Home Pengetahuan Dasar Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu?

Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu?

137961
314

Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu? – Beberapa waktu lalu mimin mendapati beberapa pengguna yang bertanya soal keaslian perangkatnya. Mereka mulai mencurigai atau meragukan keaslian dari perangkatnya tersebut ketika mereka mengetahui atau membaca label “Made in (Nama Negara)” pada dus perangkatnya.

Seperti salah seorang pengguna perangkat Samsung Galaxy yang tidak mimin sebutkan namanya ini misalnya, ia sempat mengemukakan pertanyaan seperti berikut:

Samsung yang asli itu “made in” mana sih? Kok punyaku made in Vietnam ya? Itu asli gak?

Bagi pengguna awam, pertanyaan macam ini memang cukup sering diajukan. Tidak mengherankan karena pastilah mereka khawatir tentang keaslian atau mungkin kualitas produk yang telah mereka beli dan gunakan.

Nah disini, mimin akan coba untuk mengulas sedikit lebih jauh soal masalah “made in” agar kamu para pembaca bisa lebih memahami arti dari kata tersebut. Kata “made in” dalam bahasa Indonesia berarti “dibuat di”, sehingga jika terdapat tulisan semisal “Made in Vietnam” itu artinya barang tersebut dibuat di negara Vietnam.

Made in China

Tapi bukankah Samsung berasal dari negara Korea Selatan? Ya memang benar, tapi produk yang mereka pasarkan akan dibuat di negara lain untuk lebih menghemat biaya produksi. Maksud kata “dibuat” disini sendiri artinya adalah diproses dan dirakit.

Sehingga jika ada kata “Made in (Nama Negara)” itu berarti perangkat tersebut diproses dan dirakit di negara yang disebutkan pada label, namun tetap berada dibawah standar dari masing-masing vendor, dalam contoh ini adalah Samsung.

Jadi apakah perangkat Samsung Made in Vietnam itu asli? Bisa dikatakan demikian, karena semua spesifikasi komponen yang digunakan pastilah sama persis dengan standar Samsung, hanya saja proses perakitannya dilakukan di negara Vietnam.

Tidak hanya Samsung, vendor-vendor besar dari negara lain pun juga demikian termasuk BlackBerry, ASUS, Apple dengan iPhone dan lainnya. Mereka menunjuk atau memilih tempat (negara) tertentu untuk proses merakit perangkatnya agar dapat menghemat biaya produksi.

Bayangkan saja jika iPhone dirakit langsung di Amerika, berapa banyak biaya yang mereka keluarkan hanya untuk menggaji karyawan di bagian produksi? Maka jangan heran jika produk-produk kelas atas memiliki label Made in China, Vietnam, atau bahkan mungkin Made in Indonesia. Lalu bagaimana soal kualitas?

BACA JUGA : Kenapa Sekarang Banyak Hape Made in Indonesia?

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, spesifikasi dari bahan yang digunakan pastilah sama dengan standar dari masing-masing vendor hanya saja tempat merakitnya saja yang berbeda. Proses perakitan itu pun harus dibawah standar yang ditentukan oleh vendor sehingga seharusnya kualitas dari produk yang dihasilkan kurang lebih sama. Jadi kamu jangan mudah percaya dengan rumor seperti ini:

PRODUK YANG DIRAKIT DI NEGARA “A” LEBIH BAGUS DARIPADA PRODUK YANG DIRAKIT DI NEGARA “B”

Yah, bisa dibilang itu hanyalah sebuah candaan, atau kerjaan orang yang mau cari sensasi aja, jadi kamu tidak perlu mempercayainya. Rumor itu sudah ada sangat lama, sejak BlackBerry masih menguasai dunia, dan disebarkan oleh alay-alay yang keranjingan BBM di masa itu.

Lebih lanjut, meskipun demikian, kamu tetap harus waspada ketika membeli hape (khususnya dengan harga murah) karena kemungkinan barang palsu akan tetap ada. Saran dari mimin, pastikan untuk membeli smartphone dengan garansi resmi untuk memastikan keasliannya, sekaligus juga agar lebih aman untuk masalah garansi.

BACA JUGA : Bedanya Garansi Resmi Dengan Garansi Distributor

Di Indonesia sendiri, saat ini hampir semua produk smartphone 4G YANG DIJUAL KHUSUS UNTUK PASAR INDONESIA adalah rakitan Indonesia (made in Indonesia). Alasannya? Silakan baca tulisan pada link yang mimin cantumkan diatas tadi.

Kalau ingin beli online, pastikan kamu membeli di toko online terpercaya dan pastikan pada keterangan produk disebutkan bahwa produk tersebut adalah “Garansi Resmi” atau “Garansi Lokal” (yang artinya adalah, garansi hanya berlaku di wilayah tempatnya dijual, yaitu Indonesia). Untuk lebih memastikan lagi, silakan cek semua hal yang diperlukan, segera setelah barang sampai kerumah.

Oke, sekian aja ya untuk tulisan kali ini. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Follow juga IG kita di @techijau ya, dan subscribe akun YouTube kita. Semoga bermanfaat! 😀

314 COMMENTS

  1. Hp samsung yg resmi dan original , coba lu cek di *#0*# trus lu buka SENSOR lihat di IMAGE TEST , kalau ada gambar DOG itu sangat original, yg di rakit di VIETNAM dgn seri imei dari angka k 7&8 , ( 06 ) made in vietnam .

    • Hp ku a7 2017 ane liat di sensor tros image test ada gambar dog..tpi di belakang casing ada stiker made in indonesia..itu gimana mas..

  2. Hdc juga bisa cek *#0*# dan ada imag dog juga..
    Klo yg asli itu cek *#1234# itu baru asli king kopi saja nggk bisa apa lgi hdc

  3. Katanya kalau hp made in vietnam di lihat di sensor ada gambar dog itu asli..tros hp ane ada gambar dog nya..tpi kok di belakang casing ada tulisan made in indonesia ya..

  4. Umum nya samsung asli bisa di cek dgn *#0*# atau *#1234# jika samsung ada muncul data kecil di layar maka itu adlah samsung yg asli
    jika tdk mau itu bertanda samsung anda palsu atau K W

  5. Coba cek *#12580*369# klo ori kluar type dan tgl pembelian/pemakaian, karna samsung tak perlu dus perlengkapan untuk masuk garansi resmi galery

  6. min,mau nanya mengapa samsung s6 edge buatan vietnam sinyalnya kurang baik di banding s6 edge made in indonesia,mohon jawaban,dan solusinya tlg bls…

    • Bisa panjang ini jelasinnya, itupun belum tentu sesuai fakta (cuma perkiraan aja).

      Intinya sih gini, kemungkinan dukungan “frekuensi” jaringannya beda dan nggak semuanya cocok dengan dukungan frekuensi di Indonesia. Kalo bener demikian, sepertinya nggak ada solusinya.

  7. Mau tanya min.. Saya beli oppo f9 dari negara UAE,, disana harga sangat lah jauh lebih murah daripada di indonesia,, perasaan saya sempat goyah juga,,takut nya barang yg saya beli HDC/KING COPY/BM,, tapi saya mendapat kn garansi resmi 1 tahun dari tempat pembelian hp tersebut,,mohon infonya,,??

  8. Galaxy not 9 saya jga gtu min… Batrai cpt hbis… Trus lelet bnget.. Apalagi klo ada internetnya tmbah macet2… Cpt pnas juga… Mohon solusinya…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here