Cara Menghapus Cache Tanpa Aplikasi Di Android

Cara Menghapus Cache Tanpa Aplikasi Di Android

19590
0
SHARE
Cara Menghapus Cache Tanpa Aplikasi Di Android – Terbatasnya ruang penyimpanan (memory) pada suatu perangkat membuat kita harus rajin-rajin “menjaga” ruang penyimpanan tersebut agar tidak cepat penuh. Tujuannya tentu saja untuk menjaga performa dari perangkat itu sendiri karena memory internal yang penuh dapat membuat perangkat yang kita gunakan menjadi terasa lemot.

Salah satu cara untuk menjaga memory internal agar tidak cepat penuh adalah dengan membersihkan data yang dirasa tidak perlu yang tersimpan di penyimpanan ini, contohnya adalah file cache. Cache dianggap sebagai file sampah yang biasanya muncul atau “dibuat” oleh aplikasi tertentu ketika kita menggunakannya yang tujuannya adalah untuk meringankan kinerja perangkat ketika kita menggunakan aplikasi yang bersangkutan sehingga perangkat tidak perlu loading terlalu lama ketika kita menggunakannya kembali nantinya.

Namun di sisi lain, file-file yang tercipta tersebut akan menumpuk dan akan membuat ruang penyimpanan menjadi penuh sesak sehingga kita harus membersihkannya sesekali. Biasanya kita akan memerlukan aplikasi tambahan untuk menghapus cache pada perangkat, namun bagi kamu yang menggunakan perangkat Android versi 4.4 Kitkat ke atas kamu akan bisa melakukannya tanpa bantuan aplikasi tambahan karena fitur menghapus cache dari aplikasi sudah disediakan pada OS versi ini. Bagi kamu yang belum tau, di posting ini mimin akan membagikan cara mudahnya untuk kamu. Yuk langsung ikuti langkahnya!

Pertama masuklah ke menu setting pada perangkatmu. Akan ada dua cara untuk melakukan ini, dan keduanya sama-sama simple dan sangat mudah untuk dilakukan. Cara pertama adalah melalui menu storage (penyimpanan), silahkan pilih menu tersebut dengan mengkliknya.
Cara menghapus cache di Andorid
Akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas (sebelah kanan), dimana akan muncul keterangan atau rincian penggunaan penyimpanan pada perangkat termasuk file cache (cached data). Sekarang klik pada keterangan Cached data untuk menghapus file sampah tersebut.

Cara kedua adalah melalui menu Apps yang juga terdapat di dalam menu setting. Silahkan masuk ke setting dan pilih Apps.
Menghapus cache tanpa aplikasi tambahan
Akan muncul kumpulan aplikasi yang terinstall pada perangkatmu seperti pada gambar diatas (sebelah kanan). Di bagian kanan atas layar terdapat icon tiga titik yang sejatinya merupakan menu option. Klik icon tersebut dan akan muncul beberapa pilihan disana, pilihlah Clear cache of all apps (hapus cache semua aplikasi) seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.

Selanjutnya akan muncul menu popup seperti pada gambar dibawah ini sebagai konfirmasi. Silahkan klik Clear cache (hapus cache) untuk melanjutkan.
Menghapus cache pada android
Nah setelah itu cache yang dihasilkan oleh aplikasi yang terinstal pada perangkatmu akan terhapus seketika. Sangat mudah bukan? Selain menghapus cache, kamu juga bisa melakukan pemindahan data aplikasi ke SD card. Dan cara yang paling efektif untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Link2SD.

Aplikasi tersebut sudah terbukti sangat efektif untuk membantu melegakan ruang pada internal memory. Bagi kamu yang ingin menggunakannya, silahkan baca halaman cara menggunakan link2sd yang sudah mimin tulis sebelumnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY