Home Review Review Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Review Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE520KL

85117
228
SHARE

Kelebihan dan Kekurangan

Nah setelah mencicipi Zenfone 3 selama 10 hari dan sudah menjelaskan tentang berbagai fitur yang dimiliki pada part sebelumnya, di part atau bagian terakhir ini mimin akan membuatkan kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari ASUS Zenfone 3 ZE520KL.

Kelebihan

1. Desain

ASUS benar-benar merombak total tampilan dari seri smartphone mereka yang ketiga ini, dan harus diakui, desain yang dimilikinya sangatlah cantik. Frame metal, body berlapis kaca 2.5D, serta mempunyai pola lingkaran konsentris di bagian belakangnya membuatnya terlihat dan terasa sangat mewah. Berasa megang hape mahal gitu..

2. Fitur

Fitur yang kaya dari segi hardware maupun software menjadikan Zenfone 3 sebagai perangkat yang sangat fungsional. Dan mimin rasa, perangkat ini sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan sebuah smartphone untuk membantu urusan pekerjaan karena ia sudah dilengkapi dengan banyak sekali fitur aplikasi dukungan yang siap dimanfaatkan.

3. Kamera

Kamera dari hape ini tuh bukan bagus lagi, tapi bagus banget! Sumpah, kamu mesti coba sendiri deh biar percaya. Apalagi kalau mengintip harganya yang cuma 4 jutaan, fitur dari kameranya jelas sudah melebihi kelasnya!

Hasil tangkapan mantab, pemrosesan gambar cepat, plus fitur berlimpah termasuk disematkannya fitur OIS dan juga sistem fokus ganda yang diberi nama TriTech Autofocus yang merupakan penggabungan antara Laser autofocus, Phase Detection Autofocus, dan juga Continuous Autofocus untuk memberikan kinerja fokus kamera yang cepat dan akurat.

Belum lagi dukungan mode manual, plus 19 mode pemotretan lainnya, yang memungkinkan kita untuk bermain dengan lebih kreatif dengan kameranya ini. Belum lagi dengan kemampuan merekam video berkualitas 4K, yang menjadi nilai tambah yang jarang ditemukan pada perangkat sekelasnya. Ketidak-puasan mimin terhadap fitur HDR Pro adalah satu-satunya alasan mengapa mimin tak memberikan poin 10 pada penilaian di sektor kamera. Dan mimin rasa tak salah jika Zenfone 3 membawa jargon “Built for Photography”.

4. Performa

Respon cepat dan kemampuan multitasking yang handal juga menjadi poin kelebihan tersendiri bagi Zenfone 3. Bahkan diluaran sana, perangkat ini sudah pernah diadu dengan perangkat kelas premium dan mampu mengimbanginya, seperti yang sudah pernah mimin posting pada halaman ini.

5. Baterai

Hape ASUS boros baterai? Masalah itu sudah ditepis jauh-jauh sejak mereka meluncurkan Zenfone Selfie yang terbukti irit. Dan pada Zenfone 3, ASUS bahkan mampu merancang perangkat dengan daya tahan baterai yang luar biasa, seperti yang sudah mimin bahas pada bagian sebelumnya. Kalau kamu belum baca, mending balik dulu ke halaman 3 gih!

6. Dukungan Dari ASUS

Dukungan dari ASUS menjadi poin lebih yang masih bertahan sejak Zenfone generasi pertama diluncurkan. Mereka secara rutin dan cepat memberikan update jika ditemukan masalah atau bug pada software perangkat. Well done!

7. Adem

Dalam sejarah blog Techijau.com ini, baru kali ini mimin mencicipi hape yang masih terasa adem ayem meski digunakan untuk bermain game berat. Yaa meskipun nggak se-adem senyuman si doi, namun diantara hape lain yang pernah mimin icip, hape inilah yang paling adem dan masih nyaman digenggam meski sudah digunakan untuk bermain game.

Kekurangan

1. Body Licin

Desain bodynya yang berlapis kaca memang membuatnya nampak indah, tapi konsekuensinya adalah hape ini jadi terasa agak licin di genggaman, khususnya bagi mereka yang kurang terbiasa.

Seberapa licin sih? Jadi hape ini tuh bisa gerak / jalan sendiri waktu ditaruh di permukaan mendatar dengan kemiringan yang tipis sekalipun. Jadi, jangan ditaruh sembarangan, yaa. Mimin sarankan bagi kamu untuk memberikannya proteksi tambahan berupa case atau semacamnya, untuk menghindari hal-hal yang bisa bikin kamu mewek semaleman atau bahkan histeris.

2. Tak Dilengkapi Adaptor Quick Charging

Adaptor charger bawaan hape ini ternyata tidak mendukung Quick charge. Meski begitu, lama waktu pengisian baterai dari 5% sampai penuh ternyata juga cuma butuh waktu 2 jam lebih sedikit. Entah itu pengaruh USB Type-C yang digunakannya atau karena alasan lain, yang jelas lama pengisian baterai ini sudah terasa seperti dukungan Quick charge 1.0.

Tapi mimin rasa, pengisian daya sampai penuh selama 2 jam itu nggak terlalu lama banget juga kok. Jadi sepertinya, hal ini bukanlah menjadi suatu hal yang patut dipermasalahkan banget.

3. Slot MicroSD Hybrid

Yang ini beneran hampir kelupaan buat dibahas 😀 ASUS memang menyediakan slot microSD buat hape ini, tapi… Kalau misanya kita memilih unuk menggunakan microSD, kita harus mengorbankan SIM 2 karena slot yang disediakan itu sifatnya hybrid.

Jadi kita harus memilih, apakah akan menggunakan 2 SIM, atau menggunakan microSD card namun hanya bisa pakai 1 SIM saja. Buat sebagian orang, mungkin hal ini jadi suatu kekurangan yang cukup untuk mikir dua kali sebelum memutuskan untuk membelinya. Apalagi bagi mereka yang harus pakai dua SIM sekaligus, plus kapasitas penyimpanan tambahan dalam satu hape.

Tapi buat mimin yang biasa pakai satu SIM untuk satu hape, rasanya ini bukanlah suatu masalah yang berarti. Toh kapasitas penyimpanannya juga udah cukup lega, makanya kemarin sempat hampir kelupaan buat dibahas 😀

Kesimpulan

An incredible upgrade from the previous model!

Gambar ASUS Zenfone 3 ZE520KLHape ini benar-benar merupakan upgrade yang wow banget kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Perombakan total dari sisi desain, peningkatan performa, peningkatan kamera, dan juga peningkatan dari sisi daya tahan baterai yang sangat signifikan membuatnya sangat layak untuk menggantikan Zenfone 2.

ASUS benar-benar menjual kualitas untuk perangkat yang satu ini, sehingga bisa dikatakan bahwa mereka bukan hanya menjual atau mengandalkan prosesor dan ram sebagai nilai jual utamanya, tetapi juga melengkapinya dengan berbagai fitur-fitur kelas tinggi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Mimin biasa melakukan pembelian perangkat elektronik secara online di Lazada karena terpercaya & pengirimannya aman. Kamu juga bisa membeli atau sekedar cek harganya di halaman ini (ZE520KL) atau halaman ini (ZE552KL).

Oke, mungkin cukup sekian dulu untuk review kali ini. Kalau misalnya ada yang mau ditanyakan, boleh kok ninggalin komentar. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

Tulisan Terkait :

1
2
3
4
REVIEW OVERVIEW
Desain
9
Build Quality
8.9
Layar
8
Fitur
8.7
Kamera Belakang
9.5
Kamera Depan
8
Performa
8.2
Multitasking
9
Baterai
10
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P

228 COMMENTS

    • Tergantung kebutuhan, Kak..

      Kalo demen layar gede & doyan multitasking, ambil yang 5.5 inch itu. Tapi kalo mau yang tetep agak compact, yaa ambil ini. Walopun sebenernya, ukuran layarnya itu nggak jauh beda sih.

  1. gan kan sekarang zenfone ze520kl yang 4 gb dah keluar tuh bedanya sama yg 3 gb apa ya sama aja kah spesifikasinya atau ada yg beda

  2. Notifikasi charger timenya gak mau muncul, dan ketika seharian penuh di charge dari 11% hanya terisi 83% di coba beberapa hp charger terisi seperti biasa. Kendalanya kenapa ya gan ?

  3. Pengen beli yg 5.5 ini . . Tp kegdean gk ya. . . Sblmnya saya pake samsung j7 prime. . . Edisi bosen pgn gnti yg lebar namun tipis. . . Gmn mnrut anda pak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here