Home Review Review Lengkap MiFi Smartfren Andromax M5

Review Lengkap MiFi Smartfren Andromax M5

530
1

Review Lengkap MiFi Smartfren Andromax M5 – Jujur aja, setelah lebih dari setahun jadi pelanggan smartfren, mimin sempat berpaling ke lain provider gara-gara perubahan skema benefit pada tiap kali pengisian kuota, yang sebelumnya mendapatkan bonus internet malam menjadi bonus kuota streaming yang nggak berfaedah itu.

Jujur (lagi) aja, agak berat rasanya untuk bisa move on dari smartfren. Karena dari beberapa pilihan operator yang ada, termasuk operator sebelah yang juga punya warna merah itu, nggak ada satupun yang bisa secepat internet smartfren. Dengan catatan, itu berlaku di lokasi mimin tinggal yaa. Di lokasi tertentu lainnya mungkin bisa beda.

Tapi yaa daripada tekor terus dengan harga kuota yang saat itu mimin rasa agak kemahalan sekaligus ditambah dengan benefit yang ternyata nggak bermanfaat buat mimin, walhasil mimin harus menguatkan diri untuk tetep teguh meninggalkan smartfren.

Tapi akhirnya, mimin balikan juga . . .

Sejak bulan-bulan awal meninggalkan smartfren, sebenernya mimin sudah merasa kasihan pada salah satu hape yang jadi andalan mimin, karena ia harus bekerja ekstra demi memberikan akses internet ke perangkat mimin yang lain menggunakan fitur tethering. Hape itu jadi cepat panas, dan bisa di cas sampai 2x sehari.

Puncaknya adalah waktu mimin kebelet pengen “berpetualang”, yang mana saat itu mimin bener-bener nggak bisa memanfaatkan hape kesayangan tersebut dengan maksimal untuk ambil banyak footage (rekam) video, karena daya baterainya sudah habis duluan gara-gara dipakai untuk tehtering.

Akhirnya mimin pun memutuskan untuk kembali menggunakan Smartfren dan ya alhamdulillah, pas banget dapet rejeki buat menggantikan MiFi sebelumnya yang kartunya sudah expired karena 4 bulan nggak dipake & baterainya sudah bengkak. Dan ini dia, MiFi Smartfren Andromax M5 yang bakal mimin bahas kali ini.

Unboxing

Beberapa hal yang bisa kita temukan didalam paket penjualan Smartfren Andromax M5 antara lain adalah baterai, buku petunjuk & garansi, kabel USB yang juga punya fungsi USB on-the-go (OTG), unit MiFi, serta sudah termasuk kartu perdana smartfren. Yaps, di unit yang mimin coba ini tak ada adapter charger didalamnya.

Kalian perlu tau bahwa MiFi ini dijual dalam dua varian benefit dengan harga yang tentu saja berbeda. Yang satu dibanderol seharga Rp999.000 dengan benefit kuota 150GB yang bisa dipakai 24 jam nonstop selama 12 bulan, dan yang mimin punya ini dibanderol seharga Rp699.000 dengan benefit kuota 70GB yang bisa dipakai 24 jam selama 6 bulan.

Mahal? Emm… Nggak juga sih. Coba kita itung-itung…

  • 150GB dibagi 12 = 12.5GB Sebulan
  • Rp999.000 dibagi 12 = Rp83.250 Sebulan

Artinya, itu setara dengan membeli kuota 12.5GB seharga Rp83.250 selama 12 bulan. Udah gitu dapet MiFi nya lagi, dan kalau menurut mimin sih termasuk deal yang menggiurkan ya, karena termasuk murah.

Kalau mau lebih sih tinggal tambahin isi ulang kuota aja, minimal 60ribu udah dapet bonus kuota malem 6GB. Semakin banyak isi ulang, semakin gede pula bonusnya.

Kesan / Performa

Mimin sempat mengira MiFi Andromax M5 ini punya dimensi fisik yang besar. Namun ternyata, ukuran dari perangkat ini tuh tergolong masih ramah dikantong karena cukup compact.

Kapasitas baterainya yang cukup besar untuk sebuah MiFi, yakni 3250mAh ternyata juga mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama. Dari percobaan yang mimin lakukan, Smartfren Andromax M5 ini mampu bertahan selama sekitar 17 jam, tepatnya mulai jam 6.43 (pagi) sampai 23.56.

Uji ketahanan baterai dari 100% sampai mati tersebut ditorehkan dengan kekuatan sinyal rata-rata 2 sampai 3 bar dan digunakan bersama 3 perangkat (2 smartphone, 1 laptop). Dan tentu akan berbeda-beda hasilnya, tergantung pada kekuatan jaringan serta banyaknya perangkat yang terhubung.

Beberapa hal yang mimin sukai di Andromax M5 dibanding dengan para pendahulunya adalah temperaturnya tak terlalu tinggi, bahkan cenderung adem ayem pada saat digunakan, sehingga masih sangat nyaman untuk dipegang, dan juga indikator persentase baterai yang kini sudah dimunculkan saat membuka aplikasinya.

Fitur

Tapi itu baru satu dari beberapa fitur yang ada di MiFi Andromax M5 ya. Salah satu fitur lain yang bisa kita temukan pada perangkat ini adalah kemampuannya untuk dapat memberikan koneksi 4G bagi 32 perangkat sekaligus, dengan rincian, 1 perangkat dihubungkan via USB, 31 lainnya terhubung lewat WiFi.

Buat kamu yang belum tau, MiFi ini bisa kok dipakai atau dihubungkan untuk semua perangkat smartphone, baik yang sudah mendukung 4G, ataupun yang masih 3G.

Seperti halnya produk MiFi model sebelumnya, Andromax M5 juga dilengkapi dengan dukungan aplikasi yaitu aplikasi MyLink yang gunanya adalah untuk melakukan berbagai hasl, termasuk diantaranya adalah cek kuota, mengganti password WiFi, hingga memutus atau menyambungkan koneksi internet.

Akses untuk fitur-fitur yang ada pada aplikasi MyLink juga bisa kita temukan dengan memasukkan alamat http://modem.wifi pada browser di laptop atau hape. Ketiknya harus sama persis yaa (termasuk http:// nya), karena kalau nggak, bakalan diarahkan ke Google. Disarankan untuk menggunakan browser Chrome atau Mozilla.

Kita juga bisa kok membatasi jumlah maksimal user yang bisa terhubung. Cukup masuk ke menu WiFi Setting pada aplikasi MyLink, dan pilih berapa banyak maksimal jumlah user yang boleh atau bisa terhubung ke Andromax M5, seperti pada gambar dibawah.

WiFi Storage

Fitur WiFi storage merupakan fitur pada Andromax M5 yang menjadi favorit bagi mimin. Sejak di seri MiFi sebelumnya, mimin cukup sering memanfaatkan fitur ini sebagai penyimpanan cadangan bagi hape mimin.

Jadi tuh, kita bisa menyimpan data seperti foto, video atau yang lain pada microSD yang kita pasangkan pada perangkat ini, melalui koneksi WiFi. Nah mimin kan doyan tuh ambil foto-foto, entah untuk urusan review atau cuma dalam rangka iseng buat ngisi akun instagram @masbocah.

Kalau misal fotonya udah terlalu banyak dan bikin penuh storage hape, mimin manfaatkan deh fitur penyimpanan di MiFi ini, supaya bisa ambil lebih banyak foto lagi. Iya, mimin sengaja nggak pakai microSD di hape karena dari pengalaman yang sudah-sudah, ternyata penggunaan microSD bisa menurunkan performa hape atau bahkan bisa bikin error karena alasan tertentu.

Nah yang bikin makin asik, ternyata Andromax M5 ini juga bisa dimanfaatkan untuk membaca USB Flash Drive. Atau dengan kata lain, perangkat ini bisa digunakan untuk USB on-the-go (OTG).

Dengan demikian, urusan simpan menyimpan data pun jadi makin mudah. Selain dapat berfungsi untuk menyimpan data, fitur WiFi storage ini juga dapat kita manfaatkan untuk membaca file yang ada, tanpa harus mendownload nya ke hape / laptop terlebih dahulu.

Jadi kalau misal kita menyimpan file video atau musik pada microUSB / USB flash drive dan dihubungkan dengan Andromax M5, maka kita bisa menonton video tersebut secara langsung dari hape kita, tanpa harus memindahkannya ke hape. Meskipun ya, mimin menemukan bahwa file video dalam format tertentu ternyata tak bisa langsung di play, dan harus dipindahkan ke hape terlebih dahulu.

Sayangnya . . .

Satu hal yang sangat mimin sayangkan adalah, file-file foto dan video yang tersimpan pada MiFi ini tidak memiliki “thumbnail” atau gambar kecil yang berfungsi sebagai preview. Sehingga, kita bakal kesulitan untuk mengenali foto dan harus repot untuk membukanya satu-persatu.

Lebih lanjut, fitur WiFi storage ini mimin rasakan masih kurang optimal dan kurang responsif jika dibuka menggunakan aplikasi MyLink. Bahkan mimin cukup kesulitan untuk sekedar membuka folder, khususnya folder yang memiliki banyak file. Namun saat mimin coba akses melalui browser, semua berjalan lancar.

Tombol WPS

Salah satu fitur yang jadi andalan saat mimin malas memberitahukan password WiFi pada teman yang ingin nebeng WiFi. Silakan baca di halaman ini untuk tau fungsi dan juga cara pakai tombol WPS tersebut. Kalau mimin bahas disini, bisa kepanjangan nanti :))))

Fungsi Powerbank (?)

Nahh, fitur ini sebenarnya cukup menarik, tapi…

Saat mimin mencoba memanfaatkan fitur ini dengan menghubungkan hape ke Andromax M5, yang terjadi bukannya MiFi yang mengisi baterai hape, tapi malah sebaliknya :))))

Mimin kemudian coba untuk mencobanya dengan beberapa hape lain yang punya daya baterai lebih kecil, ternyata hasilnya tak jauh beda. Ada yang malah men-charge baterai MiFi, ada juga yang tak bereaksi apa apa.

Oke, kemudian mimin pun coba untuk membaca kembali mengenai fitur ini. Ternyata MUNGKIN, agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya, hape yang ingin di charge harus dalam keadaan mati (habis baterai), serta baterai MiFi masih tersisa diatas 50%.

Emm, oke. Kalau memang seperti itu cara penggunaannya, maka mimin takkan mencobanya. Lagian, toh juga mimin sudah punya beberapa biji powerbank yang sudah sangat cukup untuk urusan isi daya dalam keadaan darurat.

Kesimpulan

Review MiFi Smartfren Andromax M5Yah, yang namanya produk pasti ada poin kelebihan dan kekurangannya. Meskipun sebenarnya mimin agak sedikit kecewa karena terlanjur berharap pada salah satu fitur yang menjadi sorotan utamanya (dapat berfungsi sebagai powerbank), namun mimin rasa hal itu tak menjadi masalah yang berarti karena perangkat ini masih mampu menjalankan fungsi dasarnya dengan sangat baik, yaitu sebagai sebuah MiFi.

BACA JUGA : Apa Itu MiFi?

Toh juga mimin sudah punya powerbank. Lagipula, dengan kapasitas 3250 mAh, mimin perkirakan ia takkan mampu banyak membantu untuk mengisi daya baterai hape.

Selanjutnya adalah soal aplikasi yang mungkin bisa lebih dioptimalkan lagi, khususnya untuk fitur WiFi storage yang mimin rasa sangat menarik dan menjadi nilai tambah tersendiri. Plus, pastinya bakal lebih bagus kalau file gambar yang tersimpan dimunculkan thumbnail nya (preview gambar ukuran kecil).

Terlepas dari kekurangannya itu, mimin rasa Smartfren Andromax M5 masih sangat layak untuk dipertimbangkan karena beberapa kelebihannya, yaitu:

  • Baterai tahan lama, cocok untuk dibawa traveling
  • Koneksi kencang (tergantung lokasi) dan jangkauan tergolong sangat luas (pengujian di Bali, wilayah lain mungkin bisa berbeda)
  • Sama sekali tidak panas, sangat nyaman untuk dibawa tanpa takut kepanasan
  • WiFi storage yang sangat membantu jika butuh penyimpanan data darurat

Kesemua poin kelebihan tersebut menurut mimin dalam kehidupan modern. Belum lagi soal fungsi utamanya sebagai Router WiFi portable yang tak hanya efektif mengurangi biaya isi kuota untuk masing-masing hape (jika punya lebih dari satu), tetapi juga sangat efektif untuk lebih menghemat daya baterai, dibandingkan harus menggunakan paket data seluler pada hape.

Oke, mungkin yang masih mengganjal adalah soal harga yang terkesan mahal. Tapi, coba deh lihat lagi hitung-hitungan diatas. Apakah itu mahal? Mimin rasa nggak.

Dan yak, sekian dulu ya untuk ulasan soal MiFi Smartfren Andromax M5 kali ini. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan bahasan menarik lainnya. Jangan lupa like dan follow akun socmed kita ya! Semoga bermanfaat! 😀

SHARE

Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here