WPS (WiFi Protected Setup)? Gunanya Buat Apa Sih?

WPS (WiFi Protected Setup)? Gunanya Buat Apa Sih? – Saat saya melakukan uji pakai alias review MiFi Smartfren Andromax M3Y, saya menemukan satu hal yang agak asing bagi saya pada perangkat tersebut. Hal asing itu tidak lain adalah sebuah tombol yang bertuliskan “WPS” yang terletak di sebelah kanannya.

Jelas, itu bukanlah tombol power karena tombol powernya sendiri terletak di bagian depan. Karena belum mengerti, saya mencoba membuka buku petunjuk untuk mencari tau soal apa fungsi dari tombol WPS pada perangkat mini WiFi portable tersebu. Namun sayang, disana pun saya tak menemukan bahasan soal fungsi dari tombol tersebut.

Akhirnya, saya memutuskan untuk browsing di internet dan menemukan penjelasan yang saya rasa cukup bisa dimengerti. Nah disini, saya ingin membagikan kembali bahasan soal apa itu WPS serta fungsinya berdasarkan apa yang saya baca. Plus, nantinya saya juga akan membuat bahasan mengenai bagaimana cara menggunakannya WPS WiFi. Oke, langsung kita bahas aja yuk!

Apa Itu WPS?

WPS adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Setup. Secara garis besar, WPS ini merupakan sebuah sistem keamanan pada Wi-Fi yang berguna untuk menghubungkan router Wi-Fi (termasuk juga pada perangkat MiFi Andromax yang saya gunakan itu) dengan perangkat penerima Wi-Fi (misalnya smartphone atau laptop) agar menjadi lebih cepat, mudah, dan aman.

WPS hanya dapat bekerja pada perangkat yang mendukung keamanan WPA Personal dan WPA2. Sedangkan sistem ini tidak akan bekerja atau tidak mendukung perangkat yang menggunakan sistem keamanan WEP. Fitur WPS ini ternyata juga sudah umum ditemukan pada router Wi-Fi yang biasa kita pakai di rumah. Nah sekarang, disini nih poin kelebihannya.

Jadi, kalau kita mau terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang diprotect alias diberikan password, biasanya kita tentu akan harus mengetahui password yang digunakan itu, bukan? Dengan hadirnya WPS, kita tidak perlu lagi harus memasukkan password. Karena kita hanya perlu melakukan scan Wi-Fi di perangkat smartphone yang kita gunakan, lalu tekan tombol WPS pada router WiFi yang sudah dilengkapi dengan fitur ini. Tapi….

Ternyata tidak semudah yang dibayangkan sih. Karena dalam beberapa kali percobaan, ternyata saya gagal memanfaatkan fitur WPS ini. Dan setelah coba mencari tau lebih jauh, barulah saya menemukan bagaimana cara memanfaatkan fitur ini.

Cara Menggunakan WPS Connect, Agar Terhubung ke Jaringan Wi-Fi

Awalnya saya pikir, kita hanya perlu scan Wi-Fi di smartphone seperti biasa, lalu memilih jaringan Wi-Fi yang kita target, dan lalu kita tinggal melakukan klik tombol WPS pada router. Ternyata, cara itu salah. Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya saya menemukan cara yang benar, dan berikut adalah langkah-langkahnya :

NOTE : Langkah yang akan saya posting disini dibuat dengan menggunakan perangkat OS Android versi Marshmallow. Jadi mungkin caranya akan sedikit berbeda (namun tetap serupa) jika kamu menggunakan perangkat dengan OS Android versi lainnya atau bahkan OS selain Android.

1. Nyalakan Wi-Fi pada perangkat smartphone kita seperti biasa. Tapi, di sini kita harus menyalakan Wi-Fi melalui fitur “setting” > “koneksi & jaringan” yaa. Jika sudah masuk ke settingan Wi-Fi, cari menu “more option” yang biasanya terdapat di bagian kanan atas layar untuk menunjukkan pilihan menu yang ada seperti pada gambar dibawah ini. Pilih menu Advanced.

Cara memakai WPS WiFi2. Setelah itu pilih menu WPS Push Button seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara menggunakan WPS MiFi3. Nah kemudian, perangkatmu akan mulai melakukan scanning pada jaringan Wi-Fi yang ada dan akan tampil seperti pada gambar dibawah. Di saat inilah kamu harus menekan tombol WPS pada router / MiFi yang kamu punya.

Apa itu gunanya WPS pada WiFi?Dan seharusnya, tak lama setelah kamu menekan tombol, smartphone milikmu akan langsung terhubung dengan router Wi-Fi tersebut. Klik OK atau Done jika sudah ada keterangan bahwa smartphone yang kamu pegang sudah terkoneksi dengan baik.

Tapi, Kenapa Harus Pakai WPS?

Mungkin sebagian dari kamu bakal berpikir, dengan cara yang sedikit ribet begitu, bukankah itu sesuatu yang tidak lebih praktis jika dibandingkan dengan cara memasukkan password saat ingin terhubung ke Wi-Fi? Iya, saya pun setuju dengan pendapat tersebut. Tapi kalau menurut saya, memanfaatkan fitur tombol WPS pada router Wi-Fi akan lebih praktis dan lebih aman dalam dua skenario. Yaitu:

  1. Menggunakan tombol WPS akan jauh lebih praktis daripada harus memasukkan password, JIKA ternyata password yang digunakan itu punya grade keamanan yang sangat kuat. Dalam arti, password yang digunakan itu sangatlah rumit hingga sangat sulit bagi kita untuk membaca, mengingat, ataupun menghafalnya. Seperti contoh password yang sudah saya jelaskan pada tulisan tentang tips membuat password yang tidak mudah dibobol.
  2. Menggunakan tombol WPS akan jauh lebih aman jika kita ingin merahasiakan password Wi-Fi tersebut pada orang lain. Contohnya, jika misalnya kamu sedang berada di tempat umum (yang banyak orangnya), lalu ada seorang temanmu yang ingin numpang Wi-Fi di perangkat MiFi yang kamu bawa, maka kamu bisa memanfaatkan fitur WPS push button tersebut agar orang lain tidak bisa menguping dan mengetahui password pada router yang kamu gunakan.

Fitur WPS ini juga akan sangat membantu dalam satu keadaan lagi. Yaitu saat kita dalam keadaan lupa password Wi-Fi pada router yang kita gunakan. Karena terkadang, pasti ada diantara kita yang rutin mengganti password Wi-Fi pada router miliknya. Agar kuota tidak cepat habis akibat daripada teman yang keseringan numpang Wi-Fi dan memakai internet seenaknya.

Dan mungkin, ada skenario lain dimana tombol WPS bisa menjadi solusi yang memudahkan. Nah, itulah cara menggunakan fitur WPS pada router Wi-Fi yang kamu punya. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 🙂

Pandu Dryad
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)