Home News Kalem Outside, Macho Inside! Semalam Lebih Dekat Bersama ASUS Vivobook Pro

Kalem Outside, Macho Inside! Semalam Lebih Dekat Bersama ASUS Vivobook Pro

724
7
SHARE

Kalem Outside, Macho Inside! Semalam Lebih Dekat Bersama ASUS Vivobook Pro – Seperti yang sudah mimin bahas sebelumnya, ASUS telah secara resmi menghadirkan 6 laptop terbaru mereka untuk pasar Indonesia dalam event The Edge of Beyond.

3 dari 6 laptop tersebut merupakan perangkat yang memiliki kemampuan yang sangat tangguh dan cocok untuk para content creator yang biasa menggunakan apps berat macam Adobe Premiere Pro misalnya. Dan di posting kali ini, mimin akan membuat bahasan yang lebih lengkap mengenai ASUS Vivobook Pro, yang merupakan satu dari tiga laptop yang mimin singgung diatas.

ASUS Vivobook Pro N580 IndonesiaAwalnya mimin tak menyangka dan bahkan sempat meremehkan seri ini, karena mimin tertipu oleh tampilan luarnya yang terkesan kalem itu. Apalagi dengan harganya yang cuma 15 jutaan, mimin langsung beranggapan bahwa “ah, palingan specs nya standar aja”.

Namun ketika mimin coba untuk mengenalnya lebih dekat selama satu malam… Wow! Dibalik tampangnya yang nampak nggak ada sangar-sangarnya itu, ternyata ASUS Vivobook Pro menyimpan kekuatan besar!

Ibarat cewek, tampangnya aja kalem, keliatan lemah, tapi ternyata dia setrong dan kepribadiannya bahkan lebih macho dibanding kamu! Mulai dari bisa tuang galon ke dispenser tanpa tumpah sedikitpun, hingga berani berduel melawan kecoa seorang diri! Yah, itu cuma perumpamaan aja sih ya…

Dan jelas, apa yang membuat notebook 15.6 inch ini cocok untuk para content creator adalah karena kemampuan tersembunyi dibalik tampilan fisiknya yang kalem itu.

ASUS Vivobook Pro N580Walau dibanderol dengan harga sekelas notebook kelas menengah, tetapi ternyata laptop ini sudah dibekali dengan prosesor kelas tinggi yakni Intel Core i7-7700HQ. Perlu kamu tau yaa, bahwa kode huruf “HQ” pada seri prosesor Intel tersebut adalah kode untuk varian prosesor kelas performa tinggi.

Dan kamu tau? Seri prosesor generasi ke-7 (terbaru) ini merupakan varian yang juga sering digunakan pada notebook gaming atau notebook kelas tinggi loh!

Sementara untuk mendukung urusan grafis, ASUS Vivobook Pro N580 juga sudah dibekali dengan GPU kelas tinggi, yakni NVIDIA GeForce GTX1050 yang memiliki memory VRAM sebesar 4GB GDDR5. Iya, itu tanpa “M” yaa dibelakang kode variannya. Yang artinya, GPU yang dipakainya ini merupakan standar desktop (bukan versi Mobile yang lebih kalem dan menjadi standar notebook).

Dan sebagai pelengkap untuk mendukung performanya, ASUS juga membekali laptop ini dengan RAM berkapasitas 8GB DDR4 2400MHz SDRAM, serta penyimpanan berjenis SSD berkapasitas 128GB, plus HDD berkapasitas 1TB.

Diatas kertas, spesifikasi yang ada itu udah cukup banget untuk menjalankan apps-apps untuk membuat atau mengolah konten grafis termasuk juga konten video. Untuk main game? Ya jelas kuat lah, lha wong udah pake CPU dan GPU kelas tinggi!

Tapi meski begitu, kalau misalnya kamu adalah seorang gamers yang suka berlama-lama di depan laptop, sebaiknya kamu lebih memilih ASUS ROG aja yaa. Karena pada dasarnya, ASUS Vivobook Pro ini nggak dirancang khusus untuk gamers, jadi kenyamanan dan daya tahannya kemungkinan besar bakal beda juga.

Review singkat ASUS Vivobook Pro N580Nggak cuma berbekal dapur pacu kelas tinggi, tapi ASUS juga sudah menyematkan dua buah kipas yang terintegrasi, masing-masing untuk mendinginkan CPU dan GPU yang ganas itu.

Yang menarik, ASUS mendesain laptop ini dengan pembuangan udara panas yang ditempatkan dibagian belakang, mirip seperti yang juga biasa ditemukan pada laptop gaming.

Hal ini akan membuat suhu pada permukaan keyboard laptop akan lebih terjaga, khususnya pada area palm rest karena panas akan dibuang jauh kebelakang, sehinga tangan akan tetap terasa nyaman ketika harus berlama-lama menggunakan laptop ini.

Fitur pada ASUS Vivobook ProFitur lain yang membuat laptop ini jadi makin greget adalah fitur fingerprint sensor, yang diletakkan dibagian kanan atas pada panel touchpad. Fungsinya? Yaa jelas sebagai pengamanan ekstra dong! Biar lebih praktis juga karena kita nggak perlu lagi mengetik password untuk mengakses laptop.

Terus, layarnya gimana? Tenang, layar dari laptop ini juga udah mendukung banget kok bagi para content creator. Selain karena resolusinya yang sudah tajam (Full HD), panel layarnya ini juga punya sudut pandang yang luas, hingga 178 derajat.

Artinya, kalaupun dilihat dari sudut miring (tidak tegak lurus), maka tampilan gambar akan tetap terlihat jelas. Plus, panel layarnya ini ternyata juga minim pantulan alias anti glare loh. Keuntungannya apa?

Jadi kalo misal ada cahaya dari belakang kita, cahaya tersebut nggak akan membuat layar jadi silau banget, karena pantulan cahaya dari luar sudah bisa diminimalisir. Memanjakan mata banget inimah..

Kemarin itu mimin juga sempat coba-coba sebentar untuk fitur instant-on nya, yang ternyata juga bisa bekerja dengan sangat baik. Ketika keadaan sleep dan layar menutup, ia akan langsung menyala dan akan bisa langsung digunakan segera setelah layarnya dibuka kembali. Asik lah pokoknya!

Yang bikin makin kesengsem, walaupun ia punya dapur pacu yang tergolong ganas, ketebalan dari laptop dengan cover berbahan aluminium ini hanya sekitar 1.79cm aja loh! Bobotnya? 2kg aja tuh. Ditambah lagi, dukungan fitur fast charge yang bisa mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit membuatnya makin cocok untuk mobiling, khususnya buat kamu yang punya jadwal padat.

Sebagai pelengkap, untuk urusan konektivitas juga tak kalah komplit. Wi-Fi 802.11 ac, 1x USB Type-C, HDMI, 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, LAN RJ-45 Jack, Audio Combo Jack, SD Card reader, plus Bluetooth v4.1.

Akhir Kata…

Laptop terbaru ASUS 2017
Seorang model (sebut saja Bai) sedang berpose dengan si cantik Vivobook Pro

Sepertinya kita memang nggak bisa langsung menilai suatu hal dari tampilan luarnya aja yaa, dan laptop ASUS Vivobook Pro N580 ini adalah bukti nyata.

Dibalik tampilan luarnya yang kalem, ternyata ia punya kekuatan tersembunyi yang macho banget. Yaah cocoklah seperti mimin, yang kalem, pemalu, berhati lembut, tapi punya ambisi besar ini. Hihihi 😀

Dan mimin rasa, memang laptop ini bisa dijadikan pilihan alternatif bagi para content creator yang ingin punya “mesin” (laptop) tangguh buat jalanin apps-apps berat, namun nggak harus ngeluarin budget yang besar banget buat nebus si laptop dari tokonya.

Belum lagi dengan adanya dukungan dual speaker Harman Kardon yang dimilikinya, jadi makin mendukung deh untuk urusan multimedia!

Jadi, si “kalem outside, macho inside” ini bisa dibilang merupakan paket komplit yang ditawarkan oleh ASUS bagi para content creator, namun tetap dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

Main Spec. ASUS VivoBook Pro N580
CPU Intel® Core™ i7-7700HQ Processor 2.8 GHz (6M Cache, up to 3.8 GHz)
Operating System Endless OS
Memory 8GB DDR4 2400MHz SDRAM
Storage 1TB HDD + 128GB SSD
Display 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti Glare Panel
Graphics Gaming Discrete Graphics Nvidia GTX 1050 VRAM 4GB GDDR5
Input/Output 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 ports
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery 3 Cells 42 Whrs Battery with fast charging technology, 60% in 48 minutes
Dimension (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight 2Kg with Battery
Colors Gold
Harga Rp 15.299.000, Free backpack
Warranty 2 tahun garansi global, senilai Rp1.250.000

7 COMMENTS

  1. Whaini.. spek laptopnya emang mengejutkan! Chip grafis nvidia yg tangguh buat gaming + procie intel core i7 ternyata ada di dalamnya 😮

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here