Istilah Softcopy dan Hardcopy itu bedanya apa?

Softcopy dan Hardcopy itu bedanya apa?

0

PERTANYAAN :

Jadi ceritanya saya sedang mencari pekerjaan. Dalam beberapa lowongan yang saya temukan, kadang ada yang menyebut untuk menyertakan “hard copy”, dan ada pula yang meminta untuk mengirimkan “soft copy”. Nah, yang mau saya tanyakan, maksud dan perbedaan antara hard copy dan soft copy itu apa ya?

JAWABAN :

(Dari Admin Techijau) : Sebelum membahas perbedaan diantara keduanya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu tentang apa itu soft copy dan apa itu hard copy.

Hard copy adalah sebuah file dalam bentuk lembaran, atau file yang sudah kita cetak di kertas (sudah di-print). Sedangkan soft copy adalah file yang belum kita cetak (belum di-print).

Jadi, ini tuh mirip seperti perbedaan antara software dengan hardware yang sudah pernah saya jelaskan sebelumnya. Di mana soft copy sendiri merupakan sebuah file yang tidak memiliki fisik nyata. Sehingga, kita tidak bisa memegangnya secara nyata, namun kita bisa melihat atau membacanya, jika ia dibuka atau dimunculkan melalui layar laptop, komputer, ataupun smartphone.

Dalam hal melamar pekerjaan, contoh soft copy adalah file ketikan CV dan lamaran yang masih dalam bentuk Word atau PDF. Atau termasuk juga hasil scan ijasah dan juga sertifikat (jika ada), yang biasanya juga dalam bentuk PDF. Yang mana kemudian, file-file soft copy tersebut bisa kita kirimkan melalui e-mail.

Sendangkan untuk contoh hard copy, adalah file atau berkas lamaran dan CV yang sudah dicetak pada lembaran kertas. Termasuk juga lembaran fotocopy ijasah ataupun sertifikat (jika ada). Yang kemudian bisa kita bawa langsung ke kantor dari perusahaan yang bersangkutan, atau di kirim melalui kurir (POS, TIKI, JNE, dll).

Berikan komentar atau jawaban versi kamu!

Jika kamu punya jawaban tersendiri atas pertanyaan tersebut, kamu bisa menuliskan jawaban versi kamu di kolom komentar yang ada di bawah. Jawaban terbaik akan dipilih oleh admin dan akan disematkan di atas
Punya pertanyaan yang belum terjawab di sini? Silakan ke halaman ajukan pertanyaan dan isi form di dalamnya. Atau, tinggalkan komentar di halaman Facebook Techijau, atau mention Twitter @Techijau

TULIS KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini