Screenshot dan Screen Capture, Artinya Apa Sih?

Screenshot dan Screen Capture, Artinya Apa Sih? – Kali ini saya akan membahas tentang apa arti skrinsut (screenshot), atau terkadang orang juga menyebutnya sebagai screen capture. Iya, saya yakin pasti kamu pernah mendengar kedua istilah tersebut dalam sebuah percakapan.

Sederhananya, screenshot adalah sebuah tindakan untuk bisa menangkap dan menyimpan sebuah tampilan pada layar smartphone ataupun laptop, seperti sebuah foto. Atau dengan kata lain, kita mengambil “foto” dari tampilan layar yang sedang kita lihat. Maka dari itu ia disebut sebagai “screenshot” yang artinya adalah “foto layar”, ataupun “screen capture” yang artinya adalah “tangkapan layar”. Di  bawah ini adalah contoh gambar screenshot yang saya ambil saat membuka twitter pada smartphone saya.

Apa itu screenshot

Biasanya, screenshot (juga biasa disebut sebagai “SS”) ataupun screen capture (juga biasa disebut sebagai “SC”) digunakan untuk membagikan atau memberitahu orang lain tentang apa yang kita lihat pada tampilan layar smartphone ataupun laptop kita. Entah itu hanya untuk lucu-lucuan seperti pada gambar diatas, hingga untuk tujuan yang lebih serius. Misalnya untuk memperlihatkan bukti percakapan (chat), atau bisa juga digunakan untuk menunjukkan bukti trasfer melalui internet banking.

Tapi kita tetap harus berhati-hati untuk tidak percaya begitu saja dengan SS yang dikirimkan oleh orang lain, terutama jika sedang melakukan transaksi online. Karena biar bagaimanapun, SS dapat diedit dan rawan disalahgunakan untuk tujuan menipu. Agar kamu dapat menghindari penipuan-penipuan macam ini, silakan baca halaman yang membahas tentang tips aman menghindari penipuan dalam transaksi online.

Sedangkan untuk cara melakukan screenshot, biasanya akan berbeda-beda. Tergantung dari perangkat yang kita gunakan. Pada smartphone berbasis Android, caranya bisa kamu lihat pada halaman cara screenshot di hp Android. Pada perangkat laptop ataupun PC, caranya bisa kamu lihat pada halaman cara screenshot di laptop.

Oke, saya harap tulisan singkat ini bisa membuat kamu mengerti soal apa itu screenshot. Jika kamu ingin mengetahui arti dari istilah-istilah lain yang berkaitan dengan teknologi, silakan lihat kategori belajar istilah teknologi.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P