Apa Itu Partisi Pada Memory?

Apa Itu Partisi Pada Memory?

1435
0
SHARE
Apa Itu Partisi Pada Memory? – Dulu waktu pertama kali menggunakan perangkat Android mimin sempat memiliki masalah pada perangkat tersebut dimana ia selalu memunculkan pemberitahuan bahwa memory internal yang dimilikinya sudah penuh. Beberapa teman mimin menyarankan untuk menggunakan aplikasi Link2SD untuk mengatasi masalah tersebut dimana aplikasi ini konon dapat memindahkan beberapa file aplikasi ke SD card atau microSD.

Namun untuk dapat memanfaatkan aplikasi ini, perangkat harus sudah di root dan kita diwajibkan untuk melakukan partisi pada memory card atau microSD yang kita gunakan dimana partisi tersebut akan berperan sebagai “memory internal tambahan”. Nah disini yang sempat membuat mimin bingung adalah yang dimaksud dengan istilah partisi pada memory tersebut. Sebenarnya apa sih arti dari istilah ini?

Menurut beberapa sumber yang mimin baca, partisi pada memory adalah sebuah “pemetakan” atau pemisahan sarana penyimpanan dalam hal ini adalah memory card. Bingung? Iya mimin juga sama. Hihi 😛 Gampangnya begini, saat kita mempartisi memory yang kita punya, itu hampir sama dengan kita membuat sebuah “sekat” sehingga seolah-olah memory tersebut terpisah menjadi beberapa bagian.

Apa itu partisi memory

Misalnya memory yang kita miliki memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB. Dari total 8 GB tersebut kita bisa membuat beberapa partisi misalnya partisi 1 kita set di kapasitas 5 GB, partisi 2 kita set di kapasitas 2.5 GB, sisanya (0.5 GB) bisa kita gunakan sebagai partisi 3. Tapi ingat ya, itu cuma perumpanaan saja karena sesungguhnya kapasitas penyimpanan yang “nyata” dari memory 8 GB adalah hanya sekitar tujuh koma sekian GB saja. Nah biasanya tujuan dari dibuatnya partisi ini adalah untuk memudahkan penggunanya dalam hal manajemen data.

Nah itulah arti dari partisi memory dalam versi simpel. Jika kamu ingin melakukan partisi pada memory card milikmu, kamu bisa mampir ke posting yang berjudul Cara membuat partisi pada SD card. Jangan lupa untuk menjelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai info menarik lain soal istilah, tips, tutorial dan review tentang Android. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY