Game RPG Untuk Android & iOS: Zombie Fallout (Review)

Game RPG Untuk Android & iOS: Zombie Fallout (Review)

2142
2
SHARE
Game RPG Untuk Android & iOS: Zombie Fallout (Review) – Nggak biasanya ya mimin ngereview game? Hehe, iya, jadi beberapa hari lalu tuh mimin iseng cari-cari game untuk menguji coba performa game dari ASUS Zenpad 7.0 yang rencananya bakal mimin review (baca reviewnya di link ini). Nah kebetulan, ada seorang teman yang mengabarkan bahwa saat itu ada satu game untuk perangkat mobile yang sedang mengadakan event VIP Test (Closed Beta) yakni Zombie Fallout.

Dan karena penasaran, jadilah mimin coba game itu dan ternyata asik juga! Dan kebetulan juga, game ini rencananya bakal di launching hari ini (25 Januari 2016), jadi mimin rasa agaknya perlu untuk membuat reviewnya untuk kamu yang lagi bingung nyari game online baru di gadget mu. Yuk, kita langsung ke TKP!

Karakter
Karakter di game Zombie Fallout
Sebelum dapat bermain pada game dengan genre Mobile Shooting Action RPG ini, kita terlebih dahulu diminta untuk memberi nama pada karakter yang bisa kita pilih. Waktu Closed Beta kemarin, karakter yang disediakan sih cuma ada 2 untuk membedakan gender, tapi mungkin nanti bisa ada lebih banyak pilihan karakter lain setelah launching.

Game Play!

Seperti halnya game RPG lainnya, Zombie Fallout juga punya latar belakang cerita. Sebuah virus bernama “Devour” dengan sengaja telah diciptakan dan disebarkan oleh NSA (National Security Agency) dari Republik Nebula yang tujuannya adalah untuk memusnahkan umat manusia. Virus tersebut dapat mengubah manusia menjadi mutant yang berbahaya.

Kemudian diketahui bahwa ternyata terdapat sebuah sample bernama “Microscopic Life 301” yang merupakan obat untuk virus tersebut, dan obat itu disimpan di Nebula Headquarters. Nah disini, misi kita adalah untuk dapat menemukan obat tersebut. Namun dalam misi pencarian tersebut, kita harus berhadapan dengan orang-orang yang sudah terinfeksi oleh virus Devour karena ternyata virus tersebut sudah menyebar dengan sangat luas sehingga menghalangi kita untuk mencari petunjuk-petunjuk untuk menemukan sample tersebut. Yup, begitulah kira-kira latar belakang ceritanya.
Gameplay Zombie Fallout
Kita akan dibekali dengan senjata untuk dapat melawan zombie-zombie yang berkeliaran di sepanjang misi pencarian jodoh sample tersebut. Jujur aja, waktu pertama kali nyoba game ini tuh terkesan terlalu mudah buat dimainkan. Tapi……. Ternyata itu cuma berlaku di level-level awal aja, dan setelah sampai level 20, barulah kita mulai merasa kewalahan untuk menaklukkan musuh yang ada.

Iya, sepertinya memang pada level-level awal (1 sampai 17) jalan cerita di game ini lebih ditujukan agar kita memahami soal dasar-dasar serta fitur-fitur yang ada pada Zombie Fallout. Kita harus menyelesaikan stage-stage yang ada, yang mana di tiap stage akan terdapat Boss dari momon yang ada. Zombie-zombie yang sudah kita musnahkan, biasanya akan menjatuhkan Gold, yang merupakan mata uang yang digunakan dalam game untuk membeli berbagai keperluan dalam game, serta beberapa item khusus termasuk equip dan item-item lainnya.
Review game Zombie Fallout
Yang menarik, jika kita berhasil mendapatkan 3 bintang (dengan cara menyelesaikan tantangan yang diberi tanda kotak berwarna merah pada gambar diatas), maka kita akan mendapatkan beberapa bonus seperti Gold tambahan, Diamond, serta item tertentu lainnya yang jumlah dan itemnya berbeda-beda di tiap stage.
Cara bermain Zombie Fallout
Tentunya, kita juga akan mendapatkan poin EXP atau experience yang berguna untuk menaikkan level, dan semakin tinggi level dari karakter kita, semakin tinggi pula kemampuan-kemampuannya. Selain senjata dan equip, kita juga dapat mempelajari skill-skill yang bisa kita gunakan untuk mempermudah dalam pertarungan.

Gen & Weapon

Yang unik dari Zombie Fallout adalah dengan disematkannya fitur Gen. Iya, selain dengan menaikkan level karakter, kita juga dapat mengaktifkan gen tertentu untuk meningkatkan status seperti damage, defense dan lainnya. Namun untuk dapat melakukannya, kita harus mengumpulkan item-item khusus yang dibutuhkan. Dan setelah cukup banyak gen yang diaktifkan, maka karakter akan dapat berevolusi yang bukan hanya akan mengubah tampilan fisiknya, tapi juga menambah kekuatannya.
Game online RPG Android
Sekarang kita beralih untuk membahas soal perlengkapan karakter alias equip. Karakter kita bisa menggunakan beberapa equip seperti yang terlihat pada gambar diatas untuk menaikkan “Combat efficiency”, semakin besar nilainya maka semakin baik.

Disini kita dapat melakukan beberapa jenis upgrade pada equip yang kita miliki, termasuk juga pada senjata. Oia, ada beberapa hal nih yang perlu kamu tau soal senjata yang digunakan di permainan ini. Terdapat 3 jenis elemen pada senjata yang tersedia, yakni elemen api, petir, dan es. Senjata elemen api memiliki keunggulan untuk menembak musuh yang banyak, karena pelurunya yang menyebar.

Lalu elemen petir adalah spesialis untuk meratakan momon yang berada di satu spot yang berdekatan. Sedangkan elemen es adalah senjata spesialis jarak jauh, semakin jauh jarak tembakan maka damage yang dihasilkan akan semakin besar.

Mision

Salah satu hal yang mimin sukai dari game ini adalah misi yang semakin menambah keseruan dalam permainan. Bukan cuma misi dasar yang berkaitan dengan jalan cerita, tapi juga terdapat banyak misi sampingan yang tidak hanya menawarkan tambahan EXP, tapi juga reward lain dan bahkan dapat menambah kekuatan karakter yang kita miliki.
Misi
Seperti misalnya mission untuk mengumpulkan medal pada gambar diatas, dimana untuk mendapatkan medal, kita harus menyelesaikan serangkaian misi dengan tantangan yang unik. Seperti misalnya harus menyelesaikan satu stage dalam waktu tidak lebih dari 12 detik, harus menyelesaikan stage tanpa boleh terkena damage sedikitpun, ataupun tantangan lainnya.

Nah disana juga terlihat terdapat lebih dari satu medal yang bisa kita raih, dan masing-masing medal yang kita dapatkan nantinya akan menambah poin status pada karakter. Artinya, semakin banyak medal yang kita kumpulkan, maka semakin kuat pula karakter kita nantinya.

Friend, PvP
Screenshot Zombie Fallout
Namanya juga game online, kurang greget donk ya kalo gak bisa ketemu sama karakter lain di game yang sama. Yup, seperti yang juga ditemukan di game online lainnya, kita juga memungkinkan untuk menambahkan karakter lain ke dalam daftar pertemanan kita.

Eits, tapi berteman disini bukan cuma untuk memudahkan kita melakukan chatting kepada karakter yang bersangkutan yaa, tapi manfaat punya teman disini tuh bisa saling berbagi “stamina”. Hemm, tapi untuk apa tuh stamina? Sebelumnya kamu perlu tau, bahwa tiap kali kita akan menghadapi musuh, kita akan membutuhkan stamina (ditunjukkan dengan icon daging), dan terbatasnya stamina yang kita miliki membuat kita harus pintar-pintar me-manage stamina yang ada (bisa kita lihat di bagian atas layar, pada gambar diatas).

Nah dengan bantuan stamina dari teman, kita jadi bisa lebih leluasa untuk bertarung dengan musuh. Tenang, berbagi stamina gak perlu bayar kok, jadi hampir bisa dipastikan bahwa teman-teman kita pasti akan memberikan bantuan stamina kepada kita, begitupun kamu juga bisa memberikan stamina kepada semua temanmu. Untuk menambahkan teman? Gampang kok, tinggal ketikkan aja nama karakter yang kamu tau di menu add friend.
Menambah pertemanan

Atau kita juga bisa menambahkan teman melalui tampilan menu Friend support seperti pada gambar diatas. Friend support ini adalah menu yang akan keluar sebelum kita memasuki map untuk melawan Zombie, dan karakter yang kita pilih nantinya akan muncul untuk membantu kita (jika diminta) melawan musuh. Tapi, jangan keseringan dipake ya, karena untuk menggunakan fitur ini ternyata ada jatahnya.

Jika ternyata jatah Friend support milik kita habis, maka kita tidak bisa meminta bantuan mereka lagi nantinya. So, gunakan dengan bijak yaa. Ngomong-ngomong soal support, ada satu hal lagi nih yang bisa support kita selama pertarungan, yakni pet alias peliharaan. Di game ini, kita bisa membawa hingga 4 pet, tergantung dari level karakter yang kita miliki. Pet yang kita miliki juga bisa naik level atau di upgrade loh, biar lebih kuat!

Pvp

Pengen ngetes kekuatan karakter? Masuk aja ke map Arena untuk menantang karakter lain. Kalau kita menang, kita bisa dapat reward berupa Diamond dan Honor, yang nantinya dapat kita kumpulkan untuk membeli beberapa item istimewa yang ada di Black Market.


Legion

Disini kita juga bisa bikin legion loh, atau mungkin kamu lebih mengenalnya dengan sebutan clan atau guild. Yaa, semacem perkumpulan atau geng gitu, tapi jangan bikin geng alay disini yaa! Katanya sih di setiap jam 19.00 sampai 21.00 WIB, leader dari legion yang kita ikuti bakal bisa “memanggil” Boss momon, yang mana momon ini bakal menjatuhkan banyak gold, atau diamond dalam jumlah banyak. Mimin belum coba sendiri sih, tapi yaa seperti itulah gambaran singkatnya.

Lain-lain

Di game Zombie Fallout ini, terdapat juga berbagai mode permainan dengan berbagai reward yang bisa kamu dapatkan. Ada Bounty Mission, Treasure Adventure atau mode mode lainnya. Katanya sih, di Treasure Adventure itu terdapat dua jenis tambang yakni Private mine dan Public mine. Mimin belum coba langsung, jadi mimin belum bisa memberikan gambarannya seperti apa. Tapi mimin rasa sepertinya seru juga, karena katanya kita bisa merebut Public mine milik karakter lain loh! Mungkin kalo di dunia nyata, itu lebih seperti nikung pacar temen gitu kali ya?

Kesimpulan

Awal permainan yang kurang greget perlahan mulai terbayarkan setelah memasuki level 20, yang mana misi-misi baru, sekaligus juga stage yang baru dan lebih serius dengan asik disajikan ke pemain. Bahkan gak jarang mimin menemui kesulitan untuk menyelesaikan stage yang ada dan memaksa mimin untuk melakukan upgrade dari karakter dan equip.

Keseruan bukan cuma ketika kita menjalankan misi dasar aja, tapi juga ketika kita mencoba menjalankan misi-misi sampingan. Yang bikin seru, ketika kita ingin melakukan upgrade, entah itu upgrade karakter, pet, atau equip, kita gak bisa sembarangan karena kita harus mengumpulkan persyaratan bahan-bahan tertentu yang kadang langka dan sulit didapatkan.

Dan sebenernya masih ada banyak hal lain lagi yang belum bisa mimin ceritakan disini, tapi sepertinya semua ini udah cukup untuk memberikan gambaran singkat soal gimana serunya main Zombie Fallout. Kalo kamu penasaran untuk tau lebih lanjut, mendingan kamu cobain sendiri deh! Langsung aja download di link ini. untuk Android, atau disini untuk iOS. Oia, khusus pengguna iDevice, mungkin kamu perlu sedikit bersabar yaa, karena launching nya akan menyusul.

2 COMMENTS

  1. saya kalau main game tidak akan bertahan lama mas. mudah bosan hehe. tapi dulu pernah main di laptop sampai tamat, hehe. soalnya seru bisa perang dan merusak kota wkwkw. kalau HP mikir2 sayang ma baterai 🙂

LEAVE A REPLY