Penguasa OS Smartphone 2017: Android Makin Merajalela, Windows Phone Kian Tenggelam

Penguasa OS Smartphone 2017: Android Makin Merajalela, Windows Phone Kian Tenggelam – Siapa sih yang nggak kenal Android? Orang awam yang pengen beli smartphone aja pasti kenal yang namanya Android. Setidaknya, kenal namanya aja lah.

Iya, sistem operasi ini memang amat sangat populer tak hanya di Indonesia, tapi juga diseluruh dunia. Nggak tanggung-tanggug loh, data dari IDC menyebutkan bahwa pangsa pasar smartphone dengan sistem operasi Android masih stabil diatas angka 80% diseluruh dunia, terhitung mulai awal tahun 2016 lalu, hingga awal tahun 2017 ini.

Sistem operasi hape paling populer 2017

[td_block_ad_box spot_id=”custom_ad_3″]

Pada quarter pertama (3 bulan pertama) tahun 2017, tercatat bahwa 85% konsumen yang membeli perangkat baru telah memilih Android sebagai sistem operasinya. Kemudian disusul oleh iOS dan juga Windows Phone.

Meski menempati posisi ketiga, namun ternyata total jumlah penjualan perangkat dengan OS Windows Phone amat sangat kecil dibandingkan dengan kedua OS yang ada diatasnya, yaitu hanya sekitar 0.1% saja.

Ya, penjualan perangkat yang menggunakan OS Windows Phone memang menunjukkan trend yang terus merosot. Menurut mimin, hal mendasar yang menjadi pokok permasalahannya adalah minimnya dukungan aplikasi pada OS ini.

OS Ponsel Paling Populer di Dunia 2017Kemudian, hal ini juga mempengaruhi minat para vendor smartphone untuk menggunakan Windows Phone pada perangkatnya. Sehingga, pilihan yang tersedia untuk perangkat Windows Phone menjadi sangat minim.

Apalagi, sejak Nokia “hancur” dan diakusisi oleh Microsoft (dan kini hadir kembali menggunakan Android), minat masyarakat akan Windows Phone semakin menurun serta pilihan yang ada juga semakin terbatas.

Hal ini jauh berbeda dengan Android yang amat sangat mendominasi dunia. Hadirnya banyak pilihan apps, ekosistem yang ditata cukup baik oleh Google, serta banyaknya varian perangkat yang tersedia, membuatnya sangat diminati oleh masyarakat.

[td_block_ad_box spot_id=”custom_ad_2″]

Banyaknya pilihan tersebut, membuat para calon pembeli dapat memilih perangkat secara lebih spesifik berdasarkan budget dan juga fitur yang ditawarkan oleh masing-masing produk.

Lain halnya dengan iOS, yang merupakan sistem operasi eksklusif untuk perangkat dari Apple. Segmen pasar yang ditarget memang tidak seluas apa yang bisa dijangkau oleh Android.

Namun karena perangkat yang menggunakan iOS memang tergolong sangat baik (iyalah, kelas flagship semua) serta ekosistem yang “tertata rapi”, plus dukungan apps yang melimpah, iOS masih mampu mencuri pangsa pasar global di angka yang tergolong sangat besar yakni 14.7%. Kalau kamu, pakai OS yang mana nih?

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P