Inilah Maksud Dari Kata “GG” Dalam Game!

Inilah Maksud Dari Kata “GG” Dalam Game! – Berkomunikasi melalui game, sudah bukanlah sebuah hal yang baru. Yang mana hal itu akan menambah keseruan saat bermain, sekaligus juga sebagai sarana untuk bisa bekerjasama dengan rekan di dalam permainan. Dalam dunia game sendiri, ada beberapa istilah-istilah yang biasa digunakan, untuk menyebutkan atau mengekspresikan sesuatu.

Jika sebelumnya saya sudah membahas tentang apa itu AFK, maka kali ini, saya ingin membahas tentang apa itu GG dalam dunia game. Maksud dari kata GG adalah “Good Game”. Yang artinya adalah “permainan yang bagus”. Istilah ini mengekspresikan kekaguman atau apresiasi terhadap permainan dari player lain, yang dinilai mengesankan.

Sejauh yang saya ketahui (silakan dikoreksi karena bisa saja salah), istilah GG ini sendiri sebenarnya adalah versi yang lebih singkat dari GGWP. Yang mana GGWP adalah singkatan dari “Good Game, Well Played” yang populer digunakan oleh para pemain DOTA, untuk mengapresiasi permainan dari player lain. Kemudian, istilah ini dibawa keluar dan kini populer digunakan pada berbagai game lain, termasuk game mobile.

Istilah GG ini bisa digunakan tidak hanya untuk mengapresiasi player lain yang merupakan rekan kita, tapi juga bisa diberikan pada lawan sebagai bentuk respect alias rasa hormat. Karena telah memberikan perlawanan yang sengit, sehingga jalannya permainan terasa sangat seru dan menghibur.

Namun istilah ini mulai bergeser maknanya, atau bisa dibilang disalahartikan untuk mengekspresikan sesuatu yang lain. Termasuk untuk mengekspresikan sesuatu yang keren atau bagus secara visual, dan juga sesuatu yang powerful.

Sesuatu yang keren atau bagus secara visual itu contohnya adalah skin atau kostum dari sebuah karakter yang terlihat menarik. Dan sesuatu yang powerful itu contohnya adalah sebuah karakter atau senjata yang punya damage yang sakit. Sedangkan intisari dari kata GG sendiri adalah untuk mengapresiasi skill, yang mempengaruhi keseruan permainan.

Walau demikian, saya rasa sah-sah saja untuk menggunakan istilah GG selain daripada untuk mengapresiasi skill pemain lain. Toh tidak ada aturan baku yang mengatur penggunaan istilah dalam game. Yakan?

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P