Home Review Review Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Review Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE520KL

44323
147
SHARE

Fitur Pada ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Fitur apa aja sih yang ada pada ASUS Zenfone 3? Hemm, daripada berpanjang-lebar lagi, mending kita langsung aja yuk! Mulai dari fitur di sisi hardware :

Hardware

Ada banyak hal atau fitur baru yang disematkan pada Zenfone 3 dibandingkan dengan pendahulunya, salah satu yang paling menonjol adalah sensor sidik jari yang terletak di bagian belakangnya itu.

Pengalaman menggunakan ASUS Zenfone 3Fungsinya apa? Ya jelas, untuk mempermudah dan mempercepat proses membuka kunci layar, sekaligus memberikan keamanan lebih karena kita tidak perlu lagi mengetikkan angka / menggambar pola untuk membuka kunci, dimana keduanya itu masih sangat rawan untuk di intip oleh teman kita yang usil. Jadi urusan privasi, lebih aman lah yaa.

Dan mimin rasa peran dari fingerprint sensor ini bisa lebih dimaksimalkan jika saja ASUS juga memperbolehkan pengguna untuk membuka kunci aplikasi (dari fitur lock apps). Fitur ini dapat bekerja dengan sangat baik dan mampu bekerja dengan cepat untuk menyalakan dan membuka kunci layar. Kita bisa menyimpan hingga 5 sidik jari pada perangkat, jadi kamu masih bisa menyimpan sidik jari dari orang kepercayaanmu untuk bisa mengakses Zenfone 3 milikmu.

Sensor sidik jari ASUS Zenfone 3Sensor sidik jari ini juga mempunyai fungsi tambahan, yakni untuk menjawab panggilan masuk, berfungsi sebagai tombol shutter kamera, ataupun menjadi shortcut untuk mengaktifkan kamera dari layar mana saja dengan hanya menyentuh sensornya sebanyak dua kali.

Fitur Kamera

Sisi kamera adalah hal yang mendapatkan perubahan paling signifikan pada Zenfone 3, dibandingkan dengan pendahulunya, selain dari segi desain tentunya. Mulai dari penggunaan sensor kamera Sony IMX298 yang merupakan seri sensor yang biasa digunakan pada perangkat kelas atas, penambahan fitur Optical Image Stabilization (OIS), sistem fokus ganda yang memadukan Laser autofocus dan juga Phase Detection Autofocus, bukaan lensa (aperture) yang lebar (f/2.0), serta penambahan pelindung lensa Saphire agar bisa lebih tahan terhadap goresan.

BACA JUGA : Apa Fungsi OIS Pada Kamera?

ASUS juga telah memberikan keleluasaan lebih pada kamera melalui mode manual yang dimilikinya, yang pada generasi sebelumnya (Zenfone 2) mempunyai pengaturan sangat terbatas. Tak main-main, kita bisa mengatur kamera Zenfone 3 dengan setting ISO di angka 50 hingga 3200, serta shutter speed mulai yang tercepat yakni 1/50000 (satu per lima puluh ribu!) detik, hingga yang paling lambat adalah 32 detik.

Fitur manual mode Zenfone 3Pengaturan lain seperti fokus dan white balance pun juga tak ketinggalan. Yang asik, kalau kamu perhatikan pada gambar diatas (di bagian bawah layarnya), ASUS juga telah memberikan detail metering dari settingan yang kita buat, sehingga kita bisa lebih mudah untuk mengira-ngira, apakah settingan yang kita buat itu masih terlalu gelap, atau mungkin terlalu terang.

Belum sampai akhirnya nih, karena ASUS masih menyediakan segudang fitur lain pada kamera Zenfone 3, salah satu yang menjadi favorit mimin adalah fitur HDR Auto. Jadi fitur ini tuh bakal menampilkan tampilan gambar HDR secara real time sejak masih di preview, dan hasilnya pun menurut mimin sangat memuaskan. Kamu bisa lihat hasil foto dari kamera hape ini pada halaman dibawah ini yaa..

BACA JUGA : Review Hasil Foto Kamera Zenfone 3 ZE520KL

Mode HDR Auto Zenfone 3Terus, apa bedanya dengan fitur HDR Pro yang juga disematkan di hape ini? HDR Pro itu (seharusnya) bakal memberikan dynamic range yang lebih tinggi dengan kontras yang lebih tinggi juga, sedangkan pada fitur HDR auto, kamera seperti bakal mengurangi kontras gambar, sehingga gambar jadi nampak lebih halus dan terkesan lebih adem kalo dipandang. Supaya tau bedanya gimana, mendingan nanti kamu cek aja deh link yang mimin sertakan diatas itu.

BACA JUGA : Apa Fungsi Fitur HDR Pada Kamera?

Total ada sekitar 20 menu kamera yang terdapat pada perangkat ini, dengan masih mempertahankan fitur Low Light, Super Resolution, Time Lapse, Smart Remove, dan tentu saja Manual mode sebagai andalannya. Tak lupa, mode Miniatur dan Depth of Field pun juga masih dipertahankan pada Zenfone 3, yang gunanya untuk memberikan efek blur pada background foto. Cuman tetep yaa, mimin lebih suka yang alami-alami aja sih kalo soal efek blur itu.

Fitur DoF pada Zenfone 3 ZE520KLTerdapat pula fitur baru seperti Slow Motion dan juga Child Mode, dimana dengan menggunakan fitur ini, Zenfone 3 bakal mengeluarkan suara untuk menarik perhatian anak agar menghadap ke arah kamera. Plus, kamera akan mengambil gambar secara otomatis ketika ia mendeteksi wajah si anak sudah menghadap ke kamera.

Belum lagi dengan kemampuan merekam video beresolusi 4K, membuatnya semakin kuat dari sektor kamera. FYI aja nih, hingga saat ini, cuma ada sedikit smartphone dengan banderol harga yang sama yang mempunyai kemampuan merekam video 4K. Ia juga punya fitur tambahan berupa EIS (Electronic Image Stabilization) yang bakal lebih membantu untuk mengurangi efek goncangan pada video saat kamu menggunakan resolusi Full HD. Tak heran kalau ternyata perangkat ini membawa jargon “Built For Photography”, lha wong fitur kameranya super lengkap begitu!

Tampilan / UI

Tampilan ASUS Zenfone 3Zenfone 3 menggunakan UI terbaru dari ASUS yakni ZenUI 3.0 yang dibangun berdasarkan Android versi 6.0 Marshmallow. UI ini memberikan kustomisasi tampilan khas yang membuatnya berbeda cukup jauh dibandingkan dengan tampilan asli Android, serta tentu saja, dengan penambahan berbagai fitur dan juga aplikasi tambahan untuk memperkaya kemampuan perangkat.

Kalau dibandingkan dengan ZenUI versi sebelumnya, UI terbaru ini nampak lebih elegan namun tetap terkesan minimalis, dan mampu memberikan respon yang baik ketika dioperasikan. Dan seperti yang sudah ada sebelumnya, ASUS juga menyediakan berbagai pilihan kustomisasi tampilan pada UI ini, mulai dari mengubah tampilan folder, font style, hingga pilihan untuk mengganti scroll effect.

Kustomisasi tampilan ASUS Zenfone 3Pilihan untuk mengunci aplikasi juga sudah disediakan pada UI ini, yang fungsinya jelas, untuk menghindarkan hape kita dari tangan-tangan jahil yang suka kepoin hape orang. Fitur untuk mengganti theme pun juga tak ketinggalan, dimana kita bisa dengan leluasa memilih berbagai pilihan theme yang tersedia di Theme Store, mulai dari yang gratis, hingga berbayar.

Bingung menentukan pilihan tema? Tenang, kita bisa kok memilih tema berdasarkan kategori tertentu, sehingga hasil pencarian pun akan di filter agar sesuai dengan yang kita inginkan. Disana juga terdapat preview tampilan dari theme yang kita pilih. Kalau suka, yaa tinggal install aja!

Fitur theme pada Zenfone 3Layar

Panel IPS beresolusi Full HD yang diusungnya itu nampak sangat nyaman untuk dipandang. Tampilannya tajam, sudut pandang luas, dan warna yang dihasilkan pun menawan. ASUS juga sudah menyediakan fitur Blue Light Filter, yang jika diaktifkan, layarnya akan mengurangi cahaya biru (dan menjadi agak kekuningan) yang konon bisa menyebabkan mata lebih cepat lelah.

Sehingga, fitur ini bakal bermanfaat bagi pengguna agar tetap nyaman melihat layar dalam waktu yang lama. Ingin tampilan warna yang lebih menarik? Aktifkan aja Vivid mode melalui aplikasi Splendid! Melalui aplikasi ini, kita juga bisa mengatur temperatur warna pada layar agar sesuai dengan selera kita.

Mengatur temperatur layar Zenfone 3Aplikasi

ZenUI 3.0 juga membawa berbagai aplikasi tambahan untuk menunjang produktivitas sekaligus juga untuk mempermudah “perawatan” dari perangkat itu sendiri. Dan yap, hape ini juga tak luput dari bloatware yang untungnya, masih bisa kita hapus atau uninstall.

Bloatware di ASUS Zenfone 3Tapi kalau dibandingkan dengan ZenUI versi 2.0, aplikasi bawaan ZenUI nampak jauh lebih sedikit karena memang ASUS tidak lagi menyertakan beberapa apps secara preinstall, misalnya SuperNote, dan juga ASUS Mail, serta kita tak lagi menemukan icon shortcut dari Kids mode, meskipun kita masih bisa mengaktifkannya melalui menu Setting.

Do It Later dan QuickMemo tetap menjadi aplikasi ZenUI favorit bagi mimin di perangkat ini. Karena jelas, keduanya ini sangat membantu dalam hal produktivitas. Kalau kamu belum tau fungsi aplikasi Do It Later, kamu bisa membaca penjelasannya pada posting yang ini.

Aplikasi Do It Later Zenfone 3Sementara untuk QuickMemo, mungkin kamu akan langsung paham hanya dengan melihat gambar contoh screenshot nya dibawah. Yap, aplikasi ini berguna untuk menampilkan memo yang akan muncul di setiap halaman jika kita inginkan. Kita pun juga bisa me-minimize memo yang kita tampilkan dengan hanya menggesernya ke sisi kiri atau kanan layar.

Fitur quickmemo Zenfone 3Aplikasi yang tak kalah keren adalah ASUS Mobile Manager. Sedikit berbeda dengan aplikasi versi sebelumnya, kali ini aplikasi Mobile Manager nampak benar-benar menjadi All in One System Optimizer. Berbagai fitur termasuk Power Saver, Data Usage, setting Permission dan lainnya disatukan dalam apps ini, sehingga kita tak perlu lagi menginstal aplikasi-aplikasi lain untuk mendukung performa, karena semuanya sudah ada disini.

Fitur mobile manager Zenfone 3Salah satu fitur yang paling menonjol adalah fitur Auto-start manager, yang bakal sangat membantu dalam urusan performa perangkat karena kita bisa menentukan aplikasi mana saja yang boleh atau tidak boleh berjalan di background, yang jelas bakal membantu mengoptimalkan penggunaan RAM agar siap digunakan untuk membuka aplikasi besar, dan tentu saja sedikit membantu menghemat baterai.

Auto start managerYang menarik, terdapat pula fitur untuk memblokir notifikasi dari apps tertentu yang kita anggap mengganggu.

Memblokir notifikasi di Zenfone 3Plus, terdapat pula fitur app permission yang sejatinya merupakan fitur bawaan dari Android Marshmallow, untuk mengatur ijin akses dari aplikasi yang kita install. Sayang, fitur Cleanup yang terdapat disini harusnya bisa dimaksimalkan lagi untuk misalnya menghapus berbagai Junk Files, dan bukan hanya sekedar untuk melakukan penghapusan aplikasi saja.

Fitur untuk membersihkan data Zenfone 3ZenMotion

Fitur ZenMotion juga masih dipertahankan pada Zenfone 3. Disini, kita bisa melakukan setting untuk mengaktifkan fitur double tap to turn off screen (mematikan layar dengan 2 kali sentuh), double tap to wake (menyalakan layar dengan 2 kali sentuh pada layar), serta berbagai shortcut untuk mengaktifkan aplikasi dengan menggambar pola huruf tertentu ketika layar sedang tidak aktif.

Fitur ZenMotion Zenfone 3Namun mimin lebih memilih untuk tidak mengaktifkan fitur double tap to wake, karena toh kita bisa langsung mengaktifkan layar sekaligus membuka kuncinya dengan menggunakan sensor sidik jari. Next, kita lanjut ke pembahasan soal performa dan baterai!

147 COMMENTS

    • Diatas kertas, untuk performanya nyaris sama persis ya Kak (Zenfone 3 unggul tipis banget). Tapi harganya selisih sejuta. Pilihannya gini:

      Kalo Kakak butuh hape yang tahan air, butuh fitur NFC dan butuh untuk pasang 2 sim + microSD secara bersamaan, pilih Galaxy A5 2017. Kalo gak butuh itu, pilih Zenfone 3 ZE520KL aja. Untuk kamera dan daya tahan baterai dari A5 2017, aku belum tau ya Kak, soalnya belum pernah uji langsung.

    • bantu pendapat sdikit yaa bro..
      pacar sudah beli a5 2017, kalo soal kamera belakang masih lebih jelas dan minim noise zenfone 3 ini mukin karna ada OIS (kwalitas dan kejernihan masih bagus zen3), tapi untuk foto yg cahaya nya cukup, a5 17 udah bagus bgt, dan kalau malam kamera depan a5 17 hasilnya terang (walaupun tanpa screen flash), kalau pakai screnflash hasilnya yaa agak blurr gitu kadang2..
      soal kecepatan hampir sama,masih unggul sdikit zen3.

      maaf kalau kurang jelas penjelasannya hehehe..

  1. mas bocah,, di zen 3 5.5inch atau 5.2inch, bisa VR kayak lenovo k4 atau k5 plus gak? (yang kalau nonto video biasa bukan 3d,layar bisa dijadikan 2 dan pakai VR jadi sperti 3d)
    trimakasih jwban nyaa mas bocah..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here