Beranda Pengetahuan Dasar Istilah Mengenal Istilah AFK, Kepanjangannya Apa Sih?

Mengenal Istilah AFK, Kepanjangannya Apa Sih?

5

Mengenal Istilah AFK, Kepanjangannya Apa Sih? – Jauh sebelum era Mobile Legends (MLBB) atau PUBG Mobile, istilah AFK sebenarnya sudah sangat dikenal akrab. Khususnya oleh mereka yang memainkan game MMORPG ataupun game multiplayer lainnya di perangkat PC dan laptop. Dan sejak game mobile (di smartphone) sudah mendukung multiplayer serta menjadi semakin populer, istilah ini pun kemudian ikut terbawa.

Namun seperti yang kita semua tau, sebagian besar pemain game mobile di smartphone merupakan gamer yang belum pernah mencicipi game multiplayer di PC ataupun laptop. Sehingga mereka tidak begitu mengerti tentang arti dari istilah-istilah yang biasa digunakan pada game di PC, termasuk juga soal apa itu AFK.

Apa Itu AFK? Ketahui dulu Kepanjangannya!

AFK adalah singkatan dari Away From Keyboard. Kalau dalam bahasa Indonesia, arti dari istilah tersebut adalah “Pergi / menjauh dari keyboard (laptop atau pc)”. Tenang, jangan bingung dulu. Masih ada penjelasan lanjutannya!

Afk artinya adalahJadi dalam game PC, istilah ini tuh merujuk kepada mereka yang karakternya (dalam game) sedang online, tapi si pemainnya sedang tidak berada di dekat keyboard. Yang mana, keyboard adalah salah satu alat untuk mengontrol permainan. Dengan kata lain, player tersebut sedang tidak dalam keadaan aktif untuk mengendalikan karakternya.

Sehingga ketika misalnya ada orang lain yang coba untuk ngobrol (chat) atau berinteraksi dengan karakter tersebut, ia bakal sama sekali tidak merespon. Jadi kalau misalnya kita melihat ada karakter yang sedang online tetapi hanya berdiam saja, maka bisa jadi pemainnya sedang AFK (Away From Keyboard).

Pada game PC khususnya yang bergenre MMORPG, kita bakal cukup sering menemukan player/karakter yang sedang AFK. Karena dalam game tersebut biasanya memang memiliki beberapa fitur yang sangat mungkin untuk dilakukan sambil AFK. Misalnya saat pemain sedang membuka lapak jualan, ataupun memancing pada game tersebut.

Biasanya, karakter akan ditinggal AFK oleh pemain karena harus mengerjakan sesuatu yang lain di dunia nyata. Entah itu rehat sejenak untuk makan, tidur, ataupun pergi entah kemana. Terkadang ada juga pemain yang sebenarnya masih aktif di depan laptopnya, namun ia harus mengerjakan sesuatu yang lain, dan dilakukan secara multitasking. Nah, oleh karena si pemain tersebut harus berfokus pada pekerjaan lainnya, maka karakternya pun akan diabaikan begitu saja.

Arti AFK Pada Game Mobile

Apa itu afkKalau kita sudah memahami apa yang saya tuliskan diatas, secara garis besar istilah AFK ini juga bisa merujuk pada karakter yang online namun tidak aktif bergerak.

Namun jika merujuk pada game online berbasis mobile seperti PUBG Mobile ataupun Mobile Legends, AFK ini bisa juga diartikan sebagai pemain yang sudah terlanjur masuk ke dalam match, namun mendadak meninggalkan permainan karena berbagai alasan.

Umumnya, karakter mereka akan menjadi AFK karena disebabkan oleh koneksi internet yang sedang tidak stabil. Sehingga tidak memungkinkan bagi player untuk mengendalikan karakternya. Akibatnya, karakter dari si pemain tersebut hanya akan diam saja.

Padahal, pada kebanyakan game online di perangkat mobile, semua player harus bisa terus aktif untuk mengendalikan karakternya agar tak menjadi sasaran empuk bagi musuh saat sedang di dalam match. Sehingga “player AFK” seperti ini biasanya akan merugikan rekan satu tim karena bisa menjadi salah satu penyebab kekalahan ketika bermain.

Dalam beberapa game seperti PUBG Mobile, player yang mendadak AFK akibat gangguan koneksi biasanya akan diberi tanda khusus berupa icon “disconnected” seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Arti AFK Dalam Game

Dengan demikian, player lain yang menjadi rekan satu tim-nya bakal mengerti kalau ternyata player tersebut sedang mengalami gangguan koneksi. Walaupun tak menutup kemungkinan bahwa ia sengaja AFK / keluar dari permainan karena alasan lainnya.

Jadi, sekarang sudah paham kan apa itu AFK? Kamu juga bisa mengecek berbagai istilah dalam game lainnya dalam blog techijau.com ini. Semoga bermanfaat!

Artikel sebelumnya[REVIEW] Philips TAT3216: TWS Earbuds Tahan Air, Siap Diajak Olahraga & Kegiatan Outdoor!
Artikel selanjutnyaLaptop Gaming & Laptop Biasa: Apa Sih Bedanya?
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

5 KOMENTAR

  1. Kalau kamu termasuk pemain baru Mobile Legends dan tidak mau masuk ke golongan noob maka kamu harus memahami dulu permainan ini

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini