Home News Sering Main Game di Hape? Waspadai Dampak Buruknya Bagi Hapemu!

Sering Main Game di Hape? Waspadai Dampak Buruknya Bagi Hapemu!

11
0

Sering Main Game di Hape? Waspadai Dampak Buruknya Bagi Hapemu! – Saat ini, bermain game menggunakan hape alias smartphone sudah menjadi aktivitas yang amat populer di berbagai kalangan dan usia. Hal ini tentu tak lepas dari semakin terjangkaunya hape yang punya kemampuan untuk menjalankan aktivitas yang membutuhkan kapasitas processing berat termasuk salah satunya gaming.

Bagi sebagian orang, aktivitas ini menjadi sangat adiktif sehingga sering membuat mereka tak memperhatikan waktu bermain. Tapi taukah kamu bahwa selain buruk bagi kesehatan, aktivitas bermain game terlalu lama juga bisa membawa dampak buruk bagi hape-mu?

Nah buat kamu yang belum tau, kali ini mimin akan buatkan bahasan khusus mengenai apa saja efek buruk yang bisa timbul di hape-mu ketika kamu terlalu sering menggunakannya bermain game.

Merusak Komponen Dalam Hape

Efek negatif sering main game di hapeApakah benar bermain game bisa membuat hape cepat rusak? Atau hanya mitos belaka? Berdasarkan pengalaman pribadi, pengalaman dari orang-orang terdekat, serta keterangan (dan pengakuan) dari beberapa pembaca blog ini, bisa mimin pastikan bahwa memang aktivitas bermain game yang terlalu lama dan terlalu sering dapat memperpendek masa pakai hape alias bisa membuat hape lebih cepat rusak dari normalnya.

Apalagi jika ternyata temperatur dari hape meningkat drastis ketika digunakan untuk gaming, tentu hal itu akan berpotensi untuk lebih cepat merusak hape itu sendiri. Karena temperatur yang terlalu tinggi bukanlah hal yang baik bagi perangkat elektronik.

Maka jangan heran kalau kamu pernah merasakan penurunan performa yang drastis saat main game ketika hape-mu kepanasan. Game yang tadinya berjalan lancar, mendadak terasa tersendat-sendat.

Hal itu lazim terjadi karena sistem akan coba menjaga temperatur perangkat agar tetap di batas aman dengan cara menurunkan performanya. Jika tidak demikian, temperatur yang dibiarkan terlalu tinggi akan dapat seketika merusak komponen atau bahkan bisa membuatnya terbakar. Ngeri? Banget!

Jadi, salah satu komponen yang paling cepat rusak jika hape-mu terlalu sering dipakai bermain game dalam waktu yang amat lama adalah baterai. Apalagi jika ternyata kamu biasa bermain game sambil ngecas (melakukan charging). Bukan hanya baterai, tapi colokan alias port usb yang biasa digunakan untuk charging juga akan lebih cepat rusak.

Gejala yang bakal dirasakan akibat kerusakan kedua komponen ini antara lain adalah persentase baterai yang mulai kacau, lebih cepat habis, sulit mengisi ketika di charge, hingga yang paling parah adalah tak bisa di charge sama sekali.

Itu adalah salah satu alasan mengapa sangat tidak disarankan untuk bermain game di hape sambil melakukan charging.

Dan iya, tak menutup kemungkinan bahwa komponen lain juga akan bisa lebih cepat mengalami kerusakan akibat terlalu sering melakukan aktivitas tersebut. Semua itu adalah akibat dari panas berlebih yang terlalu lama dirasakan oleh hape-mu.

Berapa Lama Batas Waktu Main Game Yang Disarankan?

Aktivitas bermain game bisa menjadi beban yang cukup berat untuk dilakukan oleh hape-mu, khususnya jika ternyata game yang kamu mainkan memiliki kualitas grafis yang kompleks. Maka, jika ternyata hape-mu memang bukan hape yang di desain khusus untuk gaming seperti ASUS ROG Phone atau Razer Phone, sebaiknya jangan terlalu memaksakannya.

2 sampai 3 jam adalah waktu yang cukup lama untuk bermain. Atau bisa juga bermain hingga baterai sudah mulai lemah. Intinya, hindari bermain game sambil melakukan charging.

Memudarkan Kecantikan Hapemu

Efek lain yang ditimbulkan jika kamu terlalu sering bermain game di hape-mu adalah bagian body nya akan lebih cepat lecet, serta ada bagian di permukaan layarnya yang aus, dan terlihat seperti habis dibakar.

Apakah sering main game bikin hape rusakMemang sih, efek seperti itu adalah hal yang wajar dan biasanya bakal mulai terlihat ketika kita sudah menggunakan hape selama lebih dari 6 bulan lamanya.

Oh ya, meski hape-mu sudah dilindungi oleh lapisan seperti Corning Gorilla Glass atau Dragontrail Glass, efek tersebut biasanya bakal lebih cepat muncul terutama jika game yang kamu mainkan menggunakan kontrol berupa analog.

Untuk menghindari hal ini, biasanya mimin bakal memasang aksesori berupa Tempered Glass sebagai pelindung layar tambahan. Permukaannya yang lebih licin daripada screen protector biasa karena menyerupai kaca membuat kita bisa tetap nyaman ketika melakukan kontrol di layar.

Selain itu, Tempered Glass juga terbukti sanggup melindungi layar dari benturan agar tidak mudah pecah. Jadi ketika misalnya terjatuh, yang akan pecah terlebih dulu adalah lapisan pelindungnya tersebut.

Akhir Kata

Jadi, bagi kamu yang saat ini sedang gemar bermain game di hape-mu, usahakanlah untuk membatasi waktu bermain agar hape-mu bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama. Tak lupa walau pelindung tambahan sebenarnya bukanlah hal yang wajib, akan lebih baik jika kamu juga menambahkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here