Berekspresi & Berkreasi Dengan ASUS Vivobook S14 S433

Berekspresi & Berkreasi Dengan ASUS Vivobook S14 S433 – Pernah nggak kamu merasa agak mubazir setelah membeli sebuah laptop? Udah bela-belain nguras tabungan, eh ternyata laptopnya nanggung. Bisa dipakai dan berfungsi dengan semestinya sih, tapi adaaa aja yang bikin kita mengeluh.

Nanggung disini dalam arti bikin kita jadi merasa kurang dan kurang terus. Entah karena kemampuannya yang terbatas, atau karena hal lain yang kurang berkenan. Sehingga akan menghambat kegiatan dan kreativitas kita. Ujung-ujungnya, jadi nggak semangat kalau harus mengerjakan apa-apa dengan laptop. Hayo coba ngaku, siapa diantara kalian yang pernah merasakan hal serupa?

Resiko punya laptop nanggungBelum lagi kalau ternyata pilihan warnanya kurang sesuai dengan kepribadian kamu. Jadi makin nggak sayang deh. Lalu, buat apa kalian terus bersama tanpa ada rasa sayang? Yang ada nanti malah nggak bahagia dan jadi beban di hati #EnggakIniBukanCurcol.

Aku yakin, salah satu alasan kenapa orang belum berniat untuk mengganti laptop walau nyatanya sedang tidak bahagia dengan laptop yang dimiliki sekarang adalah karena mereka tidak tau pasti, atau tidak yakin bahwa akan ada laptop lain yang lebih baik dan lebih layak untuk dimiliki.

Selain itu, tentu mereka harus bersikap lebih berhati-hati dalam memilih laptop. Karena kalau misalnya sampai salah beli dan masih merasa kurang sreg, tentu kita tak bisa dengan mudahnya mengganti dan mengganti laptop lagi. Mengingat harganya yang terkadang harus memaksa kita untuk menabung selama berbulan-bulan. Belum lagi pertimbangan soal kualitas.

Yap, kualitas! Ini menjadi penting karena laptop bakal menjadi alat yang bakal kita gunakan dalam jangka panjang. Minimal sekitar 2 tahunan lah.

Laptop Sudah Menjadi Kebutuhan di Era Modern

Kalau dulu, mungkin hanya segelintir orang saja yang akan membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitasnya. Misalnya pekerja kantoran, ataupun para professional. Kalau untuk sekarang? Sudah beda lagi ceritanya. Jangankan mahasiswa, anak sekolah tingkat SMP dan SMA saja sudah mulai dikenalkan untuk memanfaatkan laptop. Demi menunjang aktivitas belajarnya.

Nah, kalangan anak muda seperti kita-kita inilah yang biasanya akan membutuhkan laptop dengan kriteria tertentu. Karena kreativitas, kemampuan dan kemauan untuk belajar yang masih menggebu, bakal mendorong kita dan mereka untuk memanfaatkan laptop lebih dari sekadar mengetik atau membuat laporan.

Kembali lagi ke soal pertimbangan dalam memilih laptop. Selain soal kualitas, biasanya apa sih yang dibutuhkan dan diharapkan oleh para pengguna laptop? Khususnya bagi kawula muda? Apakah desain yang menarik? Performa? Dimensi fisik yang kecil? Bobot yang ringan? Atau mungkin, semuanya?

Keinginan memilih laptop bagi kawula mudaWah, kalau mau semua, terkesan banyak maunya ya? Tapi maklum sih. Karena selain memang sudah sifat alami manusia yang banyak maunya, kebutuhan akan laptop yang kaya fitur juga bertujuan untuk menunjang berbagai kegiatan kita. Apalagi sekarang ini banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama laptop.

Satu hal yang pasti. Akan dibutuhkan laptop dengan performa tinggi agar berbagai software penunjang kreativitas dapat dijalankan dengan lancar. Yang mana berbagai macam software penunjang tersebut biasanya masuk dalam kategori software kelas berat. Jadi kalau ada orang yang berkeinginan untuk punya laptop serba bisa, tujuannya adalah supaya enak kalau mau mengerjakan apa-apa.

Menurutku, saat ini laptop yang bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan dan juga espektasi dari kalangan anak muda agar bisa berkreasi dengan leluasa adalah ASUS Vivobook S14 S433. Karena laptop tersebut punya berbagai fitur serta pilihan warna yang “anak muda banget”.

Keunggulan ASUS VivoBook S14 S433

ASUS Vivobook S14 S433Sejak resmi dirilis untuk pasar Indonesia pada Mei 2020, laptop terbaru dari ASUS ini cukup menarik perhatianku karena mereka menargetkan produk ini untuk segmen kawula muda. Namun tentu aku tak begitu saja mengiyakannya. Harus dipastikan dulu, apa benar demikian? Akupun tergerak untuk mencari tau tentang fitur apa saja yang dimiliki oleh laptop ini.

Ada cukup banyak hal menarik yang kutemukan. Yang membuatku setuju bahwa ia memang memiliki kesesuaian dengan kebutuhan dan keinginan kawula muda di jaman now. Dan disini, aku sudah merangkum berbagai hal yang menjadi poin keunggulan yang dimiliki oleh ASUS Vivobook S14 S433.

1. Kualitas Terbukti

Reputasi ASUS sebagai vendor pembuat laptop sudah sangat dikenal sejak lama. Pangsa pasar 41.8% (hasil riset GFK) di sepanjang tahun 2019 untuk kategori laptop consumer yang beredar di Indonesia adalah bukti kepercayaan banyak konsumen akan produknya. Aku sendiri sudah menggunakan laptop ASUS sejak tahun 2011. Dan selama periode itu, aku baru melakukan penggantian setelah pemakaian 3 dan 5 tahun. Itupun kuganti bukan karena rusak loh.

Dan laptop yang kugunakan saat ini baru kudapatkan beberapa bulan lalu untuk menggantikan laptop ASUS lamaku yang sudah menemaniku selama kurang lebih 5 tahunan. Keunggulan dari segi kualitas tentu merupakan sebuah investasi yang menjanjikan bagi orang tua ketika ingin memberikan laptop untuk anaknya.

Begitupun dengan para Mahasiswa dan juga para “fresh graduate” yang sedang berusaha hidup mandiri. Karena mereka bisa memastikan bahwa laptopnya akan sanggup untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Maksudnya tuh yaa biar nggak sering-sering keluar duit buat ganti laptop gitu deh.

Fakta tentang laptop ASUS2. Bisa Dipersonalisasikan

Anak muda identik dengan semangat dan juga keceriaan. Beberapa orang memilih untuk mengekspresikan sikap energik yang tertanam dalam diri tersebut dalam warna. Hal itulah yang sepertinya mendasari ASUS untuk memberikan 4 pilihan warna pada produk ini. Sehingga memperkuat kesan bahwa ASUS Vivobook S14 S433 ini adalah ditujukan untuk kawula muda.

Perangkat ini hadir dengan warna yang bisa kita sesuaikan dengan kepribadian kita. Ada warna Dreamy Silver dan Indie Black yang trendy, serta ada juga warna Gaia Green, dan Resolute Red yang eye-catching untuk kamu yang suka menjadi pusat perhatian. Pilihan warna yang beragam ini akan mengekspresikan bagaimana kamu ingin dipandang oleh orang lain.

Pilihan warna ASUS Vivobook S14 S433ASUS Vivobook S14 S433 memiliki desain cover belakang yang minimalis. Logo “ASUS Vivobook” ditempatkan dibagian tepi, sehingga menyisakan ruang kosong alias negative space yang cukup besar. Ruang kosong ini bisa kita manfaatkan untuk menempelkan stiker agar menimbulkan kesan yang lebih personal pada laptop yang kita gunakan.

Untuk mendukung hal tersebut, ASUS juga sudah melengkapi masing-masing unit ASUS Vivobook S14 S433 dengan berbagai stiker eksklusif karya seniman asal Jakarta yaitu Muchlis Fachri atau yang lebih dikenal sebagai Muklay pada paket penjualannya. Kita bisa memilih stiker mana yang ingin kita pasangkan pada laptop untuk mencerminkan kepribadian sekaligus semakin menampilkan kesan personal. Cocok buat kamu yang ingin supaya laptopnya nggak ada yang ngembarin.

Personalisasikan ASUS Vivobook S14 S433 dengan stikerMenempelkan stiker yang ekspresif pada barang pribadi seperti laptop seakan menunjukkan bahwa kamu berani menjadi diri sendiri. Kamu bisa membuat orang lain mengenal secara tidak langsung. Serta, ia bisa menjadi bagian dari identitas yang terpasang pada laptopmu. Kalaupun kamu tak ingin menempelkan stiker pada laptopmu, desain body ASUS Vivobook S14 S433 juga tetap menarik kok!

3. Jaminan Ekstra!

Warna cover ASUS Vivobook S14 S433Pernah tidak kamu secara tidak sengaja menjatuhkan laptopmu sampai ada komponen yang rusak? Atau mungkin kamu mendadak kehujanan saat sedang membawa laptopmu dalam ransel? Wah, pasti auto panik tuh! Karena kamu pasti khawatir laptop akan rusak atau tak dapat berfungsi dengan semestinya.

Dan aku yakin, kalau benar sampai rusak, yang paling pertama terlitas di pikiran adalah soal biaya perbaikan yang harus dikeluarkan. Karena kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian macam ini biasanya tak dicover oleh garansi. Yang artinya, kalau kita mau melakukan perbaikan atau penggantian spare part, ya kita harus bayar penuh biayanya segala macemnya. Dan itu biasanya tidaklah murah!

Ketika laptop rusakWajarlah jika hal semacam ini menjadi kekhawatiran besar bagi para pengguna laptop. Apalagi kan kegiatan kawula muda tuh cenderung lebih aktif. Sehingga, kemungkinan serta resiko yang akan dihadapi pun akan makin besar.

Demi mengurangi kekhawatiran tersebut, ASUS telah meluncurkan program yang diberi nama ASUS Perfect Warranty sejak bulan Januari 2020. Program ini akan memberikan jaminan ekstra pada setiap laptop ASUS keluaran terbaru, termasuk ASUS Vivobook S14 S433. Yang mana jika terjadi kerusakan akibat kesalahan pengguna seperti misalnya terjatuh, terkena air, atau lain sebagainya, ASUS akan menanggung 80% dari total biaya jasa perbaikan dan juga spare part. Artinya, kita cuma perlu membayar sebesar 20% dari total biaya perbaikan tersebut.

Program ini adalah wujud komitmen ASUS dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Kita bisa menikmati ASUS Perfect Warranty selama tahun pertama pembelian, dan kita bisa melakukan klaim sebanyak satu kali. Pastinya akan ada garansi reguler juga dong, yang berlaku selama 2 tahun. Dengan adanya jaminan ekstra seperti ini, tentu kita bakal lebih tenang dalam beraktivitas bersama laptop.

ASUS Perfect Warranty4. Performa Tinggi

Perubahan zaman juga telah mengubah cara orang dalam mencari rezeki. Dan hal ini sudah sangat disadari oleh kawula muda. Dari sini, kita dapat mewujudkan mimpi untuk menjadikan hobi sebagai profesi, dengan modal utama adalah kreativitas. Sudah bukan hal yang aneh jika ada orang yang menghasilkan uang dengan cara yang dipandang “ora umum” (tidak biasa) oleh para orang tua. Misalnya dari hobi foto, menggambar vector, membuat tulisan, hingga yang paling populer saat ini yaitu membuat karya video untuk menjadi seorang YouTuber.

Hanya saja, modal kreativitas saja tak cukup. Apalagi kalau ingin menjadi seorang YouTuber. Karena akan dibutuhkan ide, keterampilan, dan juga peralatan pendukung untuk dapat menghasilkan karya. Peralatan pendukung yang dimaksud disini salah satunya ya laptop. Ditambah dengan bermacam aplikasi untuk membuat karya yang diinginkan. Namun faktanya, tidak semua laptop akan sanggup untuk menjalankan berbagai aplikasi yang dibutuhkan dengan lancar. Maka dari itu, laptop dengan performa tinggi akan sangat dibutuhkan agar proses pembuatan karya dapat berjalan dengan lancar.Performa ASUS Vivobook S14 S433 menunjang produktivitas

Serius deh! Kalau laptop terasa lemot saat melihat preview editan video, itu bukan saja akan menguji kesabaran, tapi juga bakal merusak mood dan berpotensi membuyarkan kreativitas yang sudah terbayang di kepala. Belum lagi kalau misal sudah masuk tahap rendering video. Bisa makin lama!

Kebutuhan anak muda akan performa tersebut juga sudah dimiliki oleh ASUS Vivobook S14 S433. Dapur pacu dari notebook andalan terbaru dari ASUS tersebut menggunakan CPU Intel Core i5-10210U atau Intel Core i7-10510U yang merupakan prosesor generasi ke-10 dari Intel. Selain peningkatan performa yang cukup signifikan, prosesor generasi terbaru ini juga punya efisiensi yang lebih baik dalam penggunaan daya jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini membuatnya tak hanya lebih cepat, tapi juga sanggup menyala lebih lama.

Sebagai pendukung performa dari sisi grafis, ia juga sudah dibekali dengan GPU NVIDIA GeForce MX250. Sedangkan di bagian penyimpanan, ia sudah menggunakan SSD M.2 PCIe NVME berkapasitas 512GB, serta dukungan RAM berkapasitas 8GB DDR4 untuk urusan multitasking. Sistem operasi Windows 10 original pun juga sudah terpasang didalamnya.

Spesifikasi ASUS Vivobook S14 S433Perpaduan antara kesemua komponen pendukung performanya tersebut akan memastikan bahwa ASUS Vivobook S14 S433 akan mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi yang kita butuhkan untuk menghasilkan karya dengan baik. Nggak percaya? Nih lihat sendiri hasil benchmarknya!

5. Fitur Lengkap Plus Extra Fitur!

Eits, belum cukup sampai di situ! Walau ia sudah menggunakan prosesor kencang, grafis yang baik serta storage/penyimpanan berjenis SSD M.2 PCIe NVMe yang notabene punya kemampuan baca dan tulis yang sangat cepat, ASUS Vivobook S14 S433 masih punya satu buah fitur extra lain untuk lebih mengoptimalkan performanya. ASUS membuat performanya semakin ngebut dengan menanamkan Intel Optane Memory berkapasitas 32GB ke dalam dapur pacunya.

Jadi Intel Optane Memory ini adalah sebuah tambahan terpisah yang berperan sebagai cache berkapasitas sangat besar. Sehingga memungkinkan laptop untuk dapat membuka software dengan lebih cepat lagi. Bagaimana bisa? Oke, kita akan sedikit bermain dengan imajinasi agar aku dapat menjelaskan cara kerjanya dengan lebih sederhana. Ilustrasi di bawah ini adalah contoh alur sederhana soal bagaimana laptop bekerja.

Ilustrasi Intel OptaneIntel Optane Memory akan berperan sebagai kulkas. Ia akan mempelajari aplikasi (menu masakan) apa saja yang sering kita gunakan. Kemudian, ia akan menyimpan data-data (bahan masakan) yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi tersebut.

Nah, ketika kita akan membuka aplikasi yang rutin digunakan, CPU bisa langsung mengakses dan mengambil data (bahan masakan) di dalam Intel Optane Memory (kulkas) dan langsung membawanya ke dalam RAM (dapur) untuk diproses. Sehingga, CPU tak perlu repot lagi untuk pergi dan mencari data-data (bahan masakan) di dalam storage (supermarket). Yang mana hal itu akan memakan waktu, karena CPU harus melakukan pencarian data diantara jutaan data lain yang turut tersimpan di dalam luasnya storage (supermarket).

Dengan demikian, CPU pun dapat mengolah data dan menyajikannya dengan lebih cepat. Jadi, sudah kebayang bagaimana Intel Optane Memory dapat membantu kinerja laptop?

Manfaat Intel Optane MemorySebagai pelengkap dari sisi performa, ia juga sudah mengadopsi teknologi Wi-Fi 6 802.11ax. Wi-Fi 6 merupakan teknologi komunikasi data nirkabel generasi terbaru. Ia menjanjikan kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya (Wi-Fi 5), yaitu hingga tiga kali lebih cepat, kapasitas jaringan hingga empat kali lebih banyak, dan juga latency hingga 75% lebih rendah.

Diluar sisi performa, terdapat fitur extra berupa fingerprint sensor untuk memudahkan saat melakukan login Windows, dan juga audio yang sudah di tuning oleh harman/kardon. Speaker harman/kardon sudah terbukti mampu menyajikan kualitas audio yang sangat baik.

Fitur ASUS Vivobook S14 S433Agar ia dapat terkoneksi dengan berbagai macam perangkat lain, konektivitas input dan output dari laptop ini juga tergolong lengkap. Diantaranya adalah 1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, serta 1x microSD Card Reader.

Port Input output Vivobook S14 S4336. Mendukung Mobilitas

Walau ia memiliki layar berukuran 14 inci, namun ASUS Vivobook S14 S433 memiliki dimensi fisik yang cukup ringkas. Secara panjang dan lebar, ukurannya mirip seperti sebuah laptop berukuran 13 inci. Bahkan bisa dibilang, luas permukaan dari laptop ini tak beda jauh dengan kertas berukuran A4. Plus, ketebalan yang dimilikinya pun hanya sekitar 1.69cm. Hal ini memungkinkan kita untuk menyelipkannya diantara barang bawaan lain dalam tas, tanpa harus memakan ruang yang terlalu banyak.

Dimensi fisik yang ringkas tersebut adalah berkat penerapan teknologi NanoEdge display. Yang membuat bezel alias bagian tepian layarnya menjadi lebih tipis. Sehingga, body secara keseluruhannya pun dapat dibuat lebih kecil.

Layar ASUS Vivobook S14 S433Layar dengan resolusi Full HD tersebut sudah mampu menampilkan reproduksi warna hingga 100% sRGB. Artinya, warna yang ditampilkan pada layar akan terlihat sangat kaya. Fitur tersebut akan membantu ketika kita sedang melihat dan mengolah warna pada foto.

Masih dari sisi layar, panel tersebut juga telah memiliki lapisan anti-glare untuk mengurangi efek silau akibat pantulan cahaya. Bobotnya yang hanya 1.45kg pun semakin mendukung untuk penggunaan diluar ruangan.

Nah, ini yang menarik. Siapa yang sangka? Di balik body yang kecil dan juga bobotnya yang tergolong ringan tersebut, ternyata ASUS Vivobook S14 S433 punya kapasitas baterai yang besar lho! Yakni 50 WHrs! Demi mendukung kegiatan anak muda yang sangat aktif, dan juga menjauhkan kekhawatiran akan lobat ketika digunakan jauh dari colokan listrik. Bahkan, jika hanya berencana untuk menggunakannya dalam skenario pemakaian ringan, kita bisa cukup pede untuk bepergian seharian tanpa membawa charger agar beban yang kita bawa menjadi semakin ringan. Hasil tes benchmark untuk pengujian baterainya adalah sebagai berikut.

Kesimpulan

ASUS Vivobook S14 S433Jangan sampai kamu malah nggak semangat berkarya hanya gara-gara meminang laptop yang kemampuannya serba terbatas. Yang ujung-ujungnya, bakal terasa mubazir. Udah bela-belain beli, eh tapi malah nggak kepake.

Hadirnya laptop ASUS Vivobook S14 S433 adalah jawaban untuk menunjang dan mendukung kreativitas serta kenyamanan saat menggunakannya. Bukan saja agar aktivitas belajar bisa lebih optimal, tetapi semangat untuk menghasilkan karya pun jadi bisa lebih tinggi berkat performa mumpuni yang dia miliki.

Body yang ringkas serta ringan bakal mengurangi beban saat harus dibawa. Lalu baterai yang awet bakal membuatnya siap untuk diajak melakukan kegiatan diluar ruangan tanpa harus mencari tempat yang ada colokan listriknya. Jangan lupa, pilihan warna yang menarik juga bakal membuat kita jadi lebih pede saat harus membawanya. Sudah siap untuk berekspresi dan berkreasi bersama ASUS Vivobook S14 S433? Berikut adalah spesifikasi lengkapnya:

Main Spec. ASUS VivoBook S14 S433
CPU Intel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)

Operating System Windows 10
Memory 8GB DDR4 RAM
Storage 512+32GB M.2 PCIe NVME Intel Optane SSD
Display 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 250 nits
Graphics NVIDIA GeForce MX250

Intel UHD Graphics

Input/Output 1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD Card Reader
Camera HD Web Camera
Connectivity Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker certified by harman/ kardon, built in microphone
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.4(W) x 21.3(D) x 1.59 ~ 1.59 (H) cm
Weight 1,45Kg
Colors Gaia Green, Resolute Red, Dreamy Silver, Indie Black
Price Rp13.999.000 (Intel Core i5 variant)

Rp15.999.000 (Intel Core i7 variant)

Warranty 2 tahun garansi global
Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P