan dihp nya, saya awal beli langsung dipake dan dicharger ketika batre nya sudah mau habis lalu hanya dicharger sampe 100% tidak 8 jam.

  25. Jadi kesimpulan,y baterai jenis2 sekarang gk perlu dicas 8 jam saat beli hanya sampai menunjukkan 100%. apakah begitu bang ?

  26. Permisi min mau nanya, aku baru beli iPhone 5s tapi pertama kali cas, langsung cas hidup dan belum pernah dicas mati, setelah pemakaian nggak pernah dapat sehari. Kenapa ya apa betreinya sudah mulai rusak?

  27. Sangat bermanfaat kak artikel ini, pertama beli hp aku cas 8 jam udh 9 bln pke hp ini, hpnya boros banget karena sering mainin sambil dicas, itu sangat buruk trus aku beli batre baru, berarti gk ush di cas sampe 8 jam cukup dicas sampai penuh saja, ok trims kak.

  28. Saya baru beli baterai HP. Untung baca artikelini, jadi tahu baterai Li-ion tidak erlu di-charge 8 jam. Trims. Oh ya kalau untuk baterai selain hp bagaimana?

    • Kalau hapenya pake baterai Li Ion dan BELUM ada proteksi auto discharge (memutus daya otomatis), kemungkinan iya, bakal cepet rusak. Tapi, itupun efeknya baru akan terasa setelah pemakaian yang agak lama. Dan kalo cuma pas pertama kali aja, sepertinya nggak akan terasa banget pengaruhnya Kak.

      Tapi jangan khawatir, karena rata-rata hape jaman sekarang ini sudah punya fitur auto discharge kok, dan teknologi proteksi di baterainya sendiri pun sudah lebih aman dari masalah overcharging 🙂

  29. Mas mau tanya..
    Saya baru beli baterai, pas pertama d tes ada sisa baterai 20%
    Trus saya lanjut charge (sambil matikan hp) tp si daya bukannya nambah tp malah nurun.
    Ampe 0% & ga bisa nyala sama sekali
    Itu kira” knp ya??

    Padahal charger saya bawaan dr hp nya & selama ini charge ga pernah kjadian kaya gni.. Malah nurun

      • Kalau oppo a37 itu boros ga mas? Soalnya saya kan baru beli hp merk oppo a37 tapi batrenya sering ngurangin sendiri padahal di mode pesawat terus kalau on data cepet bangret abis mya mas apakah emang begitu atau ada kesalahan dihp nya, saya awal beli langsung dipake dan dicharger ketika batre nya sudah mau habis lalu hanya docharger sampe 100% tidak 8 jam

  30. kak kalau habis beli batre baru 34% terus baru dipakai sampe 20&an dan langsung dicharge, itu gapapa ya? soalnya kata mbaknya itu harus dipakai sampai habis batrenya baru dicas 8 jam…

    • Wahahahah, aku ndak jualan paket data Kak 😀

      Nahh, supaya bisa naik peringkat yaa mesti didukung dong Kak. Caranya? Nggak perlu ketik REG dan kirim SMS segala, cuma perlu rekomendasikan aja blog ini ke temen kalo ada yang butuh info soal hape. Hihihi 😛

  31. Br 2 minggu ini saya beli samsung j7 prime. Kata penjaga counter nya disuruh charge awal selama 4 jam setelah batre 5 %. Dan pernah sekali waktu saya kelupaan mencharge dg total waktu kurang lebih 4 jam.
    Pertanyaan saya, ini kan type batre non removable apakah aman dg cara mencharge seperti itu? Apa kah dg kesalahan mencharge sprti itu dampak terhadap kegemukan batre akan lgsg terjadi?
    Namun selama ini dipakai, batre nya bisa tahan 24 jam paling sebentar 12 jam.
    Mohon kak bantu dijelaskan supaya saya tenang. Thx kak

    • Nggak masalah Kak. Lagian nggak harus di cas 4 jam sih, cukup sampai penuh aja. Kalaupun nge-charge nya sembarangan juga sebenernya nggak bakal langsung berdampak kerusakan, tapi yaa kalau diulangi terus bakal nggak bagus untuk jangka panjang karena baterainya bakal lebih cepet rusak / mengurangi umur baterai. Kalo sesekali doang sih gak masalah 🙂

  32. Kak, q baru beli hp oppo f1s, kata petugas counternya bilang kalau charge pertama kali g perlu 8jam, cukup 2jam saja. Nah, pagi hari kondisi batrei full, jam 2 siang tinggal 55%. Hp connect internet buat chating aja. Itu termasuk boros g sih kak? Q khawatir soalnya.

    • Kalo emang chatting nya lama / terus-menerus sih segitu itu sepertinya wajar ya kak, apalagi kalo kondisi jaringannya kurang bagus. Itu ngaruh juga 🙂

      Tapi nggak tau pasti juga sih, soalnya belum pernah uji langsung hape itu. Jadi nggak tau batas kewajarannya seperti apa 🙂

  33. Comment : gan, mau nanya ni kan belum lama saya beli batre double power buat mengganti batre orinya hp saya, nah apa saat pengecasan pertama batre baru harus kondisi hp mati? Saat itu hp hanya saya mode offline Dan mode penghemat batre super (mode bawaan) .nah apakah berdampak buruk pada batre double powernya ya gan jika saat pertama charger tidak saya matikan? hp saya vivo y21.maksih gan

    • Nggak masalah sih sebenernya kalau charging seperti itu. Tapi, yang perlu dikhawatirkan itu justru baterai itu sendiri. Baterai macam itu tuh biasanya umurnya bakal lebih singkat dari baterai original, dan justru memperbesar potensi merusak hape karena bisa jadi nggak sesuai standar, meskipun yaa kasusnya nggak banyak sih.

    • Nggak masalah Kak. Yang penting yaa di isi ulang lagi aja biar bisa nyala 😀

      Tapi bakal jadi masalah kalo ternyata baterai hapenya itu berjenis LiPo, karena ada resiko sulit dinyalakan kalo dibiarin habis

  34. Comment: saya baru beli hp Xiaomi redmi 3s prime, jenis baterai nya li-po 4100 mAh, apakah saya cash sampai 100 % aja ? untuk yang pertama kali ngecash ? mohon info nya kak

  35. Keren postingan nya mas, disamping memberi wawasan si pembaca, juga menjadikan si pembaca tidak jenuh dan tidak bosan karena ide kreatifnya.. mudah2an tambah kreatif lagi ya mas..
    Thanks infonya.. (y)

  36. Kak, saya baru beli hp samsung j5, saya udah terlanjur charge sampai 8 jam. Tapi untuk charge selanjutnya, 100% saya cabut. Kira-kira kejadian charge yg 8 jam berpengaruh buruk nggak sama hpnya? Makasih

  37. Kak saya baru beli iphone 7. Pas awal d tes ada nyalain lalu di matikan kembali hingga semngguan. Tapi ketika mau di pakai kembali hp ud tdk nyala. Sehingga saya cas dari kondisi hp of ato batre merah. Apakah nanti itu bisa merusak batrai hp iphone nya? Thx

  38. Wehhh makasih banget loh mas..hihi gara2 ze520kl aku jd sering mampir ke blogmu mas.. wehhehe pencerahanya emang cerah banget kayak orangnya

  39. Mau tanya mas
    Saya beli zenpad 8 kalau dinyalainnya harus dipancing charger dulu baru nyala itu kenapa ya? Baru beli seminggu cuma males ke tempat garansinya.
    Dan pada saat baterai posisi 60% lsg mati dan dinyalain lagi engga bisa harus dipasang charger baru bisa nyala. Mohon infonya

    • Coba waktu tabletnya mati itu, jangan di charge dulu. Tekan dan tahan tombol power nya selama satu menit, terus lepas. Setelah itu baru deh coba di cas. Kalo tetep begitu, coba selanjutnya di charge sampe penuh dan lakukan langkah sederhana ini :

      Kondisi baterai full, tablet masih dicolok ke charger. Masuk ke setting – backup & reset – factory reset.

      Sebelum konfirmasi factory reset, cabut chargernya dari tablet. Terus, tunggu deh. Mungkin prosesnya bakal agak lama, soalnya dia ngehapus semua data yang ada di tabletnya. Tapi kalo setelah di factory reset dan masih seperti itu juga, bisa jadi itu masalah hardware dan harus klaim garansi

  40. Mau tanya nih ,kan hp aku batrenya jenis rechargeable jadi harus d cass selama 8 jam kalau hp baru , nah aku pas baru beli aku lupa cass 8 jam pas 100% aku uda mainin tapi bentar aja terus baru di ingatin nah baru aku cass lagi deh 8 jam . itu gimana ya? Rusak gak kira” hp kalau digituin

    • Emmmm, gini ya Kak..

      Rechargeable itu artinya “bisa di isi ulang / charge”, jadi semua baterai yang bisa di cas itu = rechargeable. Nah yang dimaksud “jenis baterai” tuh bukan yang itu (coba dibaca lagi artikel diatas).

      Kalo soal rusak atau nggak, harusnya sih nggak. Intinya, coba Kakak baca lagi artikel diatas yaa 🙂

    • Rechargeable itu artinya “bisa di isi ulang” atau “bisa di cas”, Kak. Nah, jadi semua baterai yang bisa di isi ulang itu istilahnya rechargeable battery.

      Dan disini, yang dimaksud bukan yang itu, tapi jenis baterai nya seperti Li-Ion, Li-Po, NiCD dll. Mungkin, bisa dibaca lagi Kak tulisan diatas 🙂

  41. Mantapp kebetulan ini baru dapet rezeki handphon baru jadi gk usah di cas selama 8 jam lgi,, so’al nya tangen aku dah gatel gk tahan nunggu 8 jam… Makasih yaa bro info nya,

  42. Saya baru pertama kali beli HP baru dan saya langsung memakai HP trsbt krna Dr konter udh ada baterai nya mka Dr tu saya gk dicas dlu,bagaimana menurut Anda apakah akan merusak HP atau tidak

  43. makasih mas.. kebetulan saya baru beli handphone baru,untung langsung saya cabut pas udah 100%. tadinya takut kenapa2 kalo gak dicas lama,tapi karena penjelasan diatas jadi lebih tau.

      • Kalau terlanjur di charge selama 8 jam gimana min? Dan justru baterai jadi cepet habisnya. Baru juga dinyalain udah 95%. Padahal baru cabut kabel setelah di charge 8 jam. Mohon penjelasannya min

        • Seharusnya sih untuk hape modern nggak masalah juga tuh di cas 8 jam, meskipun sebenernya nggak perlu. Tapi kalo emang kejadian seperti itu, mungkin ada bug di software hapenya, jadi persentase baterainya kacau. Coba cek atau tunggu system update, Kak. Siapa tau nanti ada perbaikan.

  44. Knp.kalo misalnya baru pertama kali kata mas mas nya bilang de ini harus di.cas dulu selama 6jam itu knp harus di cas ya selama 6jam

  45. Sy baru beli Zenfone 2 ZE551ML …di hari ketiga mau cas
    ada keterangan “mengisi daya (8 jam hingga penuh)..tapi
    memang lama ngisinya…waktu pertama beli cepat..40 menit sfh 60%. Mohon infonya
    TKS

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini