Awal 2014: Jelly Bean Menguasai, Gingerbread Belum Ditinggalkan

Awal 2014: Jelly Bean Menguasai, Gingerbread Belum Ditinggalkan

201
0
SHARE
Awal 2014: Jelly Bean Menguasai, Gingerbread Belum Ditinggalkan – Baru-baru ini Google telah merilis data untuk Android Device Share di awal tahun 2014 ini. Data ini menunjukkan tentang data perbandingan jumlah pengguna versi OS Android yang dirangkum berdasarkan perangkat yang menggunakan aplikasi Google Play Store versi terbaru yang kompatibel mulai dari Android versi 2.2 (Froyo) dan diatasnya.
Android device share Q1 2014
Pada grafik yang dirilis oleh Google tersebut menunjukkan bahwa sistem operasi Android Jelly Bean (versi 4.1 – 4.2 – 4.3) secara keseluruhan mendominasi dengan 59.1%. Ini artinya banyak dari pengguna Android yang mulai hijrah menggunakan perangkat dengan versi OS terbaru (atau setidaknya “mendekati baru”). Meski demikian, ternyata pengguna Android versi lama khususnya Gingerbread masih belum “habis”, bahkan penggunanya masih terbilang sangat banyak dengan penguasaan 21.2%, peringkat kedua dibelakang Jelly Bean.
Ini menunjukkan bahwa masih banyak pengguna OS Android yang menggunakan perangkat low end, dimana kebanyakan dari perangkat tersebut masih menggunakan OS versi 2.3. Sementara untuk OS versi terbaru dengan kode nama KitKat mulai menunjukkan pertumbuhan dengan penguasaan 1.4% dimana OS versi 4.4 ini memang belum banyak diadopsi oleh para vendor smartphone selain pasukan Nexus ataupun Motorola yang merupakan perangkat Google.
Pada grafik tersebut kita tidak melihat keberadaan Android versi 2.1 kebawah, namun bukan berarti penggunanya sudah tidak ada karena tidak kompatibel dengan aplikasi Google Play Store terbaru.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY