Untung Rugi Menggunakan Paket Internet Unlimited vs Kuota

Untung Rugi Menggunakan Paket Internet Unlimited vs Kuota – Internet sudah bukan lagi merupakan sebuah gaya hidup. Tapi sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini, internet bisa mendatangkan banyak sekali manfaat dalam hidup. Mulai dari mencari ilmu, mencari informasi, hingga bisa menjadi jembatan untuk mempermudah dalam mencari uang.

Yang penting internetnya jangan dipake buat upload video joget-joget alay aja. Itumah cuma bakal ngerusak mental :))

Oleh karena sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok, kitapun akan dihadapkan dengan pilihan-pilihan paket internet dari berbagai provider seluler. Tentu saja dengan berbagai keunggulan, dan juga rentang harga yang bervariasi. Bagi para pengguna smartphone, biasanya kita akan dihadapkan pada dua pilihan menggiurkan. Yaitu apakah harus memilih paket internet dengan kuota besar, atau paket internet unlimited sekalian?

Kalau kamu mengalami kebingungan serupa, maka kamu wajib melanjutkan untuk membaca tulisan ini. Karena di sini, saya akan berbagi mengenai pengalaman saya saat menggunakan paket internet unlimited, maupun internet berbasis kuota.

Mending Paket Unlimited atau Kuota?

Mending paket Unlimited atau Kuota?Sebagai orang yang sangat aktif menggunakan internet, entah itu untuk mencari pundi-pundi rupiah, ataupun untuk hiburan, saya sudah cukup sering berganti-ganti provider internet seluler dan juga mencoba berbagai pilihan paketnya.

Dan harus saya katakan bahwa kedua pilihan tersebut (unlimited atau kuota) akan cocok untuk keadaan dan kebutuhan yang berbeda. Sehingga hal pertama yang harus kita perhatikan sebelum memilih adalah mencaritau kebutuhan dan keadaan kita. Khususnya keadaan isi kantong :))

Lalu yang kedua adalah, perhatikan juga ketentuan dari masing-masing paket. Karena jika ternyata ketentuannya tidak cocok, yang ada malah justru akan menyusahkan di kemudian hari. Dan yang ketiga adalah soal lokasi. Karena biasanya, provider penyedia internet seluler akan punya performa yang berbeda-beda di lokasi yang berbeda. Misalnya, provider A akan lancar di lokasi Z, namun akan lemot di lokasi X.

Keunggulan Paket Internet Unlimited

Paket internet unlimited memang sangat menggiurkan. Pasalnya, pilihan paket ini menawarkan akses internet tanpa adanya batasan kuota. Beberapa provider seluler bahkan membanderol harga paket unlimited milik mereka dengan harga yang tergolong sangat murah.

Akan tetapi, paket internet unlimited tetap akan memiliki batasan berupa FUP. Yang mana jika pemakaian sudah mencapai FUP, maka kecepatan internet pun akan diturunkan. Atau dengan kata lain, internet akan menjadi lemot. Dan inilah hal terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih paket internet unlimited. Karena ketentuan FUP dari masing-masing provider bisa berbeda-beda. Ada yang memakai FUP harian, ada pula yang bulanan. Silakan baca tulisan tentang Apa Itu FUP untuk mencari tau penjelasan yang lebih lengkap tentang FUP.

Setelah mengetahui ketentuan FUP, sekarang saatnya mencocokkan dengan kebutuhan kita. Bagi kita yang biasa/rutin menghabiskan kuota besar setiap harinya, ada baiknya kita memilih paket internet unlimited dengan FUP harian. Karena jika menggunakan paket dengan FUP bulanan, dikhawatirkan nantinya FUP bakal habis di pertengahan periode paket, dan membuat kita harus ekstra sabar menghadapi kecepatan internet yang dibatasi.

Namun, jika ternyata konsumsi kuota internet kita tidak menentu dan tidak besar-besar amat, maka kita bisa memilih paket internet unlimited dengan FUP bulanan. Paket ini akan cocok untuk penggunaan yang ringan setiap harinya, namun terkadang harus melakukan download atau upload file berukuran besar pada hari-hari berikutnya. Karena jika menggunakan internet dengan FUP harian, dikhawatirkan proses download atau upload file besar akan terhambat ketika sudah melampaui FUP pada hari tersebut.

Dan jika ternyata kecepatan bukan merupakan prioritas, maka rasanya tidak masalah untuk menggunakan paket unlimited dengan FUP berapapun. Karena sejauh ini, saya rasa internet unlimited adalah pilihan yang lebih murah jika prioritasnya adalah “yang penting bisa internetan”.

Selain soal FUP, ada hal lain yang juga mesti diperhatikan dalam memilih internet unlimited. Yaitu soal ketentuan waktu dan juga kecepatan. Karena terkadang, ada provider yang memberikan internet unlimited dengan batas jam tertentu. Dan ada juga yang memberikan internet unlimited tanpa batas jam ataupun FUP, tapi yang dibatasi adalah kecepatan maksimalnya.

Keunggulan Paket Internet Kuota

Saya sendiri adalah mantan pengguna paket internet unlimited yang sekarang justru beralih menggunakan internet dengan kuota saja. Karena bagi saya, kecepatan adalah prioritas. Dan sayapun sering menghabiskan banyak kuota untuk berbagai kegiatan yang tentu saja berfaedah.

Dalam tulisan berjudul langkah untuk menghentikan paket unlimited 3 (Tri), saya menceritakan bahwa saya justru merasa rugi selama menggunakan internet unlimited dengan FUP. Mengapa demikian?

Penggunaan kuota internet yang besar membuat FUP cepat habis. Hal ini seringkali memaksa saya untuk membeli paket booster untuk menambah kecepatan, atau sekalian membeli paket baru sebelum masa berlaku paket internetnya habis. Karena sekali lagi, saya membutuhkan internet yang cepat untuk bisa bekerja dengan lancar. Dan kalaupun saya memilih untuk bersabar dengan kecepatan yang sudah diturunkan, yang ada malah saya hanya membuang waktu di depan layar laptop. Yang mana hal itu tidak bagus untuk produktivitas.

Akibatnya, pengeluaran pun jadi dobel karena harus terus membeli booster. Dan kejadian seperti itu bukan hanya ketika saya menggunakan internet unlimited dengan FUP bulanan, tapi juga paket dengan FUP harian dari provider lain.

Saya pun kemudian memutuskan untuk membeli paket internet dengan kuota besar sekalian. Karena jika dihitung-hitung, biaya yang dikeluarkan malah lebih murah jika dibandingkan dengan harus membeli paket unlimited sebanyak dua kali dalam sebulan.

Kelebihan lain dari paket internet kuota adalah kita akan mendapatkan kecepatan yang optimal setiap saat, tanpa dibatasi dengan FUP. Cuman yaa kalau kuotanya habis, kita harus beli lagi. Walau demikian, saya rasa kita bisa mengakalinya dengan membeli kuota harian atau mingguan saja yang lebih murah, hingga hari gajian datang. Hal ini tentu masih lebih baik daripada kita harus membeli kuota unlimited sampai dua kali dalam sebulan.

Selain itu, jika ternyata pemakaian kita lebih sedikit dibandingkan dengan kuota yang kita beli, maka biasanya sisa kuota pada periode sebelumnya akan terakumulasi dengan paket baru yang kita beli kemudian.

Tapi jangan lupa! Hampir semua provider menerapkan sistem kuota yang dibagi-bagi berdasarkan waktu, ataupun aplikasi. Jangan sampai “tertipu” dengan iming-iming total kuota yang besar, namun setelah dilihat detailnya, ternyata kuota di jam produktif malah cuma sedikit :))

Jadi, Kamu Pilih Mana?

Tulisan diatas adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri setelah mencoba berbagai pilihan internet dari berbagai provider yang juga berbeda-beda. Mulai dari Telkomsel, Tri (3), Smartfren, XL, Axis, hingga By.U.

Intinya adalah, kembali lagi pada kebutuhan dan juga keadaan kita. Jika kita punya budget terbatas dan yang penting bisa terus online dengan mengesampingkan kecepatan (setelah mencapai FUP), maka paket unlimited adalah yang cocok untuk kamu. Karena biasanya, paket internet unlimited bakal memiliki batasan berupa kecepatan, dan ATAU, batasan berupa FUP yang biasanya lebih kecil dibandingkan dengan paket internet kuota (di kisaran harga yang kurang lebih sama). Hanya saja, kita bisa bebas memakai internet tanpa batas walau sudah mencapai FUP sekalipun. Sekali lagi, saya sarankan untuk membaca tulisan tentang apa itu FUP agar kamu mengerti maksudnya.

Namun jika kecepatan internet adalah prioritas utama, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih paket internet kuota. Memang sih, jatah penggunaan internetnya akan dibatasi. Namun selama jatah itu masih ada, kita akan terus mendapatkan kecepatan penuh dari layanan internet tersebut. Tentukanlah pilihanmu dengan bijak, supaya kamu tidak direpotkan di kemudian hari.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P