Peran Server Dalam Sebuah Game Online Itu Ternyata Begini!

Peran Server Dalam Sebuah Game Online Itu Ternyata Begini! – Buat kamu yang sering main game online, entah itu di PC, ataupun smartphone, pasti sudah sering mendengar istilah “server”. Sebelum memulai permainan, biasanya kita akan diminta untuk memilih di server mana kita akan bermain. Walaupun dalam beberapa game seperti misalnya PUBG, sistem akan otomatis memilihkan server yang terdekat dengan lokasi kita.

Nah, walaupun sudah sangat akrab di telinga kita, tapi apakah kamu tau apa itu server dalam game? Kalau belum tau, kamu wajib membaca tulisan ini sampai habis. Karena saya akan memberikan penjelasan sederhana mengenai apa artinya game server, termasuk dalam hal ini adalah apa maksud dan juga fungsinya.

Apa Itu Server Dalam Game?

Kalau dalam dunia online, server adalah tempat dimana semua data akan disimpan. Kemudian disambungkan ke internet (online), agar bisa diakses oleh siapa saja secara online. Sederhananya tuh, server adalah sebuah tempat penyimpanan data (bisa berupa HDD ataupun SSD). Tapi uniknya, kita bisa akses penyimpanan itu dari jarak yang jauh sekalipun.

Jadi kalau misal kamu punya sebuah server di Jakarta yang sudah terhubung ke internet, dan kamu menyimpan foto di dalamnya, maka temanmu yang berada di Bali, Jember, Aceh, hingga Papua sekalipun, akan bisa mengakses dan melihat foto yang kamu simpan di server tadi, melalui internet. Tanpa harus datang langsung ke Jakarta. Dengan catatan, mereka hanya bisa mengaksesnya jika mereka sudah tau “alamat” dari server yang kamu letakkan di Jakarta tersebut. Karena mirip seperti rumah, setiap server akan punya yang namanya alamat IP.

Fungsi server dalam game
Photo created by freepik – www.freepik.com

Dari sini, bisa kita simpulkan bahwa server itu adalah sebuah wadah untuk menyimpan data. Nah kalau dalam game online, server tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Tapi, ia juga akan berfungsi sebagai tempat pertemuan para pemain secara virtual.

Misalnya, ada sebuah game yang punya tiga buah server. Yaitu server A yang letaknya di Jakarta, server B di Aceh, dan server C di Jayapura (Papua). Jika kamu bermain dan memilih server A, maka, kamu akan bisa bertemu dengan semua player lain yang memilih server A juga. Dan kamu tidak akan bertemu dengan player yang bermain di server B atau C.

Apa itu server dalam game?Jadi, kalau seandainya kamu bermain bersama teman yang ada tepat di sebelahmu sekalipun, karakter kalian tidak akan bisa bertemu di dalam game, jika kamu memilih server A, sedangkan temanmu memilih server C. Maka, untuk memastikan bahwa karakter kalian bisa bertemu saat bermain bersama, kalian harus memilih satu server yang sama.

Pemilihan Server Dalam Game MMORPG

Dalam game open world dengan genre MMORPG, pemilihan server itu ibarat memilih tempat untuk tinggal. Karena jika misal kamu memilih untuk bermain di server B, lalu sudah membangun karaktermu sedemikian rupa di sana, maka semua yang kamu punya di server B tidak akan bisa dibawa ke server A dan C. Karena semua yang kamu miliki, hanya akan tersimpan di server B saja.

Dan jika misal kamu ingin bermain di server C, maka kamu harus membangun karakter baru dari awal lagi. Mengulang semua proses grinding, farming, dan leveling dari awal.

Memang sih, dalam game bergenre FPS seperti PUBG juga akan ditemukan kasus serupa. Yaitu rank yang sudah kita capai di server A, tidak akan terbawa di server B dan C. Bedanya, dalam game bergenre FPS, karakter kita akan tetap memiliki skin yang sama, yang bisa digunakan di semua server.

Pengaruh Pemilihan Server Dalam Game

Dalam game online bergenre apapun, pemilihan server juga akan sangat mempengaruhi kenyamanan dalam bermain. Jika memang game yang kamu mainkan itu punya beberapa server dengan lokasi yang berbeda-beda, maka pastikan kamu memilih server yang lokasinya paling dekat dengan tempatmu bermain.

Hal ini akan berpengaruh terhadap latensi ketika sedang bermain. Semakin dekat lokasi server, maka latensi akan semakin kecil. Dan itu akan membuat delay ketika menginput perintah, akan semakin cepat. Serta, latensi yang kecil akan membuat game terasa semakin lancar. Tentu saja dengan syarat bahwa perangkat PC, laptop, ataupun smartphone yang kamu gunakan juga sudah sanggup untuk menjalankan game dengan lancar yaa.

Misalnya gini. Jika kamu bermain di wilayah kota Medan, maka akan lebih baik jika kamu memilih server B yang lokasinya di Aceh. Karena jika kamu memilih untuk masuk ke server C yang ada di Jayapura, maka pasti jalannya game akan terasa tidak senyaman saat bermain di server B. Karena lokasi servernya yang terlalu jauh dengan lokasi real tempat kamu bermain.

Fakta Lain Tentang Lokasi Server Game

Contoh yang saya sebutkan diatas tadi hanyalah ilustrasi sederhana tentang pengaruh jarak antara tempat kita berada dengan lokasi server. Faktanya, seharusnya pengaruhnya tidaklah terlalu signifikan jika kita memilih server yang berlokasi di Papua, sementara kita berada di Medan. Karena jarak tersebut masih sama-sama tergolong dekat. Walaupun tetap saja, akan lebih baik jika memilih lokasi server yang paling dekat dengan lokasi kita berada.

Faktanya lagi, dalam game online kelas global seperti misalnya PUBG, FF, atau yang lainnya, lokasi server mereka bukan lagi terpisahkan dari antar kota, melainkan terpisah antar benua. Untuk kita yang berada di wilayah Asia, termasuk Indonesia, India, Malaysia, dan yang lain, biasanya kita akan dikumpulkan pada server “Asia” yang saya yakin letaknya di Singapura. Karena Singapura sendiri sangat terkenal memiliki data center (server) terbesar dan terbaik untuk wilayah Asia.

Sedangkan untuk server-server lain, lokasinya bisa benar-benar sangat jauh. Meliputi Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan lain-lain.

Nah, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sangat disarankan untuk memilih server yang lokasinya paling dekat dengan dimana kita berada. Dalam hal ini, bagi kita yang berada di Indonesia. kita bisa memilih untuk bermain di server Asia. Karena jika kita memilih server lain yang misal berlokasi di Amerika, maka kita akan sangat sering mengalami gangguan koneksi, karena lokasinya yang terlalu jauh. Game terasa macet, serta banyak delay saat kita beri perintah.

Pengaruh Server Terhadap Kelancaran Bermain

Selain soal lokasi, kemampuan dari server juga akan mempengaruhi kelancaran dalam bermain. Karena server juga akan punya batasan. Semakin banyak pemain yang online secara bersamaan, maka server juga akan bekerja semakin keras. Dan jika ternyata server tidak mampu untuk menampung serbuan pemain yang jumlahnya terlalu banyak, maka server akan mengalami overload, dan mengakibatkan jalannya game jadi terasa lemot.

Jadi, walau misalnya kamu bermain menggunakan ROG Phone 5 sekalipun, tapi jika servernya kewalahan, maka jalannya game akan terasa tidak lancar. Dan untuk mengatasi hal ini, biasanya pihak publisher game akan melakukan upgrade dan atau menambah jumlah server di lokasi tersebut. Demi dapat menampung semua pemain dengan lancar.

Akhir Kata …

Itulah penjelasan sederhana mengenai apa itu server dalam game, beserta peranan dan juga pengaruhnya dalam permainan. Semoga bermanfaat untuk bisa menambah wawasan.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P