ASUS ZenPower Pro, Powerbank Praktis Support Quick Charge 2.0

[Review] ASUS ZenPower Pro, Powerbank Praktis Support Quick Charge 2.0

5440
14
SHARE

[Review] ASUS ZenPower Pro, Powerbank Praktis Support Quick Charge 2.0 – Di Indonesia, powerbank merupakan salah satu aksesori pendamping gadget yang paling banyak dimiliki. Terang saja, masyarakat kita memang sangat aktif untuk menggunakan ponsel atau tabletnya, entah itu untuk urusan pribadi ataupun bisnis, yang menyebabkan baterai harus terkuras habis lebih cepat.

Sayangnya, diluaran sana hanya sedikit dari sekian banyak powerbank yang punya kualitas bagus, baik dari sisi keamanan, daya tahan, maupun kapasitas yang sering kali “dipalsukan”. Bahkan tak jarang pula powerbank abal-abal yang memalsukan merk-merk terkenal untuk menarik minat konsumen, sehingga konsumen mesti lebih berhati-hati dalam memilih.

Nah kali ini, mimin akan membuat sebuah ulasan (review) tentang pengalaman menggunakan salah satu powerbank berkualitas yang ada, yakni ASUS ZenPower Pro. Powerbank dari ASUS ini punya beberapa fitur yang menurut mimin sangat bermanfaat dan cocok untuk kamu yang doyan traveling. Kenapa? Baca dulu aja sampai habis, nanti pasti kamu paham 🙂 . Jadi sekarang, kita unboxing dulu yuk!

Unboxing

Review ASUS Zenpower Pro IndonesiaDalam kemasannya yang terbilang minimalis, terdapat paket penjualan berupa buku petunjuk singkat, kartu garansi, kabel USB mini dan juga unit powerbank itu sendiri. Yap, seperti yang sebelumnya, ASUS masih mempertahankan untuk menyertakan kabel USB berukuran mini pada aksesori powerbank nya.

Agak kurang sih sebenarnya, tapi seperti yang mimin bilang di awal tadi, powerbank ini cocok bagi mereka yang doyan traveling, dan ukuran kabel USB yang kecil ini justru akan membuatnya jadi lebih praktis, mudah dibawa kemana-mana, dan bebas kusut. Kalaupun kita butuh yang lebih panjang, toh kita masih bisa menggunakan kabel USB bawaan dari charger smartphone kita, kan?

Kesan Pertama

Ukuran yang tak terlalu besar untuk sebuah powerbank berkapasitas 10.050 mAh ini jelas takkan membuat tas kecilmu jadi terasa sesak. Dan bahkan ia masih kantongable alias muat di kantong, sehingga sangat mudah untuk dibawa-bawa. Lapisan metal aluminium dengan sudut membulat di tepiannya pun tak hanya membuatnya terkesan premium, tapi juga menjadikannya lebih nyaman untuk di genggam. Tapi tolong, jangan membandingkannya dengan genggaman tangan mantan, ya..

Dimensi : 100 x 59.6 x 22mm, Berat : 230 gram

Sepintas, ia terlihat seperti seri ZenPower “biasa” (tanpa “Pro”) yang juga pernah mimin buat bahasannya di halaman ini, namun ada beberapa hal yang membedakannya baik secara fisik maupun fitur yang tentu saja menjadikannya lebih baik.

BACA JUGA : Perbedaan Antara ZenPower Pro Dengan ZenPower Biasa

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar dibawah, ZenPower Pro nampak memiliki sebuah port microUSB untuk input daya, 4 buah titik yang merupakan lampu indikator untuk menunjukkan sisa daya baterai, sebuah lampu LED yang bisa berfungsi sebagai senter, sebuah tombol power, plus dua buah port USB output.

Pengalaman menggunakan Zenpower ProPort USB yang berada tepat bersebelahan dengan port microUSB (ditandai dengan kotak berwarna merah pada gambar diatas) kabarnya sudah didukung dengan fitur Qualcomm Quick Charging 2.0. Hemm tapi apa benar dia bisa berfungsi seperti yang di deskripsikan? Mending kita coba langsung yuk!

Pengalaman Penggunaan

Sengaja mimin “kuras” daya baterai dari salah satu hape mimin untuk menguji fitur Quick Charging pada ZenPower Pro, yakni ASUS Zenfone 2. Dan ketika mimin akhirnya mencobanya, ternyata….

Zenpower Pro support quick chargingYap, fiturnya berfungsi seperti apa yang di deskripsikan! Menurut sumber yang mimin baca, kedua port USB yang ada tersebut mendukung output daya hingga 2.4A (besaran output bakal disesuaikan dengan kebutuhan perangkat), namun yang memiliki fitur Quick Charging hanya salah satunya saja.

Terus berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk mengisi hape sampai penuh? Menurut percobaan mimin, pada Zenfone 2, powerbank ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih beberapa menit untuk mengisi dari 15% hingga 100%, sama seperti ketika menggunakan charger bawaannya yang juga mendukung Fast Charging.

Berapa lama charging menggunakan Zenpower ProTapi ingat, lamanya pengisian daya ini bisa berbeda-beda, tergantung pada fitur Quick Charge yang ada pada perangkatmu, dan pastinya tergantung pada kapasitas baterainya juga. Pada Zenfone 2, perangkat hanya akan mengaktifkan Fast Charging ketika sedang mengisi daya hingga di kisaran 60%an (dibawah 70% lah pokoknya) dan setelahnya, ia hanya akan melakukan charging biasa.

Batas fast charging Zenfone 2(Abaikan jumlah pesan pada aplikasi WhatsApp) Dan perlu dicatat lagi bahwa fitur Quick Charging ini hanya akan berfungsi optimal pada perangkat yang mendukung saja. Kalau digunakan pada hape yang nggak support fast charging? Ngaruh sih, tapi cuma dikiiit. Mimin juga sudah mencobanya pada hape mimin yang lain yang tidak support fast charging, yakni Zenfone Selfie.

Saat mimin coba menggunakannya dengan port yang Non Quick Charging, dari kisaran baterai 13% ia membutuhkan waktu 3 jam tepat untuk mencapai angka 100%. Sedangkan ketika mimin menggunakan Port Quick Charging, pengisian daya Zenfone Selfie dari 7% ke 100% membutuhkan waktu 3 jam kurang beberapa menit. Jadi, tidak terlalu berpengaruh lah yaa.

BACA JUGA : Review ASUS Zenfone 2 / Zenfone Selfie

Percobaan Yang Lebih Berat

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, tak ada kendala ketika mimin menggunakan fitur Quick Charging pada ZenPower Pro. Tak ada panas berlebih yang dihasilkan baik pada perangkat maupun pada powerbank itu sendiri. Tapi bagaimana ketika mimin coba untuk menggunakan kedua port nya sekaligus?

Setelah bekerja keras ((((BEKERJA KERAS)))) untuk menghabiskan kembali daya baterai dari kedua hape yang bakal mimin pakai untuk mengujinya, akhirnya tiba saat dimana mimin bisa melakukan charging pada dua perangkat sekaligus (Zenfone 2 dan Zenfone Selfie) menggunakan ASUS ZenPower Pro.

Di menit-menit pertama, ia masih adem ayem. 30 menit, hingga 1 jam berlalu, tak ada tanda-tanda panas berlebih bagi semua perangkat, hingga keduanya sudah terisi penuh. Di percobaan ini memang mimin lebih berfokus untuk melihat suhu ketika ZenPower Pro digunakan untuk pemakaian berat, untuk memastikan apakah ia benar-benar aman.

Dan yap, ZenPower Pro mampu mengisi dua perangkat sekaligus yang sama-sama memiliki baterai berkapasitas 3000 mAh hingga penuh tanpa mengalami masalah panas yang berlebih. Memang, ASUS mengklaim bahwa powerbank rancangan mereka ini memiliki lebih kurang 11 fitur proteksi termasuk diantaranya ada perlindungan untuk menjaga suhu, perlindungan input dan output daya, hingga perlindungan untuk mencegak korsleting. Korsleting ya, bukan resleting.

  • Temperature Protection
  • Short Circuit Protection
  • Reset Protection
  • Input over voltage protection
  • Output over voltage protection
  • Input reserve direction protection
  • Over charge / over discharge protection
  • Output over current protection
  • Cell PTC protection
  • Adapter protection
  • JEITA protection

Dan kabarnya, ia juga sudah mengantongi berbagai sertifikasi keselamatan internasional. Lanjut lagi yaa… Setelah mengisi kedua smartphone itu, ternyata ZenPower Pro masih punya sisa daya, meski hanya tinggal 1 titik saja (yang ditunjukkan oleh lampu indikator). Dan karena mimin ingin benar-benar menghabiskan daya pada powerbank ini, maka mimin memutuskan untuk coba menggunakan sisa dayanya pada tablet ASUS Zenpad 7.0 Z370CG.

BACA JUGA : Review ASUS Zenpad 7.0 Z370CG

Ternyata sisa dayanya ini masih sanggup mengisi daya tablet 7.0 inch dengan baterai berkapasitas 3450 mAh ini dari 7% hingga diatas 50%!

Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mengisi ZenPower Pro

Setelah kehabisan daya, mimin pun melakukan percobaan terakhir pada powerbank ini. Dan untuk mengisi daya baterai dengan kapasitas total 10.050 mAh ini hingga penuh, dibutuhkan waktu sekitar 5 jam lebih sedikit, dengan menggunakan charger Zenfone 2 yang memiliki output 2A.

Akhir Kata . . .

Jadi, bagi kamu yang memiliki lebih dari satu gadget, nampaknya ASUS ZenPower Pro bisa menjadi aksesori pelengkap untuk menemani gadget-gadgetmu, yang jelas dapat memberikan tindakan P3K (Pertolongan Pertama Pada Ke-LoBat-an) dengan aman, cepat dan praktis.

Apalagi bagi kamu yang gemar traveling. Ukurannya yang tergolong kecil, kapasitas besar, serta memiliki dua buah output daya, tentu akan sangat praktis untuk dibawa sebagai energi cadangan bagi gadget-gadget mu. Tambahan lampu LED nya juga bakal menambahkan fungsi khusus yang berguna untuk menerangi… gelapnya… harimu #IniApaSih ……

Cara menyalakan lampunya? Gampang, tinggal tekan dan tahan tombol powernya, maka lampu LED nya akan menyala! Tekan tombol power dua kali untuk menambah kecerahannya, dan tekan dua kali lagi untuk meredupkannya kembali.

Cek Harga ZenPower Pro

Okedeh, mungkin sekian dulu review dari mimin soal ASUS ZenPower Pro. Kalau ada pertanyaan, tinggalin komentar aja, gratis kok. Kamu juga bisa menjelajahi Techijau.com untuk menemukan posting menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

14 COMMENTS

  1. asus memang keren-keren produknya. saya yang sudah merasakan kecanggihan asus. sekarang mau beli zenPower ini. kayaknya juga bagus nih.

LEAVE A REPLY