Sebenarnya Apa Sih Artinya “Versi Lite”?

Sebenarnya Apa Sih Artinya “Versi Lite”? – Saya yakin, sebagian besar dari kamu yang sedang membaca tulisan ini pasti penasaran soal apa itu versi lite, bukan? Istilah ini biasanya akan erat kaitannya dengan produk dan teknologi. Entah itu produk mobil, motor, gadget, ataupun aplikasi.

Walaupun saat ini tak jarang pula, istilah “versi lite” kemudian dibawa ke hal lain diluar bahasan tentang produk. Baiklah, posting kali ini mungkin akan singkat saja. Dan sudah pasti bakal membahas soal apa maksud dari kata “versi lite”.

Penjelasan Soal Versi Lite

Sebelumnya kita harus tau dulu, bahwa kata “Lite” itu sebenarnya adalah kata slang dari “Light”. Yang mana kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, “light” itu artinya adalah “ringan”. Nah, dalam dunia teknologi, versi lite adalah istilah untuk menyebutkan sesuatu yang “lebih ringan” dari versi aslinya. Masih bingung? Oke, kita bahas lebih jauh yaa.

Kita akan mengambil contoh dari penyebutan versi lite, pada sebuah aplikasi. Kamu pasti tau aplikasi Facebook kan? Sepintas, aplikasi ini tuh biasa saja bagi sebagian besar orang. Namun bagi para pengguna hape kentang, aplikasi Facebook itu sebenarnya tergolong aplikasi berat yang memakan banyak ruang penyimpanan dan juga RAM. Sehingga, aplikasi Facebook ini seringkali akan membuat hape menjadi terbebani, hingga membuat hape terasa ngelag saat harus menjalankan aplikasi lainnya.

Apa itu versi lite

Nah, oleh karena aplikasi tersebut tergolong berat (bagi sebagian hape), maka Facebook pun berinisiatif untuk membuatkan aplikasi versi lite, yaitu Facebook Lite. Yang mana, aplikasi Facebook Lite ini sebenarnya fungsinya sama saja dengan aplikasi Facebook. Namun dibuat lebih ringan, serta tidak memakan terlalu banyak ruang pada penyimpanan dan RAM. Dengan konsekuensi, tampilan pada aplikasinya pun jadi tidak sebagus aplikasi Facebook versi aslinya (yang lebih berat).

Gimana, udah kebayang?

Dari sini, kita bisa ambil kesimpulan. Bahwa versi lite adalah sebuah versi lain dari sebuah produk yang serupa (dan dengan fungsi yang sama), namun mendapatkan penurunan spesifikasi ataupun kualitas. Dalam contoh aplikasi Facebook di atas, penurunan spesifikasi atau kualitas tersebut dilakukan demi menghadirkan sebuah aplikasi yang sangat ringan, agar bisa digunakan dengan lancar pada hape kentang sekalipun.

Hal serupa pun bisa diterapkan pada produk lainnya. Misalnya, ada sebuah mobil dengan desain yang sangat bagus serta fitur kelas tinggi, namun harganya sangat mahal. Lalu, perusahaan mobil yang bersangkutan membuatkan versi lite dari mobil tersebut. Yang mana pada versi lite nya, desainnya yang menarik akan dibuat mirip (bahkan mungkin persis sama), namun dengan fitur yang biasa saja, atau dibawah dari spesifikasi mobil versi aslinya. Demi menekan agar harganya bisa lebih murah, sehingga akan lebih banyak orang yang bisa membelinya.

Versi lite artinya adalahTapi perlu saya tegaskan bahwa gambar diatas hanya ilustrasi saja yaa. Karena tidak pernah disebutkan secara resmi bahwa Xpander adalah versi lite dari Pajero. Dan biasanya, perusahaan hanya akan membuatkan versi lite dari produk flagship mereka.

Misalnya, produk Samsung dengan Galaxy S10 & Galaxy S10 Lite nya, atau produk Xiaomi dengan Mi 11 & Mi 11 Lite. Yang mana umumnya, beberapa fitur unggulan yang ditemukan pada produk versi asli, juga akan digunakan pada versi lite. Tentu saja dengan mengorbankan beberapa aspek lain, agar produk versi lite bisa lebih murah. Makanya saya menggunakan contoh Pajero dan Xpander di atas tadi, karena Xpander memiliki fitur (atau lebih tepatnya desain) yang mirip sekali dengan Pajero.

Maksud Versi Lite Diluar Ranah Produk dan Teknologi

Berdasarkan penggambaran tentang versi lite yang sudah dijelaskan di atas, terkadang orang-orang akan menggunakan istilah ini untuk menyebutkan sesuatu yang lain. Misalnya jika ada seorang public figure terkenal yang wajahnya tampan seperti saya, lalu ada orang “biasa” atau rakyat jelata yang ternyata punya wajah yang mirip (cuma beda nasib sama perawatan aja), maka rakyat jelata tersebut akan disebut sebagai versi lite dari sang public figure.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P