Mengenal Istilah Ngelag (Lag) Dalam Game

Mengenal Istilah Ngelag (Lag) Dalam Game – Saat bermain game online, kita pasti pernah mendengar ada orang yang mengeluhkan soal “ngelag”. Entah itu saat sedang bermain game mobile seperti Mobile Legends (ML), PUBG Mobile, FreeFire (FF), ataupun saat bermain di game pada laptop dan juga PC.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan sederhana mengenai apa itu ngelag. Agar nanti kita bisa mengerti artinya, pada saat ada orang yang mengeluhkan hal tersebut.

Jadi, “ngelag” itu kata dasarnya adalah “lag”. Dan kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “ketertinggalan” atau “keterlambatan”.

Kalau dalam dunia game, kata ngelag alias “lag” (dibaca: laeg) ini seringkali digunakan untuk menyebutkan keadaan dimana permainan terasa melambat, gerakannya patah-patah (frame rate menurun), atau respon gerakan dari karakter yang dimainkan itu terasa kurang responsif. Misalnya, saat kita menekan tombol skill saat ini, karakternya baru akan terlihat merespon dan bergerak setelah satu atau dua detik kemudian. Jadi ibaratnya tuh, respon gerakan karakternya agak tertinggal dari yang seharusnya.

Apa Yang Menyebabkan Game Jadi Ngelag?

Penyebab game bisa terasa ngelag itu umumnya cuma dua. Yaitu karena masalah koneksi, ataupun karena perangkat (smartphone, PC, ataupun laptop) yang digunakan tidak cukup kuat untuk menjalankan game dengan lancar.

1. Masalah Koneksi

Ngelag karena masalah koneksi tuh biasanya hanya berlaku untuk game yang dimainkan online saja. Karena dalam game online itu kan, kita akan terhubung dengan karakter pemain lain. Yang kemudian dipertemukan ke dalam satu tempat (server).

Nah, agar skenario tersebut dapat berjalan dengan lancar, maka akan dibutuhkan koneksi internet yang stabil, serta memiliki latency yang rendah. Karena jika ternyata misalnya koneksi internet kita mendadak ngadat, maka karakter tidak akan bisa dikontrol dengan baik.

Kalau dalam game PUBG, contoh ngelag karena masalah koneksi adalah ketika kita melihat karakter milik terlihat melangkahkan kaki, tapi tidak benar-benar bisa berjalan atau berpindah tempat. Contoh lainnya adalah ketika karakter kita sedang naik mobil yang berjalan, namun laju mobil tersebut terasa tersendat dan terkesan maju mundur berkali-kali. Atau, misalnya saat sedang nge-loot senjata, ternyata senjatanya tidak bisa diambil. Pada saat seperti ini, biasanya latency sangat tinggi, hingga menunjukkan warna merah pada bar sinyal.

BACA JUGA : Pencarian Operator Seluler Terbaik Untuk Game Online

Namun terkadang, masalah koneksi ini bukanlah sepenuhnya salah dari operator seluler ataupun provider internet yang kita gunakan. Karena bisa saja masalahnya itu terjadi akibat server game yang lambat atau tidak lancar saat mentransmisikan data menuju ke perangkat yang kita gunakan. Jadi, jangan buru-buru menyalahkan operator seluler yang kamu gunakan yaa!

2. Perangkat Tidak Kuat

Penyebab kedua mengapa game bisa ngelag adalah karena perangkat yang kita gunakan tidak kuat. Iya, game itu masuk dalam kategori program yang berat untuk dijalankan. Beberapa game bahkan bisa amat sangat berat. Sehingga akan membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi seperti laptop gaming ataupun smartphone flagship untuk dapat menjalankannya dengan lancar. Dan jelas, laptop kentang ataupun hape kentang tidak akan sanggup untuk menjalankannya. Contoh game yang sangat berat tersebut adalah Horizon Zero Dawn (pada laptop) dan juga Genshin Impact (pada smartphone).

BACA JUGA : Laptop Gaming 4 Jutaan? Memangnya Ada?

Spesifikasi tinggi yang dimaksud di sini adalah bukan sekadar mengandalkan RAM berkapasitas besar saja, tapi juga dari segi prosesor CPU dan GPU dari perangkat yang kita gunakan. Karena seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada tulisan tentang manfaat RAM besar pada smartphone dan laptop, sebenarnya peran RAM itu hanya untuk mengoptimalkan dan mempermudah kerja prosesor saja. Dan bukan menjadi patokan utama dari segi performa.

Ciri-ciri game yang ngelag akibat perangkat tidak kuat adalah animasi gerakan dalam permainan terasa kurang lancar. Atau dengan kata lain, frame rate dari game yang dijalankan itu tidak cukup banyak. Sehingga gerakan animasinya akan terkesan patah-patah.

Sebenarnya ada beberapa faktor lain yang membuat jalannya permainan jadi terasa ngelag. Bisa karena temperatur perangkat yang terlalu panas, atau bisa juga karena ada bug di dalam game. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada tulisan tentang 4 penyebab frame rate ngedrop saat bermain game.

Pandu Dryad
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)