Pengalaman Pakai Provider By.U, Mulai Dari Beli, Sampai Menggunakannya

Pengalaman Pakai Provider By.U, Mulai Dari Beli, Sampai Menggunakannya – Sebenarnya sudah sejak lama saya ingin mencoba provider baru yang satu ini. Namun oleh karena hape saya sekarang cuma ada dua dan masing-masing sudah terisi dua buah kartu SIM (total ada 4 nomer), maka saya pun mengurungkan niat tersebut.

Apa yang membuat saya penasaran adalah soal kecepatan dari provider yang merupakan “anak” dari Telkomsel ini. Apalagi pilihan paketnya juga cukup menarik bagi saya, walaupun ya nggak murah-murah amat sih sebenarnya. Niat saya untuk mencoba kartu ini kemudian kembali muncul ketika beberapa hari lalu saya akan coba untuk melakukan sebuah laptop baru.

Karena tentu saya harus mendownload beberapa aplikasi yang ukurannya bisa beberapa GigaByte. Sebagai anak kos, biasanya saya akan pergi ke WiFi ID untuk melakukannya. Tapi selama masa pandemi ini, saya agak was-was jika harus kesana. Dan setelah iseng lewat untuk mengecek, ternyata WiFi ID di tempat saya pun tidak beroperasi.

Akhirnya, saya pun memutuskan untuk membeli kartu By.U karena tertarik dengan paket internet dengan kuota sebesar 10GB seharga 10 ribu rupiah untuk 1 hari. Yang saya rasa cukup untuk melakukan download berbagai software yang saya butuhkan untuk meriview laptop yang sedang saya gunakan untuk mengetik ini, yaitu ASUS Zenbook Duo UX481FL (reviewnya cek di channel youtube Techijau).

Menggunakan By U untuk download aplikasiOke, berikut adalah pengalaman saya dalam mencoba koneksi internet dari By.U. Mulai dari proses pembelian, hingga uji kecepatannya.

Bagaimana Cara Membeli Kartu Perdana By.U (PLUS BONUS 2GB)?

Yang perlu kamu tau adalah, kartu ini tidak bisa dibeli di counter seperti saat kita ingin membeli kartu perdana dari provider lainnya. Setidaknya, tidak untuk saat ini. Jadi, jika kamu ingin membeli kartu perdana By.U, kamu harus membelinya via online. Bisa melalui aplikasinya, atau bisa juga 👉 melalui website resminya disini.

By the way, kamu akan berkesempatan untuk mendapatkan BONUS KUOTA GRATIS 2GB selama masa promo berlangsung jika menggunakan link yang kucantumkan tersebut.

Lanjut lagi ya. Nah jika kamu sudah membuka link tersebut, maka yang harus kamu lakukan adalah memilih terlebih dahulu paket internet yang kamu tersedia untuk dipilih. Plus, kamu juga bisa menambahkan “topping” kuota serta pulsa. Tapi yang dua ini nggak wajib kamu beli ya.

Pilihan paket internet By.U 2020Arti dari “topping” pada By.U ini adalah kuota tambahan untuk berbagai aplikasi pilihan. Misalnya YouTube, WhatsApp, Instagram, dan lain sebagainya. Jadi jika misalnya kamu membeli kuota topping WhatsApp sebanyak 2GB, maka kuota utama yang kamu miliki takkan berkurang saat kamu menggunakan WhatsApp. Kecuali, jika kamu sudah menghabiskan 2GB saat bermain WhatsApp, barulah kuota utama bakal digunakan.

Nah, jika kamu sudah memilih kuota, topping dan mungkin juga pulsa, maka selanjutnya kamu akan diminta untuk login menggunakan FB, ataupun Gmail. Selanjutnya nanti, isi data yang diminta, lalu pilih metode pengambilan kartu.

Cara mengambil kartu yang kita pesan ini ada dua, yaitu dengan menggunakan JNE (dikirim ke rumah), atau bisa juga mengambil di Alfamart yang nanti juga bisa kamu pilih lokasinya. Untuk pengantaran ke rumah via JNE, kamu akan dikenakan ongkos kirim. Sementara untuk pengambilan kartu di Alfamart baru akan bisa dilakukan satu hari setelah kita memesan. Dengan metode pengambilan di Alfamart, kamu tidak akan kena biaya tambahan jika kamu sudah membayar via transfer bank, OVO, LinkAja, atau metode pembayaran online lain yang tersedia. Sementara jika kamu memilih untuk membayar di kasir Alfamart, maka kamu akan kena biaya tambahan sebesar 2.500 rupiah.

Selanjutnya, akan muncul total pembayaran yang harus kamu lakukan, sesuai dengan pilihan yang sudah kamu tentukan tadi.

Jika ternyata kamu memilih untuk mengambil di Alfamart, nanti akan ada pemberitahuan via email jika kartu sudah siap diambil. Dan dalam email tersebut akan terdapat kode yang nanti harus kamu sebutkan saat mengambil kartu By.U di kasir Alfamart.

Pengambilan kartu By U via AlfamartTIPS 1: Usahakan nama di email mu jangan pakai nama alay ya. Karena nanti nama itulah yang akan muncul pada nama penerima yang ditempelkan pada kartu perdana By.U. Kebetulan kemarin itu, saya menggunakan email dummy yang namanya alay.

Dan ternyata baru tau kalau nama itu yang ditempel di kartu. Pantesan mbaknya mukanya langsung berubah waktu ngebaca atas nama yang tertera disana. Aw, mlu bgt.

TIPS 2: Kalau ternyata nama di emailmu alay, bilang aja kamu lagi ngambilin punya temen. Biar gak malu maluin banget.

TIPS 3: Kalau mbaknya cakep, jangan digodain! Biar nggak keliatan norak. Kalaupun mbaknya nggak cakep, jangan digodain juga! Goda-godain gitu tuh norak. Dan jangan membeda-bedakan perlakuan terhadap orang berdasarkan fisiknya. Itu lebih norak lagi.

Kalau sudah kamu ambil kartunya, jangan lupa aktifasi dulu. Download aplikasi By.U biar lebih gampang buat aktifasi plus liat sisa kuotanya. Kuota yang kita beli itu berlaku berdasarkan jam pemakaian dan bukan berdasarkan tanggal ya. Dalam arti, kalau misal kamu beli paket internet untuk satu hari, dan baru kamu aktifkan jam 3 sore hari ini, maka ia akan berlaku sampai besok di jam 3 sore juga. Bukan pas tengah malam.

Uji Kecepatan: Koneksi Internet By.U Beneran Cepat Nggak Sih?

Review Kartu By U DenpasarOleh karena saya berniat untuk menggunakan kartu ini untuk melakukan download aplikasi, maka sayapun langsung menggunakannya untuk mendownload app di laptop. Tentu saja aplikasinya yang resmi dan bukan bajakan ya. Tobatlah kalian yang masih pakai aplikasi bajakan.

Awalnya sih kenceng. Aslik, kenceng banget. Sampai 3MBps! Tapi …

Nggak lama kemudian, kok mendadak donlotnya nggak jalan? Saya lihat pun kecepatannya 0Bps sampai cuma mentok 1KBps?! Whattt?!!! APA APAAN INI WOY?! Jangankan buat download, buat buka Google pun nggak bisa! Padahal bar sinyal terlihat full 4G. Saya sudah coba beberapa trik, mulai dari aktifkan dan matikan airplane mode, kartu SIM dipindah ke slot 1, restart hape, ganti APN, dan segala macem. Tetep aja gejalanya begitu. Cuma kencang sebentar, lalu kecepatan down.

Awalnya saya pikir karena saat itu cuaca sedang mendung. Maka saya berusaha maklum dan menunggu keesokan paginya. Dan ternyata, masih begitu juga! Aslik, udah mau ku cincang aja ini kartu SIM.

Cara membeli dan mengambil kartu perdana By ULalu sebelum memutuskan untuk mencincangnya, saya memindahkan kembali kartu ini ke hape yang satu lagi. Siapa tau bisa. Iya, jadi pada saat pengambilan, saya mengaktifkan kartu By.U menggunakan hape A. Tapi, oleh karena hape A ini kapasitas baterainya kecil, maka saya pindahkan kartunya ke hape B yang baterainya lebih awet.

Dan setelah coba kembali menggunakan kartunya di hape A, koneksinya barulah lancar tanpa kendala sama sekali. Wah, hampir saja saya menuliskan review ini sebagai pengalaman buruk. Sekarang, sudah lega rasanya! Apalagi kecepatannya benar-benar harus diacungi jempol. Kecepatan download stabil di 2MBps jika hanya mendownload satu file. Dan bisa mencapai kecepatan hingga 3MBps, walau terkadang juga sempat turun ke sekitar 1MBps. Tapi tetep ya, bagi anak kos, 1MBps itu udah kenceng banget!

Review kecepatan internet pakai kartu By UNOTE : Setelah melakukan serangkaian pecobaan (termasuk pengalaman yang saya tulis diatas), plus pengalaman dari beberapa teman, ternyata kartu By.U ini cocok-cocokan. Artinya, di satu tipe hape, ia bisa bekerja dengan baik, namun di tipe hape lain, dia tak bisa digunakan. Entah apa penyebabnya, masih menjadi misteri.

Perlu dicatat ya, kecepatan dan kualitas koneksi bisa berbeda-beda di tiap wilayah. Tergantung jangkauan sinyal dan berapa banyak pengguna providernya.

Soal jangkauan wilayah, dimana ada sinyal Telkomsel, seharusnya By.U juga bisa digunakan disana. Karena sekali lagi, By.U adalah “anak” dari Telkomsel.

Cara Klaim Bonus Kuota 2GB

Kalau kamu membeli perdana menggunakan link yang kucantumkan di atas tadi (di bagian “Cara Membeli Kartu Perdana By U”), kamu bakal berkesempatan untuk mendapatkan bonus kuota gratis sebanyak 2GB.

Nah kalau sudah beli dan aktifkan kartunya, kamu buka aplikasi By.U (download dulu kalau belum), lalu dari halaman awal, klik icon bagian kanan atas untuk masuk ke profil kita. Disana akan muncul beberapa menu, pilih “reward saya”.

Cara klaim bonus 2GB By.U Disana akan muncul reward bernama “Voucher #RichGiga”, yang punya masa berlaku sampai tanggal tertentu (bisa kamu lihat sendiri ya tanggal masa berlakunya). Nah untuk mengaktifkan, klik reward berupa Voucher #RichGiga tersebut, lalu pilih “Redeem Sekarang”.

Cara ambil kuota rich giga By.UBonus kuota tersebut akan berlaku selama satu minggu lamanya. Bisa dipakai 24jam alias tanpa pembagian waktu. Selamat menikmati bonus kuota nya 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P