Home Gadget Pilihan Berdasarkan Harga HP Android Di Bawah 3 Jutaan yang Paling Banyak Dicari di Tahun...

HP Android Di Bawah 3 Jutaan yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2018

8
0

HP Android Di Bawah 3 Jutaan yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2018 – Seiring berjalannya waktu, ada banyak sekali produk smartphone yang meramaikan pasar Indonesia. Pemain di pasar smartphone saat ini pun tak hanya didominasi oleh brand yang sudah lebih dulu eksis, tetapi juga beberapa brand baru yang ternyata mampu menarik perhatian para pengguna smartphone. Yang menjadi magnet bagi para pengguna pada tahun 2018 ini masih tak jauh beda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu dari sisi performa dan juga kamera. Menurut pengamatan Mimin, kedua fitur tersebut baru mulai bisa disajikan secara layak oleh smartphone yang berada di kisaran harga di bawah 3 jutaan, meskipun memang di segmen ini tidak semua HP memiliki performa yang tinggi atau kualitas kamera yang benar-benar bagus.

Nah di posting-an kali ini, Mimin akan membuatkan daftar 5 HP Android dengan harga di bawah 3 jutaan yang paling banyak dicari di internet. Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa hanya beberapa dari perangkat yang ada di daftar ini yang pernah Mimin uji.

Kesamaan Fitur

5 HP yang ada di daftar ini dibuat oleh brand yang berbeda-beda. Meski demikian, ada beberapa fitur yang sama-sama dimiliki oleh semua produk tersebut.

Yang pertama adalah dari sisi layar. Semua HP ini sudah dibekali dengan layar yang lebih memanjang atau disebut juga sebagai fullview display, di mana hal ini menjadi tren smartphone di tahun 2018. Lalu untuk urusan fotografi, memang tidak semua HP yang ada di daftar ini dibekali dengan dua buah kamera belakang. Namun, semuanya sudah mendukung fitur portrait mode. Fitur ini akan membuat efek blur buatan pada background dari foto yang kita ambil.

Dan seperti biasa, Mimin tak bisa memberikan gambaran lebih jauh untuk urusan fotografi. Ada banyak sekali faktor yang memengaruhi kualitas hasil foto yang dihasilkan, mulai dari sensor, lensa, fitur pengambilan gambar, hingga pengoptimalan software lainnya sehingga dibutuhkan pengujian langsung untuk urusan ini.

1. Oppo A3s

Highlight utama dari HP ini adalah layarnya yang lebar (6.2 inci) resolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dengan aspect ratio 19:9 yang mereka sebut sebagai super full screen. Selain itu, Oppo juga meng-highlight sisi desain, baterai yang berkapasitas besar (4230 mAh), serta fitur dual camera di bagian belakang. Untuk urusan selfie, ia disebut sudah dibekali dengan fitur AI Beauty 2.0 yang akan membuat foto wajah menjadi tampak lebih kinclong. Untuk urusan dapur pacu, ia mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan pilihan RAM 2GB dan 3GB, serta penyimpanan 16GB dan 32GB. 3 slot untuk dual SIM dan microSD juga sudah dimiliki olehnya.

2. Xiaomi Redmi Note 5

Performa adalah fokus utama dari HP ini. Bagaimana tidak? Ia dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636, yang merupakan chipset kelas menengah ke atas dengan performa yang sangat bisa diandalkan untuk gaming. Pilihan kapasitas RAM 3GB dan 4GB, serta penyimpanan 32GB dan 64GB juga membuatnya makin cemerlang untuk urusan performa.

Baterai berkapasitas 4000 mAh yang dibawanya membuat pengguna tak perlu khawatir soal daya tahan baterainya setelah di-charge. Dalam beberapa kali percobaan, Mimin mendapati bahwa kamera belakangnya mampu mengambil gambar dengan baik, termasuk ketika menggunakan efek blur buatan pada background foto. 2 buah slot hybrid untuk Nano SIM (4G) + Nano SIM (3G) atau microSD menjadi pelengkap bagi HP ini.

3. ASUS Zenfone Max Pro M1

HP ini juga memfokuskan diri untuk memberikan performa yang mumpuni untuk urusan gaming. Sama seperti Xiaomi Redmi Note 5, ia juga dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636, dengan pilihan RAM lebih banyak yaitu 3GB, 4GB dan 6GB, serta penyimpanan 32GB dan 64GB.

Dari sisi layar juga sama, memiliki bentang 5.99 inci dengan aspect ratio 18:9 beresolusi full HD+ (2160 x 1080 piksel). Bedanya, ASUS Zenfone Max Pro M1 menggunakan OS Pure Android Oreo (tanpa custom UI) yang membuatnya lebih sedikit dalam penggunaan RAM. HP ini juga sudah mendukung fitur VoLTE, mempunyai 3 buah slot (2 SIM + microSD), serta kapasitas baterai 5000 mAh.

4. Vivo Y83

Di antara semua HP yang ada di list ini, hanya Vivo Y83 yang membawa satu buah kamera belakang. Sama seperti sepupunya (Oppo) yang juga ada di list ini, highlight untuk produk ini adalah layarnya yang besar (6.22 inci) beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel).

Kamera selfie dari HP ini juga sudah dilengkapi dengan fitur AI Face Beauty yang akan membuat wajah jadi tampak lebih kinclong. Dari sisi dapur pacu, ia menggunakan prosesor Octa-core yang tak disebutkan secara rinci, RAM 4GB, penyimpanan 32GB, serta slot microSD. HP ini juga sudah mendukung dual SIM, serta memiliki baterai berkapasitas 3260 mAh.

5. Honor 9i

HP ini hadir dengan pilihan penyimpanan paling besar, yaitu 32GB, 64GB, dan juga 128GB, plus slot microSD. Tak kalah dengan ASUS Zenfone Max Pro M1 atau Xiaomi Redmi Note 5, ia juga menggunakan chipset HiSilicon Kirin 659, serta dukungan RAM 3GB/4GB. Layar 5.84 incinya pun sama tajamnya berkat resolusi full HD+. Namun, ia hanya membawa baterai 3000 mAh. Menurut Mimin, desain HP ini adalah yang paling menarik dari semuanya.

Nah, itulah 5 HP di bawah 3 jutaan yang paling banyak dicari di internet. Semua HP di atas sudah tersedia di pasaran. Namun terkadang, kita akan sulit menemukan beberapa HP tersebut di toko fisik. Tapi jangan khawatir karena kita masih bisa mendapatkannya di situs e-commerce seperti Shopee dengan berbagai promo menarik.

Jadi, kamu lebih suka yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here