Home Opini Perlukah Menggunakan Pelindung Layar Untuk Hape?

Perlukah Menggunakan Pelindung Layar Untuk Hape?

100194
83
SHARE

Perlukah Menggunakan Pelindung Layar Untuk Hape? – Kalian mungkin sudah sangat sering mendengar Gorilla Glass. Yaa, produk semacam kaca pelapis yang dirancang oleh Corning itu memang sudah sangat terkenal dan digunakan oleh banyak sekali perangkat baik smartphone, tablet, ataupun perangkat lain untuk melindungi layar.

Kekuatan Corning Gorilla Glass 5Ia dikenal karena mampu bertahan dari goresan dan benturan benda keras, meskipun sebenarnya Gorilla Glass bukanlah satu-satunya produk kaca pelapis pelindung layar, karena masih ada produk lain seperti Dragontrail Glass dari Asahi yang juga dikenal memiliki ketangguhan yang tak boleh diremehkan. Nah hadirnya kaca pelindung ini memang terbukti mampu menghindarkan layar dari goresan-goresan yang tentu akan membuat layar nampak tidak cantik lagi, serta mampu bertahan dari benturan pada level tertentu.

Jadi, dengan ketahanannya itu apakah kita masih perlu untuk menggunakan screen protector alias pelindung layar pada perangkat yang sudah dilapisi dengan Gorilla Glass / Dragontrail Glass? Kalau itu sih, pilihan yaa. Tapi gini, mimin perlu menjelaskan sedikit mengenai lapisan layar ini supaya tak ada lagi dusta salah kaprah diantara kita.

BACA JUGA : Apakah Gorilla Glass Bisa Pecah / Tergores?

Sebagian besar orang awam berpikir bahwa perangkat yang sudah menggunakan Gorilla Glass atau Dragontrail Glass, berarti layar dari perangkat itu tidak akan pecah atau tergores. Padahal, itu adalah anggapan yang sangat tidak tepat.

“Katanya pake Gorilla Glass, tapi kok bisa pecah? Ah palsu nih!”

Begitulah kira-kira ucapan yang sering dikeluarkan oleh mereka yang mendapati layar dari perangkat mereka ternyata “bisa” pecah meski sudah disebutkan bahwa perangkat tersebut sudah menggunakan lapisan Dragontrail / Gorilla Glass. Mungkin kamu juga pernah berkata demikian?

Jadi gini ya sodara-sodara…. Lapisan Gorilla Glass atau Dragontrail Glass pada layar perangkat memang akan memberikan perlindungan pada layar agar tidak mudah pecah ketika terkena benturan, serta tak mudah tergores oleh benda keras sehingga layar akan tetap nampak mulus dan enak dipandang. Tapi, lapisan ini hanya merupakan lapisan tahan gores dan tahan pecah ketika terjadi benturan, BUKAN tidak bisa tergores atau tidak bisa pecah. Sehingga, lapisan ini tetap akan bisa pecah atau tergores pada keadaan tertentu.

Layar gorilla glass 3 pecahMimin kasih sedikit bocoran nih.. Kaca-kaca pelapis ini memang bisa bertahan dengan goresan pisau ataupun cutter (mimin sudah pernah melihatnya sendiri), tapi konon, mereka ini sangat rawan tergores oleh pasir. Maka jangan heran jika kamu menemukan goresan-goresan halus pada layar perangkatmu setelah kamu bermain di pantai.

Iya, butiran pasir ternyata memang cukup keras dan tajam untuk bisa menggores permukaan kaca pelapis yang biasa ditemukan pada smartphone tersebut. Tapi mimin yakin, kalo cuma pasir doank pasti hatimu gak bakal tergores kok. Ehehe.. Ehe.. He.. #Skip

Lalu kita beralih ke soal benturan. Beberapa dari kamu mungkin pernah mendapati bahwa layar hapemu ternyata langsung pecah ketika jatuh dengan jarak yang tidak terlalu tinggi, namun waktu yang lain ada temanmu yang memberi kesaksian bahwa layar hapenya masih tetap mulus alias tidak pecah meski jatuh dari ketinggian yang cukup mengkhawatirkan. Padahal, jenis dan tipe dari kedua hape itu adalah sama, tapi kenapa yang satu terkesan sangat lemah dan yang satu lagi terkesan sangat kuat?

Perbedaan bagaimana sebuah hape dijatuhkan adalah jawabannya. Iya, rata-rata hape akan masih utuh layarnya jika ia jatuh dalam keadaan mendatar, layar menghadap kebawah dan membentur area yang datar pula. Itupun masih ada batasan ketinggian tertentu. Dan biasanya hape juga akan bisa bertahan dalam keadaan jatuh dengan sudut tertentu. Tapi, layar akan sangat rawan untuk pecah jika mengenai permukaan yang tidak rata, atau pas mengenai sudut-sudut tertentu yang menjadi titik lemahnya.

Perlukah menggunakan screen protectorOia satu lagi, ukuran layar dari perangkat yang bersangkutan juga mempengaruhi loh, dimana semakin besar ukuran layar maka semakin rentan baginya untuk pecah, sehingga kamu perlu ekstra hati-hati jika memiliki perangkat dengan layar besar.

BACA JUGA : Gorilla Glass 5 Diperkenalkan, Seberapa Kuat Sih?

Jadi apakah masih perlu untuk menggunakan pelindung layar? Itu sih kembali ke keputusanmu sendiri yaa. Tapi kalau kamu memutuskan untuk ingin memasangkan lapisan anti gores untuk perlindungan tambahan, mimin sarankan untuk kamu memilih pelindung layar berjenis tempered glass. Kenapa?

Berbeda dengan pelindung layar dari plastik yang harganya 20 ribuan, tempered glass ini bakal memberikan kenyamanan yang lebih baik karena ketika dipasangkan, jari akan tetap licin sehingga nyaman untuk melakukan scroll di layar dan terasa seperti tidak menggunakan pelindung layar. Selain itu, tempered glass juga rata-rata lebih tahan terhadap goresan, sehingga layar akan tetap terlihat jernih.

Yang paling penting adalah, tempered glass akan memberikan perlindungan ekstra terhadap benturan. Dan jika terjadi benturan, maka yang pecah terlebih dahulu adalah lapisan tempered glass nya. Sudah banyak sekali kok smartphone yang terselamatkan berkat tempered glass, salah satunya tetangga mimin sendiri. Harganya sih memang lebih mahal daripada anti gores plastik biasa, tapi mimin rasa itu adalah harga yang sangat pantas untuk melindungi layar, daripada harus menyesal karena harus mengeluarkan biaya sekitar 500 ribu hingga 2.5 juta rupiah hanya untuk melakukan pergantian layar yang pecah.

Iya, itu kamu nggak salah baca kok. Layar memang merupakan salah satu komponen termahal dari smartphone, dan akan terasa sangat mahal jika kita harus melakukan penggantian karena pecah. Kamu bisa menemukan tempered glass untuk perangkatmu pada link di tombol dibawah ini.

Cari Tempered Glass

Bingung cara memasangnya? Gampang kok, intip aja video dibawah ini.

Tuh, gampang kan? Selamat mencoba!

83 COMMENTS

  1. Hp ku make gorilla glass ktnya konternya sih gorilla yaa tp kemarin hp jatuh anti gores goriila itu pecah layarnya sih kynya sih engga. Aku belum check padahal jatuh ya dr genggaman ke lantai doang loh dan aku aku bisa complain ke konter yg jual gak?

    • Bisa, tapi yaa tergantung layarnya. Hape jaman sekarang, kebanyakan lapisan gorilla glass nya jadi satu sama LCD, dan yang begitu itu gabisa diganti kalo nggak sepaket sama LCD nya

  2. kalau layar zenfone 3 max zc520tl termasuk jenis apa yah gan? soalnya d site resmi gk ada dipaparkan dan cek d gsm arena jg gk ada

  3. Kemaren toch screen sama LCD hp ku eror gara2 kena air. Kebayang kalo ganti LCD sama toch screen samsung A5 2016. Harga.nya 1.7 juta. Untung dapat garansi dari samsung. Jadi diservis grastis+ganti LCD sma toch screen gratis.Terima kasih Samsung. Pelayanan mu memuaskan konsumen.

  4. Kalau ciri ciri hp yang jatuh, sudah diberi tempered glass. Ciri cirinya apa ya kalau yang pecah tidak hanya pelindungnya saja

    • Kalo misal bagian lainnya nggak kena benturan keras juga, sepertinya bakal sulit dibedain Kak. Soalnya aku pernah jatuhin hape di aspal sampe pecah tempered glass, layarnya keliatan nggak ada pengaruh sama sekali. Cuman body lainnya jadi lecet-lecet / penyok bekas jatuh

  5. Kak gimana nih, hp ku baru aja jatuh d lantai dan gorila glass nya Pecah, tipe hp oppo a39 itu kalo d ganti sekalian lcd nya gk, hp baru 2 bulan nih.. Tau bocoran harga nya gk nyesel banget nih

    • Wah kalo soal harga aku gatau tuh Kak. Dan iya, sepertinya jadi satu sama LCD. Kalo layarnya IPS, setauku minimal sekitar 800an, biasanya sih bakal di kisaran segitu. Belum tau kalo misal layarnya 2.5D bakal ngaruh di harga juga atau nggak

  6. Minta tolong , bagaimana cara pemasangan kembali temperred glass yg telah di lepas…..bisa kah …atau sekali sdh lepas terus obsolete…buang…..terima kasih

  7. Hp saya Oppo F1s itu ada bawaan pelindung layarnya, terus udah gores2 gitu. Kalau di lepas tanpa pasang tempered glass oke kah? Gampang lecet tidak ya?

  8. Assalamualaikum..gan.. meski sdh di bahas di atas tapi belum yakin ng gam.. tanya gan ..apa bener asus zenfon3max zc553kl. di layarnya belum ada pelindung anti hotelnya…? trimksh

    • Di website memang nggak ada keterangannya. Tapi pas dipegang langsung, berasa kok ada lapisannya, meskipun entah, ini pake lapisan Gorilla Glass atau Dragontrail Glass. Yang pasti untuk penggunaan wajar, masih aman dari goresan. Yang pasti, lapisan oleophobic coating (supaya sidik jari nggak gampang nempel / mudah dibersihkan / supaya layar licin) sudah ada di hape ini.

      Kalau mau lebih aman, yaa mending pake pelindung tambahan Kak

  9. maaf ada yg salah ketik tuh harusnya gores..hd hotel..hehehe . Maksud sy dari versi pabriknya bln terpasang anti gores sama sekali.

    • Semua hape, layarnya pasti bisa tergores Kak. Meskipun mungkin kalo di sayat pake pisau masih tahan, tapi ada partikel tertentu yang bisa bikin layar tergores-gores dengan mudah (meski kadang cuma goresan halus)

  10. Oppo A37 sudah gorilla glass 4 tapi kok mudah gores walaupun cuma bekas scroll jari tangan,ada yg bilang itu masih ada lapisan plastiknya,bener ngga?

  11. Kak gimana nih, hp ku baru aja jatuh d lantai dan gorila glass nya Pecah, tipe hp oppo f1 plus ..klo ganti gorilla glas, nya aja bisa gakk kakk.. ?

  12. Hp ku baru aku jatuhin neh di lantai tinggi 1 meter layar nya gk apa apa dalam nya tahan gak ya kak…hp iphone 5s????hehe

  13. Bang pandu.. kalo s7 edge diberi tempered glass cocok aj kh.. saya pernah tanya di counter klo TG ny tidak sampai ke layar edge ny.. butuh saranny lebih baik pasang apa tidak #galau

    • Iya, untuk galaxy S7 edge emang nggak ada yang sampe nutup lengkungannya itu. Dilema juga yaa, soalnya kalo nggak dipasang jadi rawan, sementara kalo dipasang jadinya jelek dan malah nggak nyaman :’D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here